Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam yang Enak

Dipos pada November 26, 2018

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam memakai 9 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Akhir akhir ini suami minta dibuatkan makanan cemilan, yah.. dari pada beli mending bikin sendiri ya.. :P

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam:

  1. 250 gr Kacang Hijau
  2. 100 gr Beras Ketan Hitam
  3. 65 gr Santan kental
  4. 100 gr Gula Aren / Gula Jawa
  5. 50 gr Gula Pasir
  6. 1 sdt Garam
  7. 3 lembar Daun Pandan
  8. secukupnya Air matang
  9. 1 sachet Susu kental manis putih (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

1
Tips nya supaya kacang hijaunya bisa empuk adalah direndam semalaman.
2
Siapkan kacang hijau dan beras ketan ditempat terpisah, lalu rendam dengan air selama kurleb (6-8 jam) tapi lebih bagus lagi semalaman. Cuma karena suami saya pengennya segera jadi akhirnya cuma direndam selama 6 jam,,tapi gak pa pa, hasilnya kacang ijonya tetep empuk : )
3
Setelah direndam semalaman, cuci bersih sekali lagi kacang hijau dan beras ketannya, lalu masukkan ke dalam panci secara terpisah.
4
Tambahkan air dalam masing masing panci yang berisi kacang hijau dan beras ketan hitam secukupnya. Oya, usahakan air untuk memasak kacang hijaunya banyak, kalau yang untuk ketan hitamnya kira kira 2 gelas belimbing
5
Masukkan daun pandan, vanili dan gula ke dalam panci kacang hijau sambil diaduk. kemudian tambahkan irisan gula aren/gula jawa. Aduk hingga gula larut.
6
Jika sudah hampir mendidih kecilkan api sambil diaduk terus, masak sampai kacang hijau terbuka dari kulit nya (sampai empuk dan matang). Disisi lain aduk beras ketan secara berkala dan tambahkan gula sedikit. Masak hingga beras ketan menjadi seperti bubur dan matang sempurna.
7
Selama kurang lebih 1 jam memasak kacang hijau dan ketan hitam nya, kita bisa menyiapkan santan sebagai pendamping burjo kita.
8
Larutkan santal kental ke dalam air matang, masukkan dalam panci dan beri daun pandan serta garam sejumput. Masak sampai matang dan aduk pelan pelan, lalu angkat. dinginkan.
9
Aduk sekali lagi kacang hijau dan beras ketan hitamnya sampai matang lalu angkat, dinginkan.
10
Bisa dinikmati selagi hangat, atau ditambahkan es bila suka dingin. Kalau saya, biarkan dingin lalu taruh kulkas smuanya, jadi sewaktu waktu ingin yang seger seger tinggal sajikan :)
11
Optional, Bisa ditambahkan Susu kental manis bagi yang suka :)
Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Manado

Bubur Manado

20 orang
30 menit
Bubur Kacang Hijau Kental #seninsemangat

Bubur Kacang Hijau Kental #seninsemangat

Sarapan Senin ini 😍, dari wangi pandannya aja udah bikin Baim bilang mau mau mau πŸ˜…, ini sengaja pake santan dari kelapa asli biar lebih gurih & mlekoh kalo kata kanjeng Mama πŸ˜†, tambahin maizena biar kuahnya kental, yum yum yummmm πŸ‘Œ Tadinya kalo ngga habis mau dibikin es aja, eh Alhamdulillah laku ternyata 😍😊

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Kesukaan orang rumah...^^.

Bubur jagung dengan kacang hijau menari2 manis πŸ˜‰

Bubur jagung dengan kacang hijau menari2 manis πŸ˜‰

Bosen dengan bubur yang itu2 aja dan mulailah untuk mengeksplor jenis bubur baru

5-6 porsi
30 menit
MPASI - 6M+ Bubur Kacang Hijau Lasija

MPASI - 6M+ Bubur Kacang Hijau Lasija

Lasija = Labu siam jagung, ehehehe... Krn kalau mau ditulis lengkap2 malah kepanjangan

2 porsi
30 menit
bubur kacang ijo

bubur kacang ijo

menu yang cocok untuk buka puasa

6 porsi
60 menit
Bubur Kacang Hijau Durian

Bubur Kacang Hijau Durian

Alhamdulillahhhh lagi musim durian. Tiap ke pasar pasti menguar harumnya durian. Mumpung lagi musim cemplungin aja ke burjo request abahnya anak2. Enakkkkk!Happy cooking!

Bubur kacang hijau Vaganza

Bubur kacang hijau Vaganza

Karena kesukaan suami jahe anget,, trus lupa jahe kehabisan,, bikin kesukaan suami yg laen.. Kolak.. Hihihi tapi ni tetep seadanya aja bahan.. Tetep nendang bubur kacang hijau nya πŸ˜†πŸ˜‹

2 porsi
45 menit
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

4 porsi
45 menit
Bubur pedas

Bubur pedas

Menu yg sangat jarang dibuat krena bahannya limited edition, daun kesum. Makasih bibikq sayang dah jauh" bawa... demi muasin mulut, hehe Note : proses yg bikin lama adalah merajang sayurnya menjadi kecil" cz kata si punya resep klw besar" bukan bubur, hehe

20 orang
Bubur Ketan Item

Bubur Ketan Item

Sangking Rindu Banget Bubur Buatan Emak yg satu ini, Akhirnya ku mencoba membuatnya kembali. Ini udah kesekian kali sih ak bikin nyaa...

4 orang
1 jam
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Lagi panen kacang hijau... biar tdk bosen dgn kolak yaahh 11-12 buat borju

60 menit
Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis

Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis

29/03/18. Assalamualaikum.. Enak banget euy sore tadi ditemani burjo kesukaan. Saya doyaaaaan banget sama kacang ijo. Mau dibuat apapun suka. Apalagi bubur gini, bisa habis 2 mangkuk saya wkwkwkπŸ™ˆ *gubrak. Judulnya apaan dah.. Cuma burjo aja pake tips" segalaπŸ˜‚ Sedikit sharing aja ya mungkin masih ada yg kalau bikin burjo takut gas abis gara" empuknya lamaaa (dulu saya gini😳) Secara kacang ijo itukan kerass banget ya, nah lebih baik kalau kacangnya direndam dulu minimal semalaman atau kadang saya rendam seharian dari pagi, sore baru dimasak. Dijamin, cepet banget empuknya.. Cuma 15-25 menitan lahπŸ˜† Oiya kalau saya suka burjonya original alias tanpa santan/susu, nanti waktu mau disajikan baru siram saus santannya. Enak deh tetep gurih dan yg pasti nggak eneg ya karena terpisah.. Tapi kalau mau dicampur santan langsung juga gpp yah, yuk cusss resepnya simple bangetπŸ˜‰

MPASI 10mo+, Bubur Daging & Sayur

MPASI 10mo+, Bubur Daging & Sayur

Udah masuk ke 10 kok masih makan bubur? Ini mommy nya masak kelamaan jadilah nasi jadi bubur πŸ˜‚ tp ga alus bgt kok nasinya, masih ada tekstur nasi sebenarnya. πŸ˜‹ #resolusi2019 #berburucelemekemas

3 porsi
Bubur Kacang Hijau (mpasi 6+)

Bubur Kacang Hijau (mpasi 6+)

Tadi panas sekarang hujan, yuhuuu ubi lapar, bu ibu masak yuu 😚

1 porsi
260 menit
MPASI 7M, Menu 4* Bubur Nasi Tak Terkalahkan

MPASI 7M, Menu 4* Bubur Nasi Tak Terkalahkan

*Cang kacang panjang yang panjang jaga!* Berhubung kacang panjang disini di potong kecil-kecil jadilah tak terkalahkan πŸ˜‚ #berburucelemekemas #resolusi2019

3 porsi
Bubur kacang ijo +roti tawar

Bubur kacang ijo +roti tawar

Bubur kacang ijo buat suamiku yg baru pulang kerja

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Rasanya tak kalah seperti di tukang asongan. Terlebih dahulu rendam kacang hijau, akan lebih baik bila didiamkan di luar semalaman. Gula pasir bisa diganti dengan menggunakan gula merah. Keprek jahe. Selamat mencoba.

2 porsi
10 menit