Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling yang Sempurna

Dipos pada May 10, 2021

Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling:

  1. 1 Kg Singkong
  2. 1 Kg Ubi
  3. Secukupnya Kolang Kaling
  4. 200 Ml Santan Instant Kara
  5. 2 Buah Gula Aren
  6. 1/2 Sdm Garam
  7. Air Secukupnya untuk kuah
  8. 3 Lbr Daun Pandan
  9. Secukupnya Gula Pasir
  10. 2 Bks Vanili

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Singkong Ubi Kolang Kaling

1
Masak air sampai mendidih, lalu masukkan gula aren, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam sambil di aduk2. Kemudian masukkan singkong dan ubi. Masak sampai empuk
2
Setelah singkong dan ubi empuk, masukkan kolang kaling, sambil tunggu empuk juga.
3
Jika singkong, ubi dan kolang kaling sudah empuk, masukkan santan instant kara sambil aduk2 biar santan tidak pecah. Dan tunggu sampai mendidih lalu angkat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

262. Kolak Biji Salak Warna-Warni

262. Kolak Biji Salak Warna-Warni

Memanfaatkan stok ubi sambil bermain percobaan warna bersama krucils. Kebetulan punya stok ubi putih dan ubi kuning, sedangkan stok pewarna makanan tersedia merah dan hijau. Niatnya mau bikin kolak biji salak warna merah dan hijau dari ubi putih, sama warna kuning dan jingga dari ubi kuning. Eee ternyata, ngasih pewarna merah ke ubi kuningnya kebanyakan, ga jadi warna jingga dech malah jadinya merah lagi,hehehe.. padahal krucils udah antusias nungguin si jingga keluar. Gapapa yaa nak, kapan-kapan kita coba lagi ;) Pun begitu, anak-anak tetap ceria nungguin si kolak biji salaknya matang lho. Se-ceria goyang #SeptemberCeria nya Mamah Cookpad di #WeekendChallenge ini. Setelah kolaknya matang, langsung dech mereka memilih warna dan hap..hap..hap.. semuanya suka. Oiya, kolak biji salak warna-warni ini modifikasi dari resep saya sebelumnya. Waktu itu, saya kasih judulnya Kolak Biji Kedondong karena serat-seratnya ubi bermunculan meski sudah matang, jadi mas suamik kasih ide buat dikasih nama Kolak Biji Kedondong,hehehe. Bisa cek resepnya di sini: https://cookpad.com/id/resep/12482063-11-kolak-biji-kedondong #PejuangGoldenApron3 #Week16 #CookpadCommunity_Yogyakarta #OlahanCamilanKayana

5 porsi
Kolak campur yummy

Kolak campur yummy

7 porsi
30 menit
Kolak pisang tape skuteng sederhana

Kolak pisang tape skuteng sederhana

Kolak ala teh nci πŸ˜€

5 porsi
30 menit
Kolak Candil Ubi Putih

Kolak Candil Ubi Putih

Source: Henny Rosita Abang pak su suka banget sama bubur grendul... Byasanya cm ada pas slametan bulan sapar, ada juga sih yg jual.. karna pandemi mereka tu2pπŸ˜…... Cari ide... Menu yg mirip2 tapi dari ubi(habis kulak ubi, mumpung harganya lagi murah🀭) dan dapet resepnya mb Henny Rosita... Percobaan dengan dibantu s kaka... Sukses...πŸ’•πŸ’•πŸ’•(karna memang mudah banget🀣... Mudah bikinnya, mudah makannya, mudah habisx)

4 orang
1 jam
Kolak praktis

Kolak praktis

7 porsi
Kolak ubi ungu kenyal dan Lembut dimulut

Kolak ubi ungu kenyal dan Lembut dimulut

Kebetulan ada ubi ungu,bosen cm digoreng/di rebus akhirnya jadilah kolak ubi ungu yang kenyal dan lembut dimulut.... endessss bgt pemirsah.... ^O^

Kolak Biji Salak 2 Warna

Kolak Biji Salak 2 Warna

Saya lagi kepengan banget makan biji salak, karena rada susah nyarinya apalagi suasana seperti ini, ya udh nyoba buat sendiri. Bentuk bulatanya msh ga sama, karena dibantuin suami. #JelajahResep #JelajahResepRumahan

7-10 porsi
Kue Lumpur waloh kolek

Kue Lumpur waloh kolek

Sedari kecil aku ndak suka lumpur sama sekali dan pas ada lumpur eeeh kok rasanya cocok dilidah 😊 akhirnya aku tanya2 dan langsung ak praktikkan dech #DiRumahAja semoga bermnfaat buat bunda2 yang lainnya #weekendcallenge😊😍 mf ya bunda2 blm sempet d photo kue udh ludes πŸ™‡

25. Kolak ubi Kolang Kaling

25. Kolak ubi Kolang Kaling

Edisi spesial kesukaan ayahnya anak2. Simple tapi doyan πŸ˜πŸ˜πŸ˜… Baru buat kolak di hari ke4 puasa,krn mang sayur baru hadir dihari ini. #FestivalRamadhanCookpad #RamadhanPenuhIdeMasakan #KangenBukberDiLuar

Kolak ubi Jepang

Kolak ubi Jepang

Musim hujan di minggu-minggu ini . Menjadi nikmat dengan menghidangkan kolak ubi jepang yang lembut disertai kuah kolaknya yang manisnya sedang saja. Membuat tubuh jadi hangat dan bergairah untuk bekerja

4 porsi
30 menit
Kolak kumplit

Kolak kumplit

Pas ke pasar ada yang jual labu kuning dan kolang kaling. Di rumah juga punya ubi dan singkong pisang tanduk jumbo. Buat kolak kumplit deh.

1 panci sedang
45 menit
Kolak pisang

Kolak pisang

kolak pisang merupakan menu wajib di bulan puasa apalagi kalau di makannya pada saat hujan masti nikmatnya berlipat lipat.

Kolak Labu Parang dan Pisang Tanduk

Kolak Labu Parang dan Pisang Tanduk

Maafkan fotonya jelek banget. Maafkan resepnya biasa aja semua juga sudah tau πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Maafkan baru upload. Baru sempet.

7 porsi
30 menit
Kolak pisang Raja

Kolak pisang Raja

Lagi pingin cemilan dan pas liat kulkas ada pisang ya udh q masak kolak aja 😁

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Awalnya mau bikin es pisang ijo, cuma karena suami minta kurangin santan jadinya yaudahlah cancel bikinnya. Beberapa hari kemudian main ke supermarket yang baru buka di dekat rumah, suami punya ide buat bikin kolak pisang karena beli pisang kepok kebanyakan padahal cuma buat pletuk alias burung peliharaan. Baiklaaah kita bikin kolak saja. Agak shock waktu suami nambahin bawang merah ke kolaknya, tapi pas dicoba ngga ngaruh ke rasa kolaknya. Ada gurih gimanaaa gitu. Resep tambahan ibu mertua.

6 porsi
20 menit
Bubur candil /kolak biji salak dari singkong atau ubi kayu

Bubur candil /kolak biji salak dari singkong atau ubi kayu

#PejuangGoldenApron3 #week6 Selamat malam para sahabat cookpad,.. Kali ini aku mau berbagi resep dan cara membuat jajanan tradisional khas negara kita yaitu bubur candil aka bubur atau kolak biji salak. Nah, biasanya jajanan tradisional yg satu ini pada umumnya dibuat dari tepung ketan, Tapi seiring waktu dikarenakan tingkat kreativitas kita yang tinggi shg bisa diolah dari bahan apa saja, termasuk sy sendiri membuatnya dari ubi kayu atau singkong. Sebenarnya tidak ada rencana mau bikin bubur candil ini, Tapi krn sebuah insiden kecil yaitu singkong yg sy masak terlalu matang akhirnya terciptalah candil ubi kayu yg lezat ini. Rasanya enak banget kok, ga kalah enak dari bubur candil yg dari ketan. FYI : bahan2 yg tercantum disini tidak mutlak takarannya krn tingkat kematangan dan jumlah air pada singkong yg kita punya pasti berbeda dikarenakan juga jenis2 singkong itu sendiri sangat banyak. Jd silahkan kreasikan sendiri takaran tepungnya ya, jika dirasa susah dipulung krn terlalu lembek maka boleh tambahkan tepungnya. Jika kalian cuma bikin dari 1/2 resep silahkan hitung sendirian bahan2nya ya. Dari penggunaan gula juga pasti ga bisa sama persis krn jenis gula aren itu juga berbeda-beda. Ada yg sangat manis ada yg tidak. Jd sebaiknya koreksi rasa sesuaikan dgn selera kalian. Yuk lah kita ke resep ya.

10 orang
2 jam
Kolak Pisang tanduk+Ubi jalar

Kolak Pisang tanduk+Ubi jalar

Tambahan referensi untuk bulan ramadhan, kolak pisang dan ubi yg manis rasanya dan tdk terlalu asam, krn pisangnya direbus dahulu,untuk mengurangi kadar asam yg terkandung di dalam pisang. Recook bunda Hanhanny, terima kasih,bun.

4 porsi