Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak biji salak yang Lezat

Dipos pada May 4, 2021

Kolak biji salak

Bagaimana membuat Kolak biji salak yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Kolak biji salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak biji salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak biji salak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi pulang ke rumah ibu...liat banyak ubi kuning.akhirnya nyobain lah bikin kolak biji salak.alhamdulilah smua suka... #TantanganPertamaku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. 1 kg ubi kuning
  2. 500 gr tepung tapioka
  3. 250 gr gula merah
  4. 100 gr gula pasir
  5. 4 lbr daun pandan
  6. 1 ltr air
  7. 200 ml santan(kara 65ml dutambah air)
  8. 1 sdt garam
  9. 2 sdm tepung tapioka

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Rebus ubi.kalau sudah matang langsung dihaluskan..
2
Campur ubi tepung tapioka dan garam.uleni sampai kalis.lalu bentuk bulat bulat...pemakaian tepung tapioka bisa menyesuaikan ya kalau mau kenyal bisa ditambah.
3
Rebus air gula merah dan daun pandan hingga mendidih lalu saring.pemakain gula bisa ditambah atau dikurangi sesuain selera ya...
4
Rebus lagi air hasil saringan gula hingga mendidih lalu masukan ubi.tunggu hingga ubi mengapung tanda sudah matang.lalu masukan 2 sdm tepung tapioka yang sudah diencerkan.aduk rata.tunggu sampai mendidih lagi lalu matikan kompor.
5
Encerkan 1 sdt tepung tapioka lalu masak dengan santan hingga mendidih.
6
Masukan dalam magkok saji kolak biji salak lalu tuangkan saos santan secukupnya...sajikan🤗

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Sepanci 😁
Kolak labu kuning kolang kaling susu pandan

Kolak labu kuning kolang kaling susu pandan

Bikin setengah panci berharap bisa dimakan 2 hari taunya sehari ludes hihihi ..

3 porsi
45 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Salah satu takjil yang harus dicoba tiap bulan puasa, rasanya kenyel kenyel manis bisa juga ditambah es batu kalau suka..

30 menit
Kolak pisang

Kolak pisang

Pisang buah yang paling aku ga suka, tapi kalo diolah jadi kue, kolak, pisgor, cake suka. Jadi dibuat kolak salah satu cara untuk makan pisang.

Kolak candil ubi

Kolak candil ubi

Punya ubi daripada bosan digoreng aja dibuat candil aja enak manis kenyal. Anakku suka banget cocok hangat2 dimakan waktu hujan begini.

kolak pisang

kolak pisang

makanan yang super gampang dan super cepat :) >> http://dapurduaistri.blogspot.com/2010/12/kolpis-aka-kolak-pisang.html

4 porsi
15 menit
Kolak pisang n biji salak

Kolak pisang n biji salak

Pengen yang gurih dan manis cari cemilan apaa buat sore2 yaudah jd deh ni kolak biji salaknya, bkn dr rebusan biji salak yaa haha soalx kata suami bisa gitu biji salak dimakan hahahaha😂

15 porsi
1 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Punya stok ubi dan takut keburu gak enak, akhirnya bikin deh masakan dessert ini.. ttaraaaaaa 😋

6 orang
1 jam
Kolak Sagu Mutiara Campur Kolang Kaling

Kolak Sagu Mutiara Campur Kolang Kaling

Ramadhan penuh berkah,tiap berbuka pasti d hidangkan yg manis2.Dan ramadhan pun udh jalan 17 hari saya baru sempat share yg beginian😁😁😁😁.Gpp lah yg pnting semangat dg poto ala kadar,kolang kaling dan ketela tenggelam😭 cuma penampakan kolang kaling 2 biji hihiii😊 yg penting ikut berbagi...Berikut resepnya👇

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Paling enak memang masak sendiri, isinya bisa disesuaikan selera. Bisa diisi ubi, labu, dsb. Buatnya juga gampang, bahannya tersedia dimana mana.

5 porsi
15 menit
Kolak Labu Sagu Mutiara

Kolak Labu Sagu Mutiara

Kebetulan semalam habis pergi ke Riau Expo liat liat pameran di seluruh provinsi, pulang-pulang bawa sagu khas Kab. INHIL yang udah tersohor rasanya. Kebetulan hari ini cuacanya mendung dingin-dingin semriwing, daripada gak ada yang dicemilin, eksekusi sagu pun berlangsung.. Haha (baca : Masak kolak)

6 porsi
30 menit
Kolak Ubi

Kolak Ubi

. Alhamdulillah tahun ini masih diberi umur utk bertemu kembali dengan Ramadhan 1437 H - 2016 🌠 Masih dengan mangkok yg sama di tahun lalu di cookpad pd edisi #Manisnya Ramadhan , Tahun ini kembali ikutan posting resep Kolak Ubi 😊 Ini kolak ku , mana kolak mu ??

5 porsi
45 menit
Kue Lumpur waloh kolek

Kue Lumpur waloh kolek

Sedari kecil aku ndak suka lumpur sama sekali dan pas ada lumpur eeeh kok rasanya cocok dilidah 😊 akhirnya aku tanya2 dan langsung ak praktikkan dech #DiRumahAja semoga bermnfaat buat bunda2 yang lainnya #weekendcallenge😊😍 mf ya bunda2 blm sempet d photo kue udh ludes 🙇

Kolak jala pisang nangka

Kolak jala pisang nangka

Roti jala biasanya di hidangkan bersama gulai ato kari tp kali ini beda,krna g suka gulai so aq buat kolak aja,kuahnya sama2 dr santan hehe

4 porsi
30 menit
Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Aku Suka sm ubi ungu.. selain sehat..warnanya jg cantiik

3 porsi
1 jam
Kolak ubi talas

Kolak ubi talas

masih ada sisa ubi talas, di masak kolak saja

Kolak Sederhana

Kolak Sederhana

Ada pisang kepok yg uda mejeng dikulkas 2hari belum tereksekusi. Nyempetin buat beli ubi ma kolang kaling dipasar. Mari ngolak!!

5 porsi
20 menit