Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Kacang Merah yang Enak

Dipos pada November 16, 2018

Bubur Kacang Merah

Bagaimana membuat Bubur Kacang Merah yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bubur Kacang Merah yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Kacang Merah, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Kacang Merah bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Merah memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengennya sih es kacang merah. Karena gak punya es serutnya, jadi kunamakan bubur kacang merah. Kalau punya es serut namanya es kacang merah. Pake bahan yang ada, santan kuganti dengan FiberCreme.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Merah:

  1. 1/4 kg kacang tolo/kacang merah kering
  2. 3 lembar daun pandan
  3. 1 liter air
  4. 1/2 st garam
  5. 5 sm Fiber Creme (½ kelapa jadi 300 ml santan)
  6. 300 ml air
  7. 1 st maizena
  8. 2 daun pandan
  9. 200 ml sirup coco pandan (3 gula merah dicairkan)
  10. secukupnya SKM
  11. Es serut kalau ada (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Merah

1
Rebus kacang merah, daun pandan, garam dan air dengan presto 15 menit atau sampai empuk. Biarkan dingin
Bubur Kacang Merah - Step 1
2
FiberCreme dimasak dengan maizena, pandan dan air sampai mengental.
3
Taruh kacang merah dalam wadah, tambahkan sirup/gula merah cair
Bubur Kacang Merah - Step 3
4
Tambahkan creme/santan kentalnya, tambahkan SKM
Bubur Kacang Merah - Step 4
Bubur Kacang Merah - Step 4
5
Siap disajikan hangat atau dingin dengan tambahan es serut. Mantap 😍
Bubur Kacang Merah - Step 5
Bubur Kacang Merah - Step 5
Bubur Kacang Merah - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI Bubur Beras, Wortel, Buncis, Kacang Panjang, Kol/Kubis

MPASI Bubur Beras, Wortel, Buncis, Kacang Panjang, Kol/Kubis

Bunda Gibran lg males masak nih.. jd semua bahan dimasukin ke rice cooker. 😂

2 porsi
45 menit
Bubur kacang ijo metode (5 - 30 - 7)

Bubur kacang ijo metode (5 - 30 - 7)

Lagi booming banget 5307 nihh buat masak,, kacang ijo bisa, empuk in daging juga bisa.. Tapi emg bener lohh hasilnya mantepp..

#5. Bubur Kacang Hijau

#5. Bubur Kacang Hijau

Kangen banget dengan bubur yang satu ini, kebetulan ada sisa stok bahan kacang hijau. Saya memakai metode 5 30 7. Jangan lupa untuk merendam kacang hijau semalaman dan masukan ke kulkas ya, supaya tidak basi. Bubur kacang hijau ini tanpa santan dan digantikan dengan susu kental manis. Kali ini, susu kental manis langsung saya tambahkan ke panci di akhir langkah. Jika mau dipisah, juga oke.

10 - 12 porsi
Bubur pedas

Bubur pedas

Ini salah satu makanan khas kalimantan barat nama nya bubur pedas. Bahan dasarnya tetap pake beras kya bubur2 yg lainnya ditambah macam2 sayuran.. Walaupun nama nya bubur pedas tp rasanya ga pedas kok 😁😁 Mumpung hari minggu jd masak yg sedikit ribet gpp deh.. Hehehe Maafin ya difotonya lupa ditambahin kacang tanah goreng & teri gorengnya 😅😅 #masakanindonesia

Bubur Kacang Ijo Rasa Jahe

Bubur Kacang Ijo Rasa Jahe

Dear sahabat...#TemanBerjuang karena sifatnya yang menyembuhkan, jahe bisa dikonsumsi kapan saja oleh pasien kanker, apalagi kala mual melanda dan nafsu makan yang menurun drastis efek dr kemo. Aroma dan rasa jahe bisa menurunkan mual sekaligus melawan kanker dalam tubuh. kali ini manda padukan jahe dengan bubur kacang ijo, kacang ijo banyak mengandung asam folat dan zat besi yang baik untuk tulang dan sebagai asupan sel darah merah. bubur kacang ijo merupakan menu fav keluarga kami, terutama akungnya anak2, aah... jadi kangen... ayo uprek dapur tuk menuangkan rindu ini... #TemanBerjuang #PejuangGoldenApron2 #CookingLover #Cookingwithhearteatingwithlove #Resolusi2019 #Cookpad_id #cookpadcommunity_Yogyakarta

6 porsi
MPASI 8 M+ • Bubur Hijau •

MPASI 8 M+ • Bubur Hijau •

resep asli dari Wied Harry Apriadji, diubah dengan selera bayiku. Dan nyam dia doyan, sukses!!

Bubur keju mpasi

Bubur keju mpasi

Mencoba turun tekstur, krn GTM-tumgi. Menggunakan bahan2 yg tersedia di kulkas. Kejunya bikin gurih di lidah. Alhamdulillah anak mau menghabiskan makanannya.

2 porsi
Bubur kacang hijau + jagung Maniiis

Bubur kacang hijau + jagung Maniiis

My husband sngat sukà dan hoby banget makan

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Tiap hari suka bikin kacang ijo, tapi biasanya santannya lgsg dimasak bareng kacang ijonya, Oke kali ini coba bikin yang laain aaah, silahkan dicoba ibuuu ibuuu dijamin endes 😄

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Makanan favorit aku waktu kecil😍Mama aku dulu suka buatin bubur ini.Aku sukanya makan bubur ini dingin2 dicampur susu kental manis ato susu cair putih😆Yummyy😍 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_bandung

Burjo (bubur kacang ijo) hemat gas

Burjo (bubur kacang ijo) hemat gas

Dijamin empuk dan hemat gas👍 bubur kacang hijau ini kaya serat, sumber protein dan mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Buat #TemanBerjuang yg berjuang menghadapi kanker payudara, terus semangat.. #PejuangGoldenApron2

45menit
BURCANG (Bubur Kacang Ijo)

BURCANG (Bubur Kacang Ijo)

Masak ini kudu sabar .

Bubur Kacang Hijau MarieKex

Bubur Kacang Hijau MarieKex

Burjo sebenarnya makanan favorit dari jaman SD. Gak tahu kenapa suka banget dan gak bosen. Apalagi kalau makannya campur ketan hitam. Duh enaknya. Tapi kali ini makan burjonya pake mariekex. Kalau di Indonesia ya bisa pakai regal, biskuit marie, dan sejenisnya. Biasanya makan burjo pake roti tawar kan kali ini pake biskuit marie. Enak deh. Silakan dicoba. Hehehe.

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Persiapan sarapan buat suami biar Ga bosan itu itu Aja hehe

Bubur Kacang Hijau ♡

Bubur Kacang Hijau ♡

Bubur kacang hijau hangat ataupun dingin nikmatnya mantap tak terkira. #PejuangGoldenApron2