Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Manado yang Sempurna

Dipos pada February 5, 2019

Bubur Manado

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Manado yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Manado yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Manado, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Manado bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ikutan #pekaninspirasi#pekan_manado kali ini saya bikin bubur manado, bubur yang sarat dengan sayuran. Bubur sehat...pilihan alternatif juga buat keluarga saya kalau ada yang sakit dan ga bisa makan nasi atau yang makanan yang keras.Alhamdulillah anak anak juga sukaπŸ˜„πŸ‘Œ. Dan resep ini bersumber dari Ayo cek resep ini: Bubur manado istimewa https://cookpad.com/id/resep/6817506-bubur-manado-istimewa?via=androidsharesheet&shared_at=1551425437 Tapi ada beberapa bahan yang saya rubah dan tambahkan, tapi tetap menjaga kualitas dan rasa yang enakπŸ˜†πŸ˜˜ #berburucelemekemas #resolusi2019 #3weekschallenge #pekan_manado #pekaninspirasi #cookpadcommunity_jakarta Minggu ke 8 (3)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado:

  1. 200 gr beras
  2. 1,5 liter air
  3. 200 gr udang rebon(asli nya ikan kembung rebus.me: ga suka ikan)
  4. 1 buah jagung manis,pipil
  5. 1 ikat kangkung,potong kecil kecil
  6. 1 bks santan instan (me kara uk 65 ml)
  7. secukupnya Garam
  8. secukupnya Kaldu bubuk
  9. secukupnya Lada bubuk
  10. 2 lembar daun salam
  11. 1 batang sere geprek
  12. 3 lembar daun jeruk (tambahan dari saya)
  13. Pelengkap
  14. Sambel dan kerupuk
  15. Bumbu halus
  16. 8 siung bawang merah
  17. 4 siung bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado

1
Haluskan bawang merah dan bawang putih,lalu tumis sebentar agar tidak langu.
Bubur Manado - Step 1
Bubur Manado - Step 1
2
Lalu masukkan air dalam panci. Masukkan daun salam,sere,daun jeruk dan bumbu yang ditumis tadi.Rebus sampai air mendidih.
Bubur Manado - Step 2
3
Setelah mendidih,masukkan beras yang sudah di cuci bersih terlebih dahulu, dan masukkan juga jagung,udang rebon, dan garam. Lalu aduk aduk sampai beras berubah menjadi bubur (di sini air boleh ditambah ya bunda ??kalau beras nya belum jadi bubur.Kalau saya... takaran air nya sudah pas)
Bubur Manado - Step 3
Bubur Manado - Step 3
4
Lalu aduk terus bubur sampai mengental dan meletup letup, setelah itu tambahkan santan instan,kaldu bubuk dan lada,lalu aduk rata, cek rasa...bila sudah pas, masukkan kangkung nya.
Bubur Manado - Step 4
5
Lalu aduk kembali bubur sampai mengental dan kangkung nya matang.Angkat dan sajikan bubur dengan sambel dan kerupuk.Selamat menikmatiπŸ‘Œ.
Bubur Manado - Step 5
Bubur Manado - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Manado

Bubur Manado

Lambung lagi bermasalah, jadi mau makan bubur aja dulu sementara. Kalo bubur polosan bosen, jadi nyoba bikin bubur Manado. Voila, enak banget untuk kelas first trial heheh. Resepnya aku ambil dari beberapa sumber di cookpad ini, sesuaiin sama bahan yang ada dan yang pas buat lambungku.

2 porsi
Bubur sagu potong

Bubur sagu potong

sebetulnya sudah putus asa... gegara sudah gak dapat notifikasi dari admin untuk berburu celemek emas... sepertinya aku gagal... ya sudahlah... berharap masih bisa dapet parcel ramadan #SiapRamadan #JemputRezeki #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

5 porsi
45 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Waktu hamil mau makan bubur kacang ijo tpi yg jual rata2 manis bgt 😞 pdhl lgi ga bisa makan yg manis2 😫 alhasil bikin lah burjo yg rasa nya agak asin πŸ˜…πŸ˜…

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Re-cook from www.dailycookingquest.com Karena Mas Bojo suka yg versi instannya, jadi coba bikin yg versi dapurnya... 😊

2 porsi
Healthy porridge sesame oil

Healthy porridge sesame oil

Kemarin pagi suami ingin makan bubur ayam yang selalu mangkal didepan rumah namun pd hari tsb tidak berjualan, dengan inisiatif tinggi, hari ini aq buatkan surprise untuk suami & anak" namun dengan bahan seadanya ,karena belum sempat kepasar πŸ˜….

6porsi
45mnt
Bubur ayam

Bubur ayam

Makanan ini sangat mudah dan irit praktis banget masaknya. Bisa ditinggal tinggal. Asal ngga lupa ngaduk. Bisi lengket di pancinya*_* Sebenernya mungkin semua orang uda tau, ya. Mungkin suka bikin juga. Tapi saya share buat temen temen yang kepengen bubur tanpa mahal karena bahan-bahan pasti ada di rumah masing2. Kalau bikin bubur, airnya dibanyakin yaa. Kl bisa sampe 2x lipat banyaknya nasi. Lebih baik lebih. Irit kann?. 1 lagi::::::sorry ya semua.. ngga ada foto step2nya karena hapeini kehabisan tenagaπŸ™…

Β±6 porsi
Bubur manado

Bubur manado

Yang anget yg bergizi yg sedap mau liwaaat... cocoknya emang makan make sambel terasi dan ikan asin πŸ˜‰

Bubur Ayam Wangi Gurih dan Super Simple

Bubur Ayam Wangi Gurih dan Super Simple

Pagi2 anak2 udah minta sarapan. Ke dapur cuma punya sisa nasi sepiring. Ya sudahlah dibikin bubur ayam aja. Cuma memanfaatkan bahan seadanya dan bumbu2 yg super simple, tapi hasilnya enak, wangi dan gurih gak kalah sama bubur ayam komersial. Apalagi karena buatan sendiri, lebih terjaga mutunya dan sehat tanpa MSG atau penambah rasa lainnya. O iya kalau ingin rasa oriental bisa menambahkan minyak wijen secukupnya. Mari sarapan πŸ˜‹πŸ˜ŠπŸ˜

2-3 mangkok
Tinutuan (bubur manado)

Tinutuan (bubur manado)

Dah lama gak makan,mo beli yg jualan jauh..yaudah cuzz dapur bkin sendiri

4-5 porsi
Bubur asyura 1:10

Bubur asyura 1:10

Tradisi di bulan Muharam di tanggal 10 biasanya bikin bubur asyura. Ini tahun ke 2 di lingkungan yg baru (pindah rumah) πŸ˜…. Pengalaman tahun yg lalu, pas pagi di hari asyura ada ibu2 komplek ketok pintu minta iuran buat masak2 bubur asyura. Katanya nanti sore ambil buburnya kesana. Sebenarnya ngiler sih kepingin buka puasa pake bubur asyura tapi malu... πŸ˜‚ malu kesana bawa rantang trus minta. Kebiasaan ditempat yg dulu ada yg tugas nagih iurannya dan sorenya ada yg tugas ngantar buburnya ke masing-masing rumah. Tahun ini nggak ngarep lagi deh.... Kita bikin aja sendiri. Sengaja dibikin tgl 9 muharam. Soalnya besok mau puasa (biar puasanya khusu') nggak ngiler lagi. πŸ˜‚ jadi puas-puasin deh makan buburnya hari ini. Berhubung suami nggak suka bubur (apapun yg jenisnya bubur) jadi kita bagi aja deh buat tetangga (biar lemaknya bagi-bagi) πŸ˜…

4 porsi
1 jam
Bubur kacang Ijo

Bubur kacang Ijo

Awalnya hanya doyan makan burjo,akhirnya skarang sdh jualan burjo,alhamdulillah hasilx lumayan bantu2 kebutuhan kluarga.

20 orang
15 menit
Bubur sehat 3 bahan

Bubur sehat 3 bahan

ke pasar beli ikan louhan untuk mainannya si raka bubur sehat 3 bahan bikin anak-anak makin suka #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #MalangCookpad

Bubur kacang ijo (diet)

Bubur kacang ijo (diet)

Spesial aku buat resep ini tanpa gula merah dan tanpa pake santen jadi ini burjo aman utk para pejuang diet πŸ˜‰ Di resep ini aku udah rendem kacang hijaunya kurleb 4 jam ya 😊😊 Temen temen bisa follow ig aku @masakan_fatia yg mau tau apa aja yg aku makan dlm 1 hari selama aku jalanin defisit kalori 😊😊

1 porsi
15 menit
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Seperti biasa mom, kalo weekend hari sabtu minggu anak2 libur sekolah. Jadi waktu untuk bikin sarapan jadi lebih panjang. Hari sabtu ini saya buatkan bubur ayam untuk anak2. Udh sering si bikin bubur ayam, dan anak-anak saya juga memang suka sekali makan bubur ayam. Belom berhenti klo dipanci belom kosong hehehe. Kali ini sya coba berbagi resep dgn mom's yg lain, cobain yuk mom mudah kok bikinnya Source dr buku Easy cook for mom by yunita anwar Reecok by me #PejuangGoldenApron2

4-5porsi
Bubur ketan mangga

Bubur ketan mangga

Source : @noviherawati

MPASI 6+ bubur beras

MPASI 6+ bubur beras

Jadwal makan si bayi saya atur demikian Bun : Sarapan: bubur beras(karbohidrat) + protein nabati/hewani(sayuran/daging) + lemak(unsalted butter) Makan siang : pure buah Makan sore : cemilan Marie/biskuit Milna Nenen tiap si bayi pengen. Karna kagok kalo tiap makan bikin bubur,jadi sekali bikin untuk 4hari. Tinggal kukus 1 blok dan blender bersama menu lain.

Hintalu karuang (ktw. Lama: Bubur Talor Kruwak)

Hintalu karuang (ktw. Lama: Bubur Talor Kruwak)

Pertama kali bikin sama mommy nya brata. Kali ini coba sendiri ;) kalau bahasa kotawaringin makanan ini namanya Bubur Talor Kruwak ;))

Bubur sehat

Bubur sehat

Bosen kan kalo nasi yang malem paginya di buat nasgor, mending di buat bubur sehat aja.