Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Kajotem Alacin yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 21, 2018

Bubur Kajotem Alacin

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Kajotem Alacin yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Kajotem Alacin yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Kajotem Alacin, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kajotem Alacin ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kajotem Alacin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kajotem Alacin memakai 7 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur Kajotem alias Kacang Ijo Ketan Item.. si dessert atau cemilan yang jadi idaman sejak seminggu lalu akhirnya kesampean juga.. pas banget juga cuaca di luar mendukung banget.. ujan-ujan makan bubur kajotem panas-panas.. cuma si bubur ini dibuatnya luamaaaa so ga bakalan sering-sering gw bikin yang macem begini mah.. eh tapi ini versi alacin ya buatnya.. yuk ditengok-tengok resepnya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kajotem Alacin:

  1. 1/4 kg kacang ijo
  2. 1/4 kg ketan hitam
  3. 1 buah kelapa parut
  4. 2 blok gula merah
  5. 3 sdm garam
  6. 3 cm jahe
  7. 2 liter air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kajotem Alacin

1
Cuci dan saring masing-masing ketan hitam dan kacang hijau.
2
Rendam masing-masing kacang hijau dan ketan hitam kurang lebih 1 jam (beberapa resep yang lain ada yang bilang semaleman direndamnya tapi itu mah yang ada malah bikin ga niat bikinnya. 😂😂😂)
3
Buat santan kental dari kelapa parut. (Btw first time banget nih ngucek-ngucek kelapa parut sampe jadi santan. :D)
4
Masak santan di atas api kecil sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Masak sampai mendidih. Masukkan garam. Aduk rata sampai mendidih lagi. Angkat sisihkan.
5
Masukkan kacang hijau dan ketan hitam di panci terpisah. Tambahkan air dua kali lipat dari permukaan bahan rendaman. Masak dengan api sedang.
6
Cacah blok gula merah untuk kacang hijau dan ketan hitam. Masing-masing panci satu blok gula merah.
7
Iris korek api tipis jahe yang sudah dibersihkan.
8
Aduk panci dengan isian ketan hitam. Jaga jangan sampai gosong di bawah. Aduk sesekali panci isian kacang hijau. Masukkan garam masing-masing panci 1 sdm.
9
Masukkan irisan jahe ke panci kacang hijau. Aduk-aduk.
10
Masukkan gula merah ke masing-masing panci saat isian sudah mekar. Aduk rata. *mekar disini bulir-bulir ketan hitam dan butir-butir kacang hijaunya udah kebuka gitu hmmmm gitu deh maksudnya.*
11
Masak sampai mendidih. Angkat dan sajikan. *btw kalau misalkan mau bubur kacang hijaunya lebih berair pas diliat di panci udah hampir habis airnya langsung tambahkan air tapi nambah airnya sebelum masukkan gula merahnya ya.*

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur sop kacang ijo

Bubur sop kacang ijo

Selain sebagai seorang penyuluh pertanian aku juga punya bakulan snack dan cookies untuk akhir2 ini aku sering sekali bikin nugget baik tahu, tempe, ikam maupun ayam dan biasa nya dalam pembelian bahan tidak mungkin sesuai dengan takaran dalam resep yg di gunakan pasti berlebih dan juga untuk pembuatan nugget ayam aku hanya mengambil dagingnya saja sehinga tulang ayam yang masih ada sisa daging tidak terpakai maka resep kali ini aku menggunakan bahan2 tersebut seperti sayuran, bumbu2 dan juga tulangan ayam karna kebetulan bumbu2 untuk bubur sop ini sama dengan bumbu untuk nugget sehingga untuk resep kali ini aku cuma beli kacang hijau 1.500, kentang 3.000 dan kelapa parut 2.000 di paman sayur totalnya 6.500 padahal kalau beli bubur ayam banjar untuk kami 1 rumah ada 7 orang kami butuh duit 70.000 untuk 7 porsi sehingga dengan adanya bahan2 tersebut kami tetap makan enak cuma dengan 6.500 dan hemat 63.500 rb sehingga bisa untuk belanja kebutuhan keluarga esok harinya #HematPangkalSugih #Wanilahmeolah #CookpadCommunity_Borneo #CookpafCommunity_Martapura

MPASI 6m+ Bubur kacang ijo

MPASI 6m+ Bubur kacang ijo

Demi anak bayik sehat, ini gizinya komplit.. Karbo dari ubi, protein dari kacang ijo, lemak dari santan. Aku pakai tepung kc ijo supaya cepat matang.

Bubur jalo

Bubur jalo

Request para bocah untuk sarapan hari minggu ini,... dengan sayur seadanya, bisa diganti atau ditambah dengan sayur yang disukai.

5 org
Bubur kacang hijau simple

Bubur kacang hijau simple

Sarapan pagi selalu buat bubur kacang hijau dan nd ribet jugaa..yg dr awal nd tau cara masaknya sampai mertua bilang asin banget, tp tetep dimakan dan keinget sampe skg 😆😆.. sekrang malah tiap hr mertua minta dimasakin bubur kacang hijauu😊 #5resepterbaruku

4 porsi
30 menit
Bubur Kacang Durian

Bubur Kacang Durian

Kampar lagi musim duriaaaaan..

Bubur kacang ijo ketan item

Bubur kacang ijo ketan item

#wanimeolah #cookpadkalimantan #resepbebas

10 porsi
40 mnt
Bubur kacang hijau dg teknik 5.30.5

Bubur kacang hijau dg teknik 5.30.5

Dg teknik ini memasak kacang hijau jadi cepat.

Bubur CangJo

Bubur CangJo

Berhubung mama ada Kolesterol, jdi diganti creamer bubuk.. yg aman.

Bubur kacang hijau praktis

Bubur kacang hijau praktis

Bubur kacang hijau sehat tanpa pemanis dan higenis

4 orang
60 menit
Peeled Green Beans Porridge

Peeled Green Beans Porridge

5 porsi
30 menit
Bubur kacang hijau simple

Bubur kacang hijau simple

ku buat bubur tanpa santan, kuganti dengan susu kental manis agar rasanya gurih dr susu hehe

1rumah
Bubur Sayur

Bubur Sayur

Sarapan apa ya pagi ini? Yuk cobain bubur sayur yang gurih dan menggugah selera. Dijamin deh, si kecil yang ga doyan sayur jadi mau makan sayur. Buatnya juga mudah bunda, bisa disambil menyiapkan segala kebutuhan dipagi hari.

Bubur kacang hijau plus ketan merah sederhana

Bubur kacang hijau plus ketan merah sederhana

Udah lama pengen bikin ini baru kesampean sekarang,,, ceritanya ga puas beli akhirnya bikin sendiri aja biar bisa nambah terus makannya.. 😂😂😅

Resep Bubur Kacang Ijo Enak

Resep Bubur Kacang Ijo Enak

Puasa nisfu hari ke2 bikin takjil bubur kacang ijo ala babang2 gerobakan yang biasa saya temui di alun2 Ungaran. Kalau di Banjarmasin biasa pakai gula merah dan santan dimasak bareng seperti bikin kolak. Dua2nya saya suka baik versi gula putih atau gula merah #cookpadcommunity_kalsel