Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Sayur yang Lezat

Dipos pada November 21, 2018

Bubur Sayur

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Sayur yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Bubur Sayur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Sayur, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Sayur di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Sayur memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sarapan apa ya pagi ini? Yuk cobain bubur sayur yang gurih dan menggugah selera. Dijamin deh, si kecil yang ga doyan sayur jadi mau makan sayur. Buatnya juga mudah bunda, bisa disambil menyiapkan segala kebutuhan dipagi hari.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Sayur:

  1. 1 canting beras takaran magic com
  2. 100 ml santan kara
  3. 1 bonggol jagung manis, cuci, disisir bijinya
  4. Secukupnya kangkung, cuci, rajang kurang lebih 2cm
  5. Secukupnya toge, siangi, cuci
  6. 1 bh wortel ukuran sedang, kupas, cuci, potong dadu
  7. 2 bh kacang panjang, cuci, potong-potong 1cm
  8. 1 bh ubi jalar, kupas, cuci, potong dadu
  9. Sayuran bisa diganti dengan sayur apa saja, sesuai selera atau yang tersedia di kulkas ya bunda
  10. 1/4 sdt lada halus
  11. 2 ltr kaldu sapi atau ayam
  12. Secukupnya irisan daging atau ayam
  13. 1 sdt garam
  14. secukupnya Gula untuk penguat rasa
  15. 1 ons teri goreng
  16. 1 ons kacang tanah goreng
  17. Untuk teri dan kacang boleh di skip

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Sayur

1
Rebus kaldu dan potongan daging di magic com dengan kaldu sampai matang.
2
Berikutnya masukan beras yang sudah dicuci, masak dengan membuka tutup magic com. Aduk sesekali. Jika air terasa kurang, tambah secukupnya.
3
Masukan santan, garam, gula, lada dan potongan ubi jalar, aduk. Masukan jagung manis, aduk, koreksi rasa, diamkan hingga ubi lembut.
4
Terakhir masukan sayur-sayuran, aduk rata. Switch tombol magic com ke posisi warm.
5
Bubur siap dihidangkan, taburi teri dan kacang diatasnya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 #SiapRamadan #MenjemputRezeki

Bubur Manado Ala Pantura

Bubur Manado Ala Pantura

Tersinspirasi ari aneka bubur Tinutuan(Manado) jadi pengen buat yang ala Jawa sebab saya belum pernah sama sekali pergi ke sana apalagi mencicipi Bubur yang terkenal itu. Nah saya punya ide ini bisa jadi ide buat bekal si kecil, komplit sudah ada sayuran dan karbohidrat, serat pas buat putriku, Tinggal lhep, kan unik bekalnya bubur kalo nasi goreng, ayam goreng mie dibuat bento kan biasa, Ini menu sehat dan lengkap yaitu Bubur sayuran. Selamat menikmati ya dik anak pintar.

3 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau ini dimasak dgn metode 5-30-7. Planning awalnya begitu, tapi aplikasinya modifikasi 😁 Metode ini konon katanya sempat booming di kalangan ibu2 penikmat dapur. Kemarin alhamdulillah sempet praktekin metode ini. Ga sepenuhnya berhasil sih, tapi tetep jadi dgn tambahan waktu di belakang. Jadi, ini adalah metode yg memudahkan memasak bubur kacang hijau agar lebih ramah waktu dan ramah gas (karena ga lama nyalain kompor). Saya bersyukur lah pokoknya dapet ilmu ini. Alhamdulillah. Mungkin udah banyak yg tahu. Tp sy share ulang disini ya, kali aja bermanfaat. Jadi, metode 5-30-7 ini maksudnya : 5 menit rebus kacang hijau (+daun pandan, jahe) terhitung dari air mendidih, lalu matikan kompor 30 menit diamkan dan tutup kacang hijau yg direbus tadi 7 menit masak kembali kacang hijau, terhitung dari air mendidih, lalu mulai masuk2an bahan. Indikator kemungkinan berhasilnya, setelah direndam selama 30 menit, kacang hijau mulai empuk dan pecah2. Tapi waktu saya praktekin, kacang hijaunya masih utuh2. Akhirnya saya pake saran, yg kalau terjadi kayak gitu, rebus lagi kacang hijau (saya 7 menit lg), habis itu diamkan lagi dan tutup 15 menitan. Terus rebus lagi 7 menit, sekiranya sdh empuk, baru masukin bumbu2. Gula pasir terakhir aja yaa. Saya sih prefer setelah santan. Kalau santan udah masuk jgn lupa diaduk supaya santan ga pecah2.

60 menit
Kacang Ijo dan Bubur Mutiara

Kacang Ijo dan Bubur Mutiara

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #SiapRamadhan #SayangAnak Resep sblumnya sy pakai metode 5:30:7 menit tanpa direndam, memang irit gas tp menurut suami kurang matang kacang ijonya, bener merekah tp kurang empuk jd trkesan blum matang. Skrg sy cba pakai direndam dl semalaman ato sekitar 10 jam.

Bubur Pelangi

Bubur Pelangi

#dkitcheners_ #anekabubur

MPASI 9-10 Bulan : Bubur Kacang Merah, Oyong, Brokoli, Telur

MPASI 9-10 Bulan : Bubur Kacang Merah, Oyong, Brokoli, Telur

Ini saya pakai nasi yang dihaluskan Mom, pakai blender 😁 Sayurnya bisa 1 aja, ini saya sekalian bikin sayur bening katuk makanya saya tambahin juga.

1 porsi
Burkangjo = bubur kacang ijo

Burkangjo = bubur kacang ijo

#Bandung_recookWinaKartika Selesai bikin masih hangat hangat langsung dimakan paling cocok buat saya.. Kalau dingin rasanya beda menurut saya😋

Bubur Kacang Hijau Gula Putih

Bubur Kacang Hijau Gula Putih

dulu waktu Ayah masih ada kalo bikin bubur kacang ijo harus pake gula merah atau gula aren.walaupun tetap dengan campuran gula putih.karena begitulah kesukaan ayah. begitu ayah meninggal, kalo buat burjo pake gula putih aja. karena begitulah kesukaan mama 😅😅

6 porsi
30 menit
Bubur Kacang Ijo Jahe

Bubur Kacang Ijo Jahe

Hujan gini pengen yang anget2? Kuy bikin ini!!

4 porsi
Bubur kacang hijau (original dan bawang putih)

Bubur kacang hijau (original dan bawang putih)

Selalu ada cerita seru dibalik keaneka ragaman kuliner nusantara. Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa memberikan andil akan beragamnya khasanah masakan tradisional. Tak terkecuali bubur kacang hijau. Saya yang asli jawa, dan berjodoh dengan suami yang orang Banjar daerah hulu sungai, sempat terkejut ketika mertua mengajari saya olahan bubur kacang ijo ala keluarga mereka. Kenapa terkejut?? Karena mertua menambahkan irisan bawang putih dan jumlahnya lumayan juga, dalam bubur yang manis gurih itu. Waduhh.. saya jadi shock.. hehe. Dan sekarang tugas saya meneruskan tradisi mereka dalam membuat bubur. Karena belum terlalu familiar, maka saya selalu menyisihkan bubur ori sebelum bawang putihnya dimasukkan. Jadi amannnn.. #PejuangGoldenApron2 #minggu2 #cookpadcommunity_borneo

4 porsi
60 menit
Bubur sempurna

Bubur sempurna

#mpasi 10 bulan

Bubur Kacang Ijo Saus Mangga Snack Mpasi 7m+

Bubur Kacang Ijo Saus Mangga Snack Mpasi 7m+

Inspired by Grup HHBF

1 porsi
20menit
MPASI 6m+ bubur seafood

MPASI 6m+ bubur seafood

baby Rui selalu lahap kalo makan bubur seafood ini. Enjoy mommies

2x makan