Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sambel Pecel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 16, 2019

Sambel Pecel

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambel Pecel yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambel Pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambel Pecel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Sambel Pecel ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sambel Pecel yaitu 700 gram. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Sambel Pecel diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Pecel memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum setoran sambel2an nih hehehe, ini pake resepnya mba endang jtt udh paling paten menurut saya cuma saya versi agak sehatnya karena gak pake minyak disangrai semua bahannya, dan gak mengurangi kelezatan sambal pecel ini loh bnran deh biar gak digoreng bahan2nya, dan kenapa saya bilang agak sehat karena masih pake gula dan garam hehehe, tapi setidaknya udh ngurangin lah ya, yuk dicoba mom #madebydewa #resolusi2019 #berburucelemekemas #cookpadcommunity_tangerang #sambalpecel #kacangtanah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Pecel:

  1. 500 gr kacang tanah kulit
  2. 250 gr gula aren
  3. 3 sdm air asam jawa yang kental
  4. 2-3 sdt himalayan salt
  5. Bumbu Halus
  6. 25 buah cabe kriting merah
  7. 5 buah cabe rawit merah
  8. 3 ruas kencur jangan dikupas
  9. 4 buah bawang putih
  10. 10 lembar daun jeruk kembar

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Pecel

1
Cuci bersih kacang tanah tiriskan lalu sangrai sampai matang kecoklatan tapi tidak gosong, siapkan bahan bumbu halus, lalu sisir gula aren.
Sambel Pecel - Step 1
Sambel Pecel - Step 1
Sambel Pecel - Step 1
2
Larutkan asam jawa dengan secukupnya air panas hingga kental, haluskan kacang sangrai saya pakai blender mill dan saya masukan bertahap agak blendernya gak rusak hehehe, dan kalau sedikit2 blendernya lebih halus. Lalu masukan kacang halus ke dalam wadah.
Sambel Pecel - Step 2
Sambel Pecel - Step 2
Sambel Pecel - Step 2
3
Setelah itu kita haluskan juga gula aren dengan cara yang sama dengan kacang tanah tadi, lalu campurkan dalam wadah kacang halus tadi, sangrai semua bahan bumbu halus sampai matang kecoklatan.
Sambel Pecel - Step 3
Sambel Pecel - Step 3
Sambel Pecel - Step 3
4
Lalu haluskan dengan blender semua bahan bumbu halus, dan tuangkan lagi ke dalam wadah kacang tanah, tambahkan juga himsalt dan larutan asam jawa, lalu aduk semuanya sampi tercampur rata dan liat tidak lengket, saya menggunakan spatula silikon tadi.
Sambel Pecel - Step 4
Sambel Pecel - Step 4
5
Test rasa lalu sambal kacang siap diolah menjadi berbagai macam panganan, pake sayuran rebus, sambal siomay, cilok pokoknya serbaguna deh, saya biasanya dibungkus2 per 100 gram buat sekali makan lah lalu taruh kulkas bisa tahan 3 bulanan loh, ini berguna bgt deh sambalnya kudu wajib setok boebo, oh iya kalau mau lebih pedes tinggal ditambahin aja takaran rawitnya ya, mudah bukan πŸ˜‰.
Sambel Pecel - Step 5
Sambel Pecel - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

SAMBEL KACANG/ sambel pecel

SAMBEL KACANG/ sambel pecel

Buat persiapan lebaran aja....😊😊😊

1,8 kg
Sambel pecel ayam sedap

Sambel pecel ayam sedap

Suka bgt ama pecel ayam dan sampelnya saatnya eksperimen dan hasilnya enak

10 menit
10. Pecel Sayur dan Oseng Udang #BikinRamadanBerkesan

10. Pecel Sayur dan Oseng Udang #BikinRamadanBerkesan

Liat kulkas dan masih ada saus kacang. Jadi tinggal beli sayuran dan udang. Langsung disikat πŸ˜‚ #BikinRamadanBerkesan

2-3 porsi
20-30 menit
Tahu tempe sayur kukus + sambal pecel (Menu Vegan)

Tahu tempe sayur kukus + sambal pecel (Menu Vegan)

Biar ga bosen dgn menu yg itu2 aj, mari dimodif sdkt biar tmbh semangat jd VeganπŸ˜†πŸ‘Œ Enaknya makan kukusan trus yaa lbh ngirit minyak tanah karna sekali ngukus smua lgsg terkukusπŸ˜‚ alias dijadikan1 panci... Kuy cus

Sambel sari laut / sambel pecel

Sambel sari laut / sambel pecel

Bikin goreng ayam tapi gapunya saos jadi bikin sambal ini hehehe

Pecel ayam

Pecel ayam

Source : Evinida Waktunya setoran semarak clovers minggu ini😘😘😘 #kakilimarasabintanglima #semarakramadan #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #cookpadcommunity #cookpadcommunity_wonosobo

Pecal / pecai ala dapu fina

Pecal / pecai ala dapu fina

Assalamualaikum. Kepengen berbuka dengan pecal, ini salah satu menu favorit siadek no 3. Buatnya pun gampang, kemarin itu pernah beli, sayur nya banyakan daun genjer. Terus bumbu kacang nya dikit banget, kacang nya itu seperti gag ditumbuk, malah cuma terbelah dua gitu. Keseel saya makannya. Ini sy ngehalusin bumbu kacangnya menggunakan blender. Bagus nya kalo pecal menggunakan ulekan batu atau lesung. Kalo dikampung biasa kalo ada acara hajatan, numbuk bumbu kacangnya menggunakan jengki yaitu sejenis lesung. #antiribet #cookpadcommunity #siapramadan #resolusi2019 #berburucelemekemas #cookpadcommunity_aceh

Pecel ikan Lele

Pecel ikan Lele

#AntiRibet

Tahu telur bumbu pecel πŸ˜‚

Tahu telur bumbu pecel πŸ˜‚

Bingung banget waktu pagi hari mau masak apa, sedangkan aku baru belajar masak, dan akhirnya kepikiran buat ini karna dulu pernah diajarin sama ibu oiya tadi diresep gk ada bumbu pecelnya.. Aku bumbunya beli jadi ya. Tinggal kasih air panas trus dilunak in πŸ˜‰πŸ˜‰

Pecel Lobak Kangkung

Pecel Lobak Kangkung

Saya mah gitu, tiba-tiba kadang nongol ide nya πŸ˜…πŸ€­

Pecel ikan pedes nikmat

Pecel ikan pedes nikmat

Cerita ny malming kemaren kita beli pecel ayam...eh pgi minggu ny nakdis minta dibikinin sambel kyak itu lgi.... Ya udah kita bkin dg bahan apa yg ada stok d kulkas ajja... Lauk ny kebetulan d samping rmah kta punya kolam ikan nila, sayuran nya d belakang rumah jg ada daun singkong. Ya udah jadi dech pecel ikan ala2..tp rasa ttp enak bingittsss ktanya nakdis & paksu...