Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bumbu pecel sederhana yang Anti Gagal

Dipos pada June 20, 2019

Bumbu pecel sederhana

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bumbu pecel sederhana yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bumbu pecel sederhana yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bumbu pecel sederhana, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bumbu pecel sederhana enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu pecel sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu pecel sederhana memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bumbu ini juga bisa digunakan untuk bumbu ketoprak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu pecel sederhana:

  1. 1/4 kg kacang tanah
  2. 1 genggam cabe kecil jika ingin pedas bisa di tambah
  3. 1 bulat Gula merah
  4. 4 lembar daun jeruk
  5. 5 siung bawang putih
  6. secukupnya Garam
  7. secukupnya Air matang

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu pecel sederhana

1
Goreng atau sangrai kacang tanah sampai harum. Setelah masak dinginkan.
2
Goreng cabe kecil, bawang putih sebentar.
3
Blender semua bahan sampai halus.
4
Jika sudah mendapatkan tekstur yang di inginkan masukkan ke dalam kotak makanan. Bumbu pecel ini bisa disimpan di dalam kulkas untuk pemakaian selanjutnya.
5
Saran penyajian jika ingin membuat pecel atau ketoprak ala ala : Encerkan bumbu pecel dengan air di atas piring, tambahkan kecap secukupnya. Hidangkan mie, sayuran, tahu atau telur ke atas bumbu, aduk semuanya sampai tercampur rata, tambahkan bawang goreng di atasnya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal terasi ala pecel ayam tenda anti ribet

Sambal terasi ala pecel ayam tenda anti ribet

Karena suka banget makan pecel ayam tenda yang di pinggirยฒ jalan jadi mending bikin sendiri..

Sambal pecel

Sambal pecel

Sudah lama gak bikin sambal pecel buat stok ,lmyan drpd beli mahal kadangkala juga gk cocok๐Ÿ˜ฅgegara blender rusak gk bisa giling kacang,pakai cara jadul deh.. Di tumbuk pakai ulegan.๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ. ..tapi rasanya memang beda...๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Cilok Bumbu Pecel

Cilok Bumbu Pecel

Sangat simpel sekali. Cilok ini tercipta dengan bahan seadanya disertai oleh keinginan untuk ngemil yang tinggi ๐Ÿ˜…

Sambel Pecel Porsi Kecil (Sekali Santap)

Sambel Pecel Porsi Kecil (Sekali Santap)

Bunda, mau bikin sambel pecel tapi hanya untuk sekali makan. Yuk baca resep ini, semoga manfaat.

Pecel Lele Nikmatt

Pecel Lele Nikmatt

Selamat siang sahabat Cookpad.. Sudahkah bersyukur hari ini? Ini makan siangku sama seisi rumah. Request bapak sama ibuk kemarin malem plus dijadiin tantangan buat aku yg gapernah - eh, jarang banget - ngolah ikan pake tangan sendiri dirumah. Beraniin lah ngolah lele ini dari dia idup sampe siap dinikmati wkwk Alhasil luamaaa di dapur. Wkwk ribet sendiri. Paling sedih waktu mukul kepalanya, tp dianya ga mati2 (efek mukulnya pake perasaan) lha gimanaaa, kasiaaaan :"D (efek penyayang binatang) Sebenerny dpt tips dr temen suruh rendam dia di air garam. Ntar mati sendiri. Duhhh malah menyiksa :") Gini banget ya story nya :" Tp ini true story wkwaksss Finally my struggles is works whehee! Lariss manisss menu sederhana ini diserbu orang rumah. Katanya suruh buka kedai/resto penyetan ajah. Hahaa.. Amin deh :)

3-4 porsi
Sambel pecel #bantuMantenBaru

Sambel pecel #bantuMantenBaru

Resepnya gampang, gak ribet..tapi rasanya enak...cocok buat pemula #bantumantenbaru

Gablok pecel

Gablok pecel

Ini menu sarapan tadi pagi. Gablok ni mirip sm gendar y bundsay tp ini gak pake bleng. Jadi warnanya putih aja, lebih sehat kan drpd yg pake bleng. Dulu pas kecil ibu sy sering bikin gendar dr nasi sisa semalam. Secara dl gak ada magic com kan... Jadi nasi sisa sering diolah lagi jadi gendar, mau lgsg dimakan ato dijemur buat krupuk gendar oke semua. Kalau dl sih sy sukanya gendar dimakan pake saus gula merah dan parutan kelapa, endesss banget. Kalo gablok ini sy taunya pas d smrg sini, rasanya gak jauh beda sm gendar yg lbh kenyal tentunya krn pemakaian bleng but its o. K karna yg ini lebih sehat juga kan... Cusss resep bundsay,

Sambel Pecel Lele Nyummy

Sambel Pecel Lele Nyummy

5 orang
15 menit
bumbu pecel

bumbu pecel

10 menit
Pecel ayam

Pecel ayam

Tiba2 pengen pecel sayur byk di kulkas trus beli kacang ajaa lagi buat sambel nya

4 porsi
Pecel Tempe Telor

Pecel Tempe Telor

Si Mbah dulu sering bgt masakin ini utk cucu..makanya cucu2 sll suka inget Mbah kalo liat masakan ini. Ini enak banget dimakan sama sayur kelor..

Pecel Sederhana Ala @nuraini_skw

Pecel Sederhana Ala @nuraini_skw

Dulu waktu msh di hometown, kerja di site project, makan pecel/gado2 hampir tiap hari. Gak bosen2, karena bosen sama nasi katering nya kantor. Tapi klw gado2/pecel, mie tiaw goreng, atau bakso uuuhhhh tiap hari juga gak nolak. Sekarang disini mau gak mau hrs bikin sendiri, krn gak ada yg jual๐Ÿ˜‚. Ternyata banyak hal kecil yg luar biasa berubah semenjak jauh dari rumah, termasuk salah satunya "masak". Alhamdulillah ya.....

2 porsi
15 mnt
Pecel Terong Ungu

Pecel Terong Ungu

Menu praktis untuk berbuka puasa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Pecel bihun bakwan sayur๐Ÿ’“

Pecel bihun bakwan sayur๐Ÿ’“

Inii enakkk banget ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ untuk resep bakwan sudah pernah saya share ya.. Bihun gorengnya juga sudah.. Di sini saya tulis resep sambel pecelnya saja yaa bund,,tinggal dipadukan sesuai selera mau pakai mie bisa,pakai sayuran juga bisa.

Tigan (Telur) Pecel

Tigan (Telur) Pecel

Bukan sego pecel ya..soale lg gak mau makan nasi. Olahan sederhana tp rasane iso dadi surga dunia..halaah..๐Ÿ˜†. Isi sayuran monggo sesuai selera. Resep dibawah untuk satu porsi ya..#telurmasakini

21. Pecel Sayur Gimbal Udang

21. Pecel Sayur Gimbal Udang

Sore-sore habis ngeJus mau makan sayur enaknya bikin pecel plus gorengan. Jadi bikin gimbal udang versi bunda Diah Didi resep gimbal udangnya pakai resep bunda Didi ya cuman sy tambahin daun bawang biar tambah syedeep.