Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bumbu Kacang untuk Rujak Manis yang Sempurna

Dipos pada August 23, 2019

Bumbu Kacang untuk Rujak Manis

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu Kacang untuk Rujak Manis yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bumbu Kacang untuk Rujak Manis yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bumbu Kacang untuk Rujak Manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Kacang untuk Rujak Manis sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Kacang untuk Rujak Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Kacang untuk Rujak Manis memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

_27.06.18_ Ini bumbu kacang endess pisan, untuk buahnya sesuai selera aja yess (asal jangan buah duren aja yg di cocolin heheheh..). Di cocol pake krupuk atau tahu kulit, nikmatt sangat..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Kacang untuk Rujak Manis:

  1. 150 gram gula merah, sisir
  2. Segenggam kacang tanah goreng
  3. 5 buah cabe rawit merah/sesuai selera
  4. 1 bungkus kecil asam jawa (aku beli harga 5.00 an)
  5. 150 ml air putih
  6. Secukupnya garam halus
  7. Taburan:
  8. 3 siung bawang putih uk.sedang, cincang dan goreng kering

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Kacang untuk Rujak Manis

1
Siapkan bahan. Uleg kasar kacang goreng dan cabe rawit (klo kata orang tua dulu, gagang cabenya jgn di buang, ikut di uleg juga, biar sedep katanya, hehehe). Sisihkan.
Bumbu Kacang untuk Rujak Manis - Step 1
2
Dalam panci, masukkan air, gula merah sisir, garam halus dan asam jawa. Masak sampai mendidih dengan api kecil saja. Setelah mendidih dan gula larut (saring bila perlu), kemudian masukkan kacang tanah yg sudah di uleg kasar, masak sambil di aduk-aduk hingga meletup-letup & air menyusut. Jangan lupa tes rasa (harus pas antara asin, asam, manis & pedasnya, biar endess). Jika sudah pas, angkat..
Bumbu Kacang untuk Rujak Manis - Step 2
3
Pindahkan dlm mangkuk, biarkan dingin dan taburi dgn bawang putih goreng. Sajikan dengan aneka buah rujak'an, krupuk & tahu kulit.. Yummy..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu bumbu kacang

Tahu bumbu kacang

Makmal sederhana ☆☆☆ manfaatkn bahan yg ada di kulkas ,hehehe .... puas bngt dngn hasilny --- uenaaak .... ga kalah sm bikinannya si abang pinggir jln --- yuuuk .... cek & cobain resepny

4 porsi
20 mnt
Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Menyambut mlm tahun baru kumpul bersama keluarga mengadakan acara makan bersama

Bumbu Kacang Serbaguna

Bumbu Kacang Serbaguna

Halo Lur ! Judulnya "Bumbu Kacang Serbaguna" karena memang bisa dipakai untuk lebih dari 1 jenis hidangan, misalnya : Sate, siomay, cilok, nasi lengko, dll

± 6 porsi
± 30 menit
Tahu Krispi Bumbu Kacang

Tahu Krispi Bumbu Kacang

Lagi penat sekali badanku hari ini...akhir-akhir ini banyak aktivitas yang menguras tenaga, jadi masaknya pengen yang simple tapi tetap enak dan bergizi. Pilihan jatuh ke olahan tahu yang praktis ini. Cus resepnya.

4 porsi
30 menit
Bumbu kacang siomay

Bumbu kacang siomay

Dari pada beli diluaran , ayo kita eksekusi siomay buat orang - orang yang dicinta, dengan bumbu kacang satu ini.

7 porsi
Kuah bumbu kacang

Kuah bumbu kacang

Kemarin udah nulis resep siomay, tinggal resep kuah kacangnya deeeh..hehehhee yuuks dimari diintips😄😆

4-5 orang
30 menit
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Cemilan favorit pak bos klo lg ada di rumah ni...

Rujak cowel bumbu kacang

Rujak cowel bumbu kacang

Rujak seger bikin melek niy

Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

Makan sate lebih maknyusss kalo pakek acar yaa

Cilok bumbu kacang ala dapur iisa

Cilok bumbu kacang ala dapur iisa

Bingung mau buka puasa pakai apa,gak mau yg berat2 dulu yaudah lah kita cuss bikin cilok aja.

3 porsi
30menit
Sate Ayam Teflon Bumbu Saos Kacang Almond

Sate Ayam Teflon Bumbu Saos Kacang Almond

Anak2ku paling suka makan sate ayam,pas di kulkas ada dada ayam,tapi tak ada kacang tanah,adanya Almond,jd saosnya pake kacang Almond aja,tapi lumyn enak deh,anak2ku pd suka😊

3 orang
45-60 menit
Saus/Bumbu Kacang Cilok/Siomay

Saus/Bumbu Kacang Cilok/Siomay

Bismillaah...🌺 Resep ini andalan saya untuk membuat bumbu/saus kacang yang pas menurut kami sekeluarga. Bumbu kacang ini bisa digunakan untuk campuran siomay, batagor ataupun cilok. Selamat mencoba paders 😍🤗 #cookpadcommunity_jakarta #cookpad_9789320 #cookpad_id

Kikil Bumbu Kacang

Kikil Bumbu Kacang

Salah satu sajian kegemaran anak anak dirumah. Mungkin karena bumbu kacangnya bertektur mirip bumbu siomay. Sensasi kenyal dari kikil menyatu pas dengan bumbu kacangnya yang manis dan sedikit pedas. Hmmm... sedap... #CookpadCommunity_Tangerang

3 orang
1/2 jam
Oseng Tempe Tahu Bumbu Kacang #sangmpasi

Oseng Tempe Tahu Bumbu Kacang #sangmpasi

Dapat oleh-oleh kacang edamame. Kacang ini kaya kandungan protein sekaligus karbohidratnya. Enaknya dibuat apa ya biar Sang juga bisa makan?

Cilok bumbu kecap kacang simple

Cilok bumbu kecap kacang simple

Iseng iseng aja karena gabut dirumah aja maaf ya aku kalau nggak jelas😂

1 porsi
Sate Rembiga Bumbu Kacang

Sate Rembiga Bumbu Kacang

Pak suami pengen buat sate. Nyari inspirasi di cookpad akhirnya pilihan jatuh ke sate rembiganya mbak Chika, tentu dengan beberapa penyesuaian. Tapi nggak pake sambal kecap, pengennya pake bumbu kacang, karena udah beli lontongnya. Jadi untuk bumbu kacangnya nyontek resep mbak Ois. Untuk satenya, menurut saya sebungkus terasi kebanyakan, terasa sekali aroma terasinya, next kalau bikin lagi akan saya kurangi jumlah terasinya. Eh, tapi Alhamdulillah ini rasanya mantap, serumah pada suka 😀. #berburucelemekemas #resolusi2019

Bumbu kacang (stok sambel kacang)

Bumbu kacang (stok sambel kacang)

Must have item bgt. Kalo abis harus buru2 bikin lagi. Biasa di bikin sambel celup/cocol gorengan, bumbu karedok,lotek atau ketoprak. Bumbu nya simple bgt ga pake ribet, dan insya Alloh sehat karna bahan nya di sangrai/di panggang jd bisa bgt buat di jadiin bumbu pendamping mom yg lg diet. Nb. Tips agar kacang lebih cepat matang, saat mencuci kacang lakukan dengan cepat, jangan biarkan kacang terendam air untuk menghindari terserapnya air ke kacang. Gunakan wadah seperti saringan dan cuci di air mengalir.