Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada December 2, 2018

Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat biasanya untuk 6-7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena kemaren klupaan jd itung Dr awal lg deh...mudah2an bisa y admin...hrsny kmren aku posting buat PrRamadan_takjil...ywdah trlanjur ktiduran mlemny..#BikinRamadanBerkesan#day1#SeninSemangat_cookpad..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat:

  1. Bahan untuk Bubur Kacang Ijo :
  2. 250 g kacang ijo, rendam dlm air semalaman
  3. 1 lmbar daun pandan
  4. 100 g gula merah
  5. 50 g gula pasir
  6. 1200 ml air
  7. 2 ruas jari jahe, keprek
  8. 400 ml santan
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/4 sdt vanili bubuk
  11. Bahan untuk Bubur Ketan Hitam :
  12. 150 g beras ketan Hitam, rendam dlm air semalaman
  13. 1000 ml air
  14. 75 g gula pasir
  15. 1/2 sdt
  16. 1 lmbar daun pandan
  17. Bahan untuk Kuah Santan :
  18. 100 ml santan kental Kara, aku encerkan hingga 250 ml
  19. 2 sdt tepung maizena, dilarutkan dgn sedikit air
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1 lmbar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat

1
Setelah direndam, cuci bersih kacang ijo Dan ketan hitam dgn air mengalir.
2
Buat bubur kacang ijo: Rebus kacang in bersama dgn daun pandan yg diikat Dan jahe...biarkan hingga mendidih Dan kacang ijo mnjadi merekah empuk. Stelah empuk tambahkan gula merah, gula pasir, vanili bubuk Dan Santan... aduk2 agar Santan tidak pecah...biarkan mendidih sekali lagi hingga diperoleh kekentalan yg diinginkan...lalu koreksi rasany.
Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat - Step 2
3
Buat Bubur Ketan Hitam : Rebus air Dan daun pandan yg diikat hingga mendidih. Masukkan beras Ketan Hitam biarkan hingga mendidih lagi...lalu kecilkan API...masak hingga beras Ketan merekah atw lembut Dan air hampir abis lalu masukkan garam Serta gula pasir aduk2 agar beras Ketan tidak menempel didasar wajan..Biarkan meletup-letup hingga diperoleh kekentalan yg diinginkan.Koreksi rasa.
Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat - Step 3
4
Buat Kuah Santan : Encerkan Santan Kara 100 ml dgn air 150 ml aduk rata.. masukkan dlm panci bersama daun pandan yg tlah diikat tambahkan garam Aduk2 hingga mendidih, lalu masukkan larutan maizena biarkan mendidih kembali..matikan API Dan angkat.
Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat - Step 4
5
Untuk penyajian : tuang bubur kacang ijo dimangkuk lalu tambahkan bubur Ketan Hitam terakhir siram dgn kuah Santan...
Bubur kacang Ijo(Madura) ketan hitam #01#SeninSemangat - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI 6m bubur kentang hati ayam

MPASI 6m bubur kentang hati ayam

Jadi biasanya kaarbonya dari nasi, nah ini mau cobain pake kentang.. eh allhamdulillah baby ku suka bgt.. jadi rasanya lebih gurih, ada manis2 nya juga gitu.. 🤭 #antiGTM

3x makan
20 menit
Bubur Tumpang

Bubur Tumpang

Bubur tumpang kesukaan suami banget, kalo malam biasanya, kita jalan2 kepasar dan beli bubur tumpang. Untuk sarapan juga nikmat, apalagi makannya pake alas daun pisang..... Alhamdulillah.....

Bubur ayam Oatmeal

Bubur ayam Oatmeal

Ikutan posbar minggu ini dalam rangka hari jantung sedunia dg tema 'Wongkito Sayangi Jantungmu', coba buat sajian dari oatmel. Simple, sehat dan sedap pastinya. #Wongkito_SayangiJantungmu #CookpadCommunity_Palembang #sarapansehat

1 org
30 menit
Bubur Manado

Bubur Manado

Menjelajahi makanan Nusantara memang tidak ada habisnya. Indonesia kaya akan makanan lezat yang tersebar di berbagai daerah. Seperti salah satunya hidangan yang satu ini, namanya Bubur Manado. Masakan ini dibuat dengan campuran berbagai macam sayur seperti labu, kangkung, bayam, ubi, daun kemangi, serta jagung. Pas dinikmati di siang hari karena bubur ini mempunyai rasa yang gurih dan pastinya kaya akan nutrisi. Mau buat Bubur Manado untuk makan siang? Ini dia resep Bubur Manado untuk kamu.

3 Porsi
Bubur Oat Sawi

Bubur Oat Sawi

Menurutku si ini enak, termasuk bubur oat asin, kayak bubur biasa tapi pake oat biar lbh byk serat dan sedikit glukosa #PejuangGoldenBatikApron

Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan #KamisManis

Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan #KamisManis

Menu manis dan hangat di #BikinRamadanBerkesan. Awal cerita, dulu mama kalo bebikinan bubur kacang hijau pakai santan dan kental. Anak2 saya juga kurang doyan makan bubur kacang hijau. Suatu ketika, saya, suami dan anak2 main kerumah ibu mertua. Waktu disana, bude nya masakin kacang hijau tanpa santan. Mula2 adek duluan yg makan, mauuuu 😄😄, trus mba nya juga minta disuap, mau jugaaaa 😁😁. Setelah pulang dari sana, saya coba masakin lagi dirumah versi ini tapi kuahnya dibanyakin, waaah bukaan main lahap nya 😋😋. Saya kan kalo masak memang harus 2 versi, tapi sebelum memutuskan mau masak apa, saya utamakan apa yang anak2 suka. Baru deeh main masak-masakan ke dapur 😁😁. Prinsip masaknya sama aja kayak masak bubur kacang hijau pada umumnya, berikut saya share versi saya dan ringkesnya 😊😊 Saya kalo masak kacang hijau cuma maksimal 500gr, males banget harus ngeluarin presto. Ga punya presto ukuran kecil soalnya, males kan yaa cuci2. Biar ringkes, saya rendam semalaman, tinggal tidur, besoknya baru direbus. Namun jika punya presto kecil, cukup rendam 15 menit, masuk presto 10-15 menit juga lembut. Jadi deeeh.. #BikinRamadanBerkesan #day18

Bubur Kacang Merah

Bubur Kacang Merah

Menu takjil selain bubur kacang hijau/ketan hitam

Bubur ayam

Bubur ayam

Kalo masak ayam pasti bagian dadanya yg ga laku,sy suka akalin bikin mie ayam,nugget ayam,sempol,bubur ayam ato di suwir buat campuran nasi goreng jadi kemakan semua, maklum emak2 irit 😄. Sy masak buburnya pake magicom biar ga pegel ngaduk2.

Bubur nasi gurih

Bubur nasi gurih

Recook dari resepnya mbak roro woelan Suami lagi ga bisa makan yg kasar kasar bolehnya bubur So Biar enak, istrinya effort masak bubur deh sekalian buat sarapan anaknya

3 porsi
2 jam
Bubur Kacang Hijau #BikinRamadhanBerkesan

Bubur Kacang Hijau #BikinRamadhanBerkesan

#days17 | Saya masak bubur kacang hijau tidak perlu di rendam dulu semalaman tetapi cukup masak di air rebusan yg mendidih. silahkan bolle di coba :)

MPASI 6 Bulan 4 Bintang "Bubur Ayam Wortel"

MPASI 6 Bulan 4 Bintang "Bubur Ayam Wortel"

2-3 kali makan
2 jam 30 menit
Bubur Oatmeal Keju

Bubur Oatmeal Keju

Kalau hari Minggu itu kadang malas ke pasar karena biasa pasar penuh, apalagi kondisi masih belum aman ya walau sudah full vaksin dan ikutin protokol kesehatan, di rumah masih ada oatmeal, keju, susu, wortel dan sosis, seledri tinggal petik di teras, jadi gak perlu belanja ke pasar, bikin sarapan dengan bahan2 yang ada di rumah saja #pekanposbar #serbaserbiolahanoat #bamasakbaimbai #jantungulunjantungpian #cookpadcommunity_kalsel

Bubur biji sagu mutiara

Bubur biji sagu mutiara

Asallammualaikum hari ini bikin bubur biji sagu ke sukaan suami.. Buat nya simple

5 orang
20 menit
Bubur Ikan Tenggiri Kuning (Mpasi 6 bulan +)

Bubur Ikan Tenggiri Kuning (Mpasi 6 bulan +)

Latepost mpasi 6 bulan baby akbar #PejuangGoldenBatikApron #minggukeenam #mpasi6bulan #mpasi7bulan #mpasi8bulan #mpasiikantenggiri #buburikan #mpasi

3 porsi