Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya yang Anti Gagal

Dipos pada September 25, 2018

Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya , antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya memakai 12 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya :

  1. Bahan Biji salak :
  2. 2-3 Ubi ungu / kuning, kupas cuci bersih lalu kukus hingga lunak
  3. 100 gr Tepung sagu
  4. Bahan Kuah Kolak:
  5. 3 gelas santan cair
  6. 3-4 potong gula merah, iris halus
  7. 1 sdm tepung sagu, cairkan lalu pisahkan
  8. 2 lembar daun pandan, buat simpul
  9. secukupnya Garam
  10. Bahan Tambahan:
  11. 1 gelas santan cair
  12. sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak Ungu by MamaMaya

1
Ubi ungu yang sudah lunak di beri campuran tepung sagu, uleni sampai kalis/ tidak lengket di tangan.
2
Setelah kalis, buat bulatan2 kecil/ suka2, pisahkan.
3
Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan adonan biji salak yg sudah di bulatk2kan tadi. Masak hingga mengapung.
4
Biji salak yang sudah matang pisahkan ke dalam air matang supaya tidak lengket/ menyatu dengan yg lainnnya.
5
Sekarang buat kuah kolaknya. Masukkan santan cair, daun pandan. Masak hingga mendidih. Lalu masukkan irisan gula merah, aduk rata dan koreksi rasa kemanisannya (kalo kurang manis bisa di tambah gula pasir. Kalo kemanissan di tambah air). Masukkan cairan tepung sagu yang sudah di cairkan tadi. Tambahkan garam secukupnya, lalu aduk rata dan koreksi rasa kembali.
6
Setelah rasa kuah kolak nya pas, masukkan biji salak yang sudah matang tadi. Aduk2 sebentar, koreksi rasa kembali.
7
Langkah terakhir membuat santan kental untuk siraman kolak. Santan cair di masak hingga mendidih dan kental, jangan lupa diberi sejumput garam, koreksi rasa.
8
Setelah semuanya matang, sajikan kolak Biji salak ungu ke dalam wadah mangkok dan diberi siraman santal kental.
9
Sajikan hangat di saat musim hujan. Nyaaamm🍴 selamat mencoba 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

menu takjil di bulan ramadan,yang simple. semoga suka. maaf kalo resepnya kurang akurat mohon dimaklum,masih belajar. Terimakasih?

2 porsi
30menit
Bubur sumsum sehat

Bubur sumsum sehat

Awal mulanya bikin buat yang lagi sakit ehh keterusan deh katanya enakk yaudah aku share dek ke cookpad 😅

Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka

. 15 Agustus 2017, . Souce: Ci yNy . Setor untuk kontes #Indonesiamemasak olahan dari singkong...yang udah jadi tepung tapioka... diduetkan sama Labu Kuning, Santan, Gula Merah....jadinya Kolak Biji Salak Labu Kuning Tapioka...menu khas nusantara....biasa hadir di bulan Ramadhan sebagai makanan buka puasa....tapi gak perlu nunggu bulan Ramadhan kalau mau menikmati Kolak Biji Salak....yuk bikin aja...niii resepnya dijamin berhasil 😍 . Happy cooking and happy tummy everyone😍😍😍 .

Bubur Sumsum Sutra ala Bu Fatmah Bahalwan

Bubur Sumsum Sutra ala Bu Fatmah Bahalwan

Ini enak banget buat buka puasa. Lembutnya bubur sumsum selembut sutra, dipadu legitnya gula merah dan kenyal si biji salak. Resep asli dapet dari video Bubur Sumsum Sutra di channel Youtube Bu Fatmah Bahalwan #JemputRejeki #buburmanis #takjil #cookpadcommunity_depok #SiapRamadan

3 porsi
Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Alkisah jaman di Jakarta kadang suka makan bubur kampiun di Bopet Mini, Benhil. Isinya campuran aneka bubur. Karena isinya macam2 jd ga cepet eneg, tapi memang ngenyangin banget. Tantangan terbesarnya adalah srikaya spekuk ini yg katanya jd ciri khasnya bubur kampiun. Alhamdulillah bisa juga bikinnya (sampai bikin bumbu spekuk sendiri), enak buanget😋😋😋

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di kasih sama kaka buah nangka, mau dibikin puding ehh semalem kan udah bikin. Kebetulan ada labu di kulkas, jadilah dibikin kolak ini. Wangi nangkanya kemana-mana..allhamdulillah mama abah suka..

Kolak cendil ubi ungu

Kolak cendil ubi ungu

Ini dessert kesukaan suami rasanya gurih gurih enak lho. Lets try it moms👩🏻‍🍳

Kolak Pisang dan Biji salak kacang Hijau

Kolak Pisang dan Biji salak kacang Hijau

Karna punya kacang hijau kupas udah lama terus cari resep di cookpad dan nemu resepnya biji salak kacang hijau tapi di resep asli pake bubur, di sini aku buat jadi salak.....

Bubur Biji Salak Ubi Madu

Bubur Biji Salak Ubi Madu

Baru pertama kali bikin dan berhasil.. Alhamdulillahh seneng nyaaa war biasaah 😃 walaupun selalu lupa fotoin step by step nya.. 😔😂

3 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

11. #PejuangGoldenApron2 Iseng pingin bikin kolak

Biji salak ubi merah

Biji salak ubi merah

Mlm mau nyemil dirmh ada ubi lanjut biji salak aja

Biji salak labu kuning lebut dan kenyal

Biji salak labu kuning lebut dan kenyal

Biasanya masakan ini permintaan suami 🥰 rasanya lemak dan dan legit terasa manis dengan labunya

Bubur candil/biji salak

Bubur candil/biji salak

Perdana nyoba bikin bubur candil, alhamdulillah terlaksana... udah gitu rasanya mantep, ga ngecewain.. (Ngambil resep dari Mm khansa)

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di Malang susah nemuin kolak biji salak kalo g pas puasa. Jadinya pas kepingin gini bikin aja deh. Kebetulan di kulkas ada sisa labu kuning. Jadi di manfaatkan yang ada saja ;)

Bubur candil Ubi Jalar

Bubur candil Ubi Jalar

Bismillah... Assalamu'alaikum... Alhamdulillah kocokan arisan cooksnap lagiiii.... Kali ini jatuh diresepnya mba yayuk @cook_19109010 dengan bubur candil ubinya..... Enaagg banged dah buburnya.....🥰😊 Ubi jalar memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam 200 gr ubi jalar, terdapat nutrisi berikut. Selain itu, ubi jalar – terutama varietas oranye dan ungu – kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.... #semangcookHokya #lihaicooksnap_september #semangcookArisan_ma2Khansa #cookpadCommunity_semarang