Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple yang Anti Gagal

Dipos pada August 25, 2019

Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple sekitar 56porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple memakai 17 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple:

  1. 250 gr Tepung Terigu setara 3 cangkir
  2. 100 gr Tepung Sagu setara 2 cangkir
  3. 500 ml Air Panas setara 2 cangkir
  4. 2 sdt Lada Bubuk
  5. 1/2 Dada Ayam cincang, bisa diskip
  6. 3 sdt garam
  7. 2 siung Bawang Putih Cincang
  8. 250 gr Kacang Giling(sy beli jadi dipasar, jika tdk bs ditumbuk)
  9. 7 siung Bawang Merah
  10. 1 bh Kencur
  11. 4 siung Bawang putih
  12. 10 bh Cabai Rawit(opsional/selera)
  13. 3 sdm minyak untuk menumis
  14. 3 lbr daun jeruk
  15. 2 sdm Kecap Manis
  16. 2 sdt garam(selera)
  17. 350 ml Air Putih

Langkah-langkah untuk membuat Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple

1
Kita Mulai dari Bumbu Kacang dulu ya. Siapkan bahan2 seperti disamping yang sdh dicuci bersih kecuali daun jeruk untuk di haluskan.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 1
2
Siapkan juga Kacang tanah yang sudah digiling, jika tdk digiling bisa diganti dengan ditumbuk, tapi memerlukan waktu yg lama dan kacang blm tentu hancur sempurna.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 2
3
Haluskan semua bahan2 yang saya sebutkan diatas. Tambahkan garam secukupnya pada step ini.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 3
4
Campurkan bumbu2nya kedalam kacang. Sembari itu bisa siapkan wajan dgn minyak panas untuk menumis.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 4
5
Masukan kacang yang sudah tercampur rata dgn bumbu ke dalam wajan panas.. aduk terus ya karna kalo nggak annti ngegumpal.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 5
6
Lakukan dgn cepat distep ini. Masukan daun jeruk,kecap dan air secukupnya. Aduk terus supaya tercampur rata. Atur rasa sesuai selera.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 6
7
Setelah diatur rasa dan kadar airnya. Saus kacangnya siap disajikan.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 7
8
Nah sekarang kita ke step ciloknya. Pertama-tama siapkan tepung terigu dan tepung sagunya ditambah dengan garam.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 8
9
Siapkan dada ayam yang sudah dicincang halus. Jika tidak mau pakai ayam bisa diskip.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 9
10
Rebus air dalam panci. Harus benar2 matang hingga bergelembung ya.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 10
11
Siapkan bawang putih yang sudah cincang. Masukan ke dalam adonan tepung dibarengin dengan ayam cincangnya. Ditambah dengan lada bubuk.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 11
12
Masukan air panas ke dalam adonan tepungnya. Aduk terus pakai spatula dulu. Bisa teruskan dengan tangan biar lebih mudah. Jika keenceran masukan tepung terigu lagi dan lagi hingga kalis.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 12
13
Jika sudah seperti digambar ini, berarti adonan cilok siap dibentuk bulat dan direbus. Sebenarnya pada saat membentuknya sesekali kita bisa isi dalam dgn (cabe rawit/keju/apapun)
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 13
14
Setelah adonan dibulat2kan setengah, siapkan panci untuk merebus air yang akan digunakan untuk merebus cilok2nya. Rebuslah semua adonan tersebut sampai matang. Dan angkat dengan cara ditiriskan
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 14
15
Cilok sudah siap untuk disajikan.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 15
16
Siram cilok panas/hangat dengan saus kacangnya. Bisa ditambahkan dengan saus sambal+kecap+bubuk cabai biar seperti cilok gerobak beneran.
Cilok (Aci dicolok) Bumbu Kacang Simple - Step 16
17
Tips. Jika tidak mau dihabiskan dalam 1x bisa disimpan dulu dikulkas. Jika mau dimakan lagi, cilok bisa dikukus dan saus kacangnya juga. Lebih enak disajikan hangat/panas.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kacang Bawang (bumbu ceker)

Kacang Bawang (bumbu ceker)

Sebelum mencoba resep kacang bawang dari kakak ipar ini, heran juga...kok aneh ya pake ceker ayam...? Fungsi dan tujuan nya apa ya? Tapi...setelah dicoba ketagihan bikin pagi pakai resep yang sama, menurut saya bumbunya lebih meresap, lebih gurih, garing namun empuk... Yang mau ikut coba2 juga...ni dia resepnya...

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Lagi iseng iseng aja buat cilok dan hasilnya enak sekali dan yang pasti lebih sehat, kenyal nya juga pas

Buras Bumbu Kacang

Buras Bumbu Kacang

Ada beberapa teman sosmed yang #JemputRejeki dengan menawarkan Buras bumbu kacang ini menjelang hari hari besar, seperti lebaran, natal, tahun baru dan acara² lainnya. Tapi saya belum pernah sekalipun membelinya karena saya memang lebih senang menyiapkan sendiri semua makanan untuk keluarga besar saya. Ada rasa bahagia tersendiri ketika saya bisa menghidangkan menu² kesukaan mereka. Dulu masih jaman sekolah saya sering banget sarapan dengan buras bumbu kacang ini, karena ini salah satu menu di kantin sekolah, harganya murah, rasanya enak dan mengenyangkan. ...

12 porsi
Cilok isi keju & ayam suwir bumbu sambel kacang

Cilok isi keju & ayam suwir bumbu sambel kacang

Lagi-lagi anak2 suka ngemil ,bundanya juga 😁😁 ( maaf foto cilok yg sudah hampir abis,kelupaan saking enaknya )

Tahu bumbu kacang

Tahu bumbu kacang

Soooo easy!

beberapa porsi
#5reseppertamaku cilok bumbu kacang saos pedas

#5reseppertamaku cilok bumbu kacang saos pedas

Cilok termasuk jajanan favorit di tempatku rasanya yg kenyal dan pasti maw maw lagi

10 orang
45 menit
Tahu telor bumbu kacang

Tahu telor bumbu kacang

#pr_uuenaktenanrek

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Daripada beli, mending nyobain bikin😋

Sate cilok bumbu kacang

Sate cilok bumbu kacang

Ini jualan sy setiap hari

Gulai Tahu Kacang Panjang (Bumbu Ngulek Sendiri) 💪

Gulai Tahu Kacang Panjang (Bumbu Ngulek Sendiri) 💪

Mungkin bagi perempuan lain, mengulek bumbu adalah hal yang biasa, tapi tidak buat saya. Pertama kalinya ngulek bumbu dapur + cabai dengan skill mengulek yang sangat terbatas, ya buat bikin gulai ini. Hehehe. Kira - kira setengah jam lah baru bumbunya halus. Itu waktu yang normal apa kelamaan ya? 🤔 Kenapa sih gak diblender aja? pasti lebih cepet halus bumbunya kan? Maklum pengantin baru, saya belom punya blender 😂😂 Mau diulek atau diblender, menurut saya sih gak masalah. Berbekal kesotoyan mengenai takaran santan, ditambah resep - resep di Cookpad lainnya (inspirasi terbanyak dari Dapua Uni Heni) dan juga memori rasa gulai tahu buatan mama (one of my fav dish pas masih gadis), akhirnya, terciptalah masakan ini. For first timer masak gulai, suami bilang oke sih rasanya dan saya pun ketagihan rasa seneng dan puas saat abis masak.☺️ Silahkan kalau ada yang mau coba, yaa! 🤩

2-3 porsi
45 Menit
Sate Ayam bumbu kacang

Sate Ayam bumbu kacang

Menu yg selalu jd kesukaan keluarga.

Asinan bumbu kacang

Asinan bumbu kacang

Asinan S3 alias ( sangat sangat sederhana) krn isiny cuma wortel dn ketimun...ceritany lg kngen ma asinan slh satu rmh mkn nasduk betawi yg dulu ada asinan bumbu kacang yg isiny cuma wortel dn ketimun tp krn rmh mkn nasduk itu udh ga bkin asinan yg kyk gto y wislh coba bkin sndri aja😊pas bngt sy bkin ayam goreng bumbu rempah jd ni menu y hmpr sm dngn yg sy mkn drmh nasduk zaman kcl itu yaitu ayam goreng rempah dn asinan bumbu kacang😊oh y ketebaln wortel dn ketimun iris jg sesuai selera y...sy msh agak tebal irisanny krn memang asal aja irisny😂

Bumbu Kacang Praktis

Bumbu Kacang Praktis

Pengen bikin siomay, batagor n sate jadilah bikin bumbu kacang yg praktis biar cepet😁 Bisa disimpan di kulkas/freezer jg moms buat stock, klo mau dipakai tinggal ambil secukupnya tambah air panas siap dehh.. sya ga pake cabe ya moms soalnya bocilku ikut makan jg, klo mau pedes tinggal tambahkan cabe aja. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #week_6