Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sate Ayam yang Enak Banget

Dipos pada August 2, 2019

Sate Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Sate Ayam yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Sate Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sate Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sate Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sate Ayam adalah 30 tusuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Ayam memakai 8 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu menu favorit di rumah, sate ayam ini mendekati versi sate ayam Madura. catatan: resep minyak ayam, acar timun, sambal merah keriting dan lontong daun yang adalah bahan-bahan pelengkap bisa dilihat di daftar resep lainnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Ayam:

  1. 300 gr ayam fillet (tanpa tulang)
  2. 1/2 bh jeruk nipis
  3. secukupnya kecap manis
  4. secukupnya bawang goreng
  5. secukupnya jeruk sate
  6. 100 gr bumbu pecel kemasan (1 bungkus sinti) (bahan bumbu kacang)
  7. 300 ml air (bahan bumbu kacang)
  8. 4 sdm minyak ayam (bahan bumbu kacang)

Langkah-langkah untuk membuat Sate Ayam

1
Pertama adalah membuat bumbu kacang. Caranya adalah didihkan air di dalam panci (baiknya menggunakan panci berbahan teflon agar tidak lengket). Kemudian tambahkan minyak ayam dan bumbu pecel kemasan, lalu aduk rata sampai semua komposisi menyatu.
Sate Ayam - Step 1
2
Bersihkan dan potong daging ayam kira-kira ukuran 2x1,5 cm. Kemudian beri air perasan jeruk nipis, lalu aduk rata. Diamkan sekitar 10-15 menit.
Sate Ayam - Step 2
3
Tusuk potongan daging ayam dengan tusuk sate atau lidi. 1 tusuk sate berisi 3 potongan daging ayam.
Sate Ayam - Step 3
4
Buat bumbu baluran sate. Caranya adalah siapkan sebuah piring ceper yang agak lebar. Tambahkan 2-3 sendok makan bumbu kacang, 1 sendok makan kecap manis dan air perasan dari 1/2 buah jeruk sate, lalu aduk rata. (Takaran ini untuk bahan baluran 10 tusuk sate).
Sate Ayam - Step 4
5
Balur sate dengan bumbu balur. Pastikan terbalur merata. Lalu diamkan selama sekitar 5 menit agar bumbu meresap.
Sate Ayam - Step 5
6
Siapkan alat pemanggang. Lapisi atau oleskan tipis merata dengan minyak ayam pada permukaan alat pemanggang. Apabila menggunakan tungku arang, siram sedikit minyak ayam pada arangnya.
Sate Ayam - Step 6
7
Panggang sate selama sekitar 6-7 menit. Gunakan api kecil. Di tengah waktu proses pemanggangan (setelah sekitar 3-4 menit), balur kembali sate yang sudah setengah matang dengan bumbu kacang, kemudian panggang lagi sampai matang.
Sate Ayam - Step 7
8
Sajikan di dalam sebuah piring. Tambahkan bumbu kacang, kecap manis, bawang goreng, acar timun dan sambal merah keriting. Tambahkan juga dengan air perasan jeruk sate agar aromanya lebih menggoda.
Sate Ayam - Step 8
9
Sate Ayam siap untuk dinikmati.
Sate Ayam - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Kacang Untuk Kerang Rebus

Bumbu Kacang Untuk Kerang Rebus

Kl udah ada acara kumpul2..biasanya buat kerang rebus...semua suka...sampai kdng beli lagi sangkin suka saudara2...

10 orang
30 menit
Bumbu Kacang Batagor/Somay

Bumbu Kacang Batagor/Somay

Makan batagor/somay ga lengkap kalau ga pakai bumbu kacang. #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_id

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Selalu suka kalo perACIan 😊😊, dibikin jadi baso aci juga enak. Tinggal bikin kuah dan tambah pelengkao sesuai selera.

Bumbu Kacang

Bumbu Kacang

Bumbu kacangnya bisa jadi byk dan awet taruh kulkas, kalo mau dipake buat pecel tinggal ambil beberapa sendok dan seduh air panas secukupnya. Cocok jga buat sate ayam #PejuangGoldenBatikApron

1 jam
Ayam Kecap Bumbu Kacang

Ayam Kecap Bumbu Kacang

#PejuangGoldenBatikApron Ada ayam dikulkas buat ayam kecap bumbu kacang aja deh,,maaf kan ga pake cabe ijo nya ya moms karna belom sempet belanja 🀣

Cilok Kentang Bumbu Kacang

Cilok Kentang Bumbu Kacang

β˜ΊπŸ€— Source : Dapur Renkganis #cookpadcommunity_cilegon #pekanposbarkacang #pekanrayakacang

Sate kikil bumbu kacang (versi abang2)

Sate kikil bumbu kacang (versi abang2)

Suka beli klo ada sate kikil abang2 pikul, tapi sekarang jarang ada yg lewat, mending bikin sendiri potongannya bisa segede alaihim gambrengg haha..haaa, mkn 5 tusuk dah kenyang. Bumbu sederhana tapi rasanya mantabb.. * yg sy buat sate kikilny tdk dibakar *Tips : pd saat memasak bumbu kacang angkat pada saat bumbu masih encer karna pd saat dingin bumbu akan mengental sendiri

25 tusuk
1 jam
Ketan kelapa bumbu kacang

Ketan kelapa bumbu kacang

Kangen cemilan pagi klo di indo, akhirnya nyoba, dan rasanya rruuaar biasyahh 🀩

40 pc
45 menit
Bumbu Kacang Special untuk Siomay dan Batagor Bandung

Bumbu Kacang Special untuk Siomay dan Batagor Bandung

hallo..assalamu'alaikum.. pekan ke-4 #GoldenBatikApron masih semangat kaan.. kali ini saya mau share resep Bumbu kacang special pakai ubi Kuning ini nih rahasia nya,Siomay dan Batagor Bandung jadi lebih mantul..πŸ‘πŸ‘πŸ‘ ubi kuning di sini fungsi nya selain sebagai pengental alami juga menambahkan rasa manis legit serta memberikan warna yg medok dan menggugah selera Bumbu kacang ini sangat cocok untuk teman makan Siomay,Batagor dan juga Cilok yuk coba juga di rumah paders.. selamat mencoba.. semoga menginspirasi πŸ™πŸ˜Š *insyaAllah pekan depan share resep siomay nya #GoldenApronChallenge #GoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron

Bumbu Kacang untuk Siomay, Batagor, atau Cilok

Bumbu Kacang untuk Siomay, Batagor, atau Cilok

1/2 kuali besar
1 jam 30 menit
Ikan Pindang Bumbu Kacang

Ikan Pindang Bumbu Kacang

#PejuangGoldenBatikApron #CookpadIndonesia #CookpadCommunityNganjukJatim #Week9 #MenuBukaPuasa&Sahur #03042022

Sate Ayam Diet

Sate Ayam Diet

Pengen makan sate, tapi sebisa mungkin tetep sehat jadi coba bikin sendiri. Saya cuma makan satenya aja, lontong sama bumbu kacangnya buat icip-icip mama 😊 (penampakannya kaya sate taichan ya)

17 tusuk
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

source:@Ernisafitri

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

#PejuangGoldenApron3