Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bumbu Pecel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 15, 2019

Bumbu Pecel

Hari ini saya akan berbagi resep Bumbu Pecel yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Bumbu Pecel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bumbu Pecel, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bumbu Pecel bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Pecel memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalau punya stock bumbu ini memasak jadi nggak ribet lagi, tinggal rebus sayur sama dadar telur jadi deh menu sarapan. Daripada beli nyoba bikin sendiri saja. Dalam rangka hemat minyak goreng kacang tanah nya saya sangrai saja hehe...tapi kalau suka kacang nya di goreng monggo aja ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Pecel:

  1. 100 gram kacang tanah
  2. 50 gram gula merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 2 ruas jari kencur
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 2 buah cabe besar
  8. 4 buah cabe kecil
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt penyedap
  11. sedikit asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Pecel

1
Sangrai kacang tanah hingga matang, setelah matang sisihkanterlebih dahulu, kalau suka digoreng boleh lho.
2
Goreng cabe besar, cabe kecil, bawang merah, bawang putih Dan kencur. Angkat dan tiriskan. Daun jeruk tidak usah digoreng biar aroma nya lebih kuat.
3
Iris-iris gula merah, kemudian campurkan semua bahan dan haluskan dengan food pro atau pake ulek juga bisa
Bumbu Pecel - Step 3
4
Proses hingga bumbu pecel halus
Bumbu Pecel - Step 4
5
Setelah halus bumbu pecel tinggal di tambah air hangat, bumbu pecel siap dinikmati.
Bumbu Pecel - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Pecel Pare Kediri #Rabubaru

Sambal Pecel Pare Kediri #Rabubaru

#BikinRamadanBerkesan day10 Masakan khas kota Kediri salah satunya adalah Sambel Pecel dan Sambel Tumpangnya. Kebetulan sambel tumpang, resepnya sudah pernah aku share. Sekarang aku mau berbagi resep sambel pecelnya. Bikinnya gampang sekali. Dan aku selalu nyetok sambel pecel ini dikala bulan puasa seperti sekarang ini. Tinggal dibeliin sayuran, dikukus/direbus ... Siram sambel pecel diatas sayuran, jadi dehhh .. Biasanya disajikan dengan lauk seperti sate telur puyuh, sate usus, mendol/begedel tempe, begedel singkong dan tk lupa peyek kacangnya. 😊 Simple dan bergizi. Aku selalu makan tanpa nasi. Jadi kerasa bgd sambel pecelnya. Oh ya, nascel bisa kalian jumpai di sepanjang jl. Dhoho Kediri di kala malam hari. Ini termasuk kuliner malamnya Kota Kediri.

Bumbu kacang #pecel,ketoprak,seladamie

Bumbu kacang #pecel,ketoprak,seladamie

Ada sisa kacang sangrai sisa buat kue imlek kemaren, bingung mau diapain, jadinya dibikin bumbu kacang serbaguna aja πŸ˜„

Bumbu Pecel Pedas #BikinRamadanBerkesan

Bumbu Pecel Pedas #BikinRamadanBerkesan

Bisa untuk dijual, namun ini untuk stok aja di rumah, daripada beli mahal

5,75 kg
Cilok bumbu Kacang (bumbu pecel sinti)

Cilok bumbu Kacang (bumbu pecel sinti)

Ini bikinan sore kemaren,,ceritanya mau ngasih makanan yg pulang teraweh di masjid.. dadakan lah sore2 bikin adonan cilok dan selesai juga sblm magrib,,tp dibungkusnya pas abis shalat magrib jdi msh panas..😁 dan habis seketika saat dibagiin alhamdulillah,,beramal dg hal yg sedikit dan murah tp ikhlas ya mom.. #SiapRamadan

Cilok feat sambel pecel khas madiun 😁

Cilok feat sambel pecel khas madiun 😁

Untuk saus kacangnya aku pakai sambel pecel khas madiun yg udah jadi n tinggal diberi air panas yah... ditambahin kecap manis enaak bangeeett... oh ya kalau mau coba sambel pecelnya pilih yg enak ya.. nggak harus sambel pecel khas madiun ... atau kalau ngga ada sambel pecel bikin sendiri aja juga enak dari kacang tanah, cabai merah, bawang putih, gula, garam. Hmmm dijamin ketagihan... selamat mencoba ya...

Sambal Pecel

Sambal Pecel

Ini sambal gak pernah telat ada di dapur, soalnya jadi penolong banget saat saya lagi malas masak. Tinggal seduh dengan air panas dah jadi. Kalo hariΒ² biasa, biasanya saya bikin sedikit aja klao ga 250 gram kacang tanah ya 500 gram dah paling banyak. Kebetulan ini mau lebaran jadi bikinnya dibanyakin, sekalian dibagiin ke mertua, sodara & tante. & begitu saya posting di FB, ternyata ada yg mau pesan, Alhamdulillah akhirnya bikin lagi hehee

1,8 kg
Pecel Rebung

Pecel Rebung

Masakan ketika malas cari banyak bahan atau menu akhir bulan tapi menggugah selera makan hehehe

Pecel tempe

Pecel tempe

Karna bkin sayur bening Cocoknya ya dengan pecel tempe Udah makyusss..

Pecel Terong Bakar

Pecel Terong Bakar

Kali ini saya masak menu yang disukai di keluarga besar saya, masakan kampung sederhana tp bikin makan jd nambah. Masakan ini resep dr Ibuku,,, saya bawa ke rumah suami, biar tukar menu gtu, apa yg blm ada di daerah Suami saya bawa masakan khas daerah saya dan sebaliknya. Menu ini cocok nya utk di santap saat sarapan dan sekali makan harus lgsg habis, krn tidak bisa bertahan hingga beberapa jam ataupun di hangatkan kembali. Kali ini saya masak dengan cara dibakar, saya dan suami lebih seneng dibakar krn aroma bakaran nya bikin sedep, tp bisa dikukus juga bila ingin lebih cepat. Selamat mencoba! #Sarapanku #cookpadcommunity_(Bojonegoro)

2-3 porsi
Bumbu pecel homemade #siapramadan

Bumbu pecel homemade #siapramadan

Mau bikin pecel pas liat bumbu jadi ternyata sudah expired finally bikin sendiri aja

Telur toge tahu siram bumbu pecel

Telur toge tahu siram bumbu pecel

#BikinRamadanBerkesan 9...simpel cepat n praktisπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Pecel sayur bumbu sinti instan

Pecel sayur bumbu sinti instan

Pakai bumbu instan pecel

Tahu Telur Sambel Pecel #BikinRamadanBerkesan

Tahu Telur Sambel Pecel #BikinRamadanBerkesan

Menu inspirasi untuk sahur. Simple dan mudahπŸ˜‰

1 -2 porsi
Pecel jawa timuran

Pecel jawa timuran

#sarapanku #cookpadcomunity_malang Ada tanaman kenikir dpn rumah, ada kacang. Jadi dech bikin pecel

Tahu telor daging bumbu pecel

Tahu telor daging bumbu pecel

Ceritanya lagi krisis bahan, dan lg g mood masak yg macem"

Ayam goreng sayur bumbu pecel

Ayam goreng sayur bumbu pecel

Ayam goreng sayur tanpa ribet