Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bumbu Pecel yang Sempurna

Dipos pada June 17, 2019

Bumbu Pecel

Sore-sore begini enaknya membuat Bumbu Pecel yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bumbu Pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bumbu Pecel, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bumbu Pecel ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bumbu Pecel adalah 1 mangkok kecil. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Bumbu Pecel diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Pecel memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sore eksekusi, pagi hari buat sarapan keluarga cara mengkonsumsinya cukup praktis : siapkan mangkok, ambil bumbu pecel secukupnya lalu tuang sedikit air hangat (aduk rata) sajikan dengan sayuran rebus seperti kecambah, kacang panjang, kangkung dsb.. atau pakai nasi hangat dan telur dadar juga oke, pokok'e maknyuss.. ini dia resepnya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Pecel:

  1. 1/4 kg kacang tanah
  2. 2 butir gula merah (sisir)
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdm gula
  5. 1/4 kg minyak goreng
  6. Bumbu :
  7. 3 siung bawang putih
  8. 1 ruas jari kencur
  9. 5 lembar daun jeruk
  10. 3 butir cabe merah besar
  11. 5 buah cabe rawit
  12. 1 sdt asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Pecel

1
Cuci bersih kacang tanah dan bumbu (tiriskan)
2
Goreng kacang dan bumbu, lalu diuleg halus atau kasar sesuai selera
3
Setelah diuleg campur kacang dan bumbu, tambahkan gula merah, garam dan gula pasir aduk rata
4
Bumbu pecel homemade udah jadi, siap digunakan. jika belum masukkan dalam toples dan simpan dikulkas

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal pecel lele

Sambal pecel lele

Ini resep simpel dan enak dari mba @susan_mellyani .. btw ini aku pke Cooper ya Bun,soalny ga punya cobet besar buat ngulek ny hehe.. klo bunda di rmh ada cobet aku saranin pke cobet aj Yaa.. biar rasanya lebih sedep sedep mantul..

Pecel simpel

Pecel simpel

Kebetulan da kacang goreng n sayur d rumah,bosen klo cm ditumis doang.Ni p'tama x sy bikin pecel,alhamdulillah hasilnya memuaskan n gampang.Happy trying good people πŸ‘Œ

3 / 4 porsi
30 menit
Nasi pecel

Nasi pecel

Saya bikin tidak pedes soalnya buat si kk juga.. jd makannya pakai sambal bajak...enakk... kalo mau pedes tnggal diberi cabe rawit saja yaaa...

Ayam,telur & tempe kuah pecel

Ayam,telur & tempe kuah pecel

-22.jan.18- Makan dg ini tak perlu pakai lauk lagiπŸ˜‰. Sayur plus lauk sudah jadi satu. Pedasssss & mantapπŸ˜‰. Thankyu mom Jo & Mimoy Dewie yg sudah share resep ini😊.

Sambel Ala Pecel Lele

Sambel Ala Pecel Lele

Adek seneng banget makan pecel lele coba2 bikin sambel nya siapa tau selera

Pecel

Pecel

Fav suami.. kebetulan di kasih sambal pecel sama tetangga. Jadilahh buat ini πŸ˜„

Sambel pecel ayam

Sambel pecel ayam

Saya tidak begitu suka pedas jadi saya banyakin tomatnya ketimbang rawitnya difoto ini πŸ˜‚

Sambel pecel

Sambel pecel

Suka g sreg klo beli sambel pecel, enak bkin sendiri bunda.. simple g ribet bs tahab lama bunda. Klo g habis bs disimpan di kulkas,. Buat besok lg..

Pecal mie gomak

Pecal mie gomak

Sisa mie gomak masih ada trus keinget dulu waktu di panyabungan mie gomak dibuat pecal jadi deh ide ini tercipta...

4 porsi
30 menit
Tahu Telor Bumbu Pecel

Tahu Telor Bumbu Pecel

Masak darurat bun, kelaperan udh pgn cepet2 makan enak πŸ˜πŸ‘ sebenernya enak pake cambah, cuma lagi gak ada bahan

1 porsi
10 menit
Pecel Lele Nikmatt

Pecel Lele Nikmatt

Selamat siang sahabat Cookpad.. Sudahkah bersyukur hari ini? Ini makan siangku sama seisi rumah. Request bapak sama ibuk kemarin malem plus dijadiin tantangan buat aku yg gapernah - eh, jarang banget - ngolah ikan pake tangan sendiri dirumah. Beraniin lah ngolah lele ini dari dia idup sampe siap dinikmati wkwk Alhasil luamaaa di dapur. Wkwk ribet sendiri. Paling sedih waktu mukul kepalanya, tp dianya ga mati2 (efek mukulnya pake perasaan) lha gimanaaa, kasiaaaan :"D (efek penyayang binatang) Sebenerny dpt tips dr temen suruh rendam dia di air garam. Ntar mati sendiri. Duhhh malah menyiksa :") Gini banget ya story nya :" Tp ini true story wkwaksss Finally my struggles is works whehee! Lariss manisss menu sederhana ini diserbu orang rumah. Katanya suruh buka kedai/resto penyetan ajah. Hahaa.. Amin deh :)

3-4 porsi
Bumbu pecel enak

Bumbu pecel enak

Baru sadar klo udah lama ga makan sayur2an,, + pingin banget bisa bikin bumbu pecel sendiri. Harus.nya untuk kacangnya diblender pake blender bumbu yg kecil itu, tapi ini saya ulek sambil saya tumbuk2 pake ulek2 gitu hihii. πŸ˜‚πŸ˜‚ Karena saya ga pandai ngulek, jadi kacangnya kurang halus.. Akhirnya pas mau buat makan, yg Β½ saya halusin lg pake blender + sedikit air panas & yg Β½ lagi sy biarin agak kasar lalu dicampur gitu.. Klo perlu tambah air panas lagi sampai kekentalan & rasanya pas.. Selamat Mencoba... 😊

Β±7porsi
Β±1jam
Pecel simple #BantuMantenBaru

Pecel simple #BantuMantenBaru

Suami maunya makan yg rebus rebusan aja, jd sekalian ngelatih skill ngulek sendiri bumbu pecelnya..

Pecel ala Anak Kos

Pecel ala Anak Kos

Beli bumbu pecel di supermarket terdekat, pilih sayuran sesukanya. Mudah dan murah :D

2 porsi
10 menit
Pecel Terong So Simple

Pecel Terong So Simple

Ceritanya nginap di rmh nenek utk bantu2 nenek yg lg masa pemulihan dr sakit. Bantu masak jg :), Sudah goreng ikan trus mau buat sayur, pas mau masak ternyata yang ada cuma terong 4 buah sm kelapa parut. Awalx mau masak sayur bersantan tp brhubung yg ada cma terong putar haluan jd buat pecel (Pecel yg sy buat rasax kurang berasa soalx nenek tdk bs makan yg asin2 jd garamnya bisa disesuaikan yah menurut selera...) buatnya so so simple utk bumbu pecelx sy recook resep mb tika n modif dikit ssuaikn bhn yg ada tp ttp ueenaakkk ^_^( abaikan fotox yg jlek, ambilx buru2 sih)....

5 porsi
Pecel tempe

Pecel tempe

Ini request dari papa tersayang 😘😘

3 porsi
15 menit
Sambel Pecel

Sambel Pecel

Sambel pecel khas Blitar

10 porsi
60 menit
Pecel petek (pecel ayam)

Pecel petek (pecel ayam)

Masakan khas banyuwangi,biasanya dulu hanya bisa dinikmati saat acara adat saja, sekarang kapanpun mau bisa buat sendiri.

Pecel Lele ala Dapur Titis

Pecel Lele ala Dapur Titis

Siapa sih yang nggak kenal sama lele. Lauk paling tepat dalam segala kondisi hehehe. Ini adalah pecel lele ala saya. Yang akan saya bagikan adalah resep lele gorengnya ya. untuk lalapan sesuai selera aja, kalo saya paling suka kalo pecel lele lalapnya kacang panjang sama selada. Untuk sambal, silakan buka di list resep saya sambal tomat, resepnya sama persis. Mari kita mulai...