Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 23, 2021

Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok)

Bagaimana membuat Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

10Okt2017 Lagi lagi mengolah bahan yang masih tersedia didapur. Masih ada ubi merah telah dikukus sisa 2 potong dari 2 ubi utuh ukuran jumbo. Sayang kan ga dimakan, diolah aja deh jadi kue dengan menambahkan oatmeal, susu dan bahan lainnya. Bahan lain termasuk kurma juga sisa ada dikulkas juga. Saat mencampurkan adonan, ga sadar dikulkas ga stok telur, padahal si ubi merah itu diambil dari kulkas. Saking ngebetnya ingin buat si ubi dijadikan muffin. Diolahnya juga ga mau ribet, pakai blender aja biar halus sekalian ubinya, kecuali bahan kering. Dimasaknya dengan cara dikukus. Takut ga jadi di panggang pakai oven. Hasil kuenya lembuuuttt banget, ga seret kok. Enak - enak. Cobain deh.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok):

  1. Bahan Basah :
  2. 3 sdm penuh ubi dari ubi utuh yang sudah dikukus,dipotong kecil
  3. 6 sdm susu kedelai/susu cair
  4. 6 sdm minyak canola/minyak sayur
  5. 1/2 sdt vanilla ekstrak/vanilla cair
  6. 3 sdm susu kental manis
  7. 12 sdm air panas
  8. Bahan Kering :
  9. 4 sdm oatmeal (Quaker Oat)
  10. 4 sdm terigu serbaguna
  11. 2 sdm gula pasir
  12. 1/4 sdt bpda (baking powder)
  13. 1/8 sdt soda kue
  14. 3 bh kurma, cincang, baluri terigu (opsi)
  15. 3 sdm air panas

Langkah-langkah untuk membuat Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok)

1
Siapkan bahan dan cetakan muffin/cupcake, olesi carlo (mentega taburi terigu) atau cup bolu kukus yang dialasi paper cup. Sesuaikan saja ya. Pisahkan bahan kering dan bahan basah.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 1
2
Bahan kering, terdiri dari: terigu, oatmeal, gula pasir, baking powder dan soda kue aduk tercampur rata dengan garpu. Sisihkan. Pisahkan buah yang telah dicampur terigu tujuannya agar tersebar, ga mengendap didasar kue.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 2
3
Masukkan kedalam blender: ubi kukus/rebus, minyak, susu cair, vanilla ekstrak, susu kental manis dan air panas blender hingga halus nanti dia akan lengket teksturnya, memang seperti itu, jika agak susah diblender, blender perlahan-lahan, dibantu memakai sendok, sambil diaduk biar cairannya merata. Kalo cara saya, blender dulu ubi, susu cair, minyak, vanilla sampai halus sambil diaduk memakai sendok, setelah itu tuang susu kental manis dan air panas blender hingga halus tercampur rata dan ringan.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 3
4
Setelah campuran ubi diblender, beginilah hasilnya 👉, mengental. Tuang ke bahan kering, aduk tercampur rata hingga tidak ada tepung yang terlihat bentuknya agak menggumpal. Tuang 3 sdm air panas aduk hingga dirasa ringan.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 4
5
Masukkan buah yang sudah dibalur terigu aduk asal rata, tersebar aja buahnya, terlihat tepung dari buah, di tekan aja, jangan diaduk kuat-kuat. Kalo ga mau pakai buah, cara ini diskip, adonan kue langsung dituang ke cetakan.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 5
6
Tuang adonan kedalam cup yang diolesi carlo atau cup kertas, sisakan sedikit. Kukus pada dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Masak kurang lebih selama 45 menit dengan api besar. Tutup dandang jangan lupa dialasi kain bersih agar uap tidak menetes pada kue yang menyebabkan kue berair/ga kering.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 6
7
Siap dinikmati.
Muffin Ubi Oatmeal Kukus (Tanpa Telur, Takaran Sendok) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Apelkurma - MPASI

Apelkurma - MPASI

Kalo pagi suka bingung mau kasi makan omar apa. Berhubung kerja dan belum nambah stock makanan.. Jd yg ada aja dulu ya nak.. 😭 Kalo pagi biasanya aku kasih pure buah..

1 porsi
15menit
Sup ayam kacang kacangan

Sup ayam kacang kacangan

Sup ayam ala Hongkong

3 orang
2 jam
Overnight Oats Matcha

Overnight Oats Matcha

Beli pure matcha powder pahit banget ternyata, ternyata minuman green tea yg selalu dicoba banyak bgt gula/pemanis nya yah.. Terpaksa bubuk matcha nya diakali jadi overnight oats

1 porsi
10 menit
Booster asi kental sarapan busui

Booster asi kental sarapan busui

Mommy yg br lahiran dan butuh srpan yg knyangny lama, bkinny cpet krn rempong hrs ngrus 2 baby ccok bgt nyoba ini..

Saos Tomat Homemade

Saos Tomat Homemade

Video, tips dan resep lengkapnya ada Di highligh @sulistyowati_05

Soup Talbina / Bubur Talbina

Soup Talbina / Bubur Talbina

Video, tips dan resep lengkapnya ada Di instagram @sulistyowati_05 Talbina adalah sup yang terbuat dari tepung barley ( biji barley ), dimasak dengan menambahkan susu dan madu ke bubuk barley kering. Ini disebut talbina, yang berasal dari kata Arab laban yang berarti yogurt (susu yang difermentasi), karena kemiripannya dengan yogurt, karena lunak dan putih. Barley adalah sumber serat makanan yang tidak larut dan larut. Bagian serat larut mengandung sumber terkaya beta-glukan dibandingkan dengan biji-bijian lain; ini dapat membantu fungsi kekebalan tubuh. Barley juga mengandung vitamin B, zat besi, magnesium, seng, fosfor, dan tembaga, dan merupakan salah satu sumber kromium terkaya, yang penting dalam menjaga kadar glukosa darah. Barley juga kaya antioksidan dan mengandung tokol dan tokotrienol konsentrasi tinggi, minyak yang membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Daging Masak Kurma (Khas Banjarmasin)

Daging Masak Kurma (Khas Banjarmasin)

Setiap ada acara hajatan di rumah selalu masak daging bumbu kurma. Sejak ikut suami tinggal di cianjur sudah gak pernah lagi ngicip masakan ini😊. Biasa masak daging dibumbu rendang & tetiba kangen masakan ini. Ini resep turun temurun dari ortu saya. Anak saya sangat suka & trus2an nyocolin bumbunya🤭🤭

25 orang
2 jam
Susu Kurma Untuk Daya Tahan Tubuh

Susu Kurma Untuk Daya Tahan Tubuh

Kemarin sempat drop seharian hanya bedrest karena kecapean dan kena virus sehingga tenggorokan juga sedikit sakit. Mau minum susu tapi kalo plain kurang enak di lidah, kalo minum susu vanilla/coklat kuatir tidak enak di tenggorokan. Akhirnya iseng2 bikin susu kurma ini dan ternyata rasanya enaak ❤️

Roti kukus keju

Roti kukus keju

Pertama nyoba liat resep teman.. anak pengen jajan jadilah ini..enak sih.

7 porsi
Sup ayam ala korea -samgyetang 삼계탕-😉

Sup ayam ala korea -samgyetang 삼계탕-😉

Pas liat Song Il Guk bikin sup ayam buat triplet song di acara Tv KBS’s “The Return of Superman jadi kepengen nyoba..eeh..bisa juga bwt referensi sup. Slamat mencoba dan semoga bermanfaat😊

1 porsi
90 menit
Jus kurma (kurma milkshake)

Jus kurma (kurma milkshake)

Sarapan enak, kenyang, menyehatkan. Biasanya buat ini pas hamil dibulan ramadhan. Kebetulan lagi buat dan barang kali ada yg mau coba saat sahur nantu, sila dicobe😉

Salad buah

Salad buah

Alhamdulillah, ada nih cemilan bikin kenyang dan sehat 😋 Semangat ya biar badan sehat! Kamu harus sehat biar bisa bermanfaat banyak :) #KapsulAjaib

3 porsi
15 menit
Resep BAB Lancar alami (sembelit)

Resep BAB Lancar alami (sembelit)

Video, tips dan resep lengkapnya ada Di instagram @sulistyowati_05

Salad Arugula pisang dengan vinagratte Sauce

Salad Arugula pisang dengan vinagratte Sauce

Yuk makan sehat biar badan tetap sehat

1 porsi
10 menit
Strawberry jam no sugar

Strawberry jam no sugar

Selai stroberi ini saya buat tanpa gula untuk variasi mpasi

Roti isi kurma pasta

Roti isi kurma pasta

Kemarin wkt di mekkah sempat belanja bbrp keperluan di bin dawoo.liat kurma pasta tersusun di rak .pingin icip sj.yg biasa dikomsumsi kan dlm bentuk buah. Sdh..sampai di rumah baru kepikiran ini enakx dibuat apa ya.rasax mirip selei manis cuma lbh padat. Akhirx ..pilihan resepx jatuh ke roti manis. Msh Bisa jg buat bekal anak ke sekolah besok.

17- 18 buah