Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Pecel nDeso Khas Solo yang Lezat

Dipos pada June 23, 2019

Pecel nDeso Khas Solo

Bagaimana membuat Pecel nDeso Khas Solo yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Pecel nDeso Khas Solo yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Pecel nDeso Khas Solo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pecel nDeso Khas Solo sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Pecel nDeso Khas Solo sekitar 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Pecel nDeso Khas Solo diperkirakan sekitar 35 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel nDeso Khas Solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel nDeso Khas Solo memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

waktu masih tinggal di solo, jika hari minggu selalu makan pecel nDeso ini. biasanya di sunday market di Manahan, Solo Jawa Tengah selalu ada ibu-ibu yang menjual pecel ini, pecel ini berbeda dengan pecel kebanyakan, jika pecel madiun memakai bumbu kacang atau pecel pacitan yang memakai kelapa parut dicampur kacang(lain kali saya juga ingin membuat pecel khas pacitan). pecel nDeso ini memakai bumbu dari wijen hitam. dan sayurannya pun unik, ada bunga turi, daun pepaya juga. namun karena di kota saya tinggal tidak ada dua sayuran tersebut, bahan sayuran saya sesuaikan yang ada saja. pecel nDeso ini biasa disajikan dengan nasi beras merah(aduhh nasi saya kurang air, empuk jg tapi kurang mekar), bongko(saya tidak membuat, tapi jika ingin membuatnya bahannya dari kelapa muda diparut dan kacang merah yang ditumbuk kasar lalu dicampur bumbu-bumbu di bungkus dan di kukus), juga kerupuk karak/gendar.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel nDeso Khas Solo:

  1. bahan sambal:
  2. 60 gram wijen hitam, goreng dengan sedikit minyak sampai matang
  3. 2 lembar daun jeruk, iris halus
  4. 1/2 sdt garam
  5. 2 siung bawang putih, goreng
  6. 5 buah cabe rawit merah, goreng
  7. 1 sdm gula palm
  8. secukupnya air matang
  9. 1 sdt terasi matang
  10. bahan sayuran:
  11. 1 buah wortel, potong korek api
  12. 50 gram bayam
  13. 4 buah kacang panjang, potong-potong
  14. 2 genggam tauge kacang hijau
  15. 1 buah mentimun, potong-potong
  16. bahan pelengkap:
  17. Secukupnya kerupuk gendar/karak
  18. Secukupnya nasi beras merah

Langkah-langkah untuk membuat Pecel nDeso Khas Solo

1
siapkan semua bahan. rebus semua sayuran., kecuali mentimun. untuk bayam hanya saya celup air panas saja, karena bayam disini diperuntukkan buat dimakan mentah sebagai salad, beda dengan bayam indonesia yang dimakan matang untuk sayur.
Pecel nDeso Khas Solo - Step 1
2
haluskan bawang putih dan cabe tambahkan wijen hitam, haluskan. beri gula garam terasi campur dan haluskan. tambahkan daun jeruk. tambahkan air, aduk rata.
3
tata seperti ini
Pecel nDeso Khas Solo - Step 3
4
penyajian ambil secukupnya sayuran di piring, tuang bumbu wijen di atasnya dan sajikan dengan nasi merah juga kerupuk karak/gendar(saya lupa naruh waktu pecel nDeso di foto).
Pecel nDeso Khas Solo - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel Istimewa

Pecel Istimewa

Pecel ini biasa beli di daerah Bogor. Rasanya mantap jiwa. Kentangnya bikin rasanya bumbunya jadi lebih kental.... ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Telur Ceplok Sambalado + Bumbu Pecel

Lagi ngidam pengen masak ini.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

4 porsi
Sambal Pecel homamade

Sambal Pecel homamade

Hari ini bikin sambal kacang Cocok bgt nih makan nya sama sayuran ala ala pecel gitu ๐Ÿ˜ dicocok kegorengan atau cocolan cilok juga enak.. Penyimpanan tahan 1 bulan ya bisa juga lebih asal nyimpen nya diwadah kedap udara, jadi kalo mau makan tinggal di beri air panas dan kalo mau tambh pedes tinggal tambahin cabe ๐Ÿ˜ Selamat mencoba mommy ๐Ÿ˜‰

Bumbu Pecel sederhana

Bumbu Pecel sederhana

Dicuplik dr bumbu khas adik aku yg jualan nasi pecel tumpang...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

siomay ayam with sambal pecel madiun

siomay ayam with sambal pecel madiun

sore2 udah mendung ajah ni nganjuk... hmmh... keknya paling enak buat jajanan yang hangat dan mengenyangkan..biar ngirit, ga jajan di luar ( dasar ibu rumah tangga ya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜) untung di kulkas masih ada daging ayam, ma kulit siomay.. eksekusi deh bikin siomay sederhana.. yuk..

3 porsi
30 menit
Pecel sayur sambel kacang

Pecel sayur sambel kacang

Lagi pengen.. Langsung eksekusi๐Ÿ˜Š

Lotek (pecel sayur)

Lotek (pecel sayur)

Seger ..

4 porsi
10 menit
Pecel bihun bakwan sayur๐Ÿ’“

Pecel bihun bakwan sayur๐Ÿ’“

Inii enakkk banget ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ untuk resep bakwan sudah pernah saya share ya.. Bihun gorengnya juga sudah.. Di sini saya tulis resep sambel pecelnya saja yaa bund,,tinggal dipadukan sesuai selera mau pakai mie bisa,pakai sayuran juga bisa.

pecel sayur

pecel sayur

20 menit
Pecel sayur sederhana

Pecel sayur sederhana

Lagi pengen sayuran pedes.. yowes tak buat pecel sayur aja.. ๐Ÿ˜†

Ikan Cakalang Saos Bumbu Pecel

Ikan Cakalang Saos Bumbu Pecel

Disaat seharian cuacanya hujan mendung gelap, kemudian tidak ada sayuran apapun, dan adanya ikan cakalang. Nah sudah, mumpung ada bumbu pecel juga, jadilah menu itu.. untuk ikannya, bisa diganti dengan ikan tongkol, ikan pindang basah, dll.. sesuai selera para ibu2.. alhamdullh ludes... #happymom #semangatmom

45 menit
Bumbu pecel

Bumbu pecel

Sering di mkn bareng nasik hngat oleh suami.menu favorit suami.

Pecel Purwodadi

Pecel Purwodadi

Kepingin makan yang sehat tanpa banyak minyak goreng tapi cepet masaknya? Masak pecel ajah. Kenapa purwodadi? Karna kali ini pakai bumbu pecel jadi khas purwodadi. Dari segenap bumbu pecel, paling pas di lidah ya bumbu ini ! Try it !

4 porsi
20 menit
Pecel Bumbu Santan

Pecel Bumbu Santan

Yang pedas dan seger2 gitu. It's so simple.

Menu Diet GM Day 2 Pecel Sayur

Menu Diet GM Day 2 Pecel Sayur

Hari Ke2 Makannya Hanya sayur2an + air Putih 8 gelas . Sayurannya boleh di apaiin aja .. asal bumbu masaknya di kurangin .

Sambal Pecel Ayam

Sambal Pecel Ayam

Ini adalah sambal kesukaan buat temen makan ayam goreng, lele, tempe, tahu dan lain-lain, sambal ini rasanya persis dengan abang-abang pecel ayam. (Saya hanya akan share resep sambalnya saja)

3 porsi
10 menit
Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Karna saya orang kalimantan yang besar di jawa jadi menu pecel sudah melekat banget di lidah. Selama ini selalu beli nasi pecel. Kalopun pengen buat di rumah sambel pecelnya selalu beli jadi di rumah tinggal ditambah air saja. Tapi semenjak nemu resep sambel pecel madiun ini sudah stop beli. Mending buat sendiri dan stok di rumah.aku sengaja buat yang gak pedas karna ada dua anak di rumah yang ga doyan pedas. Kalo untuk suami tinggal aku ulekkan cabe rawit aja waktu mau dikonsumsi. Cuss ini resep sambel pecelnya yaaaa โ™กโ™กโ™ก

Pecel simple

Pecel simple

Abis donor darah...badan rasa nya lemes akhirnya buat makanan yang banyak sayuran sama telor...akhirnya jadilah pecel