Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bumbu pecel yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 21, 2019

Bumbu pecel

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bumbu pecel yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Bumbu pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bumbu pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bumbu pecel ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu pecel memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sering di mkn bareng nasik hngat oleh suami.menu favorit suami.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu pecel:

  1. 1 kg kacang tanah di goreng tumbuk agak halus
  2. 8 biji kencur
  3. 9 siung bawang putih
  4. 1/4 cabe merah keriting
  5. 1/2 ons cabe rawit
  6. 1-2 bulat sedang gula merah/aren
  7. Daun jeruk secukupnya(buang tulangnya)
  8. secukupnya Gula putih
  9. Secukupnya Garam
  10. Asam jawa secukupnya campur air,aduk.buang bijinya
  11. Minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu pecel

1
Goreng selayang kencur.cabe merah.bawang putih.cabe rawit.lalu blender bersama daun jeruk.usahakan saat memblender jgn menggunakan air tp menggunakan minyak makan.jdi ketika menumis.kita gak perlu pakai minyak lg.
2
Tumis bumbu halus hingga harum.tambahkn air asam jawa.aduk.sisihkn
3
Ambil kacang tanah yg sudah ditumbuk.campur bumbu yg ditumis.tmbhkn gula merah.gula putih dn garam serta p.rasa. aduk jdi satu hingga tercmpur rata.lalu koreksi rasa.jika rasanya sudah pas. Sisihkn. Lakukan hingga kacang tanah dan bumbu hlus habis.
4
Selamat mebcoba moms

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel Terong Sederhana

Pecel Terong Sederhana

Menu cepat, ekonomis dan suamiku suka.

2 porsi
Sambel pecel nyusss

Sambel pecel nyusss

Ada kacang..lama belum manfaat. Ya udah..mumpung stok sambel pecel habis..harus berjuang membuat..sambel pecel...kali ini pedes manis asemnya...pas dilidah...nyusss

25 porsi
30 menit
Sambel pecel dadakan enak

Sambel pecel dadakan enak

Ini sih iseng aja pengen bikin sambel kacang buat temen makan gorengan.. Buat sambel sayuran pecel jg cocok. Bikinnya sdkt jd langsung abis..

2-3 porsi
Pecel madiun endes pedas

Pecel madiun endes pedas

Ini aku kasih resep bumbu pecelnya aja ya, kalo sayurnya sesuai selera aja. Berhubung lagi ngga pengen makan nasi karbonya aku ganti kentang aja 😂

Bumbu pecel singkat enak

Bumbu pecel singkat enak

Suami paling seneng ma pecel, pa lagi pegangannya mendoan,, makanya kaya orang berapa hari gak makan,, hehee

Pecel Praktis

Pecel Praktis

menurutku simple bnget bikinnya, enak lagi, ngak kalah sama yg biasa jualan😀

Pecel daun kencur Bumbu Santan

Pecel daun kencur Bumbu Santan

Lagi di kampung, lihat kencur di halaman tumbuh subur daunnya, jadi kangen masakan khas Lorok Pacitan ini....yuk...buat...

6 porsi
Sambel pecel ayam

Sambel pecel ayam

Ini sambel asli enak bangett. 11/12 sama yg dijual pecel ayam. Kamis ceria untuk bekel swami tercinta.. sharusnya pakai rawit. Krn gak smpat ke warung jadi apa yg ada dikulkas aja..

Pecel sayur gak pake ribet

Pecel sayur gak pake ribet

Disini aku gak nyebutin berapa ukurannya yaa karna aku sndri gak tau ukurannya cuma beli per sayur"an 2,000 hihihi , dan masaknya pun gak dikukus karna belum punya panci yg untuk ngukus, maklum pengantin balu peralatannya masih dikit😁😁

Sambel pecel no blender lebih yahutt

Sambel pecel no blender lebih yahutt

Lagi kangen pecel kediri. Hehe buat ja sendiri.. Alhamdulillah

30 menit
Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Nasi Sambel Pecel Madiun Maknyusss

Karna saya orang kalimantan yang besar di jawa jadi menu pecel sudah melekat banget di lidah. Selama ini selalu beli nasi pecel. Kalopun pengen buat di rumah sambel pecelnya selalu beli jadi di rumah tinggal ditambah air saja. Tapi semenjak nemu resep sambel pecel madiun ini sudah stop beli. Mending buat sendiri dan stok di rumah.aku sengaja buat yang gak pedas karna ada dua anak di rumah yang ga doyan pedas. Kalo untuk suami tinggal aku ulekkan cabe rawit aja waktu mau dikonsumsi. Cuss ini resep sambel pecelnya yaaaa ♡♡♡

Bihun Goreng Pelangi. Bihun SD, bihun yayuk pecel

Bihun Goreng Pelangi. Bihun SD, bihun yayuk pecel

Ujan ujan paling enak ngemil bihun udah muraahhh bisa banyak plus kenyanggggg.. cussss nihh resepnya

Indomie - Bumbu Pecel

Indomie - Bumbu Pecel

Ini memang bukan resep, cuma mau share aja ke sobat2 yang masih single dan nge kost😀 Tapi pesan ku jangan terlalu banyak konsumsi Indomie ya karena bahan pengawet nya toxic untuk kesehatan. Tiba-tiba aja pingin masak Indomie jaman aku masih single dan nge kost dulu kala... suatu hari di bawa in Bundaku Bumbu Pecel dari Madiun, bunda ku bilang “ mbak, coba deh masukkan bumbu Pecel nya ke Indomie, pasti jauh lebih enak“. Aku masukin 1 sendok makan, Bunda ku bener banget!! Sejak itu, indomie rebus tanpa Bumbu Pecel seperti masak tanpa garam alias plain, super membosankan! :( Sejak nikah, makan Indomie paling sebulan sekali atau kalau lagi Camping/Ekspedisi. Tambahin irisan cabe merah atau ijo yang hobby makan pedassss :) manteeep!!!

Pecal

Pecal

Paling suka sama sayuran yg di guyur dengan kuah kacang yg satu ini.