Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat 19• Bumbu Pecal aka pecel yang Lezat

Dipos pada June 11, 2019

19• Bumbu Pecal aka pecel

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat 19• Bumbu Pecal aka pecel yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal 19• Bumbu Pecal aka pecel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 19• Bumbu Pecal aka pecel, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 19• Bumbu Pecal aka pecel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian 19• Bumbu Pecal aka pecel yaitu 1 kg. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat 19• Bumbu Pecal aka pecel diperkirakan sekitar 15-20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 19• Bumbu Pecal aka pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 19• Bumbu Pecal aka pecel memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

hari ini nyokap balik ke jkt, dan tiba2 mengacaukan konsentrasi saya bikin kue nastar. alhasil saya mengalah dan menunda nastar dan membuat mumbu pecel ini terlebih dahulu. haduuhh ma riweuuhh ya, tapi ya sudahlah ga nyesel dengan hasilnya kita coba bikin yuk.. dari pada beli kan lumayan mahal. selamat mencoba yah, let's get cooking..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 19• Bumbu Pecal aka pecel:

  1. 1/2 kg kacang tanah
  2. 1/2 kg gula merah / aren/ palem
  3. secukupnya terasi (sesuai selera)
  4. 5 siung bawang putih
  5. 5-6 siung bawang merah
  6. 6-8 ruas kencur
  7. 15-20 butir cabe rawit (sesuaikan pedasnya)
  8. secukupnya perasan air asam jawa
  9. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat 19• Bumbu Pecal aka pecel

1
Cuci bersih kacang tanah lalu goreng dan tiriskan.
19• Bumbu Pecal aka pecel - Step 1
2
Ulek kacang tanah secara bertahap sampai halus merata. sisihkan.
19• Bumbu Pecal aka pecel - Step 2
3
Ulek kencur, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. sisihkan.
19• Bumbu Pecal aka pecel - Step 3
4
Bakar terasi lalu ulek bersama gula merah dan perasan air asam jawa. sisihkan.
5
Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk sampai benar2 merata dan padatkan kedalam kanting plastik tahan pa as dan minyak berukuran 1 kg. rapatkan/padatkan ke dalam kantong plastik. masukkan ke dalam kulkas sampai keras. lalu siap disantap dengan rebusan sayur atau olahan lainnya. enaaaakkk bangeettt... selamat mencoba.
19• Bumbu Pecal aka pecel - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel terong santan kencur

Pecel terong santan kencur

Terong lagi.. mau dimasak apa saja tetep enak dan keluarga suka 😇 #3weekschallenge

Pecel Sayur

Pecel Sayur

Masak yg mudah dan.menyehatkan

2 porsi
Cilok bumbu pecel#seninsemangat#bikinramadanberkesan

Cilok bumbu pecel#seninsemangat#bikinramadanberkesan

#seninsemangat#bikinramadanberkesan

Sayur Kuah Pecel KangkungToge

Sayur Kuah Pecel KangkungToge

#SiapRamadan #MamahCookpad #pemburuParcel

Pecel Tempe Kelapa

Pecel Tempe Kelapa

Masakan kesukaan yang hanya bisa dijumpai di rumah ibu 😊

Pecel Tempe Telur

Pecel Tempe Telur

Ini lauk agak sehat karena nggak pake minyak. Langsung direbus semuanya. Tapi pake santan 😂 Ini cucok banget kalo digandengin sama sayur bayam n bakwan jagung.

61. Nasi Pecel

61. Nasi Pecel

Hhmmm... Jadi ingat waktu kos di jogja. Menu ini sering banget jadi menu makan siang. Pedes segar. Ini mudah juga untuk dibuat sendiri di rumah. Tentunya akan lebih sehat dan hemat. Resep sambal pecelnya sudah saya share di resep sebelumnya ya

Pecel blitar

Pecel blitar

Resep ini asli dr org blitar,cocok buat saya,manis asinnya pas dilidah,buat sarapan cocok bgt,tp yg g sk pedes boleh diganti cabe merah keriting,yg sk pedesnya mantep resep ini cocok.buat sy bumbu ini harus ada,tinggal tambah air panas aja sckpnya,mksh banyak resepnya mbk ana...

Pecel Bumbu Kacang

Pecel Bumbu Kacang

Memanfaatkan sisa sayur ditanggal tua ya bun.. 😁😆

Pecel sayur/lotek

Pecel sayur/lotek

Bumbu pecel Kacang tanah 1 bungkus 2 bawang merah 2 bawang putih 4 cabe merah rawit 10 cabe rawit ijo selera 1/2 gula merah Penyedap secukup nya

Bihun putih goreng kuah pecel #bikinramadanberkesan

Bihun putih goreng kuah pecel #bikinramadanberkesan

Yg aku kangenin dari kampung halamanku, wktu aku tinggal di katelia indah Medan sekitar umur 5 atau 6 , ada yg jual bihun putih goreng pake kuah pecel enak banget .. Sampe setiap sore klo mama bawa aku ngider2 pasti selalu mampir karna ibu nya buka sore jam 4 .. Aku kmrn inget2 bihun sih ibu nya dan akhir nya hari ini aku masak yg aku kangenin di kampung halamanku .. Super duper enak bgt hampir sedikit mirip rasa nya klo aku bilang , karna aku pake bumbu pecel beli klo aku bikin pasti udah pas banget 👌🏻 #bikinramadanberkesan banget hari ini 🙏🏻

Pecel murni

Pecel murni

Nyawat godong godongan.... 😁

Pecal

Pecal

Bisa untuk sayur bisa jga utuk cemilan.

Bumbu pecel hemat,cepat dan lezat

Bumbu pecel hemat,cepat dan lezat

semalaman mikir aja sebelum tidur masak apa ya,hari ini karena daging2an sudah,ikan2an sudah,santan2 sudah,tumis sudah lalu teringat dengan menu yg sayuran ajah dengan direbus2,kalau beli bumbu pecel jadi sudah biasa dan mahal banget lalu kepikiran mau coba dulu sedikit saja karena kalau terlalu banyak takutnya malah aneh rasanya dan mubazir tentunya jadi buka2 lagi dan lihat2 cookpad akhirnya dirangkumlah tiap lihat resep siapa aja asal enak,cepat dan praktis kita lihat yuk resep ya...

Terong bumbu pecel #BikinRamadanBerkesan

Terong bumbu pecel #BikinRamadanBerkesan

Kmaren mau ngeshare ke cokpad masih sibuk yuhuuu kejar terus yuk celmek sakti aseeeek 🍆😀👏😜👍💪

Pecel terong

Pecel terong

Kebetulan ada sisanya terong jadi saya buat pecel😚

2 porsi
1/2 jam