Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam simple yang Enak Banget

Dipos pada February 25, 2022

Opor ayam simple

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam simple yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor ayam simple yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam simple, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam simple ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor ayam simple diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam simple memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam simple:

  1. 250 gram dada ayam
  2. jeruk nipis
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 bungkus santan kara 60 ml
  6. bumbu halus:
  7. 6 siung bawang merah
  8. 3 siung bawang putih
  9. 5 cabai merah keriting
  10. 3 buah kemiri
  11. secukupnya kunyit
  12. jahe dimemarkan
  13. lengkuas dimemarkan
  14. 3 batang sereh memarkan
  15. secukupnya garam
  16. penyedap rasa secukupnya (saya pakai royco)
  17. minyak goreng secukupnya untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam simple

1
Cuci ayam kemudian berikan perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat lalu cuci kembali
2
Ulek semua bumbu halus, kemudian tumis. tambahkan daun jeruk dan daun salam. tumis sampai bumbu matang.
3
Buka santan kara, lalu tuangkan santan pertama di gelas terpisah untuk dimasak di bagian akhir agar santan tidak pecah. Sementara campurkan air dan santan yg masih tersisa di bungkus santan kara ke dalam tumisan bumbu td, kemudian masukan ayam.
4
Setelah ayam sudah mulai empuk, masukkan santan kental pertama td, aduk trus dan biarkan santan tanak
5
Setelah dirasa cukup dan sudah mendidih opor siap dihidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam daun singkong

Opor ayam daun singkong

Masakan ini masuk dalam kategori sayur atau lauk ya ? Hihihi.....lauk dan sayur dalam sekali masak...praktis tetapi tetap enak, masakan ini menjadi favorit keluarga. Disandingkan dengan tahu, tempe goreng dan sambal terasi sungguh nikmat....😊

Opor ayam putih

Opor ayam putih

Hasil recook xander’skitchen nih~ dan (seperti biasa) hasilnya nggak pernah mengecewakan. Bumbunya medhok, sedap. Dimakan sama lontong enak banget hahaha oh ya, cara masaknya seperti masak rendang ya. Jadi bumbunya nggak usah ditumis, tapi langsung dicampur santan. Nanti minyaknya akan keluar sendiri dari santannya. Lebih sehat juga karena nggak banyak minyak

Opor ayam

Opor ayam

Resep pertama,,,semoga buibu suka yahh

Opor telur

Opor telur

4 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam bisa dinikmati dengan ketupat atau nasi putih

6 orang
30 menit
Lontong sayur part 2 (Opor Ayam)

Lontong sayur part 2 (Opor Ayam)

Di postingan pertama, saya sdh bikin sambal goreng ala Saya. Hihi Kali ini saya bikin hidangan kedua utk lontong sayur buatan saya ^β€’^ Opor ayam.

4 porsi
Opor Ayam | chicken braised in coconut milk | ala kakaminda

Opor Ayam | chicken braised in coconut milk | ala kakaminda

Selamat malam. Besok sudah lebaran idul Adha yaa.. Hm hari ini aku coba olah mengolah opor ayam, yg mana ini tuh request an suamiku. And he loves it ❀ semoga banyak yg mau recook ya, biar tau jg kalo aku gak bohong soal rasanya πŸ˜†πŸ˜†

5 porsi
50menit
Opor Ayam dan teman-teman nya πŸ˜‰

Opor Ayam dan teman-teman nya πŸ˜‰

Sebenernya bingung mau masak apa buat makan malem, terus kepikiran buat bikin opor ayam sama bakwan daun singkong. Kalo lontong beli di pasar pagi pagi soalnya ribet yaa harus bikin cuma dimakan dua orang..heheeee tapi lontongnya aku kukus lagi biar ngga basi sampe sore.

Opor ayam bumbu praktis

Opor ayam bumbu praktis

Ini tanpa cabe ya, soalnya sikecil suka dan gk pernah bisa makan klo ada pdesnya walo sdkit aja. Terserah bunda2 klo mau pedes tinggal tmbh cabe aja. Kalo aku bikin sambel sendiri terpisah.

Lontong opor ayam kuning (sajian lebaran)

Lontong opor ayam kuning (sajian lebaran)

Hihihii ini mah biasa x menu untuk lebaran...tapi hari ini misua request minta bikinin lontong nasi, ayam tahu tempe telur opor kuning, sama sambal goreng kentang hati ayam..... Cukup memakan waktu lama tp kalo dilakukan dengan hati ikhlas seneng serasa sebentarrr sajooo bund... Alhamdulillah ludes des desss #berbagirahmat

6 porsi
2 jam
Opor Telur Tempe

Opor Telur Tempe

6 porsi
30 menit
Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Pengen masak yang praktis2 aja tanpa kebanyakan ini itu.. Jadilah opor ayam sederhana iniii.. Resep didapat dari keluarga sajaaa.. Praktis, enak, sehat, dan ngirit..

5 porsi
Opor ayam teman setia lontong#bikinramadhanberkesan

Opor ayam teman setia lontong#bikinramadhanberkesan

hari ke 15 ramadhan, di daerah ada istilah kupatan, artinya kita dah separuh ramadhan, karena ga bikin kupat, adanya lontong hhh

Opor daun singkong #indonesiamemasak

Opor daun singkong #indonesiamemasak

masakan unik daun singkong yg dipadu bumbu opor, khusus untuk cookpad #indonesia memasak,,,

Opor Ayam Kuning Laziz ala Dapur Ngepul

Opor Ayam Kuning Laziz ala Dapur Ngepul

Resep ini sudah lama banget nongkrong di website saya : dapurngepul.com tapi lupa saya upload di cookpad. Maklum ya, belum sempet ke dapur lagi, masi banyak banget urusan πŸ˜…. Jadi keluarin masakan yang belum pernah di upload aja. Oh ya, saya lebih suka opor ayam kuning, lebih berwarna aja kelihatannya, kalau yg putih kan pucat, hehe. Tapi soal rasa sama aja sih yang kuning atau putih sama enaknya. Tergantung selera aja ya, mau buat yang mana.

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

_31052018_ #BikinRamadhanBerkesan Postingan ke: 34 Nyobain buat opor kuning, lihat resep di cookpad punya mb Fitri sasmaya langsung tertarik, langsung masak dan tadi pas berbuka begitu makan rasanya enak betulan..anak2,suami dan ibu saya Alhamdulillah cocok.. Apalagi ditambah sama gudheg nangka buatan kemarin maknyus tenan... Sekali lagi matur nuwun ya mb Fitri resep opor kuningnya.. tak catet di sini😁