Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT yang Anti Gagal

Dipos pada June 23, 2019

Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT

Hari ini saya akan berbagi resep Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT kira-kira 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi-lagi ini requestan pacar yang memang doyan banget sama sayur-sayuran berbumbu kacang. Biar awet, maka saya buatin saja sambal pecal ini. Sambal pecal ini konon katanya bisa awet hingga 1-2 bulan disuhu ruang. Cukup simpan sambal pecalnya dalan wadah tertutup rapat. Walaupun saya yakin sambal pecal ini ga akan mampu berumur panjang karena juga banyak penggemarnya dikost-kostan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT:

  1. 500 gr kacang tanah
  2. Β½ ons cabe merah keriting
  3. 6 buah cabe rawit merah
  4. 250 gr gula merah, sisir halus
  5. 4 buah seukuran jari kelingking kencur
  6. 6 buah bawang putih
  7. 5 buah daun jeruk purut
  8. 2 sdm, atau sesuai selera garam
  9. 2 sdm air asam jawa yang sudah diseduh air panas

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Pecel Ngawi ala mbak endang JTT

1
Goreng kacang tanah hingga matang, dinginkan. lalu haluskan dengan food prosecor atau dry mill. Dapat juga dihaluskan secara manual dengan ulekan.
2
haluskan guka merah yang telah disisir halus menggunakan dry mill atau FP. Masukan guka merah yg telah halus ke dalam baskom yang berisi kacang tanah halus.
3
Goreng cabe merah, rawit, bawang putih, kencur dan daun jeruk purut hingga matang. Kemudian haluskan dengan blender atau dapat juga diulek.
4
Masukan bumbu yang telah diulek kedalam baskom yang sudah berisi kacang tanah dan gula merah halus. Kemudian tambahjan garam. Aduk hingga merata. Cicipi dan koreksi rasa.
5
tambahkan air asam jawa kedalam adonan bumbu pecal. Aduk kembali hingga merata. Cicipi dan koreksi kembali rasa sambal pecal anda.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel sederhana

Pecel sederhana

Kali ini saya masak pecel sesuai dengan persediaan sayur di kulkas sajaπŸ˜€

Pecel ala Anak Kost

Pecel ala Anak Kost

Karena ini buat anak kost yg males ribet2 hahaha jd pakai bumbu pecel jadi aja ya..

2-3 orang
15-20an menit
Pecel terong bakar

Pecel terong bakar

Source: mbak NanoRatno. Baru pertama kali coba... dan langsung suka😍

Gado2/Pecel Rumahan

Gado2/Pecel Rumahan

Sudah buru2 buat sarapan suami mau kerja,eh tapi dia malah ga mau sarapanπŸ˜‚πŸ˜‚.jadi dimakan sendiri aja,padahal aku ga terlalu suka sayuran jd ini sengaja buatnya cuma 2 macem sayur aja,sahabat cookpad boleh ya tambahin sayur lain2 seperti Kol,tauge dll.

Sambel Pecel Ayam/Lele

Sambel Pecel Ayam/Lele

Sementara nunggu ayamnya lagi di ungkep, jadi bikin sambelnya dulu ya..

Sambal Pecel

Sambal Pecel

Setiap hari harus ada dong sambal pecelnya πŸ’“

Sarapan Keluargaku Nasi Pecel Madiun

Sarapan Keluargaku Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel sangat familiar bagi sebagian besar orang Jawa Timur, hampir di setiap daerah desa atau kota ada penjual nasi ini dengan berbagai versi. Bagi keluargaku sajian ini juga special & favorit terutama buat suami yang orang asli Madiun Untuk sajian sarapan yang biasanya dibutuhkan waktu penyajian cepat menu ini sangat cocok. Kebiasaan rata rata selalu punya stock bumbu/ sambel pecel dalam bentuk kering juga peyek atau krupuk puli krupuk berbahan nasi jadi pas pagi mau sarapan tinggal merebus sayuran, menyeduh bumbu pecelnya serta menyiapkan lauk tambahan sekedarnya aku menyiapkan tempe goreng tepung ala mendoan

4 porsi
20 menit
Nasi Pecel maknyoss

Nasi Pecel maknyoss

Untuk 500 gram kacang tanah menghasilkan 1 kg sambel pecel yg pedesnya level sedang.kalo mau yg pedes banget tinggal Skip cabe merahnya, pakai cabe rawit semua 250 gram. Resep ini pakai punya mbk midut di youtube, tp sy modif lagi disesuaikan selera saya. #Antiribet #cookpadcommunity #resepnasipecelmaknyus #resepwatie #resep

Lontong pecal gulai nangka

Lontong pecal gulai nangka

#JemputRejeki Ibu albi sering buat lontong buat selingan tambahan menu2 harian keluarga, menu ini cocok buat yg mau buka warung sarapan pagi ( ibu albi ada niat si, tp berhubung bocah msh batita, jd blum siap buat jualan sarapan)

banyak
60 menit
Bumbu pecel Bojonegoro

Bumbu pecel Bojonegoro

Tinggal di perantauan membuat saya selalu rindu masakan khas daerah kelahiran. Jadi mumpung ibu main kerumah saya ajak buat bumbu pecel khas Bojonegoro yang rasanya tiada duanya bagi saya.

002. Pecel Sayuran

002. Pecel Sayuran

Request dari Misua, yg hari ini ngidam makan pecel πŸ˜ŠπŸ€—

+/- 3 porsi
Pecel sayur

Pecel sayur

Pecel sayur simpel tapi wuenakkk

Sambal Pecel Blitar

Sambal Pecel Blitar

Ada saudara datang dr luar kota n minta d bikinkan kuliner blitar... Cuz... Bikin yg pedas manis khas blitar

2 Mangkuk
15 menit
Sambal pecel

Sambal pecel

Ini yg saya foto sebagian yah,krn yg sebagian lg udh sy seduh πŸ˜„πŸ˜„ trs ini sy numbuknya krg halus jg yah krn udh pegel tangannya jd udahan aja πŸ˜‚

Tempe kacang taoge sambal pecel

Tempe kacang taoge sambal pecel

Awalnya mau tumis kacang panjang sama tempe n aku lihat ada bumbu pecel di kulkas aku kreasi kan aj jadi menu lain hehehe jadi nya keren enaaak banget

Pecel tempe

Pecel tempe

Ini request dari papa tersayang 😘😘

3 porsi
15 menit