Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak Sarangaren Ubi yang Lezat Sekali

Dipos pada May 7, 2021

Kolak Sarangaren Ubi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak Sarangaren Ubi yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Kolak Sarangaren Ubi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Sarangaren Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Sarangaren Ubi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Sarangaren Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Sarangaren Ubi memakai 12 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kolak sarang aren itu bs dibilang resep turun temurun,dr mulai almarhum kakek,mamah, dan saya pun suka kolak ini.. Biasanya klo lg pengen kolak sarang aren saya suka minta mamah buat dibikini.. Kali ini saya akan mencoba bikin sendiri,resepnya sedikit saya modifikasi.. Sarang arennya saya kurangi,saya tambahkan ubi..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Sarangaren Ubi:

  1. Bahan Sarangaren:
  2. 3 1/2 Sdm Munjung Tepung Tapioka
  3. 6 Sdm Munjung Tepung Terigu
  4. Sedikit Air
  5. Bahan Lain:
  6. 2 Buah Ubi Ukuran Sedang (Potong dadu)
  7. 200 Gr Gula Merah (Iris Tipis)
  8. 5 Sdm Gula Pasir (Sesuai Selera)
  9. 1 Sachet Santan Kara 65Ml
  10. 1 Sachet SKM Putih
  11. Sedikit Garam
  12. Secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Sarangaren Ubi

1
Rebus ubi sampai setengah matang.. Sisihkan..
2
Rebus gula merah dengan sedikit air.. Sisihkan..
3
Cara Buat Sarang Aren : Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka,tambahkan air sedikit demi sedikit.. Adonan sangat kental yah,kalo di sendok g tumpah kepinggir itu pertanda kekentalan cukup,klo adonan disendok tumpah ke pinggir pertanda adonan kurang kental,tambahkan terigu/tapioka aja.. Sisihkan..
4
Rebus air secukupnya,kalo saya pake sekitar 1300Ml.. Klo air sudah mendidih mari menyetak sarang aren nya,dicetaknya cukup pake sendok makan aja.. Sebelum sendok masuk ke adonan,masukin dl k air mendidih untuk mengurangi lengket.. Ambil adonan 1/2 sendok celup k air mendidih..
5
Lakukan terus sampai adonan habis.. Kalo sarang arennya udah mateng,sarang arennya akan mengapung.. Kurang lebih sama ky bikin cilok..
6
Setelah sarang aren mengapung semua,masukan gula merah yg udah direbus tadi.. Masukinnya sambil disaring ya biar bersih..
7
Tunggu sampai mendidih lalu masukkan ubi.. Biarkan sebentar,angkat.. Sisihkan..
8
Rebus santan dan SKM beri sedikit air.. Setelah mendidih angkat..
9
Sajikan Kolak Sarang Aren Ubi dengan disiram santan.. Rasanya mantapppp.. Sarang arennya kenyal,ubinya pulen,kuahnya manisnya pas..
Kolak Sarangaren Ubi - Step 9
10
Penampakan Sarangarenya seperti ini..
Kolak Sarangaren Ubi - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Candil Isi Coklat & Keju

Kolak Candil Isi Coklat & Keju

Kreasi sendiri.. #takjil #candil

Kolak susu kental manis (pisang+ubi)

Kolak susu kental manis (pisang+ubi)

Jadi, ceritanya saya dan suami dapat kiriman pisang dan ubi dari mama. Melihat dua bahan ini pasti yg kepikiran adalah bikin Kolak duunk.. Cumaann, malesnyaa cari bahan tambahan kolak seperti gula merah, santan dkk.. Jadi ama suami, cuma pake bahan yg ada di dapur, eh enak bangeett...

Kolak Pisang Tanduk Mutiara

Kolak Pisang Tanduk Mutiara

Di kasih adik 3 buah Pisang Tanduk tadinya bingung mo buat apa. Pilihan jatuh pada Kolak, yuph... Eksekusi bahan2nya.

9 - 10 porsi
20 - 25 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

hari ini saya membuat kolak biji salak bun. biasanya di keluarga saya kalau moment idul adha selain ada menu ketupat,daging,dll juga ada sajian yg manis-manis seperti kolak biji salak ini bun biar moment manis saat lebaran jadi semakin manis ๐Ÿ˜Š dan pas banget nih saya ikutan #BancakanOnlineBarengCookpadย  karena saya ingin dapet bonus #eBook #BancakanOnlineBarengCookpad

Kolak Candil Ubi Putih

Kolak Candil Ubi Putih

Source: Henny Rosita Abang pak su suka banget sama bubur grendul... Byasanya cm ada pas slametan bulan sapar, ada juga sih yg jual.. karna pandemi mereka tu2p๐Ÿ˜…... Cari ide... Menu yg mirip2 tapi dari ubi(habis kulak ubi, mumpung harganya lagi murah๐Ÿคญ) dan dapet resepnya mb Henny Rosita... Percobaan dengan dibantu s kaka... Sukses...๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•(karna memang mudah banget๐Ÿคฃ... Mudah bikinnya, mudah makannya, mudah habisx)

4 orang
1 jam
Kolak Pisang

Kolak Pisang

Kolak pisang..kudapan paling gampaang nih buatnya...paling disuka suamiii...๐Ÿ˜

30 menit
Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Pengen Something sweet ???...Kolak bisa jadi jawabannya, Kolak merupakan kudapan khas Indonesia,dalam pengamatan dan pengalaman saya saat berkuliner di luar rumah,Kolak biasanya di jual diwarung - warung khas jawa timuran bersanding dengan rujak cingur disiang hari dengan ditambahkan potongan es batu dengan ditambahkan syrup merah frambroz dan krimer susu carnation di makan setelah makan rujak Hmmm...nikmat sekali...cocok untuk udara siang yang panas.. dan sebagai teman bersantai sore hari atau disajikan sebagai hidangan berbuka puasa saat bulan ramadhan..

Kolak Labu Sagu Mutiara

Kolak Labu Sagu Mutiara

Kebetulan semalam habis pergi ke Riau Expo liat liat pameran di seluruh provinsi, pulang-pulang bawa sagu khas Kab. INHIL yang udah tersohor rasanya. Kebetulan hari ini cuacanya mendung dingin-dingin semriwing, daripada gak ada yang dicemilin, eksekusi sagu pun berlangsung.. Haha (baca : Masak kolak)

6 porsi
30 menit
Resep kolak biji salak

Resep kolak biji salak

Di bulan Ramadhan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ,dikarenakan ada pandemik covid19 , karna itu ,saya khususnya diharuskan masak sendiri mari kita memasak karna lebih terjamin kebersihannya #TiketMasukGoldenApron3

10 mangkok
Kolak candil ketan warna warni

Kolak candil ketan warna warni

Bikin buat buka puasa yang manis, bikin kolak.. Liat" cookpad liat kolak candil mba Nana Hanif menggoda banget. Bikinlah ke dapur sekalian bikin buat setor ke mamah cookpad ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„.. Dengan semangat bikin,setelah beres baru sadar ada bahan yang salah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, tapi tetap enak... #SiapRamadan #JemputRejeki

Kolak ubi Jepang

Kolak ubi Jepang

Musim hujan di minggu-minggu ini . Menjadi nikmat dengan menghidangkan kolak ubi jepang yang lembut disertai kuah kolaknya yang manisnya sedang saja. Membuat tubuh jadi hangat dan bergairah untuk bekerja

4 porsi
30 menit
Kolak ubi kuning ga pake lama ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Kolak ubi kuning ga pake lama ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Hari ke 3 puasa baru sempet bikin tajil buat suami, berhubung baru punya baby girl jadi bikinnya yang simple aja

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kebetulan pas belanja sayur ngeliat ada ubi ungu, cus langsung beli pengen bgt bikin kolak biji salak ubi ungu, ubi merah kan udah biasa, jadi pengen yang beda gitu๐Ÿ˜ search2ing di cookpad, ketemu resepnya mba Dhenia #JemputRezeki #SiapRamadhan #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #MasakItuSaya #Cookpad_id #CookpadCommunity_jaksel

Kolak Kolang-Kaling

Kolak Kolang-Kaling

Kolak yang rasanya mamis dan segar sangat cocok disantap sebagai makanan buka puasa atau camilan saat sore hari.

5 porsi
60 menit
Kolak Pisang Kacang Ijo

Kolak Pisang Kacang Ijo

Sukaa banget sama inih kudapan.. Bikinnya pun very-very simple.. Cocok disajikan hangat maupun dingin juga loh..

Kolak Labu

Kolak Labu

Saat berbuka puasa aku sangat menyukai kolak labu, apalagi buatan mama๐Ÿ’ž.Mama ku sering membuatkannya untukku.Apalagi kemarin mama ku membuatnya dengan penuh perjuangan karena kemarin mama ku membuatnya ketika ia sedang sakit.

10 porsi
30 menit
Kolak Candil Buah Naga

Kolak Candil Buah Naga

Edisi kolak lagi, warna coklat bercampur merah nya candil buah naga.