Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Pastel Tutup yang Lezat

Dipos pada October 23, 2019

Pastel Tutup

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Pastel Tutup yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pastel Tutup yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Pastel Tutup, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pastel Tutup bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pastel Tutup sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pastel Tutup memakai 30 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tugas team Kalteng Minggu ini bikin pastel tutup. Pengennya bikin isiannya hanya sayuran, tapi berhubung ditempat penyimpanan ada sisa mie soun, akhirnya saya tambahkan saja drpd mie sounnya ga kepakai. Lumayan pas pastel tutupnya matang pas hujan turun, jadi buat cemilan sore hari☺️. #BarapiManjuhu #PastelTutup #MealPrep #PanginanMangat #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Sampit

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pastel Tutup:

  1. Bahan isian
  2. 1 buah wortel ukuran besar
  3. 1 bongkol jagung rebus ukuran sedang
  4. 15 biji buncis
  5. Segenggam mie soun
  6. 100 gr udang
  7. 1 bungkus kornet ukuran 50gr
  8. 1/2 buah bawang bombay
  9. 5 siung bawang putih
  10. 1/4 sendok teh pala
  11. 2 batang daun seledri
  12. 2 batang daun bawang
  13. 1/2 sendok teh garam bisa kurang/lebih sesuai selera
  14. 1/4 sendok teh kaldu bubuk bisa skip/kurang/lebih sesuai selera
  15. 1/4 sendok teh lada bubuk bisa kurang/lebih sesuai selera
  16. 1 sendok makan gula pasir bisa kurang/lebih sesuai selera
  17. 4 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  18. 100 ml air putih
  19. Bahan lapisan kentang
  20. 500 gr kentang kukus
  21. 2 sendok makan susu bubuk
  22. 1/2 sendok teh garam bisa kurang/lebih sesuai selera
  23. 1/4 sendok teh lada bubuk bisa kurang/lebih sesuai selera makan
  24. 1/4 sendok teh pala
  25. 70 gr keju cheddar parut
  26. 1 butir kuning telur ayam
  27. Bahan Garnis (boleh skip)
  28. 30 gr atau Secukupnya parutan keju cheddar
  29. 1/2 buah cabe merah keriting potong serong
  30. 1 tangkai daun seledri

Langkah-langkah untuk membuat Pastel Tutup

1
Kupas wortel dan bawang Bombay lalu cuci bersih bersama dengan buncis juga daun bawang. Potong kotak-kotak kecil untuk wortel, potong sesuai selera buncis, bawang Bombay, daun seledri dan daun bawang lalu sisihkan. Pipil jagung rebus lalu sisihkan. Rendam soun dalam air panas hingga tdk kaku. Cuci bersih udang lalu sisihkan. Kupas bawang putih dan cuci lalu haluskan bersama dengan pala.
Pastel Tutup - Step 1
Pastel Tutup - Step 1
Pastel Tutup - Step 1
2
Panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu masukan bawang putih dan pala yg sdh dihaluskan, masak hingga harum. Masukan irisan bawang Bombay lalu tumis hingga layu. Tambahkan kornet dan juga udang, tumis hingga matang.
Pastel Tutup - Step 2
Pastel Tutup - Step 2
Pastel Tutup - Step 2
3
Masukan daun bawang, tumis kembali hingga layu lalu masukan potongan wortel dan tambahkan air putih, aduk hingga semua tercampur rata. Masak hingga wortel matang dan lunak.
Pastel Tutup - Step 3
Pastel Tutup - Step 3
Pastel Tutup - Step 3
4
Bumbui dengan garam, gula, lada dan kaldu bubuk jika pakai. Terakhir masukan sisa bahan yaitu buncis, jantung rebus pupil, mie soun dan daun seledri cincang jika air sudah agak berkurang. Aduk hingga semua tercampur rata dan tes rasa. Masak hingga air benar-benar habis menyusut, lalu matikan api, angkat dan sisihkan.
Pastel Tutup - Step 4
Pastel Tutup - Step 4
Pastel Tutup - Step 4
5
Untuk lapisan kentangnya, haluskan pala dengan garam hingga pala benar-benar halus. Tambahkan kentang yang telah dikukus, lalu hancurkan hingga benar-benar lembut.
Pastel Tutup - Step 5
Pastel Tutup - Step 5
Pastel Tutup - Step 5
6
Tambahkan keju cheddar parut, lada bubuk dan susu bubuk, lalu aduk hingga semua tercampur rata. Jangan lupa untuk tes rasa. Jika dirasa sudah pas, tambahkan kocokan telur lalu aduk hingga telur menyatu dengan adonan kentang.
Pastel Tutup - Step 6
Pastel Tutup - Step 6
Pastel Tutup - Step 6
7
Ambil aluminium foil cup atau bisa pakai wadah tahan panas yg lain, lalu isi kira-kira sekitar 1/4 dari tinggi cetakan dengan adonan kentang. Selanjutnya tambahkan bahan isi sayuran hingga 3/4 dari tinggi cetakan dan Terakhir tutup dengan adonan kentang, lalu sisihkan. Ulangi pencetakan hingga adonan kentang dan tumisan sayur habis.
Pastel Tutup - Step 7
Pastel Tutup - Step 7
Pastel Tutup - Step 7
8
Kocok kuning telur lalu oleskan pada permukaan pastel tutup, tambahkan garnis atau hiasan boleh bebas. Saya menggunakan parutan keju, potongan cabe merah dan juga potongan daun seledri diatas pastel tutup.
Pastel Tutup - Step 8
Pastel Tutup - Step 8
Pastel Tutup - Step 8
9
Untuk pastel tutup yang kukus, panaskan kuku6dgn api sedang, lalu masukan pastel tutup mentah, tutup kukusan yang telah dilapisi serbet bersih. Kukus selama kurang lebih 30 menit, setelah itu angkat dan biarkan dingin.
Pastel Tutup - Step 9
Pastel Tutup - Step 9
Pastel Tutup - Step 9
10
Sedangkan untuk yang panggang, berhubung tidak punya oven dirumah, saya menggunakan panci serbaguna atau telfon yg telah diberi tatakan dan juga ada tutupnya. Panaskan panci atau teflon hingga panas dgn api sedang cenderung kecil, lalu masukan adonan pastel lalu tutup rapat panci serbaguna atau teflon. Biarkan dipanggang selama kurang lebih 45 menit atau bisa juga lebih tergantung dari teflon atau panci yang digunakan. Jika lapisan atas kentang dan keju sudah kering, matikan api dan angkat.
Pastel Tutup - Step 10
Pastel Tutup - Step 10
Pastel Tutup - Step 10
11
Sajikan pastel tutup didampingi dengan saos tomat atau saos sambal dan juga mayonaise jika suka, selamat mencoba 🙏😍.
Pastel Tutup - Step 11
Pastel Tutup - Step 11
Pastel Tutup - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kentang Mustapa

Kentang Mustapa

Cocok untuk stok teman makan nasi kuning.

5 orang
1 jam
Beningan asem

Beningan asem

Versi simpel sayur asem,,, Kenapa beningan asem? Karena isian sayur nya ga sekomplit sayur asem,, Untuk sayuran nya bisa beli terpisah atau biasanya ditukang sayur udah ada 1 bungkus yg komplit,,, kebetulan q beli yg bungkusan komplit

Sayur kacang tahu tempe Santan

Sayur kacang tahu tempe Santan

#pekan Raya posbar #pekan raya posbar protein #sayur kacang Kacang panjang merah di kasih adik hasil sawah. Alhamdulillah kacang panjangnya tidak beli. Buka puasa lebih enak pakai kuah.... Sekalian menu buat sahur. 😂😂😂😂. Tidak sempat foto2 cara masaknya. 🙏.

5 orang
1jam
Uli Ketan/Jadah

Uli Ketan/Jadah

Di Bogor, makanan ini disebut uli. Di rumah mertua, di Jateng, makanan ini disebut jadah. Di Bogor, uli biasanya disajikan setelah digoreng. Dimakan dengan cara dicocol ke kuah semur daging. Setiap lebaran menu ini biasanya selalu ada, menemani opor, semur dan menu lebaran lainnya. Di rumah mertua, jadah dimakan begitu saja, tanpa digoreng, tanpa dicocol ke kuah apapun. Nah anak-anak ternyata lebih suka makan uli seperti di rumah Mbah-nya, tanpa digoreng, tanpa dicocol. Yuk coba resepnya 😋!

4 orang
Pastel Tutup Kentang Kukus

Pastel Tutup Kentang Kukus

Meramaikan event JCCO, #busway atau budget sesuai, kali ini tantangan nya kentang, diolah menjadi pastel tutup. Dalam segi Bahan bahan dan pengolahan saya modif, biasa nya di panggang kali ini saya buat dengan cara di kukus. Dengan budget 30.000 tapi bisa makan enak loh, rincian nya Kentang 👉 5000 Ayam 👉 8000 Wortel,daun bawang,jamur kuping, soun 👉 7000 Telur 👉 2000 Margarin, keju dan bumbu 👉 7000 Total : 29.000 #Busway_kentangKenyang #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron

Coto Makasar

Coto Makasar

Penasaran sama rasa soto ini.. lsung deh cari resep ci Xander's Kitchen.. Mkasih resepnya mbk... Alhmdulillah 'caya cuka coto makasar... 😄😄😄

Lupis ketan

Lupis ketan

#PejuangGoldenBatikApron Source:@wienlestari

Sayur Asem Cemplung

Sayur Asem Cemplung

seger banget puasa-puasa buka nya dengan ini. #PejuangGoldenApron3 #Week45 #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

Bolu karamel 3 telor

Bolu karamel 3 telor

Menggunakan telor 3 loyang diameter 18cmx 7cm tingginya,

Talam Labu Kuning Lumer

Talam Labu Kuning Lumer

Masih ada sisa labu kuning kali ini saya buat talam labu lumer dengan mengcooksnap resep dari mamikitchen25 #cookpadcommunity_Bogor #dapurtunik #week_8 #pejuanggoldenbatikapron

Kue Talam Jagung Pandan

Kue Talam Jagung Pandan

Perpaduan antara jagung, pandan, dan santan yang sungguh menggoda selera. Manis, gurih, dan wangi. Enak! Sumber resep: @erni_0787 dengan sedikit modifikasi (aku bikin 2 lapis saja, bukan 3 lapis warna, biar cepet 😁). Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

Gudeg Komplit dan Simple (Menu Lebaran 1442H) khas jogja

Gudeg Komplit dan Simple (Menu Lebaran 1442H) khas jogja

Assalamu'alaikum @cookpad @clover Selamat hari Raya Idul Fitri , Mohon Maaf Lahir dan Batin...🙏🙏 Dalam rangka menyambut datangnya hari kemenangan *Idul Fitri 1442 H*, kali ini Bu @⁨Yeni Mulyani Clover⁩ ingin memeriahkan momen spesial Lebaran dengan Clovers semua 😍😍 Untuk tema Semarak minggu ini beliau menantang kita untuk membuat aneka kreasi makanan spesial *Menu Lebaran* 🍽🍽 Untuk keluarga ibu @Yeni Mulyani Kami sekeluarga mengucapkan : *Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H* *Mohon maaf lahir dan batin* Semoga keluarga ini @Yeni Mulyani,tetap diberi kesehatan dan keselatan. Untuk lebaran hari 1 , keluarga kami biasanya menunya Gudeg. Ini sebenernya tradisi dari keluarga suami, dan skrg saya jadi ikut - ikutan juga. 🥰🥰 Semoga berkenan dengan Hidangan Lebaran Kami ...🙏🙏 Source gudeg : stefani dorotea #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #KopiJos #SelaluIstimewa #LihaiRecook12_Yogyakarta

6 orang
3-4 jam
Kue lapis tepung beras

Kue lapis tepung beras

Setelah sekian lama off dari dunia permasakan karena lagi isolasi mandiri Akhirnyaa bebikinan lagi.. dapet orderan snack dus yg salah satu isinya ada kue lapis Hehehe.. beberapa kali lihat di youtube, bahan dan pembuatannya simple bgt tapii harus sabar yaa karenaa cukup lamaa tuang per layer nya Ini resep paling enak, dan langsung pada repeat order lapis berasnyaa Resep dari youtube : Beqs Kitchen

Tumis Kacang Panjang Tempe & Telur Puyuh

Tumis Kacang Panjang Tempe & Telur Puyuh

wuuuiiih...tumisan ini sarat dengan Protein, sesuai dengan tema #PekanPosbarProtein ...semoga bermanfaat😊

5 orang
30 menit
Soto Bandung

Soto Bandung

Cari2 menu yg simpel dan cepet bikinnya, nemulah resep soto bandung punya mbak juni.. seger buat buka puasa, diangetin buat makan sahur juga masih ok..selamat mencoba Link resep asli; https://cookpad.com/id/resep/13382003-431-soto-bandung?invite_token=uqK3C2p9h7zhPJS8etLJUXaK&shared_at=1618377040 #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbarProtein

Bika Ambon Chocolatos Instan

Bika Ambon Chocolatos Instan

Lagi pada ngidam pingin bika ambon yang pingin cepat olahannya, ini bika rasanya manis dan gurih rempahnya terasa banget, versi chocolatos gimana rasanya ya 😅 Ech ternyata endhuuuul tenan rasanya yakin da pasti ketagihan, ini bahan sbnrnya sama seperti bika ambon yang pernah aku buat sebelumnya ( cek resep BIKA AMBON aku 😄 ) Yuk langsung aj eksekusi bahannya 👇 Absen Golden Challenge minggu ke 10 ( 04.04.22 ) #Bikaambonchocolatos #pejuangdapur #sayangkeluarga #cookpadcommunity_malang #cookpadindonesia #TiketGoldenBatikApron

Lodeh tempe kacang panjang

Lodeh tempe kacang panjang

Karena menunya semua gorengan,kesannya kering sahara🤣 tambahin sikit yg bersantan biar agak2 sejuk makannya🐒

4 orang
Tumis kacang panjang dadakan

Tumis kacang panjang dadakan

Di kulkas masih ada stok 2 ikat kancang panjang, dari pada keburu busuk jadi di tumis dadakan, kebetulan masih ada sedikit wortel dan tahu goreng, cocok lah untuk pemanis, oke deh....