Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Roomo Khas Gresik yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 6, 2018

Bubur Roomo Khas Gresik

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Roomo Khas Gresik yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Roomo Khas Gresik yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Roomo Khas Gresik, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Roomo Khas Gresik sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur Roomo Khas Gresik biasanya untuk 3 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Roomo Khas Gresik diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Roomo Khas Gresik sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Roomo Khas Gresik memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini saya temukan di internet, tetapi saya melakukan sedikit modifikasi pada resepnya. Resep bubur roomo tidak banyak ditemukan di internet. Saya membuat bubur roomo karena tugas kuliah saya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Roomo Khas Gresik:

  1. Bahan Utama:
  2. 100 gr Tepung beras
  3. 150 ml Santan
  4. 100 ml Air
  5. Bahan Bumbu Halus:
  6. 75 gr Udang (kupas kulitnya)
  7. 2 siung Bawang merah
  8. 2 siung Bawang putih
  9. 6 buah Cabai merah
  10. 1 buah Cabai rawit
  11. 2 butir Kemiri
  12. 1 cm Kunyit
  13. 2 cm Lengkuas
  14. Bahan Membuat Sayur:
  15. 25 gr Daun singkong
  16. 5 gr garam
  17. 300 ml air untuk merebus
  18. Bahan Membuat Tempe:
  19. Tempe 1 kotak ukuran sedang
  20. 100 gr Tepung terigu
  21. 1 buah Daun bawang
  22. 5 gr Garam
  23. 2 siung Bawang putih dihaluskan
  24. 200 ml Air
  25. Bahan Koya Kelapa:
  26. 15 gr Kelapa parut
  27. 2,5 gr Garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Roomo Khas Gresik

1
Sayur: pisahkan daun singkong dari batangnya, kemudian cuci dan bersihkan daun singkong. Setelah itu, rebus air sampai mendidih, masukkan daun singkong ke dalamnya. Rebus kurang lebih 15 menit sampai daun singkong menjadi lunak. Setelah agak dingin, peras daun singkong agar kandungan airnya berkurang.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 1
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 1
2
Tempe goreng: Potong tempe menjadi beberapa bagian, campurkan tepung terigu, air, daun bawang, bawang putih yang sudah dihaluskan serta garam menjadi satu, kemudian aduk secara merata. Setelah itu masukkan tempe ke dalamnya. Kemudian goreng tempe ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Jika sudah matang, angkat kemudian sisihkan terlebih dahulu.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 2
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 2
3
Koya kelapa parut: sangrai parutan kelapa sampai berwarna kecoklatan, jangan lupa tambahkan garam agar ada rasa sedikit gurih.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 3
4
Bubur roomo: Haluskan semua bumbu halus, kemudian tumis di dalam pan. Tambahkan sedikit air, kemudian campur santan dan tepung beras, aduk rata, kemudian masukkan ke dalam bumbu halus tadi. Aduk sampai matang. Jika sudah matang, sajikan bubur bersama pelengkap.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 4
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 4
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 4
5
Pelengkap bubur roomo berupa nasi/lontong dan aneka kerupuk seperti kerupuk bawang/kerupuk ikan.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 5
6
Tips: Gunakan tepung protein rendah untuk membuat adonan tempe. Tumis bumbu sampai benar-benar harum. Ayak/saring terlebih dahulu tepung beras sebelum dimasak, agar tidak ada adonan yang masih kasar. Masukkan tepung beras bersama santan. Gunakan api kecil agar santan tidak pecah. Aduk secara merata. Pengganti sayur: Daun bakau/Daun Semanggi/Daun Pepaya/Daun Kenikir.
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 6
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 6
Bubur Roomo Khas Gresik - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ayam no ribet

Bubur ayam no ribet

Pengen makan bubur ayam yg ga pake ribet, kebetulan masih punya stok ayam ungkep di kulkas jd di kreasikan aja bikin bubur ayam buat sendiri dg topping yg melimpah jd puas makannya 😊😊.... pas untuk sarapan pagi setelah hujan semalam pagi ny efekny mo mkn yg hangatΒ² berkuah tp ga berat, Saya bikin bubur ayam menyesuaikan stok aja moms tp ga mengurangi rasa enakny koq, mohon maaf fotonya ala kadarnya πŸ™πŸ™ krn sudah keburu di serbu jd ga sempat foto cantik, yukk moms di buat bubur ayamnya.....πŸ˜‹πŸ˜‹

MPASI - Bubur bayi day 1

MPASI - Bubur bayi day 1

4 porsi (kecil)
40-60menit
Bubur Udang (Bisa untuk Mpasi)

Bubur Udang (Bisa untuk Mpasi)

Lagi gak enak badan mau makan apapun males. Akhirnya inisiatif bikin bubur, biar gurih dan berselera ditambah udang. #PejuangGoldenBatikApron

Bubur bayi tuna kelor keju

Bubur bayi tuna kelor keju

Karena penjual bubur yang langganan tutup berhari2, jadilah emaknya masak bubur sendiri pakai daun kelor yang katanya termasuk golongan superfood

2 kali makan
25 menit
Bubur Ayam Kuah Manis

Bubur Ayam Kuah Manis

Sumber : @ucimandasari Bulan ini arisan cooksnap Cocompal adalah resep2 miliknya mba @ucimandasari. Buka2 resep yg ada tertarik dg resep Bubur ayam nya, yg pake kuah warna kecap, seperti Bubur ayam terkenal di Palembang di jl. Merdeka, yg suka di beli sama suami dan anak2. Berharap semoga resep ini pas dg lidah suami dan anak2, biar mengurangi jajan. Alhamdulillah suami dan anak2 suka, dan ga perlu jajan lagi, krn masakan sendiri udh pasti bersih. Trims @ucimandasari atas resepnya. Oh ya disini saya modif dg menambah kecap asin dan kecap manis lbh banyak dibandingkan resep asli. Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15496832-bubur-ayam-legit-manis?invite_token=dQCLYoadsfXsHy5K2MsGa7pk&shared_at=1633959887 #ArisanCooksnapWongkito_Ucimandasari #CookpadCommunity_Palembang

4 orang
Bubur Ayam Legit Manis

Bubur Ayam Legit Manis

Buburnya gurih banget..enak banget πŸ˜‹ #ArisanCooksnap_WongKito #CookpadCommunity_Palembang

159. #MPASI Bubur Ayam Mentega

159. #MPASI Bubur Ayam Mentega

Ini resep makanan anak aku kemarin. Prohenya pake daging ayam fillet. Aku yg ngolah sampe bosen cuma digitu gituin aja ayamnya πŸ˜… Yaudah cobain bikin resep ayam mentega. Alhamdulillah resep ini #ApprovedbyBocil ❀ Aku pake double fat, butter dan mentega. Boleh salah satu atau dua duanya yah. Kalo pakai mentega, bisa dipertimbangkan tidak pakai garam. Karna sudah gurih. Aku pakai nasi putih yg dimasak campur Kongbap.

3 porsi
Bubur Ayam Simple πŸ’•

Bubur Ayam Simple πŸ’•

Dalam episode masak males-malesan, ditambah lagi nggak enak makan, akhirnya memutuskan masak ala kadarnya 😁

2 orang
Bubur Ayam Kuah Kuning Santan

Bubur Ayam Kuah Kuning Santan

Anak2 saya sukaaa banget bubur ayam. Nah bubur ayam ini biasanya pagi2 buat sarapan, dan makanan ini biasanya juga disantap ketika badan agak terasa ga enak ya. Favorit anak2 bubur pakai kuah santan dan suwiran ayam saja, tanpa pelengkap yg lainnya lagi, oh ya tentunya dg segambreng kerupuk. Menu ini tergolong menu sehat krn bagus untuk pencernaan apalagi ketika sedang bermasalah. Apalagi kalau kita buat sendiri di rumah, lebih terjamin kebersihannya tentu saja lebih sehat jadinya. Saya dulu mengira bikinnya ribet, ternyata cepet kok. Yukk simak cara bikin bubur ayam mudah dan lezat ala saya. πŸ˜‰πŸ˜‰ #cpbali_menusehat #cookpadcommunity_bali #dapurjawara #jawara_buburayam

4 orang
45 menit
Bubur Asyura

Bubur Asyura

Bubur Asyura 41 bahan πŸ€ͺ😜 Sperti bubur manado tp ini pke kacang2an n bumbu2 aromatik jg bnyak bumbu lain jg πŸ˜… 41 bahan gitu lohπŸ€ͺ Aku dpt resepnya dr temen kuliah dulu wktu di ipb ..Gusti namanya...orang asli banjarmasin Sepagi2 tadi dia kirim2 foto semua org didaerah nya tiap gang sibuk hari ini bikin bubur asyura..masaknya rame2... ntar dibagi2 gratis utk warganya.,🀀😍 Seruuuu bangeed yaah tradisi2 kyk gitu πŸ₯° BANJARMASINPOST.CO.IDΒ - Memasuki 10 Muharram 1443 H, slah satu tradisi di Kalimantan Selatan setiap 10 Muharram adalah membuat bubur asyura. bubur asyura yg dibuat brgotong royong dibagikan scara gratis. Dlm tradisinya, bubur Asyura hanya dimasak pda 10 Muharram/saat pelaksanaan Puasa Asyura. Bubur Asyura dibuat untuk disantap brsama, baik oleh mereka yg berpuasa sebagai hidangan untuk berbuka maupun yang tak berpuasa. Bubur olahan mereka dicampur dgn 41 macam rempah serta sayur-sayuran, maka selain bergizi, juga rasanya brtambah lezat. Pembuatan bubur asyura ini diperingati utk mengenang sekaligus mengambil hikmah dari berbagai peristiwa bersejarah bagi kaum Muslim sejak Nabi Adam alaihi salam (AS), manusia pertama yg diciptakan Allah SWT hingga kenabian Muhammad SAW, rasul terakhir sampai akhir zaman. Itu foto penampakannya ada bendera nya...hihihi ikut 17an bubur nya yaaa...seseruan skligus persembahan utk sponsor minggu ini @badoci1888 yg lg bertambah umur...suksess terus yesss dear πŸ€—πŸ™ #CookpadCommunity_Bogor #ComboNgabibita_KreasiUmbi #BelajarBarengCookpad

Bubur Pacar Cina

Bubur Pacar Cina

Takjil untuk berbuka puasa ni mom's, bikinnya gampang koπŸ‘Œ @cookpadcommunity_solo @afnifayati_resepdapurku

Bubur Biji Salak Labu Kuning

Bubur Biji Salak Labu Kuning

Setiap pagi kalo nganter anak sekolah pasti mampir beli bubur depan sekolahan, tapi dah beberapa hari ini orangnya enggak jualan.. Dan kebetulan dikang sayur bawa labu kuning , keinget deh mau cooksnap dr mb @Lilis_DapoerTara .. Cuzz lgs eksekusi... Cooknap..mb Lilis dapoer Rara #Cooksnap_LokalTeamLilisDapoerTara #Cooksnap_PejuangAdminCoboy #Cooksnap_LokalTeamSurabaya2021 #cookpadcommunity_surabaya

Bubur sehat n lembut 🀀🌝

Bubur sehat n lembut 🀀🌝

Serba salah kalo lagi ga enak nelen,buat makan yg enak n sehat aja deh... Ada kongbab nih, iseng ah masukin sapa tau enak.... 😁😁😁

2 porsi
ga ngitung
Bubur Tim Ayam Bayem #Mpasi6bulan

Bubur Tim Ayam Bayem #Mpasi6bulan

First time masak bayem untuk cell #Mpasi, dan Habissss yeyeye! Anakku usia 6bulan 2minggu, resep yg aku share pure pemgalamanku, namun untuk takarannya aku berdasarkan buku. Karna aku workingmom sekali masak untuk 3 porsi biasanya ku masak malam, dan masuk chiller. Boleh dicoba bunda mama semua❀️ #Mpasi6bulan #BuburTim #6bulan

3 porsi
30 menit
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Dulu awal-awal main Cookpad pernah recook resep kacang ijo. Sekarang pengen coba kacang ijo versi kentalnya 🀩 Ini dikentalkannya pake tepung tapioka. Tapioka dilarutin dulu pake air ya. Larutin pake air sampai benar-benar larut dan encer, baru tuang. Waktu aku bikin ini, air pelarutnya kurang banyak, jadi ada gumpalan tapiokanya deh πŸ˜… Source: YT Reni Suharjo

MPASI 6m+ Day 1 - Bubur Ayam Tofu

MPASI 6m+ Day 1 - Bubur Ayam Tofu

Hari pertama MPASI anak lanang. Ibunya yang excited karena mau makan.

3 porsi
30 menit
Bubur Ayam Butter MPASI Day 1

Bubur Ayam Butter MPASI Day 1

Excited sekali buat bikin mpasi babyku yg nomor 2 ini. Ekspektasi udah pasti awal makan di sembur2, eh ternyata lahap.

3 porsi
20 menit
Bubur Semur Ati ayam Kuah

Bubur Semur Ati ayam Kuah

mantep rasanya bun

3 porsi