Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Maamoul yang Lezat Sekali

Dipos pada January 19, 2021

Maamoul

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Maamoul yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Maamoul yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Maamoul, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Maamoul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Maamoul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Maamoul memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Maamoul atau mamool adalah kue kering berisi kurma dan atau kacang-kacangan dari Saudi Arabia. Mirip seperti nastar. Bentuknya pun bermacam-macam. Pertama Kali Saya menemukan resep ini di buku resep Kue Kering Buah - Ibu Ambarsari. Karena penasaran saya carilah di internet. Ternyata (seperti nastar juga) resep maamoul ini sangat beraneka ragam. Namun pada intinya adalah shortbread berisi kurma. Jadi saya kembali ke resep ibu Ambarsari, dengan sedikit penyesuaian jadilah maamoul bentuk tersimpel yang ternyata lumer di mulut dan lazis 🤭😋 #PejuangGoldenBatikApron #cookoadcommunity_semarang #semangcookhokyahokye

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Maamoul:

  1. Isian
  2. 200 gr kurma (sudah dibuang bijinya)
  3. 100 gr almond (bisa jenis kacang lain misal pistachio/kenari)
  4. 100 ml air
  5. Adonan kue
  6. 200 gr margarin + mentega
  7. 2 sdm gula pasir
  8. 1 buah lemon kecil (ambil kulit kuningnya dengan diparut)
  9. 50 ml whipping cream cair (bisa diganti susu cair full cream)
  10. 1 butir telur
  11. 300 gr terigu
  12. 2 sdm tepung beras

Langkah-langkah untuk membuat Maamoul

1
Pertama buat isian. Panggang almond cincang, 5-7 menit atau hingga kecoklatan. Blender kurma dan air, tidak perlu hingga halus.
Maamoul - Step 1
Maamoul - Step 1
2
Masak kurma di wajan hingga kurma lembut dan kandungan airnya berkurang (seperti selai nanas untuk isian nastar). Tambahkan kacang panggang, aduk rata. Dinginkan. Pulung dan bentuk bola kecil-kecil.
Maamoul - Step 2
Maamoul - Step 2
Maamoul - Step 2
3
Panaskan oven dengan suhu 160°C. Buat adonan kuenya. Kocok campuran mentega + margarin dan gula hingga lembut. Tambahkan kulit lemon parut. Aduk rata.
Maamoul - Step 3
Maamoul - Step 3
4
Tambahkan whipping cream dan telur, kocok kembali hingga adonan tercampur rata. Masukkan campuran terigu dan tepung beras sambil diayak. Aduk rata. Pada tahap akhir, satukan adonan dengan tangan.
Maamoul - Step 4
Maamoul - Step 4
Maamoul - Step 4
5
Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan bahan isi, bulatkan. Bisa juga dicetak dengan cetakan nastar. Tata adonan kue di loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
Maamoul - Step 5
Maamoul - Step 5
6
Panggang selama 40 menit atau hingga matang. Jika sudah matang bagian bawah kue terlihat kecoklatan. Dinginkan kue. Kue siap dinikmati. Simpan maamoul di wadah kedap udara.
Maamoul - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Peanut Brownies Choco Ball with Dates

Peanut Brownies Choco Ball with Dates

Dapet kiriman brownies lumayan banyak nih, awalnya suami dan anak antusias bgt buat memakannya tp lama2 ko dianggurin gt. Hmm akhirnya putar otak deh gmn caranya biar mreka trtarik untuk memakannya lg..

2 porsi
45 menit
Smoothie Pisang Kurma

Smoothie Pisang Kurma

Akhir-akhir ini menu ini yg jadi andalan buat sarapan, karena tidak sempat sarapan di rumah.

1 Porsi
Pancake Kurma

Pancake Kurma

Kabita melihat postingan di facebook saat jam ngudap sore... Akhirnya ubek dapur dan menciptakan pancake ini.... (tadinya pengen martabak tanpa telur) NB: Si pancake tidak langsung dimakan karena ternyata suami bawa oleh-oleh... Didiamkan semalaman tanpa di masukkan ke dalam kulkas ternyata tetap OK. Dihangatkan dalam microwave 30 detik aja, melelehkan si gula dan kurmanya... Snack yg jadi sarapan pagi temannya kopi 😘😘😘

15 menit
Milkshake Kurma✨

Milkshake Kurma✨

share resep untuk buka puasa ayah dan nenek di rumah, mudah cepat dan nggak ribet☺️

2 gelas
5-7 menit
Kurcok (Kurma Coklat)

Kurcok (Kurma Coklat)

Ini kurcok request ibu dan bapak buat cemilan lebaran. First time buat dan berhasil

Choco Nastar isi kurma

Choco Nastar isi kurma

Pengin buat nastar tapi tidak punya selainya...diisi yang ada saja dech....jadinya diisi kurma...

Puding Roti Kurma Keju Kukus

Puding Roti Kurma Keju Kukus

Biasanya buat versi paggang, tapi karena lagi nggak ada oven jadi bikin pake kukusan aja ya.. Plus karena bikinnya cuma buat dua orang sekali makan juga..

2 porsi
Mpasi Kacang Hijau Roti Plum Kurma 7 bulan +

Mpasi Kacang Hijau Roti Plum Kurma 7 bulan +

Tepung kacang hijau, roti, plum, air, kurma

1 porsi
15 menit
French Toast Kurma MPASI 15m+

French Toast Kurma MPASI 15m+

Kebetulan punya kurma dapet dari oleh2 temen umrah, jd kepikiran pengen bikin french toast topping kurma. Sebenernya nggak harus kurma sih, bisa diganti pisang, palm sugar, ataupun selai kesukaan si kecil.

Bola coklat selai kacang plus kurma

Bola coklat selai kacang plus kurma

Bola coklat renyah ini rasanya komplit . Ada rasa manis, asin, gurih dan makin spesial ditambah legitnya buah kurma.

5 porsi
15 menit
Cake Pisang Kurma wangi n legit

Cake Pisang Kurma wangi n legit

Ngabisin stok pisang kepok yg udah mateng banget, pisangnya ukuran jumbooo, udah dibikin muffin sampe 2x karena bocil doyan jadi cpt abis, cakenya lembut n legit banget...resep ci tintin rayner

Jus Semangka Kurma

Jus Semangka Kurma

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpad_id #cookpadcommunity_sukabumi Source IG dok zaidulakbar Buat ini udah lama ketika bulan ramadhan. Jusnya enak, seger plus sehat. Semangka dan bijinya kaya akan manfaat (vitamin), bisa disearching sendiri ya 😊. Kalau kurma gak perlu disangsikan lagi manfaatnya😍

1 porsi
Selai Kurma isian Nastar

Selai Kurma isian Nastar

Yang ini belum sempet dibulet2in 😁😁

Bolu Kukus Pisang Kurma

Bolu Kukus Pisang Kurma

Tetap memanfaatkan bahan yang tersedia di lemari pendingin. Murah, meriah, tanpa telur dan pengaduk mesin alias tanpa mixer. Siap dalam waktu 45 menit.

15 potong
Coklat kurma

Coklat kurma

Agak berantakan & gag bisa rapi nyelupinnya 😜

Fudgy Brownie with Kurma Choco

Fudgy Brownie with Kurma Choco

Kebetulan aku kurang suka kalo kurma diolah macem2.. Kurma menurutku ya enak dimakan sebagai kurma aja, bukan olahan. Jadi diresep kali ini, kurma nya dijadiin topping. Oh ya, kue ini juga jadi salah satu isian untuk parcel dan hampers. Sebelum nya juga ada bola bola susu. Karena bikin nya ga terlalu sulit ya. Cucok nih cookpad, resep mingguan nya bisa pas gitu hehe.. #siapramadan #sayanganak #brownies #kurma

Jus Kurma coklat

Jus Kurma coklat

Biasanya kalo tiap suami lagi nonton tv, saya sodorin jus buah. Dia no comment. Tapi tadi gitu disodorin dan langsung di teguk, matanya langsung melotot dan langsung neguk lagi. Ternyata dia doyan 😄😄

Kurma coklat kacang

Kurma coklat kacang

ingat lebaran tahun kemarin kerumah teman makan ini, ehh jadi pengen bikin sendiri