Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bika Ambon Chocolate yang Enak

Dipos pada November 4, 2019

Bika Ambon Chocolate

Sore-sore begini enaknya membuat Bika Ambon Chocolate yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bika Ambon Chocolate yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bika Ambon Chocolate, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bika Ambon Chocolate di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bika Ambon Chocolate sekitar 38 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Bika Ambon Chocolate diperkirakan sekitar 120 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bika Ambon Chocolate sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bika Ambon Chocolate memakai 28 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah Assalaamualaikum... Pengen buat bika ambon tapi anak-anak kurang suka sama bika ambon rasa ori maupun pandan. Mereka sukanya coklat. Akhirnya buat juga bika ambon coklat. Daan... ternyata anak-anak suka, katanya enaak. 💞🌷 Awalnya saya lihat resepnya mba @erikhoiriyah Source : https://cookpad.com/id/resep/14307132?invite_token=D3VCJ2 Tapi saya modifikasi di bagian bahan karena memang awal ingin buat rasa coklat. Alhamdulillaah, jadi juga dan hasilnya lembut bersarang kuenya. Yuuk , kita memasak... #bikaambon #bikaamboncoklat #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_Indonesia #cookpadcommunity_Bekasi #cookpadcommunity_Cikarang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bika Ambon Chocolate:

  1. 🌾 Bahan A : (Larutan santan susu) 🌾
  2. 130 ml santan kara
  3. 310 ml susu UHT fullcream (saya: 189ml susu bearbrand+121ml air)
  4. ~~~~~~~~~~
  5. 🌾 Bahan B : (Bahan Biang) 🌾
  6. 2 sdt ragi instan (saya: fermipan)
  7. 2 sdt gula pasir
  8. 100 ml air hangat
  9. ~~~~~~~~~
  10. 🌾 Bahan C : (Lelehkan dengan ditim🌾
  11. 2 sdm margarine
  12. 100 gr DCC (Dark Cooking Chocolate)
  13. ~~~~~~~~~~
  14. 🌾 Bahan D : 🌾
  15. 100 gr tepung terigu protein sedang
  16. 200 gr tepung tapioka
  17. 1 sdt kopi bubuk hitam (saya : kopi kapal api)
  18. 2 sdt coklat bubuk (saya : van houten)
  19. 100 gr gula pasir
  20. 100 gr gula aren semut
  21. 1/4 sdt garam
  22. 4 butir telur
  23. ~~~~~~~~~~
  24. 🌾 Bahan E : 🌾
  25. Secukupnya margarine untuk olesan
  26. Secukupnya gula halus untuk topping
  27. Secukupnya strawberry untuk garnish
  28. ~~~~~~~~~~

Langkah-langkah untuk membuat Bika Ambon Chocolate

1
▶️Buat bahan C. Lelehkan dengan ditim. Aduk rata. Sisihkan.
Bika Ambon Chocolate - Step 1
Bika Ambon Chocolate - Step 1
2
▶️Masak bahan A di atas api sedang hingga mendidih sambil diaduk perlahan agar susu/santan tidak pecah. ▶️Setelah mendidih, matikan api. Diamkan hingga hangat kuku.
Bika Ambon Chocolate - Step 2
Bika Ambon Chocolate - Step 2
3
▶️Campur bahan B. Aduk rata. Diamkan dan tutup selama 15-20 menit hingga adonan biang berbuih. ▶️Bila adonan biang tidak berbuih, berarti raginya mati atau tidak layak pakai. Harus dibuang. Ganti dengan adonan biang baru dengan ragi yang baru (cek kadaluwarsa dan kemasan ya).
Bika Ambon Chocolate - Step 3
Bika Ambon Chocolate - Step 3
Bika Ambon Chocolate - Step 3
4
▶️Siapkan tepung terigu, tapung tapioka, gula pasir, gula aren semut, garam, coklat bubuk dan kopi bubuk hitam.
Bika Ambon Chocolate - Step 4
Bika Ambon Chocolate - Step 4
Bika Ambon Chocolate - Step 4
5
▶️Dalam wadah baru, masukkan dan aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, gula aren semut, garam, coklat bubuk dan kopi bubuk hitam.
Bika Ambon Chocolate - Step 5
Bika Ambon Chocolate - Step 5
6
▶️Masukkan bahan B (biang) ke adonan tepung, aduk pakai handwisk.
Bika Ambon Chocolate - Step 6
7
▶️Masukkan bahan A bertahap. Aduk rata, hingga adonan licin.
Bika Ambon Chocolate - Step 7
Bika Ambon Chocolate - Step 7
Bika Ambon Chocolate - Step 7
8
▶️Kocok lepas telur. Lalu masukkan telur ke adonan secara bertahap sambil diaduk rata dengan handwisk.
Bika Ambon Chocolate - Step 8
Bika Ambon Chocolate - Step 8
9
▶️Masukkan bahan C (margarine+DCC) yang sudah dilelehkan. Aduk dengan handwisk hingga semua adonan tercampur rata.
Bika Ambon Chocolate - Step 9
Bika Ambon Chocolate - Step 9
10
▶️Diamkan dan tutup adonan bika ambon kurang lebih 1 jam, hingga adonan berbuih.
Bika Ambon Chocolate - Step 10
11
▶️Panaskan cetakan di atas api sedang. Oles margarine. ▶️Aduk adonan bika ambon sesaat sebelum dituangkan ke dalam cetakan. ▶️Tuang adonan bika ambon menggunakan sendok sayur. Tuang sebanyak 3/4 dari cetakan, karena nanti adonan akan mengembang.
Bika Ambon Chocolate - Step 11
Bika Ambon Chocolate - Step 11
12
▶️Masak hingga tampak rongga udara di semua permukaan kue. Setelah itu tutup cetakan, agar bagian dalam kue matang sempurna. ▶️Buka tutup cetakan. Balik posisi kue, agar permukaan kue juga matang merata.
Bika Ambon Chocolate - Step 12
Bika Ambon Chocolate - Step 12
13
▶️Pindahkan kue yang sudah matang ke atas cooling rack, hingga kue dingin. Lakukan langkah tersebut di atas hingga adonan habis. ▶️Setelah kue dingin, pindahkan ke wadah saji. ▶️Bika Ambon Coklat siap dihidangkan. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat...
Bika Ambon Chocolate - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakpia Basah Isi Kacang Hijau

Bakpia Basah Isi Kacang Hijau

Cari-cari resep cemilan yang gampang dan bahannya ada di stock dapur. Alhamdulillah Nemu resep bakpia basah bunda JE deBloom @deBloom_5445755. Mulai bikin dengan sedikit penyesuaian. Boleh dicoba ini Bund...gampang bikinnya dan kulitnya tetap lembut meskipun sudah dingin. Rasanya ga kalah dengan bakpia aneka merk dari Jogja hehe....Oia ukuran dan bentuk bisa dibuat sesuai selera. Tebal tipis kulit dan banyaknya isian juga bisa diutak-utik. Saya suka kulit tipis dengan isian yang banyak Boleh juga divariasi dengan ayam cincang misalnya. Minggu ke-2 #PejuangGoldenBatikApron

20 biji
2 jam
Onde Onde

Onde Onde

Source : ig mbak @ichairawan Recook : me

Talam kelapa labu kuning/waluh kuning

Talam kelapa labu kuning/waluh kuning

Bismillah.kerna masih ada bahan labu,aku mencoba bikin kue talam kelapa lapis labu/waluh tanpa telur, Alhamdulillah orang rumah pada suka,aku pakai loyang ukuran kecil . dan adonan flanya aku sedikit dan kalau mau adonan fla putihnya tinggi tambahin takaran adonannya ya.. #barampaan_nagasari #CookpadCommunity_ Balikpapan

MISRO RENYAH & LEGIT

MISRO RENYAH & LEGIT

ماشاءالله Iseng bikin ini ternyata anakku doyan banget, ga cukup makan sebiji ❤️ Semua karna pengaruh nama Allah Al Hasib (Yang Maha Mencukupkan)

3 porsi
30 menit
Nagasari Labu Kuning

Nagasari Labu Kuning

Biasanya nagasari salah satu bahan dasarnya pisang, nah ini nagasari labu kuning. Pertama kali bikin juga, masih meraba raba teksturnya seperti apa, dan ternyata padat yaa.. beda dengan nagasari pisang yang lebih lembut, bisa banget sebenarnya pakai loyang besar lalu disajikan dalam potongan kecil Ini saya bikin ga pakai daun pisang, dan ga pakai cetakan. Meskipun awalnya ingin di cetak kecil kecil, berhubung lagi mager, bikin yang praktis aja.. Resep adaptasi dari idn times, dengan penyesuaian berat bahan. Pengen tau juga rasa nagasari labu kuning? Yuk coba bikin 💛 #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Pontianak #Barampaan_Nagasari #NagasariLabuKuning #PekanPosbar #OlahanAnekaBuah

Risoles Klasik

Risoles Klasik

#RamadanCamp_Misi4 #cloverdandelion17 #IdeMasak Risoles dulunya disebut roinsolles, mulai dikenal pada abad ke-13. Pada waktu itu, makanan ini hanya sekadar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak sapi/lemak babi. Pada perkembangan berikutnya, makanan ini barulah diisi dengan daging cincang. Dalam istilah kuliner Prancis, verba rissoler berarti menjadikan coklat. Sebuah rissole selalu dibungkus oleh pastri gelembung atau sejenisnya, biasanya digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang di oven. Rasa rissole dapat asin atau manis. Rasa manis didapat dengan menaburinya dengan gula halus dan melengkapinya dengan saus buah Hidangan ini juga dapat dipanggang di dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau entrée ringan. Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi. Dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia adalah risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi "Ragout". Bentuk kue ini persegi panjang seperti amplop. Risoles berbentuk segitiga umumnya berisi Ragout. Risoles dapat dimakan dengan saus kacang encer, sambal botol, atau cabai rawit.

15 orang
1 jam
Umm Ali

Umm Ali

Bismillah Sekilas mirip puding roti, tapi ternyata beda. Dessert khas Timur Tengah ini tidak pakai mentega dan telur, jadi menurut saya ini enak yang tidak bikin eneg, malah enak banget. Sebenarnya kalau mau mirip sekali dengan aslinya atau malah bikin sesuai aslinya, pakai kacang-kacangan seperti pistachio, almond, dan pakai kismis untuk campuran juga topping. Satu lagi yang wajib pakai adalah bubuk kayu manis (atau bisa juga kayu manis batangan), aroma khasnya makin menambah selera saat menyantapnya. Yuk cooksnap supaya gak penasaran 😉 Sumber resep : YaayaaKitchen #CookpadCommunity_Jakarta #resepwindri2021

40 menit
Serabi teflon ala Notosuman

Serabi teflon ala Notosuman

Lagi kangen sama serabi yg satu ini. Bkin deh buat cemilan anak, sekalian teman minum teh sore. Sekali bkin lgs habis tak bersisah😄

Putri ayu jualan

Putri ayu jualan

Buat Putri ayu .. aslinya putu ayu karena ini no kelapa hihi jadi ya udah Putri ayu ajah 😁 ini salah satu menu pesenan Snack buat anak SD . Di bawah untuk 1 resepnya yah , karena aku buat banyak jadi tinggal di kalikan saja . 1 resep ini menghasilkan kurleb 50 buah . Resepnya punya @nhncook2024 .

50 pcs
Lumpur kentang menul lumer

Lumpur kentang menul lumer

Jajanan favorit 😍😍 Dari apapun bahan utamanya, tetep endull.. Dulu bikin dari ubi ungu 👍 Sekarang bikin yang original kentang 😍😍

16 biji
Getuk Pisang

Getuk Pisang

Minggu, 10 Okt 2021 Bismillah Ikutan #AR_Pisang , kl ini nyontek resepnya @hansie1376 Banyak sekali olahan pisang diIndonesia, ini salah satu olahan pisang yg sehat, no minyak, ga digoreng.. hanya dikukus, tidak spt kl buat getuk singkong repot, harus diparut, kl ini cukup diulek halus aja, lbh simpelkan? Yukk dicoba moms 🤗 # esepwongkito #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_id #berbagiinspirasi #masakitusaya #cookpadindonesia #Temansetiapmomen #stayathome #dirumahaja #kedapuraja

743. Klepon Ubi Ungu

743. Klepon Ubi Ungu

Memanfaatkan stok ubi ungu untuk campuran camilan.. Kalau sudah musim ujan begini, bawaannya pengen nggiling muluk. Ups, itu saya,hihihi. Terinspirasi dari bunda Almira @BundaAlmira_22256726, jadilah klepon ubi ungu. Tidak ada modif, hanya saja gula jawanya saya ganti gula aren sesuai adanya stok. Ungu cantik, kenyal, lumer di mulut saat digigit meski tidak terlalu manis, dan taburan kelapanya menyempurnakan cita rasanya yang makin gurih. Mantul 👍😋 Source: @BundaAlmira_22256726 #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #OlahanCamilanKayana #KulinerNusantaraKayana

Kue Lumpur Ubi

Kue Lumpur Ubi

Bismillaah Masih punya sisa ubi sedikit, akhirnya dibuat kue lumpur. Sebelumnya pernah buat dengan resep ini juga. Tapi waktu itu ga sempet share. Jadi ini ceritanya ketagihan karena rasanya enak, pas manis & lembutnya. Cocok deh buat temen ngeteh. #kopijos #cookpadcommunity_yogyakarta #selaluistimewa #idemasakku Sumber : @erafani_2000

Gethuk Gulung Keju

Gethuk Gulung Keju

Salah satu makanan tradisonal yang tak lekang oleh waktu. Sekarang gethuk disajikan dengan berbagai bentuk dan topping. Kebetulan ada singkong frozen, bisa membuat gethuk sekaligus untuk meramaikam posbar Semarak grup Clover. Saya cooksnap resep mbak @merrabawati, dengan menambahkan keju sebagai isian dan topping. Terima kasih mbak @merrabawati , semoga sehat selalu🙏🏼. #MEGCheeseXClover #MEGCheeseYangTersayang #SemarakSpesialMEGCheese #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #PejuangGoldenBatikApron

Klepon pandan cake

Klepon pandan cake

Klepon merupakan salah satu jenis jajanan tradisional yang masih digemari hingga sekarang. Bentuknya seperti bola-bola kecil berwarna hijau dengan isian gula merah atau gula Jawa, dan disajikan dengan parutan kelapa. Memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis, nah, Kali ini saya mau membuat cake yg terinspirasi dari klepon. Cake sari pandan asli dengan topping unti gula Jawa. Yummy bangettt 😍 sajian ini bisa menambah referensi teman teman semua saat mengadakan acara atau untuk sajian dirumah. Yuk dicoba resepnya. #Cookpadcommunity_Palembang #Resepwongkito #klepon #kleponcake #bolupandan #pastapandanasli

loyang 18*18*8 porsi
Sate Cenil

Sate Cenil

Jajanan khas tahun 90-an yang teksturnya lembut dengan rasa manis dan gurih dengan balutan kelapa parut dan saos gula merah. Duh, siapa yang gak tergoda? Coba recook sendiri yuk Deli Moms

15 tusuk
45 menit
Bingka Ubi Kayu / Singkong

Bingka Ubi Kayu / Singkong

Resep: @Nisaulfa Posbar minggu ini adalah olahan tanaman palawija. Contoh tanaman palawija adalah; singkong, jagung, ubi jalar, kacang hijau, sukun, talas dan kentang. Kebetulan saya punya singkong, dan sudah lama penasaran dgn bingka singkong. Bingka merupakan makanan tradisional khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Banyak sekali varian bingka yg salah satunya adalah singkong. Disini yg saya buat dan yg saya tulis adalah setengah resep. Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/15343093-bingka-singkong?invite_token=6o8wGqfAooPjDa8JfzyHwYxF&shared_at=1634160727 #Jabodetabek_OlahanPalawija #Cookpadcommunity_Tangerang

Risoles Isi Sayur

Risoles Isi Sayur

Salah satu makanan kesukaan saya dan suami, walaupun bikinnya sedikit ribet,,,, Yoks bund dicobaiin #rajinmasak #pejuangdapur

5 orang
2 jam
Onde untuk Festival Dongzhi

Onde untuk Festival Dongzhi

Setiap setaun sekali kami merayakan hari onde..

5 orang
1 jam 30 menit