Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Kampung Opor Pedas yang Enak Banget

Dipos pada December 30, 2021

Ayam Kampung Opor Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Kampung Opor Pedas yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Ayam Kampung Opor Pedas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Ayam Kampung Opor Pedas, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Kampung Opor Pedas sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Ayam Kampung Opor Pedas sekitar 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ayam Kampung Opor Pedas diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Kampung Opor Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Kampung Opor Pedas memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Kampung Opor Pedas:

  1. 2 ekor ayam kampung
  2. 3 lembar daun salam
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 1/2 jari lengkuas dimemarkan
  5. 2 Batang Serai memarkan
  6. 1 Biji Gula Merah
  7. 2 liter Santan
  8. Bahan yang dihaluskan
  9. 2 jari kunyit
  10. 1 jari Jahe
  11. 1/6 kg bawang merah
  12. 1/6 kg bawang putih
  13. 1/4 kg Cabai Merah + Cabai orange
  14. 3 sdm Ketumbar
  15. 3 Biji Kemiri
  16. 1 sdm biji lada putih

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Kampung Opor Pedas

1
Potong ayam menjadi beberapa bagian lalu bersihkan sebanyak 2x agar bersih dari darah ayam. Lalu taburkan garam dan jeruk nipis, diamkan selama 15-20 menit.
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 1
2
Bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan kemudian di tumis dengan minyak goreng dengan api yang kecil.
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 2
3
Masukkan daun salam, batang serai, dan lengkuas serta gula merah. Aduk-aduk secara merata. Kemudian masukkan 1800 ml air bersih dan masukkan ayam kampungnya diamkan hingga air pertama menyusut untuk melembutkan daging ayam kampungnya.
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 3
4
Bila air pertama sudah menyusut, masukkan 2 liter santan yang sudah disiapkan lalu diamkan selama 1 jam hingga daging lembut dan bumbu meresap ke ayam kampung. Bila gula, garam, dan penyedap rasa kurang berasa bisa ditambahkan kembali sesuai rasa.
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 4
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 4
5
Setelah kuah sudah menyusut dan meresap, Ayam Kampung Opor Pedas sudah bisa disajikan
Ayam Kampung Opor Pedas - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Salah satu lauk keluarga kami hari ini adalah opor ayam putih. Yuk mari makan #AyamBerkuahLaukKeluargaKami

Donat

Donat

Hari ini pengen sesuatu manis dan simpel untuk cemilan buka puasa. Jadi lah donat... #pejuangGoldenApron3

12 bh
2 jam
Opor Ayam

Opor Ayam

#GA_TheNextLevel Buat opor pas puasa ke 15, bumbu yang simpel dan praktis saja tidak repot ngulek bumbunya. Rasanya enak dan pas cocok dengan selera keluarga.

12 orang
1 jam
Opor Ayam Rumahan Simpel

Opor Ayam Rumahan Simpel

Lauk enak & gampang bikinnya.

Terik Tahu

Terik Tahu

Penampakannya seperti opor,tapi bumbu yang pakai tidak selengkap opor.Biasanya kalo di daerah Semarang buat temen makan bubur di Pagi hari Selamat Mencoba

4 orang
30 menit
Ayam Kampung Lodho (Recook)

Ayam Kampung Lodho (Recook)

19/04/2021 (295).... Alhamdulillah akhirnya hari ini bs jg recook ayam lodho mba Tyas Yodha. Ada sedikit berbeda dr cara masak sy tp in syaa Allah tetap enak dan sesuai dgn resep aslinya. Ayam lodho ini menu berbuka puasa hari ini dgn tumis nangka muda kacang panjang tempe teri dan utk menu pembuka sy bikin es jus kurma,pear,kelapa muda. Ayam kampungnya tdk sy buat utuh tp sy potong jd 12 krn ayamnya lumayan besar #PejuangGoldenApron3

Martabak telor isi jagung & wortel🌽🥕

Martabak telor isi jagung & wortel🌽🥕

Ada kulit lumpia, bikin martabak telor aja buat buka puasa🥚

Opor tahu ayam kuning

Opor tahu ayam kuning

Sarapan pagi pake opor aja..

5 porsi
1 jam
Opor Ayam bumbu Kuning

Opor Ayam bumbu Kuning

5-8 porsi
45 menit
Opor ayam presto🍲

Opor ayam presto🍲

3 orang
45 menit
248. Opor Putih Tahu Tempe Telur (3T)

248. Opor Putih Tahu Tempe Telur (3T)

Gak cuma sambal penyet yg pake menu 3T, Tahu Tempe Telur. Opor pon bisa. Sedap. #ResepRumahan

1jam
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Sajian sederhana ini bisa dimakan dengan nasi ataupun lontong. Selamat mencoba

3-4 porsi
1 jam
Opor kuning gurih

Opor kuning gurih

iduladha,hari istimewa bagi kami meskipun nggak bisa kumpul dg ortu kami.kebiasaan kelg kami sepulang sholat menanti potong sapi.sebelum beramai-ramai ngumpul di arena potong sapi, kami sarapan ketupat /lontong/nasi yg disajikan dg opor ayam beramai2 dg teman2 kantor saja,meskipun di masa pandemi spt sekarang (ini th 2021,ya) semoga cepat normal lagi .

25 orang
_+ 1jam
91. Opor Ayam Tahu Rawit

91. Opor Ayam Tahu Rawit

Bismillahirrahmanirrahiim.. Jumma Mubarak ibun² saliha semuanya.. Semoga sehat selalu dalam lindunganNya.. ❤🧡💛 Oya...Masak apa hari ini? 😘 #CookpadCommunity_Aceh #CookpadCommunity_Sumatera

4 porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Ikut memeriahkan Lebaran, Buat teman-temanku yang muslim saya sekeluarga mengucapkan selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari yang Fitri ini teman-teman semua yang merayakan di beri kebahagiaan, kesehatan dan suka cita selalu. Opor ayam menjadi salah satu hidangan yang selalu ada di setiap lebaran. Opor ayam spesial ini kiranya bisa menemanin di hari bahagia teman2 semua. Meski tidak bisa mudik ke kampung halaman kita bisa bersilaturrahmi melalui medsos dan menciptakan kebahagiaan bersama keluarga di rumah. Yuk langsung saja goyang dapur mu. Happy cooking, salam sehat untuk kita semua. #PeracikBumbuKehidupan #AkuMemasakSesuatuUntukmu #OporAyamKuning

6 porsi
1 jam 10 menit
182.Sayur Opor Telur Tahu

182.Sayur Opor Telur Tahu

Pengen dibekelin telor dikuahin ya udah mamah buatin opor telur ya pah🤗

4 porsi
1 jam
Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Karena ini adalah olahan opor ayam pertama jadi saya mengkombinasikan bumbu tradisional dengan bumbu instan. Selamat mencoba.

313. Tumis Tahu Tauge Teri

313. Tumis Tahu Tauge Teri

Pas pingin bikin menu buat buka puasa sekalian ngerjain tugas coboy dolan ke komunitas Bogor ...akhirnya ktm protein nabati (tahu) ini kesukaanku menu yg simple sesuai bahan yg ada tapi taoco sy ganti saos tiram...he he he terima kasih bu lanjarsih sdh menginspirasi menu malamku kali ini .... Source : Lanjarsih/mama fifian (Bogor) 17/4/21 #CoboyDolan #CoboyDolan_Combo #CoboyDolan_ProteinNabati #CoboyDolanNangBogor #CoboyWani #PekanPosbarPtotein #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi

Opor Telur Tahu

Opor Telur Tahu

Dari semalem ditanyain trus sama anak anak. ibun besok masak apa? Karena besok hari senin, jadwal si kakak sekolah pagi, jadwal nyuci juga jadi mau masak yg Simple dan praktis 😅. Terus lalu ku jawab; besok masak opor telur tahu ya anak anak. Yeayyy 👏👏👏 si kakak langsung seneng kegirangan. Emang se enak itu pake Bumbu Indofood Racik Opor Ayam anak anak sampai nambah lho 😜.

2 orang
30 menit