Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Pastel Isi Bihun yang Enak Banget

Dipos pada October 30, 2020

Pastel Isi Bihun

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Pastel Isi Bihun yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Pastel Isi Bihun yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Pastel Isi Bihun, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pastel Isi Bihun bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pastel Isi Bihun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pastel Isi Bihun memakai 23 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Beberapa waktu lalu aku bikin pastel isian kentang wortel...hasil cooksnap resep mbak Vita yang cantik @vitajaurina . Hari ini beda isian aja.. Sama sama enak, sekedar buat variasi biar ga bosen. Kulit pastelnya dah paling mantap krn ga mudah robek alias lentur. Apalg setelah digoreng garingnya dapat tapi tidak keras... Dalam membuat isian pastel lebih baik kebanyakan daripada kurang ya.. Jd bahan bahan bisa dikira kira sendiri juga. #CokpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pastel Isi Bihun:

  1. Bahan Kulit:
  2. 250 gr tepung terigu protein sedang
  3. 50 gr tepung maizena
  4. 1/4 sdt Garam
  5. 1/4 sdt merica (opsional)
  6. 1 Butir telur
  7. 50 gr mentega/margarin, lelehkan
  8. 100-120 ml air dingin (air es)
  9. Bahan Isian:
  10. 2 Keping Bihun (rendam air hangat hingga lunak), potong potong
  11. 150 gr kentang, potongΒ² kotak kecil, rebus
  12. 150 gr wortel, potongΒ² kotak kecil, rebus
  13. 2 Batang daun bawang, iris (seledri juga boleh)
  14. 5 butir bawang merah, cincang halus
  15. 3 Siung bawang putih, cincang halus
  16. 11/2 sdm saus tiram
  17. 1/2 Sdt Minyak Wijen (optional)
  18. 1/2 sdt merica bubuk
  19. 1/2 sdt Kaldu bubuk (totole)
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1/2 sdt gula pasir
  22. Bahan Lain:
  23. 3 butir telur rebus, potong2 kotak

Langkah-langkah untuk membuat Pastel Isi Bihun

1
Buat isian: Potong-potong kentang dan wortel kotak kotak kecil. Lalu rebus sebentar, tiriskan. Rendam bihun dgn air hangat sekitar 10 menit, tiriskan dan potong-potong (gunting). Siapkan juga bawang merah, bawang putih dan daun bawangnya.
Pastel Isi Bihun - Step 1
Pastel Isi Bihun - Step 1
Pastel Isi Bihun - Step 1
2
Panaskan secukupnya minyak didalam wajan diatas api sedang. Masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai wangi. Masukkan kentang, wortel dan bihun, aduk rata. Masukkan saus tiram, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, gula dan minyak wijen (jika pakai). Aduk rata. Cicipi dan koreksi rasa.
Pastel Isi Bihun - Step 2
Pastel Isi Bihun - Step 2
Pastel Isi Bihun - Step 2
3
Sesaat sebelum diangkat masukan daun bawang, aduk rata sebentar. Angkat dan tuangkan kedalam wadah. Masukkan telur rebus yang telah dipotong-potong. Aduk rata. Sisihkan.
Pastel Isi Bihun - Step 3
Pastel Isi Bihun - Step 3
4
Bahan Kulit: Campur rata tepung terigu, tepung maizena, garam dan merica bubuk. Masukkan telur dan mentega/margarin cair, aduk rata menggunakan garpu. Tuangkan air dingin kedalam adonan sedikit-sedikit sambil diulen menggunakan tangan sampai kalis (tepung tidak menempel pada tangan maupun wadah). Stop penggunaan air apabila adonan sudah kalis dan permukaan adonan mulus.
Pastel Isi Bihun - Step 4
Pastel Isi Bihun - Step 4
Pastel Isi Bihun - Step 4
5
Tutup adonan dengan plastik wrap atau kain serbet bersih, diamkan 30 menit. Lalu bagi adonan @25gram atau @30 gram (atau sesuai selera). Bulatkan. (sya bikin 2x resep adonan @25 graman dapat kurleb 36 biji)
Pastel Isi Bihun - Step 5
Pastel Isi Bihun - Step 5
Pastel Isi Bihun - Step 5
6
Ambil satu adonan, pipihkan bulat menggunakan rolling pin. Lalu pipihkan memanjang, adonan akan berbentuk lonjong. Note: taburkan secukupnya tepung apabila adonan agak lenget. Pipihkan hingga cukup tipis sesuai selera.
Pastel Isi Bihun - Step 6
Pastel Isi Bihun - Step 6
7
Beri isian secukupnya (kurang lebih 1 - 1 1/2 sdm), oles pinggir kulit dgn air (supaya nanti kulitnya menempel pada saat dipilin). Tutup adonan, tekan-tekan pinggirnya. Lalu pilin ujung nya.
Pastel Isi Bihun - Step 7
Pastel Isi Bihun - Step 7
Pastel Isi Bihun - Step 7
8
Bs juga tekan pinggirnya pakai garpu. Lakukan sampai adonan habis. Tata rapi pastel didalam wadah pipih (loyang atau nampan) yang sudah ditaburi sedikit tepung. Beri jarak agar tidak saling nempel.
Pastel Isi Bihun - Step 8
Pastel Isi Bihun - Step 8
Pastel Isi Bihun - Step 8
9
Panaskan minyak goreng secukupnya dgn api sedang, goreng pastel sambil permukaan pastel disiram siram minyak panas. Goreng hingga kedua sisi golden brown. Angkat dan tiriskan.
Pastel Isi Bihun - Step 9
Pastel Isi Bihun - Step 9
Pastel Isi Bihun - Step 9
10
Jika ingin disimpan untuk hari berikutnya maka goreng hingga kedua sisi setengah matang saja (permukaan kulit menjadi putih). Angkat. Tiriskan. Jika sudah suhu ruang masukan dalam wadah dan bs simpan di kulkas bagian bawah untuk 1 atau 2 hari, tetapi jika ingin tahan lebih lama simpan di freezer (bekukan).
Pastel Isi Bihun - Step 10
Pastel Isi Bihun - Step 10
11
Nanti keluarkan dr kulkas dan goreng kembali pastel untuk kedua kalinya diatas api sedang cenderung kecil. Goreng sampai berwarna kuning kecokelatan (golden brown). Angkat dan tiriskan. Sajikan dan siap disantap selagi hangat.
Pastel Isi Bihun - Step 11
Pastel Isi Bihun - Step 11
Pastel Isi Bihun - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bala-Bala Tahu #BandungCooksnap4_AmbarShaf

Bala-Bala Tahu #BandungCooksnap4_AmbarShaf

Bismillaah. Selasa, 21 September 2021 Source : @AmbarShaf https://cookpad.com/id/resep/13725143-bala-bala-tahu?invite_token=UY4AVWYLwhgjq3R8Eh25Wocw&shared_at=1632178706 #CookpadCommunity_Bandung #BandungCooksnap4_AmbarShaf

Pastel (Pangsit Ubi Gluten Free)

Pastel (Pangsit Ubi Gluten Free)

Source nanacuisine (IG) Makasih mba nana, inspirasi resepnyaπŸ˜ŠπŸ™

18 pcs
Bakwan Sayur Pedas

Bakwan Sayur Pedas

Hujan seharian, Pasti terngiang ngiang enak nya makan gorengan anget", Karena masi ada bahan, Cuss lah di bikin bakwan aja 🀀

Martabak Tahu Lumpia

Martabak Tahu Lumpia

Caranya mudah dan rasanya gurih.. enak buat teman kala hujan 😁

14 buah
20 menit
Kulit risoles anti sobek

Kulit risoles anti sobek

risolea kesukaan keluarga kecil saya, terutama anak saya yg umur 3,5th dengan isian sosis+telurπŸ₯°

Singkong Goreng

Singkong Goreng

Singkong goreng ini boleh dibilang jajanan tradisional paling gampang & paling sederhana. Tapi rasanyaaa... hmmmm... pasti nagihin pengen cemil lagi lagii & lagiii... Apalagi nyemilnya sore hari ditemani secangkir teh atau kopi. Happy cooking πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³ #JajananTradisional #ColamMatos #Matos_JajananNusantara #CookpadCommunity_Malang

Bakwan sayur renyah

Bakwan sayur renyah

Sedikit pedas bakwannya, karena si kecil mulai menyukai pedas tapi belum bisa lalap cabe, kalau gigit cabe pasti digigit sampai pangkal alhasil kepedasan.. diakalin aja cabenya ikut diulek sama bumbu.

Rondo Royal (Tape Singkong Goreng)

Rondo Royal (Tape Singkong Goreng)

Punya stok tape singkong dan dah bosen makannya gitu aja, cus coba resepnya mba @baking_ketje, nyummy enyaakkk 😊😊 Source https://cookpad.com/id/resep/14412284-rondo-royal-tape-goreng?invite_token=fCsG5mzZtk2nz7oCqLfmSuuK&shared_at=1629875941 #cookpadcommunity_tangerang #cookies_thea

Tahu Walik

Tahu Walik

30 menit
Tempe goreng tepung

Tempe goreng tepung

5 porsi
10 menit
596. Samosa isi ayam suwir

596. Samosa isi ayam suwir

17.09.21 Camilan sore ini, ada kulit pangsit nganggur....yuk berkreasi kitaahh... #cookpad_id #cookpadcommunity_sidoarjo #fananvira #faffhouse #memasakitusaya #samosa

10 biji
Risoles Ayam Sayur

Risoles Ayam Sayur

Sebetulnya mau bikin bakwan aja buat temen nyantap Lontong Sayur di Hari Raya Idul Adha kemaren itu. Tapi mengingat sudah lama tak bikin risoles jadilah cuss bikin risol ini aja,, pokoke gorengan πŸ˜… Kalo aku sih yang namanya risoles apapun isiannya tetep aja doyan. Tapi kalo paksu hanya mau makan risol yg isiannya sayuran.. Dan aku dong ingin selalu mengistimewakan lidah paksu, biar cintanya makin berasa,, ahhaaiii πŸ˜†πŸ˜† #CookpadCommunity_Sumbar #PekanPosbar #JajananTradisional

#5. Pisang Goreng Ala Lilis Penajam

#5. Pisang Goreng Ala Lilis Penajam

Assalamu'alaikum. Kali ini aku ngeshare pisang goreng yah 😁😁 silahkan di coba

2 orang
1 jam
Cireng crispy (berkulit, garing tahan lama)

Cireng crispy (berkulit, garing tahan lama)

Source : youtube devina hermawan Setelah nyoba macem2 resep cireng, akhirnya nemu yg pas sm seleraku, dari youtube chef devina.. Suka sama hasil akhirnya.. garing crispynya tahan lama tp dalemnya tetep kenyol kenyol bergoyang wkwkw.. ga alot walo lama dianggurin.. Kunci crispy yg tahan lama ada di double fryingnya. Note : - Takaran sdm nya yg biasa tidak munjung.. - Takaran lbh presisi pake sendok susu ya😘 (tdk bosan memberitahu, hehe)

30 buah
45 menit
Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Sore-sore waktunya nyantai di temani segelas teh hangat, nikmat

5 orang
30 menit
Pisang goreng mantap gurih crenyesss enakkk poll βœ¨πŸ‘πŸ‘

Pisang goreng mantap gurih crenyesss enakkk poll βœ¨πŸ‘πŸ‘

Hi bund biasa aku masak dg pisang uli/bangkahulu. 5 ribu sudah dapat 1 sisir. Sedangkan pakai pisang tanduk 5k 1 buah. Krn penasaran aku coba dengan resep bumbu yang sama. Rasanya maknyusss..bikin ketagihan dan cara masakny simple bgttt 5-10menit sudah jadi πŸ‘πŸ˜˜ Aku selalu pakai tepung sasa pisang goreng, sempat dapet rekomen kaka ku pakai tepung bumbu pisang goreng merek adabi (yg kemasan kuning) tp kalo aku pribadi kurang cocok ya. Lebih cocok pakai tepung sasa.

3 porsi
10 menit
Cireng Rujak - Anti Keras

Cireng Rujak - Anti Keras

Pertama bikin cireng ini krn lagi pengen banget cireng tapi ga mau beli krn klo beli suka keras gitu susah dikunyah apalagi klo dingin. Alhamdulillah pas bikin hasilnya enak, gurih, crispy di luar, kenyal di dalam. Ga keras juga walaupun udah dingin.

20 pieces
1 jam