Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin yang Anti Gagal

Dipos pada November 28, 2019

Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin yaitu 20 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kemarin ikut gelar tikar belajar membuat Ipau, kuliner khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatan dan bahan nya mirip risol, tp beda nya ga digoreng dan makannya pake saus santan gurih. Aduh saya ketagihan makan nya, enak banget 🤩🤤 saus nya lumer gurih enak 😋 Source : @Wien_LaZha #WongKito_SanjoKeKalsel #Rekreasi_Kalsel #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin:

  1. 100 gr ayam fillet
  2. 2 buah kentang uk besar
  3. 3 buah wortel
  4. Secukupnya daun bawang dan seledri
  5. 4 buah bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 1/2 sdt lada
  8. Sejumput pala
  9. Bahan kulit
  10. 200 gr tepung terigu
  11. 3 sdm tepung sagu
  12. 1 butir telur
  13. Sejumput garam
  14. 500 ml air
  15. Bahan saus :
  16. 2 bks Santan instan (saya pakai kara)
  17. 400 ml Air
  18. 3 sdm Maizena (larutkan dg air)
  19. 1/2 sdt Garam

Langkah-langkah untuk membuat Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin

1
Siapkan bahan. Kupas kentang dan wortel, cuci bersih. Lalu potong kecil. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan pala. Cincang kasar ayam, iris daun seledri dan daun bawang.
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 1
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 1
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 1
2
Tumis bumbu halus, setelah wangi masukkan ayam. Masak hingga ayam berubah warna.
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 2
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 2
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 2
3
Masukkan wortel dan kentang. Beri garam gula dan kaldu bubuk. Beri sedikit air lalu masak hingga matang. Sisihkan
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 3
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 3
4
Membuat kulit: campur semua bahan, aduk hingga semua tercampur rata. Saring agar tidak ada yg bergerindil
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 4
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 4
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 4
5
Panaskan teflon anti lengket. Ambil 1 centong sayur yg sedang. Tuang di teflon ratakan. Setelah adonan tidak lengket balik sebentar. Lalu angkat. Beri 1sdm isian lalu lipat seperti risol. Lakukan sampai adonan habis
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 5
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 5
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 5
6
Utk saus santan : masak semua bahan kcuali maizena, setelah mendidih masukkan maizena aduk rata lalu matikan kompor. Siap disajikan.
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 6
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 6
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 6
7
Sajikan ipau lipat dalam piring saji, siram dg saus santan, beri taburan seledri daun bawang dan bawang goreng 🤤 dah kebayang kan gurih nya 🤩
Ipau Lipat Saus Santan | Khas Banjarmasin - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Putu Ayu Cuma 1 Telur

Putu Ayu Cuma 1 Telur

Lagi - lagi bikin cake yang irit telur...yang penting rasanya hehe..silahkan di coba...

Pastel tutup kornet

Pastel tutup kornet

Pastel tutup sederhana dan mudah. Rasanya juga enak banget. Apalagi kentangnya, super creamy dan enakk bangett.

6 porsi
Apem Tape (Apem Jawa)

Apem Tape (Apem Jawa)

Kue apem ini selalu hadir di acara2 yang diadain keluarga rahimahullah mbah/nenek. Kalau mau bulan puasa atau syawal keluarga yang mengadakan acara 'megengan' untuk kirim doa bagi para leluhurnya pasti menyajikan kue apem ini. Dulu.. mbah saya kalo bikin kue apem manggangnya satu-satu karena dikampung belum ada cetakan teflon yang banyak lubangnya kayak sekarang ini.. jadinya nungguinnya lama 😁 Kemarin ada saudara yang posting kue apemnya di WAG auto ngiler deh, nah pas ngintip beranda bude Ati Agus Sapto kok nemu resep kue apem, cek stok bahan ada semua jadilah pagi2 eksekusi, bikin buat snack time sekalian ikutan GA-nya bude... bismillah semoga rejeki , aamiin 🤗 note : sy memakai snackmaker diameter lubang 7 cm, hasilnya 17 pcs #GA_BudeAti #CookpadCommunity_Tangerang

17 pcs
1 jam 30 menit
Lupis Ubi Pisang

Lupis Ubi Pisang

Lupis ini terbuat dari Pisang, ubi singkong dan ubi jalar... Lengkap ya 😅 langsung kenyang tentunya. Dulu pada tahun 2018 sempat tidak makan nasi dan yang dimakan yang benar-benar realfood (tanpa tepung, minyak goreng, garam dan gula). Awalnya memang terasa berat tapi kalau dijalin. Alhamdulillah Bonusnya pun banyak, badan sehat, berat badan turun plus positif hamil. Dan saat hamil pun masih makan realfood dan ketika dah 8 bulan hamil baru makan nasi. Karena banyak yang protes 😅😅😅... jadi curhat 😃 #Maminang_PanggantiNasi #CookpadCommunity_Sumbar

Lemper bakar isi ayam

Lemper bakar isi ayam

Pertama kali bikin lemper ini. Enak loh, isian nya banyakk.. Kalau beli lumayan mahal kan. Ini pake versi cepat, tinggal tuang pake cetakan loyang trus dibakar.

Risoles isi ragout daging cincang

Risoles isi ragout daging cincang

Sore² hujan... Ada sedikit daging cincang dan kawan², cemplangcemplung jadilah risoles kesukaan anak²... Prona dan prohe lengkap tersaji dalam kudapan ini... Tentu sehat+mengenyangkan... 🥰

15-20 bh
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Inilah cikal bakal kue pisang yang sesungguhnya 😀 Sebab jaman dulu, sebelum segala jenis kue modern berbasis pisang bermunculan, kalau kita bilang "kue pisang", ya ini. Yang dijual di pasar jaman ortu kita dulu. Yang hanya berbahan utama tepung beras, dan harus dibungkus daun pisang, agar aroma dan warna kuenya nanti agak sedikit ada nuansa hijau tipiiiis setelah dikukus kalau pakai daun pisang tua. Jaman sekarang orang bilangnya nagasari. Tapi nagasari yang dijual di toko2 kue modern, kebanyakan bercampur dengan bahan tapioka/sagu. Bikinnya super gampang, kayak bikin pudding. Tapi ini saya buat yang kedua kali kali, sebab yang pertama rada gagal (kuenya kempot wkwk). Gampang kok gagal? Ya namanya masak ya, ada langkah kurang tepat dikit, bisa gak jadi. Jadi belajar dari kesalahan pertama, kali ini saya gulung daun pisangnya lebih 'serius' dan ngukusnya gak lama, cuma 15 menit.

12 bungkus
Pastel Bantal

Pastel Bantal

Inspirasi dari mba @cook_umirama sekalian sebagai apresiasi saya karena author yang merecook resep saya ke 1700 #apresiasirecookbundaela

Dadar Gulung Cokelat Oreo (Cream Cheese filling)

Dadar Gulung Cokelat Oreo (Cream Cheese filling)

Halo Sobat Cookpad 😘 Yang suka dargul dan keju, yuk merapat sebab ini enak!😋. Ada rasa creamy dr keju, asem² segar dari selau raspberry dan juga chocolate-ish dr Oreo. Yawww, garanngg!😆👌. Belum lagi ini semua dilakukan tanpa Oven. Wahh, sesuatu dr yg sederhana bisa jadi istimewa ya😍. Aku mempersembahkan dargul dgn rasa yg garang ini sebagai hadiah Ultah tuk mba @cook_windaskitchen 😍🎉🥳. Happy Birthday ya beb, sehat² selalu dan sukses dalam segala hal🤗. Tuhan berkati segala sesuatunya ya, Amin!🙏🥰. Walaupun hanya dargul, jangan diragukan kesaktiannya ya beb. Oreo dan keju itu udah sejodoh. Keju dengan rasa manis asam dr selai buah juga sejodoh. Duh pokoknya sejodoh lah dargul ini😍😂👍. Yuk sobat Cookpad, daripada penasaran, cuzz buat Dargulnyaa. Selamat mencoba dan happy baking!😘 Source: Devina Hermawan (aku buat 1/2 resep) https://cookpad.com/id/resep/15393338-red-velvet-mille-crepe-cake?ref=you_tab_saved #GAOreoSesukaHatimu #Semarak_GAOreoSesukaHatimu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang *NOTE: - Tuk telurnya aku memakai 2 btr telur, namun jumlah cairannya aku tambahkan. Total telur dan cairannya menjadi 425 gr. - Sisa bahannya cukup aku bagi dua saja.

24 dadar
Bika Ambon mini

Bika Ambon mini

Cukup JD favorit ye kecil" gini mknya g cukup satu klu SDH matang 😊😊

Bingka Pisang Ala Ala

Bingka Pisang Ala Ala

Untuk kesekian kalinya tetiba dirumah banyak pisang dan aneka jenis….hasrat utk main ke dapur muncul..otak atik resep dan terinspirasi dari resep sahabat cookpad …hallo mba Lucky Look @homeofgoodfood, terimakasih.. resepmu sdh menginspirasi saya menjadi resep ini… Seperti biasa selalu ingin lakukan improvisasi sesuai dengan bahan yang tersedia dan jadilah Bingka Pisang Ala - ala. Selamat mencoba.

Kue pukis cubit

Kue pukis cubit

Kombinasi resep pukis di cetakan kue cubit hehehe. Jadilah seperti itu. Lumayan buat cemilan pagi, sebelum makan nasi wkwkw. Saya dapat resep kuenya dari laman brilio.

banyak
1 jam
Pia Seribu Lapis

Pia Seribu Lapis

Ceritanya punya kacang hijau kupas tapi nggak pernah disentuh, alhasil bentar lagi exp. Langsung dikukus aja. Nggak sengaja menemukan video cara buat pia seribu lapis. Cus langsung praktik dengan sisa tenaga. Maklum mengejar sesuatu yang penting untuk masa depan. Oke langsung aja ke resepnya... Oh iya pia seribu lapis biasanya isian dari kacanh hijau tetapi bisa dimodifikasi dengan isian lainnya. Dinamakan pia seribu lapis karena ada beberapa layer warna warni. Rasanya enak bisa mrempul asal adonan jangan sampai bocor. #Timlo_EmangEnakDiKacangin #OlahanKacangSpesial #CookpadCommunity_Solo

Wingko Ketan Hitam

Wingko Ketan Hitam

Rasa wingkonya jadi khas yaa kna pake tepung ketan hitam.. Resep asli menggunakan full tepung ketan putih Source : fridajoin

#14 Kumbu kacang hijau isian bakpia, onde, kueku

#14 Kumbu kacang hijau isian bakpia, onde, kueku

Jum'at, 3 september 2021 Aku & keluarga kecilku sangat suka dengan kue yg ada isian kacang ijo, kue ku, bakpia dan onde. Mumpung lagi sempet, bikin isiannya dulu . Source: mama fathan

60 pcs
2 jam
Bola-bola singkong / klenyem

Bola-bola singkong / klenyem

Bosen makan singkong cuma direbus-rebus aja.. niiih alternatif lain yang gak kalah simple. Selain digoreng bisa juga dikukus ya bun...

Talam Pandan

Talam Pandan

Ini tuh request'n bocil, bawel terus pengen dibuatin kue ini. Katanya kue bunga-bunga. Akhirnya langsung eksekusi. Diresep asli menggunakan jus daun pandan, berhubung saya males bikin jus pandannya, yaudinlah pake pasta pandan aja. Source : Cooking With Hel

Cenil Potong Merah Putih

Cenil Potong Merah Putih

Bismillaah.. Ikut meramaikan posbar #kopijos dengan tema merah putih dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-76, saya mencoba membuat jajan pasar berupa cenil. Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. (Wikipedia) Kali ini saya buat cenil dari tepung tapioka dengan cara dikukus. Sumber : Atha Naufal Terima kasih Indonesiaku.. Saya senang & bangga menjadi warga negara Indonesia. Semoga pandemi ini segera berakhir dan Indonesia selalu menjadi negara yang aman sentosa. #kopijos_merahputih #kopijos #selaluistimewa #cookpadcommunity_yogyakarta