Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Resep Biji Salak yang Enak

Dipos pada September 10, 2018

Resep Biji Salak

Bagaimana membuat Resep Biji Salak yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Resep Biji Salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Resep Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Resep Biji Salak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Resep Biji Salak adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Resep Biji Salak diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Resep Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Biji Salak memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur biji salak salah satu makanan favorit saya banget tapi belum pernah bikin, dan akhirnya memberanikan diri buat bikin karena lihat konten di IG tapi saya lupa nama akunnya. Dan hasilnya mantap banget sangat memuaskan, cus kita bikin...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Biji Salak:

  1. Bahan Bola Biji Salak
  2. 250 gr Ubi Orange
  3. 50 gr Tepung tapioka
  4. 1 sdm Gula Pasir
  5. 3 jumput Garam
  6. Bahan Rebusan Gula
  7. 1 liter Air
  8. 150 gr Gula Merah
  9. 1/4 sdt Garam
  10. 2 lembar Daun Pandan
  11. 2 sdm Tepung tapioka
  12. 50 ml Air
  13. Topping Susu
  14. 250 ml Susu cair
  15. 1 sdt Tepung Maizena
  16. 2 jumput Garam

Langkah-langkah untuk membuat Resep Biji Salak

1
Kupas ubi cuci bersih potong potong kemudian kukus sampai lunak kurang lebih 15 menit.
2
Setelah ubi lunak angkat kemudian haluskan selagi panas panas bersama gula dan garam sampai halus, setelah halus masukan tepung tapioka aduk rata ambil adonan sebesar kelereng bentuk bulat bulat sisihkan
3
Didihkan satu liter air bersama gula merah yang sudah disisir, garam dan daun pandan masak sampai gula larut kemudian saring.
4
Masak kembali air rebusan gula menggunakan api sedang masukan bulatan bulatan ubi masak sampai bola bola ubi mengapung.
5
Setelah bola bola ubi mengapung semua larutkan tepung tapioka dengan 50ml air masukan kedalam rebusan bola bola ubi sambil terus diaduk, masak sampai mendidih lagi matikan api.
6
Siapkan susu cair kedalam panci masukan tepung maizena dan garam aduk aduk sampai rata kemudian masak menggunakan api kecil sampai pinggiran susunya mengeluarkan gelembung2 kecil tidak harus sampai mendidih, kemudian matikan api.
7
Ambil bubur biji salak taruh didalam mangkuk dan siram dengan susu, bubur biji salak siap dinikmati.
8
Selamat mencobaaa

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam sederhana

Bubur Ayam sederhana

Bikin bubur ayam sederhana walaupun ayam nya ga ada... Kemarin stok ayam di yang jual sayur keliling nya habis, jadi apa yang ad az.. Capcipcyuus..

Bubur Ayam Pedas

Bubur Ayam Pedas

Kalau ada nasi sisa kmren biasanya aku kalau gak di dbikin nasgor di bikin bubur ayam, atau toping apa aja yg ada. Karna aku suka pedes manis maka cus mari aku bagiin resepnya.

Biji Salak Ubi Kuning

Biji Salak Ubi Kuning

Ramadhan tinggal menghitung hari. Salah satu kudapan yg bs disajikan sebagai takjil adalah si manis biji salak ini. Yuk dicoba :)

Bubur oat ayam mpasi 6+

Bubur oat ayam mpasi 6+

Niatnya sih habisin stok bahan-bahan di kulkas, g nyangka reaksinya bayi bikin geleng-geleng kepala, habis tanpa sisa😘

Mpasi 8+ bubur ayam tempe kangkung

Mpasi 8+ bubur ayam tempe kangkung

Sebentar lagi yuma 9 Bulan, mami msh terus coba bikin makanan yg yuma suka, yang simple2 aja lah, tapi tetep sehat dan bergizi, pgn tau yuma suka nya apa,, ternyata bikin bubur ayam pake tempe dan kangkung lahap banget, sampe nambah.

2 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Bismillah... #PekanPosbar #GlutenFree #KolakBundaMelvy #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke5

Candil / Kolak Biji Salak

Candil / Kolak Biji Salak

Kalo di Bandung biasa disebut candil tapi di Jakarta disebutnya Biji Salak. Ini favorit dari kecil karena teksturnya yg kenyal dan ternyata mudah dibuatnya.

> 5 orang
45 menit
Biji salak

Biji salak

Lagi pengen kolak biji salak klo puasa malah g pernah bikin yg praktis beli z HBS klo bikin pasti g HBS rasanya enak drpd beli mknny jg puas...

Bukan kolak biji salak πŸ˜† (tambahan bubur sumsum) legit manis

Bukan kolak biji salak πŸ˜† (tambahan bubur sumsum) legit manis

Bismillah semoga resep ini bermanfaat 🀲 aamiin Biji salak ini utk tambahan bubur sumsum, jadi ga perlu bikin gulanya lagi, ini sudah sepaket hehe Dan bikin ini porsi banyak ya, karna utk bagi2 sodara yg sedang isoman

20 porsi kira2 porsi
Bubur Candil (Biji Salak)

Bubur Candil (Biji Salak)

Buat buka puasa kali ini, sengaja beli ubi kuning untuk buat bubur candil. Bubur candil bisa dinamakan kolak biji salak.

Bubur Ayam kukuruyuuk

Bubur Ayam kukuruyuuk

Aku nyoba" bikin bubur ayam karena pengen bisa masakin buat misua kbetulan baru datang dari negri nun jauh disana "negeri onta" hehe nah ceritanya pas pulang pen aku bikinin ni bubur.. alhamdulillah misua dateng dan bisa nyicipin buburku ini.. katanya abang" tukang bubur kalah sama masakan buburku.. maa syaa Allah.. dengernya bahagiaaa sangatt 🌻🌻🌻

porsi 5 orang
Hintalu Karuang Pandan / Bubur Candil / Kolak Biji Salak

Hintalu Karuang Pandan / Bubur Candil / Kolak Biji Salak

Ternyata di setiap daerah di Indonesia itu ada berbagai jenis makanan yg bahan utamanya sama, dan cara pengolahannya pun sama tapi namanya berbeda, salah satunya makanan ini. Kalau di jawa barat, DKI atau Jateng kita mengenalnya dengan sebutan bubur candil atau kolak biji salak, nah di kalimantan selatan namanya Hintalu Karuang. ---------- Terinspirasi dari mba Heny Rosita dengan sedikit modifikasi menyesuaikan selera #rekreasi_kalsel #semampir_kalsel #cookpadcommunity_semarang #semangcook

Bubur Ayam (instant pot)

Bubur Ayam (instant pot)

Bubur Ayam praktis masak dengan instant pot, untuk yang tinggal di luar negeri.πŸ˜ŠπŸ‘. Bumbu2nya juga disesuaikan dengan sikon.😁

6 porsi
60 menit
Biji Salak

Biji Salak

Ceritanya tuh, tetangga panen nangka, trus saia kecipratan.. πŸ˜‚ rejeki anak solehah.. Lalu search CP.. Ketemu resep nya @desi_nchie.. Trus saia modif ditambahin nangka... πŸ™Œ

4-5 orang
60 menit