Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) yang Enak Banget

Dipos pada November 21, 2021

Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan)

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) memakai 26 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tidak terasa tahun ini kita sudah hampir sampai di minggu minggu terakhir Ramadan. Saat menjelang hari raya lebaran, biasanya kita suka kangen dengan menu lebaran buatan ibu kita ya..saya termasuk salah satunya nih yang kangen banget sama masakan almarhumah mama saya. Dulu untuk hidangan lebaran biasanya mama suka bikin gulai atau rendang ala Padang. Maklum meskipun kami ini bukan orang Sumatera Barat, tapi sukaa.. banget sama masakan padang, karena rasanya yang pedas gurih dan kaya rempah. Sayangnya...waktu itu saya ga' nanya resepnya sama mama(maaf,dulu saya cuma bantuin nyicipin sama nyuci perabotan bekas masaknya doang ๐Ÿ™ˆ) Untuk mengobati rindu masakan mama. kali ini saya mau coba bikin menu gulai ala Padang tapi tanpa santan... Loh emang ada gulai ala padang yang tanpa santan...ada dong pastinya...namanya gulai baga, gulai daging sapi tanpa santan atau fibercreme. Rasanya gimana ? Rasanya gurih nikmat namun lebih ringan dibandingkan jika memakai santan.. jadi bisa ngurangin kolesterol jahat ya makk..๐Ÿคญ. Kali ini saya pakai resepnya Briana's Recipes by Mira Alkhansa dan resepnya pak Fadil (Fadil's kitchen)di Cookpad yang saya kombinasikan. Intip resepnya dibawah ini yuk: #GA_TheNextLevel #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #KampoengRamadan #KualiEmak #meolahcaruan_Ololebaran #kulaetamcocok #cookpadcommunity_balikpapan #cookpadcommunity_kaltim #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunity_id #cookpadindonesia #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan):

  1. 350 gr daging sengkel, cuci bersih, potong sesuai selera
  2. 1 lt air
  3. 2 bh kentang, kupas belah 4
  4. Sedikit minyak goreng untuk menumis
  5. Bumbu halus (bisa diulek atau di blender) :
  6. 6 bh Bawang merah
  7. 4 siung bawang putih
  8. 4 bh cabe keriting merah
  9. 8 bh cabe rawit merah
  10. 2 btr kemiri, sangrai
  11. 2 cm jahe
  12. 2 cm laos
  13. 1 sdt ketumbar bubuk
  14. Bumbu lainnya :
  15. 2 lmbr daun salam
  16. 3 lmbr daun jeruk, buang tulang daunnya
  17. 1 lmbr daun kunyit, iris tipis
  18. 1 btg serai, geprek bagian putihnya bentuk simpul
  19. 3 bh cengkeh
  20. 5 cm kayu manis
  21. 1 cm biji pala, geprek
  22. 4 bh kapulaga
  23. Secukupnya garam
  24. Secukupnya penyedap/kaldu jamur
  25. Pelengkap :
  26. Secukupnya bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan)

1
Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis daun salam, daun jeruk dan daun kunyit lebih dulu. Tujuannya supaya aroma harum dari daunnya keluar.kemudian masukkan serai, cengkeh, biji pala, kayu manis, kapulaga dan bumbu halus. Masak dengan api kecil hingga bumbu harum dan matang.
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 1
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 1
2
Masukkan potongan daging sapi, aduk rata dan masak sampai daging berubah lebih kaku. Kemudian tuang air.Aduk rata dan besarkan api ke api sedang. Masak kurang lebih 45mnt. Sambil di lihat lihat apakah dagingnya sudah cukup empuk.
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 2
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 2
3
Setelah daging cukup empuk, kecilkan api, masukkan secukupnya garam dan penyedap/kaldu jamur. Aduk rata, kemudian masukkan potongan kentang, aduk rata kembali. Masak sampai kentang matang dan cek rasa sampai pas. Matikan api.
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 3
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 3
4
Angkat siap sajikan dengan taburan bawang goreng.
Gulai Baga khas Padang Pariaman (Tanpa Santan) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Es Milo Cincau

Es Milo Cincau

10 Mei 2021 Bismillah Resep ke- 535 Bikin es untuk berbuka puasa yang manis, enak dan menyegarkan ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹ #GA_TheNextLevel #Week_50 #KampoengRamadan #28Ramadhan1442H #CookpadCommunity_KalTeng #CookpadCommunity_PalangkaRaya #CookpadCommunity_Borneo

2 gelas
ASINAN SAYUR ala Budeku

ASINAN SAYUR ala Budeku

Cemilan siang2... suegerrr. Asinan sayur pakai nanas. Waktu kami masih kecil, Bude & Ibu suka bikin ini, terutama saat bulan puasa. Kalau kuahnya sudah menyerap & dingin, seger bgt. Cobain deh pakai nanas.

52. Buko Pandan Kuah Susu Keju

52. Buko Pandan Kuah Susu Keju

Resep ke lima puluh dua (25 Mei 2021) #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Tangerang Dibuat saat Ramadhan Baru bisa terbit Syawal Buat melengkapi Challenge PGA3, aku mau posting yg seger2 ๐Ÿธ๐Ÿน Seger dan ngenyangin buko pandan ini..buat yg sederhana dgn bahan yg bisa terjangkau dgn kantong ๐Ÿฅฐ yg penting bisa dinikmati bersama keluarga ๐Ÿ˜

6-8 orang
Chicken Nuggets Simple untuk Sahur

Chicken Nuggets Simple untuk Sahur

Menu lauk kilat untuk sahur, cocok dimakan dengan sayur bening hangat ๐Ÿ˜‹ #BikinRamadanBerkesan

Roti Goreng Bakso

Roti Goreng Bakso

Udah mulai mati gaya bikin takjil ya bun ๐Ÿ™‚ #PejuangGoldenApron3

Bolu Pisang Kurma

Bolu Pisang Kurma

Memanfatkan bahan yg ada๐Ÿ˜€ Pisang sisa buat kolak,kurma buat takjil buka ..kita bikin cemilan yuk #GA_ TheNextLevel

013 Se'i sapi

013 Se'i sapi

Waktu buka puasa sebenarnya sudah memasak dan suami belikan se'i sapi lengkap dengan tumis sayur dan kuah. Harga nya wow bisa beli daging sapi sekilo tinggal nambahin uang dikit. Apalagi dibeli menggunakan layanan gojek. Alhasil, ketika pingin lagi se'i sapi intip resep Bunda Rayyan @cook_220497 dengan diubah sedikit. Ini saya membuat se'i sapi dengan sayur pecel. Hehe.

2jam
Nasi Goreng Udang Biasa Aja

Nasi Goreng Udang Biasa Aja

Bikin yang biasa-biasa aja yuk! Hehe. #dapurkemarinsore butuh puasa dari sosis setelah 3x makan berturut-turut sosis melulu ๐Ÿ˜‚ Bahan termudah buat didefrost dari freezer tentunyaaa udang ๐Ÿ˜‹ Ini pertama kali orek telur ditiris dulu, ga langsung tambah nasi. Ternyata jadinya telur lembut yah! Biasa aja, kan? Biasa, dong .... Ps: takaran resepnya kiraยฒ aja ya hehehe

2 orang
20 menit
Gulai Telur Kacang Panjang

Gulai Telur Kacang Panjang

Niat masak ini buat berbuka puasa kemarin. Bahan hemat karena sebagian udah ada di kulkas. Pas lagi asik masak, tibaยฒ gas habis bun ๐Ÿ˜‚ untung masih punya kompor koper untuk darurat. #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran (3) #PejuangGoldenApron3 #GoldenApronChallenge #week49 (106)

4 orang
Bakso Kuah Praktis

Bakso Kuah Praktis

Makanan pembuka Favorite saat ramadhan Segar dan praktis #pejuanggoldenapron3 #salamkenal #cookpadcomunity

Kolak Pisang Kolang Kaling tanpa Santan

Kolak Pisang Kolang Kaling tanpa Santan

Makanan yang biasanya dibuat sebagai menu buka puasa. Bikin ini karena lagi pingin ja, dan pas banget ada kolang kaling waktu belanja di supermarket. Tapi saya bikin gak pake santan, diganti dengan fiber cream. Dan enak2 aja si.. Cucok buat yg lgi ngurangin konsumsi santan.

4 orang
30 menit
Kue Jojorong

Kue Jojorong

"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Peribahasa jaman SD yang masih saya ingat nih, relate banget soalnya ๐Ÿค  Menjelajah Indonesia meskipun hanya singgah menetap di sebagian wilayahnya, sedikit banyak membuka wawasan saya. Petualangan rasa, tradisi, adat & budaya membuka mata bahwa Indonesia sangat kaya. Kali ini mencoba jajanan tradisional khas Banten, selama tinggal disini blm pernah tuh nyobain Kue Jojorong ini, maapkan. Eh pas banget ada kesempatan di event Ulang Tahun Clover ke 3, bertepatan Hari Peringatan Proklamasi 17 Agustus juga, sepakat bareng partner duet mbak @iiswatizain_81, trus inpirasinya dari mbak @nungkywijaya103022 ya ๐Ÿฅฐ Sedikit info mengenai Kue Jojorong ya ; kue basah bercitarasa manis gurih ini banyak ditemui di daerah Rangkasbitung. Biasa disajikan saat acara hajatan, banyak didapatkan saat bulan Ramadhan sebagai menu berbuka. Berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang didalamnya terdapat gula aren, mangkuk kuenya berbentuk persegi lucu, terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat. Khas banget! (disarikan dari goodnewsfromindonesia.id) Yuk lestarikan jajanan Indonesia ๐Ÿ˜ Dirgahayu Negeriku, Jayalah Bangsaku! Bersama kita bisa, Indonesia Sembuh ๐Ÿ’ช Untuk Clover...makin jaya, makin inovatif dan menginspirasi ๐Ÿ‘ Happy 3th Anniversary! ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ #JajananTradisional #CoupleTangguhClover #AnnivClover3th #CookpadCommunity_Tangerang #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #BelajarBarengCookpad #HuntersInAction

14 buah
60 menit
Pecak Mujair

Pecak Mujair

Ini menu buka puasa kemarin, ikannya seger banget baru ambil dari kolam. Cuma pakai bumbu minimalis pun gak amis dan Gurih banget, tambah seger dari sambelnya

4 orang
40 menit
Bola Bola Regal

Bola Bola Regal

Bikin makanan yg bahannya ada aja. Punya Regal sebungkus dari bulan puasa nganggur aja di rak. Di karyakan aja. Ini ngebuatin keponakan yang lagi ada di rumah. Anaknya seneng ngemil dan di buatin ini suka. Tapi buat saya, ini cemilan terlalu manis. Da memang ini makanan anak2 sih ya. Nyobain setengah bola aja udah ga kuat๐Ÿ˜€ #bolabolaregal #regalball #bundaei #bolabolacoklat #cookpad_id #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bandung

44 bola
Es Cendol Praktis

Es Cendol Praktis

Setelah libur #RecookDepok di #CookpadCommunity_Depok selama Ramadhan, sekarang baru mulai lagi dengan #RecookDepok_Sumbar dan saya coba singgah ke akun cookpadnya dek zahwa dengan resep berikut ini ๐Ÿฅฐ https://cookpad.com/id/resep/13817000-64-cendol-praktis?invite_token=gGMZgiKB6eeQYn1dAEjmSSHv&shared_at=1621407189 Yuk silahkan kalau mau mencoba juga๐Ÿ˜‹๐Ÿ™ #RememberGenkPeDa_FauziahAfifathuzahwa #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

5 gelas
Capcai Sahur Ala quwh

Capcai Sahur Ala quwh

Ketika sahur waktu mepet buatkan suami menu yang ada sayurnya

Pare Tahu Jagung Kukus

Pare Tahu Jagung Kukus

Baca-baca resep serba serbi pare dan tahu kukus dr grup Cookpad, jadi kepengen buat... Tp aku modif dgn jagung manis dan dicocol sama saos atau bumbu kacang. Sekalian ah buat buka puasa, bosan dgn bakwan terus #PejuangGoldenApron3_Challenge

3 orang
30 menit
Kue cubit

Kue cubit

dulu pas ramadhan, mbak katering beberapa kali kasih bonus kue cubit, dan anak-anak selalu rebutan. akhirnya simbok beli cetakan takoyaki buat bikin kue cubit sendiri, hahaha.. source: diah didi. #PejuangGoldenBatikApron

30 menit
Sanggara Balanda

Sanggara Balanda

Recook kali ini jatuh ke rumah cookpad-nya mbak Dian Ummu Hasby, pilihan saya jatuh ke kudapan 'asing' ini. Lalu saya cari info dari si mbah Google, dan menemukan fakta bahwa, Sanggara Balanda, adalah salah satu menu favorit untuk berbuka puasa orang Bugis-Makassar, sejak zaman penjajahan Belanda. Siapa yang sangka, tampilannya yang super sederhana ini menyimpan cita rasa yang uwenak dan unik, perpaduan lembut dan manis pisang, gurih dari isian kacang dan keju, juga manis dari sauce caramel, sempurna๐Ÿ‘Œ๐Ÿป Menurut beberapa informasi, dalam bahasa Bugis, Sanggara berarti pisang goreng, sementara Balanda berasal dari nama negara Belanda. Konon Sanggara Balanda dulunya dibuat pakai keju dan mentega yang dibawa oleh orang Belanda, makanya dinamai Sanggara Balanda. Ciri khas Sanggara Balandaย yakni penggunaan bahanย hanya boleh pisang raja yang benar-benar matang. Pisang lain dianggap tidak cocok karena tidak pas aroma, tekstur, dan rasanya. Karena Pisang raja banyak mengandung gula jadi ada proses karamelisasi saat digoreng. Kebetulan, si mbah beberapa waktu lalu panen pisang raja dan sudah matang, pas banget momennya, langsung eksekusi. Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/13653723-sanggara-balanda?invite_token=uavkQdeXnMcXF7N5NeKDFAyB&shared_at=1622278058 #CoboyKreco #Kreco_DianUmmuHasbi #CoboyWani #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3