Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rolade Ayam Goreng yang Sempurna

Dipos pada December 2, 2021

Rolade Ayam Goreng

Bagaimana membuat Rolade Ayam Goreng yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rolade Ayam Goreng yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rolade Ayam Goreng, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rolade Ayam Goreng enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rolade Ayam Goreng kira-kira 3 lonjor. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rolade Ayam Goreng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rolade Ayam Goreng memakai 37 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Sobat Cookpad ๐Ÿ˜˜ Semarak Clover minggu ini dimenangkan oleh mba Evana dengan tema "Daging Giling". Nah, kebetulan banget ada stok daging ayam dan daging udang, yuklah cuz, aku buat Rolade Ayam๐Ÿ˜. Akhirnya kesampaian juga buat ini, yang dulu hanya sekedar wacana saja ๐Ÿ˜‚๐Ÿ™ˆ. Membuat Rolade ayam ini memang membutuhkan proses, namun ini bisa loh dibuat sehari sebelumnya. Besoknya tinggal digoreng dan disajikan beserta saus atau hanya dicocol sambal botolan juga enak. Bisa sebagai menu praktis tuk sahur atau berbuka puasa. Rolade Ayam ini lembut kenyal dan juga dengan saus asam gurihnya. Wah. Enak๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘. Yuk silahkan dicoba ya buat Rolade Ayamnya. Selamat mencoba dan happy cooking! ๐Ÿ˜˜ Source: Sajian Sedap #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #wongkitogalo #kampoengramadan #sumbar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rolade Ayam Goreng:

  1. Bahan Isi
  2. 200 gr ayam giling
  3. 100 gr udang giling
  4. 2 siung bawang putih, dihaluskan
  5. 1 batang daun bawang, diiris halus
  6. 1 buah wortel, parut kasar
  7. 1 sdt kecap ikan
  8. 1/2 sdt minyak wijen
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/4 sdt merica bubuk
  11. 3 sdm tepung sagu/tapioka
  12. 2 butir telur, dikocok lepas
  13. Bahan Kulit
  14. 2 butir telur, dikocok lepas
  15. 1 sdm air
  16. 1/8 sdt garam
  17. Bahan Pencelup (aduk rata)
  18. 50 gr tepung terigu protein sedang
  19. 1/2 sdm tepung sagu
  20. 100 ml air
  21. 1/4 sdt garam
  22. 1/8 sdt merica bubuk
  23. Bahan bumbu saus
  24. 2 siung bawang putih, dicincang halus
  25. 4 sdm saus tomat
  26. 1 sdm kecap inggris
  27. 1 1/2 sdt kecap manis
  28. 300 ml air
  29. 1 sdt gula pasir
  30. 1/2 sdt garam
  31. 1/4 sdt merica bubuk
  32. 1/4 sdt pala bubuk
  33. 2 sdt maizena larutkan dengan 2 sdt air, untuk pengental
  34. Bahan Pelengkap
  35. 100 gr kentang, kupas, rebus, goreng
  36. 50 gr buncis, potong 2 ruas jari, rebus
  37. 50 gr wortel, potong korek api sepanjang 2 ruas jari, rebus

Langkah-langkah untuk membuat Rolade Ayam Goreng

1
Bahan Isi. Aduk rata daging ayam giling, udang giling, bawang putih, daun bawang, wortel parut, kecap ikan, minyak wijen, garam, dan merica bubuk. Masukkan telur yang telah dikocok lepas sedikit-sedikit sambil diaduk. Disini aku mengaduknya menggunakan tangan. Awalnya tekstur adonan terpisah, namun terus saja aduk maka lama kelamaan adonan akan kalis. Masukkan Tepung sagu/tapioka. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan kedalam kulkas.
Rolade Ayam Goreng - Step 1
Rolade Ayam Goreng - Step 1
Rolade Ayam Goreng - Step 1
2
Bahan Kulit. Kocok lepas semua bahan kulit, lalu saring. Tuang tipis telur kedalam wajan anti lengket diameter bawah 18cm diatas api cenderung kecil. Kulit tidak perlu dibolak balik ya, krn adonan kulit tipis maka begitu bagian bawah matang, bagian atasnya pun matang. Angkat. Sisihkan. Disini akan dapat 3 lembar kulit.
Rolade Ayam Goreng - Step 2
Rolade Ayam Goreng - Step 2
Rolade Ayam Goreng - Step 2
3
Ambil 1 lembar kulit. Letakkan diatas plastik food grade. Berikan bahan isian, lalu ratakan. Gulung adonan, lalu padatkan dgn cara menekan ujung adonan dgn scrapper atau penggaris. Ikat ujung kanan dan kiri plastik dgn karet.
Rolade Ayam Goreng - Step 3
Rolade Ayam Goreng - Step 3
Rolade Ayam Goreng - Step 3
4
Tusuk-tusuk plastik dengan tusuk gigi supaya nanti pada saat dikukus, uap masuk kedalam adonan. Kukus adonan kedalam dandang yang telah panas diatas api sedang.
Rolade Ayam Goreng - Step 4
Rolade Ayam Goreng - Step 4
Rolade Ayam Goreng - Step 4
5
Kukus selama 30-40 mnt. Disini bisa dilihat adonan mengembang sedikit ya. Angkat. Biarkan dingin. Buka bungkus plastik. Lalu guling kan keatas bahan pencelup.
Rolade Ayam Goreng - Step 5
Rolade Ayam Goreng - Step 5
6
Goreng rolade kedalam minyak yang cukup panas diatas api sedang. Goreng sampai kesemua sisinya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
Rolade Ayam Goreng - Step 6
Rolade Ayam Goreng - Step 6
7
Bahan Saus. Panaskan secukupnya minyak diatas api sedang. Tumis bawang putih. Masukkan saus tomat, kecap inggris dan kecap manis. Aduk rata. Tuangkan air. Aduk rata. Biarkan mendidih dan sedikit menyusut. Lalu beri gula pasir, garam, merica dan pala bubuk. Aduk rata.
Rolade Ayam Goreng - Step 7
Rolade Ayam Goreng - Step 7
Rolade Ayam Goreng - Step 7
8
Masukkan larutan tepung maizena (masukkan separuh dulu, nanti cek konsistensinya). Aduk rata, biarkan mengental. Cicip dan koreksi rasa. Angkat. Penyelesaian: Potong-potong Rolade. Tuangkan saus. Sajikan beserta kentang goreng, buncis dan wortel rebus.
Rolade Ayam Goreng - Step 8
Rolade Ayam Goreng - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nugget Tahu

Nugget Tahu

Olahan ini cukup simple dan gampang banget loh. Oh iyaa olahan ini bisa loh dibuat menu tajil dirumah. Daripada kalian bosen sama gorengan yang ituยฒ aja mending cuss buat nugget tahu Dan mohon maaf yaa... Fotonya kurang memuaskan karna emang diambil waktu buka puasa dan yaa langsung ludessss

Bolognese Sandwich

Bolognese Sandwich

Assalamualaikum wr.wb,,, Sobat Dapur Semua,,,, Resep ini spesial hasil belajar bareng dengan Chef Desi MasterChef Indonesia Season 2 Saus Bolognese baik yang versi homemade ataupun instan,biasanya yang kita ketahui dipakai untuk topping pizza,Saus ini bisa kita kreasikan dengan bahan utama yang lain Misalnya untuk isian martabak asin, lumpia, omelet gulung, roti,risoles,aneka pasta dan bahan utama yang lain Bolognese sandwich ini bisa kita buat kapan aja dan cocok juga buat menu ta'jil berbuka puasa Saus Bolognaise yang saya pakai ini versi homemade dan sehat,bisa kita lihat di sini ๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/13374067-saus-bolognese-homemade-sehat?invite_token=WspMpAnz6rbLNXfAD6cTiUxk&shared_at=1619626385 Selamat Berkreasi Untuk Keluarga Tercinta Source Desi MasterChef Indonesia Season 2 #KampoengRamadan #GA_TheNextLevel #Cookpadcommunity_surabaya #Cookpadcommunity_madura #Bagikaninspirasimu

Nastar Kinclong

Nastar Kinclong

Ceritanya aku tuh sebelum merantau belum pernah yang namanya baking biasanya lebaran mama yang bikin kue nastar atau beli jadi. Berhubung nastar adalah salah satu kue terfavorit aku.. pas merantau mulai deh baking2 cari Resep yang pas dan cocok di lidah.. dari gagal alias bentuknya ga cantik atau rasanya kurang pas. Akhirnya nemu resep Ibu Fatmah Bahlawan. Yang menurut aku inilah resep yang cocok dengan seleraku. Alhamdulillah berkah di awal bulan Ramadhan ini datanglah orderan nastar yang tidak terduga. Secara belum pernah dapat orderan sebelumnya biasanya rutin bikin untuk pribadi aja. Bingunglah ga ada persiapan toples untuk dikirim akhirnya pake kaleng bekas Oreo dimanfaatkan, maklum belum pernah dan sebenernya belum berani jualan. Tapi yang namanya rezeki yang datang pantang ditolak ya Mom.. Semoga menginspirasi โค๏ธ

10 orang
3 jam
Risol Sayur

Risol Sayur

Snack kesukaan paksu. Betah bgt makan ini tiap hari ๐Ÿ˜„. Tiada berbuka puasa tanpa risol. Yuk bikin

Semur Daging Sapi Mantul

Semur Daging Sapi Mantul

Berawal dari hobi turun ke dapur, akhirnya menjadi chef dadakan disaat bulan Ramadhan. Semur daging sapi ala chef kosasih menjadi pilihan untuk buka puasa ramadhan di hari ke 17.

6 Orang
2 Jam 30 Menit
Kararaban khas Kalimantan Selatan

Kararaban khas Kalimantan Selatan

Kue ini sangat mudah ditemui pas bulan puasa byk dijual orang utk menu takjil berbuka puasa dari kemarinยฒ sdh kepingin banget buka sama wadai ini dan sekarang baru kesampaian bikin itu jg pas nanya resep nya sama mamaku beliau lupa takaran nya liatt sw teman post kue nya langsung tanya resep dan dikasih huhuhu senang banget lgsg kepasar beli kelapa parut utk bikin santan karena aku tdk terlalu suka dgn santan instan baik utk masakan ataupun membuat kue,kue ini memiliki aroma yg kuat dari wangi rempah dgn tekstur lembut dan rasa yg manis dan gurih dari santan yukk mommies semoga bermanfaat yaa #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #KampoengRamadan #KURMA_KreasiDapurRamadan

1 loyang
1 jam
Es dawet 2 rasa

Es dawet 2 rasa

Masih tema minuman yang segar di sini aku bikin 2 rasa pemanis gula merah cair dan sirup dari gula pasir olahan sendiri, minuman berbuka puasa segar banget.. #PekanPosbarEsCampur #Cookpad Community Balikpapan

Buko pandan

Buko pandan

Dessert khas Filipina enak banget buat buka puasa rasanya seger tapi creamy juga ๐Ÿค—

6 porsi
Lempeng Pisang

Lempeng Pisang

Punya pisang yg overripe,dibikin lempeng pisang,mantap buat temen ngopi sehabis buka puasa sambil nyantai,disini saya tidak pakai tambahan gula sama sekali ya,karena pisang nya sudah super manis,jadi kalo suka rasa yg ekstra manis dan mau ditambah gula silahkan sesuai selera. Untuk desiccated coconut/kelapa parut kering cara bikin homemade udah ada,tapi kalo males bikin bisa pakai kelapa parut biasa. #PekanPosbarManisGurih

Sambel Matah

Sambel Matah

Siap2 untuk buka puasa ditemani nila bakar #cookpadcommunity_semarang #PejuangGoldenApron3

1 mangkok
15 menit
Brownies instant ala bapak mess

Brownies instant ala bapak mess

Sebetulnya ga sengaja sih pas ke minimarket nemu bahan instan brownies. Tes ajalah, lebih baik coba daripada penasaran. Pas sampe mess baru inget ga punya oven. Akhirnya nekat ajalah pake magic com. Biasanya bapak" mess sini selama bisa dimakan, pasti abis ๐Ÿ˜. *Tips Meskipun berhasil, tetapi agak kurang puas karena hasilnya bantat (ga ngembang). Berhuhung bikinnya sore dan lagi puasa, ga sempet icip adonan. Hasilnya brownies kurang manis. Mungkin next akan ditambahkan baking powder, gula, dan tambah topping biar lebih menarik.

5 orang
2 jam
Pudding Cendol Gula Jawa

Pudding Cendol Gula Jawa

Source : Pudding Nutrijell (Ig) Puddingnutrijell ada resep Pudding Cendol Gula Jawa ala Pudding Nutrijell nih. Buatnya mudah dan tentu saja nikmat! Cocok untuk menu takjil . #PekanPosbarManisGurih

Manggo Jelly Milky Ice

Manggo Jelly Milky Ice

Buka puasa enaknya minum yg manis dingin seger ya. Ini salah satu andalan utk minuman buka puasa #reseptrio #BarapiManjuhu #cookpadcommunity_Kalteng

Es Campur Rumahan

Es Campur Rumahan

Karena bulan puasa jadi penginnya yg suweger suwegerrr๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Kue kering Bulan Sabit Manis

Kue kering Bulan Sabit Manis

Tema nya cookpad minggu ini me recook kue basah atau kue kering asin atau manis,kli ini ku coba recook resep kue kering manisnya mba Silviani Maria ๐Ÿค—๐Ÿ™ Ini karena drmh ada nya meises warna warni jdi gitu yaaa warna nya setelah dipanggang jdi ambyaaarr๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…๐Ÿคญtapi rasanyaaaaaa enaaakk renyaaahhhhhhh nge pruuulll ๐Ÿคค๐Ÿคฉkbneran tdi pagi pas bikin lg ga puasa jdi udah di icip2๐Ÿคญ #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #AkuManis #KampoengRamadan

197. Arem- arem

197. Arem- arem

Menu yang selalu ada di tiap ramadhan. Kalau beli kadang kurang puas karena isiannya sedikit banget ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Bikin sendiri ukuran dan isiannya bisa suka- suka. Kali ini isiannya pakai tumisan wortel kentang (resep terlampir) Yuk langsung eksekusi aja ya #ramadhan2021 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Jakarta

Pastel Basah

Pastel Basah

Ceritanya skrg punya gilingan mie, trus cobain deh beberapa kreasi masakan pakai mesin gilingan mie. Nah salah satunya adalah Pastel Basah ini. Enakk, gurih, dan nikmat. Cocok buat camilan buka puasa. Selamat mencoba ๐Ÿ’• Source: Erni0787 #PekanPosbarManisGurih #AkuAsin #KampoengRamadan #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Malang

Pudding Buah Ceria (Sugar Free)

Pudding Buah Ceria (Sugar Free)

#PejuangGoldenApron3 #GA3 #GATheNextLevel #puddingbuah #lesssugar #takjil #takjilramadhan

Martabak Mini

Martabak Mini

Jadi ikutan mbak Aulia, semangat bikin takjil buat buka puasa. Sama2 menggunakan bahan yang ada di rumah. #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok #PekanPosbarManisGurih #siasin #sigurih Soirce : Aulia Rindi - Sekadau, Kalbar

Jus semangka susu sirup๐Ÿ‰

Jus semangka susu sirup๐Ÿ‰

Terinspirasi minuman orang India..sepertinya seger buat berbuka nanti..menyesuaikan bahan dirumah..