Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat 228. Rendang Basah Jengkol yang Lezat Sekali

Dipos pada January 12, 2020

228. Rendang Basah Jengkol

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat 228. Rendang Basah Jengkol yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya 228. Rendang Basah Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 228. Rendang Basah Jengkol, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian 228. Rendang Basah Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 228. Rendang Basah Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 228. Rendang Basah Jengkol memakai 37 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini sy dpt dr youtubenya THV ketiplek2 jiplak krn mmg blm pnh bikin... Trm kasih sebelumnya untuk mbaknya atas ilmunya shgga sy bs memasak rwndang jengkol. #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 228. Rendang Basah Jengkol:

  1. Bahan
  2. 1 kg Jengkol
  3. 3 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 1 lembar daun kunyit, bagi jd 3-4 potong
  6. 200 ml santan kental
  7. 800 ml santan encer
  8. 2 sdt garam
  9. 1 sdm gula pasir
  10. 1 sdm gula merah
  11. 1 sdt kaldu bubuk
  12. Secukupnya minyak untuk menumis
  13. Bumbu Halus
  14. 10 butir cabe rawit
  15. 20 butir cabe merah keriting
  16. 15 siung bawang merah
  17. 8 siung bawang putih
  18. 1 sdm ketumbar butiran
  19. 8 butir kemiri
  20. 1 sdt merica butiran
  21. 1 sdt jinten
  22. 2 cm lengkuas
  23. 2 cm jahe
  24. 2 batang serai, ambil putihnya
  25. Bahan Rebusan I
  26. 7 lembar daun salam
  27. 7 lembar daun jeruk
  28. 1 sdm kopi bubuk hitam
  29. 1 sdm beras mentah
  30. 1/4 sdt soda kue
  31. Secukupnya air
  32. Bahan Rebusan II
  33. 3-5 lembar daun salam
  34. 3-5 lembar daun jeruk
  35. Secukupnya air
  36. Bahan Rendaman
  37. 2 sdm kopi bubuk hitam

Langkah-langkah untuk membuat 228. Rendang Basah Jengkol

1
Cuci bersih jengkol, lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi dan air. Rendam jengkol smp semalaman (sy 13 jam)
228. Rendang Basah Jengkol - Step 1
2
Setelah semalaman direndam, cuci bersih kembali jengkol. Sisihkan.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 2
3
Rebus jengkol dgn ditambahkan bahan rebusan jengkol I, rebus selama -+45 menit dalam air mendidih dgn api tidak terlalu besar. Angkat, kupas, belah 2, cuci beberapa x smp bersih dan tiriskan.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 3
4
Rebus kembali jengkol yang sudah dicuci bersih tadi, kemudian rebus kembali dgn bahan rebusan II selama 15-20 menit di air mendidih. Agkat dan tiriskan.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 4
5
Buang tunas jengkol dan geprek pelan jengkol dg ulekan agar tidak hancur. Tujuan geprek ini agar nantinya jengkol lbh bertekstur lembut dan bumbu lebih meresap. Lakukan pd semua jengkol hgg habis.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 5
228. Rendang Basah Jengkol - Step 5
6
Tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk, daun salam dan daun kunyit. Tumis hgg harum smp kering dan ada keluar minyaknya. Tumis smp bener2 tanak sekitar -+20 menit.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 6
228. Rendang Basah Jengkol - Step 6
7
Setelah bumbu tanak fan berbau harum, masukan santan encer sedikit demi sedikit sambil terus diaduk smp nantinya ada keluar minyak juga dibumbunya.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 7
228. Rendang Basah Jengkol - Step 7
228. Rendang Basah Jengkol - Step 7
8
Setelah itu tambahkan gula, garam, kaldu bubuk dan gula merah. Aduk merata. Kemudian tambahkan santan kental, aduk pelan lagi smp nantinya akan banyak keluar minyak. Koreksi rasa.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 8
9
Masukan jengkol. Aduk perlahan dgn cara didorong pelan. Jangan diaduk bolak balik krn jengkol rawan hancur. Masak smp rendang jengkol matang dan sesuai selera tingkat kekentalannya.
228. Rendang Basah Jengkol - Step 9
228. Rendang Basah Jengkol - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Jengkol Sederhana

Rendang Jengkol Sederhana

Resep lain juga bisa di baca di dolanandapoer.blogspot.com πŸ˜‰

5orang
1 jam
Rendang slow cooker

Rendang slow cooker

Resep ini Mii recook dari bunda citra kuswardhani di cookpad juga, Ada bbrp yang Mii modify, terimakasih bun resep nya ❀️

Rendang Telur Tanpa Santan

Rendang Telur Tanpa Santan

Untuk pengganti Santan bisa menggunakan fiber creme maupun kemiri, sesuai selera ya teman.

4 - 8 orang
30 menit
Rendang sayap ayam ala dapur ku

Rendang sayap ayam ala dapur ku

Coba 2 ada bikin rendang karna sayang masih ada Sayap ayam yg belum aku olah,ya jadi aku buat rendang aja

4 orang
_+30 menit
Rendang Ceker

Rendang Ceker

Memanfaatkan menu makanan yang nggak habis kemarin nih. Biasanya kalau Paksu lagi off, selalu minta gulai jengkol. Eh udah masak banyak, ternyata ada panggilan mendadak gantikan karyawan lain yang sakit. Akhirnya gulai jengkol jadi berlebih banyak. Nah sayang dibuang karena memasaknya butuh perjuangan ekstra kemarin. Mubazir rasanya kalau dibuang gitu aja. Mana jengkol mahal πŸ˜‚ Supaya bisa dimakan sama bocil, jadi ditambahin bumbu biar jadi rendang ditambah ceker. Malah jadi lahap makannya orang dirumah. Makanan nggak terbuang, perut jadi makin kenyang 🀭 #Babako_MaolahBaliak #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #PosbarIdaman #IdamanMamah #DibuangSayang #GenkPejuangDapur

Sekeluarga
1 jam 20 menit
Ayam rendang mantap

Ayam rendang mantap

10 porsi
30 menit
Rendang Ayam 3 T (Telur Tahu Tempe)

Rendang Ayam 3 T (Telur Tahu Tempe)

Rendang berkuah ini sengaja dibuat sebab maksi ini malas mau masak sayur. Biar tetap ada kuah maka sedikit berkuah untuk rendang ayamnya berikut saya tambahkan juga tahu tempe dan telur, jadi rendang rame rame😍😁. Resep rendang ini tdk lengkap dng gunakan kapulaga dan cengkeh selain krn tdk ada stock krn memang saya tdk suka dng rasa rempah yg menyengat. Jadi agak simple tapi rasanya masih sedapπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜, gara gara mau ikutan jadi TIM AYAM BERENDAM dalam rangka #pekanrayaayam #PekanPosbarAyam #TimAyamBerendam #AyamBerendam #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
30 menit
Bubur Randang Anum

Bubur Randang Anum

Sudah lama ga buat beginian & nyaris lupa gimana dulu bikinnya. Untunglah ada resepnya mbak @SilvaMalexhi jd saya recook aja deh. Mantap bener lembutnya & masih terasa butiran mutiaranya. Yuk ikutan bikin gaes πŸ‘ Source : πŸ‘‰ @SilvaMalexhi #Bainai_SilvaMalexhi #Basidoncek #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_sumbar #cookpadindonesia #Minggu_7221

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan Source : YouTube Assahid tehyung Tapi ada sebagian bahan yang di skip karena ga ada ,dan di tambahin bumbu lain sesuai selera saya #rendanghomemade #rendangpedas #rendangsapi #rendangmantul

4 - 5 jam
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Hehe... Ga dosa dong bikin rendang pake bumbu instan.. Walau pake bumbu instan, aku paling suka nambahin bumbu. Dan kunci utama masak rendang itu, santannya harus dari kelapa, bukan santan instan. Supaya galendo/ampas minyak kelapanya bisa keluar dan nambah rasa manis gurih alami tanpa penambahan gula.

10 porsi
2 jam
Nasi Gurih Goreng Bunga Telang Bumbu Rendang

Nasi Gurih Goreng Bunga Telang Bumbu Rendang

Masih punya rendang, dagingnya tinggal 2 iris tapi bumbunya masih banyak πŸ˜… liat Magicom masih ada sisa nasi gurih Telang 2 porsi, hayuukk berdayakan saja biar lebih selera makannya πŸ˜‹ Tanpa tambahan apapun, karena bumbu rendang sudah berminyak dan citarasa rempahnya kuat jadi tak perlu tambahan apapun, cukup taburan bawang goreng saja πŸ˜‹ #PosbarIDAMAN #DiBuangSayang #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

2 porsi
Rendang daging sapi kuah nyemek

Rendang daging sapi kuah nyemek

Kuahnya wangiiii rendang menggugah selera makan...

Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Kemaren waktu lebaran gak makan rendang ayam kampung dan sekarang pengen banget jadi nitip temen buat beliin bahan di pasar dan kita eksekusi. #PejuangGoldenApron3 #cookpadindonesia

Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Menu favorit... #KacangTolo #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang

2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Wuiiiiih...Jengkol gaeees..πŸ˜… . . Dulu tuu gini, "..gak aaah...gak doyan jengkol aku tuuu..."...pas ditawarin sama bu kost pertama kali...terus gini, "...mbak Tia.. Sini makan rendang nih...enak kali lah ini...". Saya pun makan..."enak gak? ". "Enaaak......" . . "...katanya gak suka jengkol.." 🀣🀣 . . Eeeh ternyataaaa enak lho memang...hehehe . . Kali ini saya beli yang udah rebusan. 35ribu udah direbus. Gak tanya juga...brp kalo beli mentahnya. Ndak saya gak jadi masak nanti...soale nanti jatuhnya lebih mahal..πŸ€ͺ😜 . . Dulu pernah beli mentah. Ngliat di google...rendam air beras 3 hari. /hari diganti airnya. Lha dalah...habis 3 hari...pas diolah...subhanallah....ambu ne sak perumahan kebau semua...kapok abis itu cah!

4 jam
Ayam Panggang Nasi Rendang

Ayam Panggang Nasi Rendang

Sajian ayam ala resto dengan cita rasa rempah-rempah yang khas Indonesia.. disajikan selagi panas atau hangat pas di keluarkan dari ovennya, ayam panggang rendang yang dimasak bersama nasi, kemudian di oven/dipanggang.. resep ini terispirasi pas aq makan ayam turkey.. cuman aq buat ala Indonesia.. ayamnya ini yummy banget karena dimarinasi dan dipanggang dulu,.. hmm ini nikmat banget lohh.. πŸ˜‹πŸ€€πŸ‘ #PekanRaya_Ayam #PekanPosbarAyam #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor

Rendang telur MPASI 22 bulan

Rendang telur MPASI 22 bulan

#PekanPosbar #SerbaDirebus #pejuanggoldenaproan #mpasi22bulan #menulengkap #sayanganak #masakpenuhcinta

2 porsi
Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Kemarin berseliweran status rendang di socmed teman2, memasak rendang bersama ibu negara secara virtual, jadilah kami yang jauh dari seberang benua ini latah dan ngiler, tapii karena masih lockdown dan belum berani keluar belanja, santan hanya sisa 2 kaleng. Sedangkan dibutuhkan minimal 4, kemudian sisanya saya tambahkan susu bubuk yang dicairkan di sisa kaleng santan πŸ˜‚ karena keinginan makan rendang tidak bisa ditunda sampai lockdown selesai entah kapan 🀣. Biasanya kalau di Indonesia saya cukup beli bumbu giling rendang di pasar, karena di Australia jika hanya mengandalkan bumbu sachet akan sangat mahal sekali jatuhnya karena butuh banyak bumbu untuk rendang. Untuk bumbu halus seperti biasa takaran saya memakai sendok, karena semua sudah saya giling di food processor untuk stock.

8 porsi
3 menit
Rendang ayam pontianak

Rendang ayam pontianak

Resep warisan almh ibu yang asli orang melayuπŸ€—nggak nyangka juga masakan yg satu ini jadi favorit teman " Yang asli JawaπŸ˜„πŸ˜„

2-3 org
30 menit