Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak Biji Salak Ubi Kuning yang Enak

Dipos pada May 9, 2021

Kolak Biji Salak Ubi Kuning

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Kolak Biji Salak Ubi Kuning yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Kolak Biji Salak Ubi Kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak Biji Salak Ubi Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak Biji Salak Ubi Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak Ubi Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak Ubi Kuning memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biji salak berasal dari kuliner Betawi, terbuat dari bola-bola ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian direbus,bentuknya menyerupai biji salak,Rasanya kenyal,manis dan sangat enak. Untuk meramaikan program Cookpad Community daerahku aku #RecookPapadaan_3 dengan papadaan(sesama) orang daerahku juga Banjarmasin NAILA AZKADINA. #CookpadIndonesia #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Kuning:

  1. 200 grm Ubi kuning kukus
  2. 70 grm Tepung tapioka(50gr-70gr,sesuaikn smpai mudah dibulatkn)
  3. Kuah:
  4. 500 ml Air
  5. 150 grm Gula merah
  6. 1 sdm gula putih (sesuai selera)
  7. 1 lbr Daun pandan
  8. Secukupnya garam
  9. 3 sdm tepung tapioka+air secukupnya (untuk pengental)
  10. Siraman santan:
  11. 1 sachet Santan kara
  12. 50 ml air(aku 250ml)
  13. 1 sdm tepung tapioka + air secukupnya(tambahanku)
  14. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak Ubi Kuning

1
Rebus/kukus ubi hingga matang, lalu lumatkan dengan garpu.(aku pakai alat pelumat)
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 1
2
Tambahkan tepung aduk hingga rata dan bentuk bulat-bulat.(menambahkan tepung sedikit demi sedikit aja,jngn semua,sampai adonan bisa di bulatkan aja,karna tergantung kondisi ubinya)
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 2
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 2
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 2
3
Masak gula merah, gula putih,air,daun pandan dan garam,setelah mendidih masukkan bulatan ubi,masak hingga matang(tanda matang kalau bola2nya mengapung)
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 3
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 3
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 3
4
Terakhir kasih larutan tepung tapioka,aduk terus hingga kuah sedikit mengental,matikan kompor,sisihkan.
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 4
5
Memasak siraman santan: santan+air masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Kasih larutan tepung tapioka aduk terus hingga agak mengental,matikan kompor.
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 5
6
Cara penyajian: Tuang biji salak dan kuahnya kedalam mangkok,sirami kuah santan. Sajikan.😊
Kolak Biji Salak Ubi Kuning - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak pisang kepok campur campur

Kolak pisang kepok campur campur

Cocok sebagai menu berbuka puasa

6 porsi
20 menit
Kolak biji salak ubi kuning

Kolak biji salak ubi kuning

Dari banyaknya olahan makanan dari Ubi menu ini paling enak menurut saya karena keluarga paling suka😍

6 orang
1 jam
KPK "kolek pisang keju"

KPK "kolek pisang keju"

Nungguin hujan reda, sambil iseng kepikiran bikin KPK

3 porsi
25 menit
Kolak biji salak dari labu kuning (waluh)

Kolak biji salak dari labu kuning (waluh)

masih banyak sisa labu kuning,bikin kolak biji salak aja.. apalagi dah mau habis ramadhannya.

Kolak singkong

Kolak singkong

Kembali ke alam

6 porsi
30 menit
Kolak Candil Ubi Putih

Kolak Candil Ubi Putih

Source: Henny Rosita Abang pak su suka banget sama bubur grendul... Byasanya cm ada pas slametan bulan sapar, ada juga sih yg jual.. karna pandemi mereka tu2p😅... Cari ide... Menu yg mirip2 tapi dari ubi(habis kulak ubi, mumpung harganya lagi murah🤭) dan dapet resepnya mb Henny Rosita... Percobaan dengan dibantu s kaka... Sukses...💕💕💕(karna memang mudah banget🤣... Mudah bikinnya, mudah makannya, mudah habisx)

4 orang
1 jam
Kolak Setup Pisang Wangi

Kolak Setup Pisang Wangi

Lagi pengen kolak pisang tapi gak punya santan... yaudh coba resep dr cici tintin, wah beda bgt rasanya dr yg sering aku buat. Haruuum banget... segerr... simple dan cepat lagi buatnya.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kenyal-kenyal enakkk... Pas mau berbuka jadi inget menu di Surabaya tiap hari minggu pagi.. ada aneka jajanan, ada bubur sumsumnya, candilnya, sebenernya agak mirip, ternyata beda..hehe.. pas cari resep ingetnya kolak biji salak ini, tapi akhirnya malah jadi tau bikinnya,,, nemu deh resep ini di cookpad,,, makasih mba @Clarisa, langsung jadi resepnya... Walopun saya ganti ubi pake singkong, karna mau memanfaatkan bahan yg didapur.

5 porsi tergant
Kolak Pisang Simple

Kolak Pisang Simple

Menu berbuka puasa nasional 😄.. Tingkat kemanisan bisa disesuaikan dengan selera masing2 yaa

KoLak LaBu

KoLak LaBu

4 porsi
30 menit
Kolak biji salak campur pisang

Kolak biji salak campur pisang

2 hr lalu tuh bikin ubi rebus untuk cemilan sore tapi ga habis msh sisa 3 bh lg. Sy simpan d kulkas. Tdnya mau d angetin lg tp anak2 ga mau makannya. Malah minta d olah lg aja. Kebetulan punya pisang bangkahulu jg. Jd kita bikin kolak aja yg gampang😁😋

Kolak pisang manis gurih Darurat anti Gagal

Kolak pisang manis gurih Darurat anti Gagal

Ngasih judulnya maksa banget yah ini 😅😅😅 Buat ini kolak manfaatin sisa pisang kepok yang ada karna sayang khawatir keburu rusak pisangnya kalo dibiarin. Darurat berhubung pas lagi hujan, males keluar, perut lafaarr. hihii Anti gagal soalnya ini kolak gampang bingiiit buatnya, bahkan gak ada daun pandan pun teteeup enyaaaakk kok. suami suka banget 😍😍😍

Kolak pisang tanpa santan

Kolak pisang tanpa santan

pengennya pakai santan. tapi kebetulan hari ini bayar puasa. jadi saya ga kemana2. stay at home. dan gak ad santan. tapi ada 1 sachet susu dancow (bekas coco crunch cup) dan ada milo juga. No cholestrol fromsantan nih...lets cook

10 porsi
50 menit
Kolak Pisang

Kolak Pisang

Pulang liburan dapet kiriman pisang yang udah mateng2, mau diolah tapi badan capek, ga diolah keburu busuk 😓 akhirnya singsingkan lengan baju bikin kolakpisang ajalah, bikinnya gampang rasanya maknyus, saya yakin semua juga pada bisa bikin dan punya resep sendiri^^ Kalo yang ini resep dari mamak di kampung, katanya kalo pisangnya direbus dulu sama gula+pandan rasanya jadi lebih nyamnyam (katanyaaaa yaaaaa 😂) Dannnnn inilahhh camilan hari minggu kita 😋☺️

4 porsi
30 menit