Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Saleeq / Saleeg yang Menggugah Selera

Dipos pada June 25, 2021

Saleeq / Saleeg

Hari ini saya akan berbagi resep Saleeq / Saleeg yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Saleeq / Saleeg yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Saleeq / Saleeg, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Saleeq / Saleeg ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Saleeq / Saleeg sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Saleeq / Saleeg memakai 20 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Request misua untuk berbuka puasa hari ini minta dibikinin Saleeg/Saleeq,biar gak terlalu heavy diperut. Saleeg/Saleeq ini terbuat dari beras yg direbus dengan kuah kaldu dgn rempah rempah dan ditambahkan dengan susu. Sehingga teksturnya menjadi Thick dan creamy, teksturnya hampir mirip dengan bubur,hanya saja lebih padat kental dan pulen,tidak dibuat berair seperti bubur. Rasanya sangat creamy gurih dan juga wangi aroma rempah. Makanan ini berasal dari Kingdom of Saudi Arabia,biasa dijadikan sebagai Comfort food disaat musim dingin mulai menjelma seperti saat ini ataupun menu yg comfort buat berbuka puasa. Untuk proteinnya bisa menggunakan daging ataupun ayam ya. Disini saya pakai ayam menyesuaikan stok yg ada dirumah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Saleeq / Saleeg:

  1. 2 cup beras (gunakan beras pulen,jika tdk ada pakai sesuai stok)
  2. 3 cup fresh milk/UHT fullfat/full cream
  3. 1/2 potong ayam,berat 700.gram (bisa pakai daging)
  4. Secukupnya air untuk merebus ayam/daging & utk dibikin kaldu
  5. Secukupnya garam sesuaikan selera
  6. Secukupnya kaldu bubuk jika suka
  7. 1 genggam kismis/raisin tumis sebentar Untuk taburan
  8. Secukupnya bawang goreng (saya gak pakai,lgi males bikin hehe)
  9. 4 sdm minyak samin atau mentega leleh untuk kucuran
  10. 6 sdm minyak samin/mentega utk dimasak dgn beras
  11. B.) Bahan Rempah=
  12. 30 gram bawang merah belah jadi 2
  13. 7 siung bawang putih geprek
  14. 1/2 jempol jahe
  15. 1 batang kayu manis ukuran telunjuk
  16. 2 lembar daun salam
  17. 2 butir pekak/bunga lawang
  18. 5 butir cengkeh
  19. 5 butir kapulaga (jenis bisa jawa/putih/hijau)
  20. 1 sdm jintan utuh (cumin seeds)

Langkah-langkah untuk membuat Saleeq / Saleeg

1
Cuci bersih ayam, kulit jgn dibuang ya, ayam bisa dibiarkan utuh atau dipotong sesuaikan selera, taruh dalam panci, tambahkan air sampai menutupi permukaan ayam, tambahkan semua bahan rempah dan juga garam (disini saya pakai 1.sdt garam lebih dulu) lalu aduk rata, rebus biarkan air mendidih, setelah itu tutup pancinya dan kecilkan api dan masak biarkan hingga ayam empuk.
Saleeq / Saleeg - Step 1
2
Jika ayam udah empuk, angkat ayam sisihkan untuk diolah sendiri (ayam bisa digoreng ataupun dioven sesuai selera), sekarang saring juga rempah-rempahnya,dan rempah bisa dibuang, untuk kuah bekas rebusan/kuah kaldu test rasanya,lalu masukkan beras yg sudah dicuci bersih, jika kuah terlihat kurang tambahkan lagi air ya, untuk merebus beras agar jadi lunak, memerlukan air yg cukup banyak.
Saleeq / Saleeg - Step 2
3
Masak dengan api sedang, biarkan hingga beras lunak seperti gambar dibawah, lalu masukkan susu,minyak samin atau mentega juga kaldu bubuk, aduk rata, biarkan masak terus, sambil sesekali diaduk agar tidak lengket, hingga susu dan kuah mulai menyusut.
Saleeq / Saleeg - Step 3
4
Di langkah ini, susu dan kuah mulai menyusut dan tekstur sudah jadi bubur ya, tapi yg kita inginkan bukan tekstur bubur, untuk saleeq harus lebih padat lagi dan air harus benar benar lebih nyusut hingga habis, maka kita lanjut lagi memasak dgn api kecil dan panci tertutup, sambil sesekali cek dan aduk agar tidak lengket dan gosong dibawahnya, test rasa pastikan pas asin dan gurihnya.
Saleeq / Saleeg - Step 4
5
Lanjut lagi memasak dgn api kecil dan panci tertutup, sambil sesekali cek dan aduk agar tidak lengket dan gosong dibawahnya, test rasa pastikan pas asin dan gurihnya.
Saleeq / Saleeg - Step 5
6
Masak terus, hingga tekstur Saleeq menjadi lebih kental padat seperi ini ya, dan jadi deh.
Saleeq / Saleeg - Step 6
7
Untuk ayam silahkan bisa digoreng atau dioven sesuai selera, begitu juga jika pakai daging bisa digoreng ataupun Di oven.
8
Untuk kismis/raisin, bisa ditumis beberapa saat dgn 2.sdm minyak hingga golden brown.
Saleeq / Saleeg - Step 8
9
Penyajian, taruh Saleeq pada sania/piring datar, lalu tata ayam yg sudah dipanggang atau digoreng diatasnya, lalu taburi dgn kismis goreng, dan kucuri dengan minyak samin atau mentega leleh, jika punya bawang goreng bisa juga ditaburkan diatasnya.
Saleeq / Saleeg - Step 9
10
Sajikan dengan pelengkapnya yaitu sambal nasi Arab atau sambal nasi Mandhi. (Untuk resep sambalnya udah ada ya/ pada lampiran
Saleeq / Saleeg - Step 10
11
Jadi,disini bedanya Saleeq dgn bubur nasi ya= kalo bubur nasi makannya harus pakai sendok karena terlalu lembutnya lembek, nah kalo saleeq, biarpun dia lembut tapi tetep padat pulen dan bisa dimakan langsung pakai tangan seperti kebiasaan orang Arab klo makan begini tanpa sendok hihihi
Saleeq / Saleeg - Step 11
12
Nikmati dengan sambalnya, maka akan menambah rasanya semakin lazizzz
Saleeq / Saleeg - Step 12
13
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.
Saleeq / Saleeg - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto Ayam

Soto Ayam

Buka puasa mau makanan yang segar, ini solusinyaaa..

Fusilli Schotel

Fusilli Schotel

Kemarin mertua bertanya, "biasanya kalau buka puasa bikin apa?". Hmm.. bikin apa ya? Ngga ada yang sepesial. Seingatku sama aja sih, lagi puasa atau tidak, menunya sama aja. Yang beda tuh jam santapnya, ye kan? Hehe. Yaa.. selain kurma dan teh manis, aku bikin cemilan juga sih. Biasanya ngikutin tantangan pekanan Cookpad, jadi lebih variatif gitu menunya, hehehe. Kalau suami, seperti orang Jabodetabek kebanyakan, hobi banget buka puasa sama gorengan dan lontong. Kalau anak-anak, bagi mereka, segala masakan yang disediakan saat buka puasa merupakan kegembiraan. Schotel ini merupakan salah satu favorit anak-anak. Ngga puasa aja dah seneng banget ketemu schotel, apalagi kalau lagi puasa. Kali ini aku pakai fusilli. Cara buat dan bahan sama aja sih dengan schotel pada umumnya. Yang istimewa, di schotel ini bumbunya pakai bumbu dasar bawang. Praktis, tinggal masuk-masukin aja. Aduk-aduk. Panggang. Jadi deh πŸ‘ŒπŸ»

Gephuk sapi

Gephuk sapi

Assalamu'alaikum... Edisi nostalgia,,,bikin gephuk sapi. Masakan fave nya kita sekeluarga terutama aku dan papah 😁 Klo bikin gephuk sapi pasti langsung keinget papah, Ada 1 kenangan yg ngga bakal lupa, pas kecil bulan ramadhan, full selama 1 bln papah sllu beli lauk gephuk sapi buat buka puasa πŸ˜… saking sukanya sama gephuk sapi ngga berasa bosen. Sayangnya rmh makan yg jual gephuk udah lama bgt tutup,, biasanya aku makan gephuk ngga digoreng lagi, langsung dikasi toping bawang goreng banyakk 🀀 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Bolu Marmer Ekonomis (ukuran sendok)

Bolu Marmer Ekonomis (ukuran sendok)

Ceritanya hari ini saya dan Bagus lagi puasa senin. Karena jam sudah menunjukkan pukul 16.00 dan rencana akan beli kue utk takjil buka puasa tapi ngak ada yg mau keluar utk beli maka saya buat bolu marmer aja yg cepat.

6 orang
50 menit
Es Blewah Jeruk

Es Blewah Jeruk

Salah satu menu yang cocok untuk buka puasa Dengan harum blewah yang khas, ditambah perasan jeruk menambah segar minuman es ini 😊

Matcha Espresso Fusion

Matcha Espresso Fusion

Sore menjelang buka puasa, mikir es kopi yang nikmat buat berbuka...akhirnya bikin es kopi di Starb...k yang cukup ramai dibicarakan...hanya saja saya modif sedikit biar lebih nikmat...

1 porsi
20 menit
ES JERUK MADU SELASIH 'de COCO

ES JERUK MADU SELASIH 'de COCO

Minuman segar simpel... Habis makan makanan berminyak dan yang mengandung kolesterol, cocoknya makan lalap ketimun & minum air jeruk. *Cocok untuk minuman setelah berbuka puasa. *TIPS: Vitamin C akan rusak dalam suhu tinggi. Karena itu, jeruk jangan terkena air panas langsung. Turunkan dulu suhu dengan menambahkan air dingin, baru masukkan jeruk.

Untuk 1 gelas
Es podeng manten

Es podeng manten

Es ini mengingatkan jaman waktu kecil klo kondangan di daerah istilah nya piring terbang, salah satu yg kusuka ada minuman ini dingin ini terdiri dari setup nanas, pepaya, kolkal n pudding. Kali ini coba ingin nambahin bengkoang. Ternyata minuman ini jadi favorite anak" Saat berbuka. Mudah sekali bikin bisa simpen d kulkas tar bisa keluar 2 hari sekali jika lagi mau hehehehe praktis n hemat tenaga #cookingwithlove

Rice cake/ tteok

Rice cake/ tteok

Snack Korea yg sedang nge hits saat ini. Bahkan dijual instan di mini market terdekat. Kali ini dalam pembuatan nya bisa mengajak si kecil sembari menunggu adzan berbuka.

Pepes Ikan Kembung

Pepes Ikan Kembung

Lagi ada stok ikan kembung di freezer. Utk buka puasa paling enak bikin pepes ikan kembung plus sayur asem.. Mantaapss 😍😍 Hasil ngulik resep dr mbak aini, dan ini cocok bangeet, saya skip cabe rawit nya supaya anak2 bs ikut makan jg.. Makasih mbak @aini mamatararegianusa #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity #Cookpadcommunity_Depok #RecookDepok_Aini

5 porsi
1jam 30menit
Kimbab kearifan lokal

Kimbab kearifan lokal

Iseng bikin menu buka puasa buat kakak sm keponakan, keponakan smua smua suka sushi tp ortunya gak suka, jd ide bikin kimbab yg isianya mateng smua dan ada rasanya🀭, alhamdulillah suka smua, Resep diliat dari smua resep kimbab di cookpad trus disesuaikan dengan bahan yg ada dikulkas 🀭 , thank you cookpad😊

7 orang
1 jam
(100) Pink Lava Jelly Ice

(100) Pink Lava Jelly Ice

17.06.2020 . Bismillah.. Hari Rabu, waktunya ngegoda bareng Paders.. minggu ini minggu recook.. udah lama pengen bikin minuman ini.. Recook Resepnya Hanny Bani Suiti Esmeralda.. @mamaalbiyan tp belum kesampaian.. br hari ini bisa bikin. itu juga gak dapat santan bubuknya.. konsultasi sama Hanny, disarankan pake fiber creme.. baeklah.. langsung cus ke ind*****t.. pulang langsung bikin. Tadinya Mau bikin Sore2, buat buka Puasa, tp ternyata ada tamu.. jadi sy batal puasanya.. karena cuaca hari ini panas banget.. diputuskan, bikin siang2 aja.. begitu selesai foto, langsung diserbu anak2.. semua sukaa.. Nuhun resepnya Hanny.. izin share yaa.. . @Cookpad_id @komunitaspaders #GoDaRecook_Zweger #GodaPaders #DirumahAja #Resep_Kiarra_CookiesnCakes_Minuman #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #Cookpadcommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3 #Minggu3

-+15 menit
SOP daging sapi

SOP daging sapi

Reques dari suami minta sayur yg seger saat buka puasa

Wonton Soup

Wonton Soup

Assalamualaikum. Pas buat berbuka yang hangat2 dengan Ada aroma jahe2 gituh gmna ya, segerrr. 🀩🀩🀩. Sumber : Febry Caturia #Rakit_HerbalDariDapur #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel #PejuangGoldenApron3 #KampoengRamadan #KampungRamadan

Martabak Telur Spesial

Martabak Telur Spesial

Cerita nya lagi bingung menu buka puasa dan pengen nya itu g berat berat bgt. Akhirnya lihat ada persediaan. .. Munculllah ide bikin martabak telur spesial buka puasa hehe #martabak #pecintatelur #cookpadcomunity

6 porsi
60 menit
Bolu Gulung Selai Nanas

Bolu Gulung Selai Nanas

Kue ini menjadi cemilan buka puasa di hari pertama puasa ramadhan.. rasanya enak manis nya pas, apalgi selai nanas nya bikin sendiri.. jdi dijamin amannn kalo dimakan buat anak saya 😊

Ayam saos asam manis

Ayam saos asam manis

Cooking with love.. Buat buka puasa suami kalo pake ini lahap banget makannya

3 porsi
40 menit
Soun goreng cabe ijo

Soun goreng cabe ijo

Suka banget sama cabe ijo ..jadi masak apapun kadang pake si cabe ijo ini,menu buat berbuka yg jadi favorit selain gorengan untuk rasa bisa ditambahkan sesuai dengan selera masing masing ya #KampoengRamadan #CookpadCommunity_yogyakarta #SelaluIstimewa #KOPIJOS

38.Bala Bala/Bakwan Sayur ala Abang2 Gorengan

38.Bala Bala/Bakwan Sayur ala Abang2 Gorengan

Bebikin cemilan ini untuk takjil buka puasa kemarin sore, pasukan saya kalo buka puasa wajib ada gorengan😬 Dan gorengan favorit pasukan saya adalah bala bala/bakwan. Kali ini saya bikin bala bala yang beda, biasanya bikin bala bala porsinya besar besar dan melebar🀭 Nah pas banget pernah cookmark resep bala bala ala abang gorengan yang porsinya kecil2 bulat.. excited lihatnya πŸ˜πŸ€— Eksekusi Bala Bala Abang Gorengan ini pakai resepnya mba Dina "Ummu Khal Kitchen" πŸ‘πŸ‘ Hasilnya enakk..garing renyah diluar, lembut dan padet didalam...pas buka langsung ludes.. haturnuhun inspirasi resepnya mba Dina..bbrp bahan dan bumbu ada yg aku skip πŸ™πŸ€— Source: Dina "Ummu Khal Kitchen" #PejuangGoldenApron3 #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #olahansayuran #balabala

22 buah
30 menit
Ice πŸ“ milk

Ice πŸ“ milk

Slmt berbuka puasa... #cookpadcommunity_jakarta

2 gelas
15 menit