Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) yang Lezat

Dipos pada March 30, 2017

Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) memakai 20 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

عماني قبولي Mohon untuk catatan ya, Ini nasi "Qabuli" dgn huruf depan Q dan ada penambahan huruf U ditengah, kalo tulisan arabnya seperti diawal kalimat, ini merupakan nasi khas di wilayah Oman tempat dimana saya tinggal sekarang. Bukan nasi "KABLI" yang merupakan nasi versi Saudi ataupun Yaman. Bukan juga nasi "KABULI" dari Afganistan. Dan juga bukan nasi "KEBULI" nya Indonesia.😁 Mengapa saya beri catatan seperti diatas, karena masing masing nasi diatas ciri khasnya sangat berbeda-beda,rasanya pun beda, walaupun penulisan hampir sama, bahkan saat diucapkan nadanya terasa sama persis. Ini buat catatan aja biar gak salah lagi, khususnya buat adik-adik yg masih menekuni study di jurusan tata boga ,kalo next cita-citanya mau jadi chef di wilayah Timur Tengah, hal yg kelihatan sepele begini jika tidak bener-bener diperhatikan bisa jadi nightmare ditempat kerja.😅 Nasi Qabuli versi Oman ini, penggunaan rempahnya menggunakan rempah utuh, khususnya jintan utuh harus ada,dgn sedikit tambahan Qabuli Bizar atau Qabuli masala yg memiliki campuran khas sendiri. (Untuk Bizar/Qabuli masala resep saya share terpisah) Nasi ini tidak berwarna kuning, karena memang ciri khasnya, tidak menggunakan tambahan kunyit pada rempahnya, Tapi Masha Allah rasa dari nasi ini sangat gurih dan harum. Biasa di wilayah Oman, nasi ini menjadi menu andalan tiap hari Jum'at acara kumpul keluarga, juga menu main course diacara acara besar seperti hari lebaran, dan lainnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam):

  1. 400 gram beras basmati (bisa pakai beras biasa)
  2. 500 gram ayam potong sesuai selera (bisa pakai daging)
  3. 4 sdm minyak samin
  4. 2 buah kentang (potong besar)
  5. 100 gram bawang merah potong tebal (saya pakai bwng India)
  6. 1 sdm Qabuli Bizar/ Qabuli masala (resep sudah ada)
  7. Secukupnya air
  8. Secukupnya garam sesuai selera
  9. Secukupnya kaldu bubuk/penyedap sesuai selera
  10. B).Bumbu halus:
  11. 7 siung bawang putih
  12. 1 jempol jahe
  13. C). Rempah utuh:
  14. 2 sdm jintan utuh (cumin)
  15. 1 sdm adas manis utuh (Fennel seeds)
  16. 1 sdm merica butir (black pepper)
  17. 2 batang kayumanis (Cinnamon)
  18. 2 lembar daun salam (bay leaf)
  19. 7 butir kapulaga (hijau,putih,Jawa sama aja asal jgn yg hitam)
  20. 5 butir cengkeh

Langkah-langkah untuk membuat Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam)

1
NOTE: **Untuk wangi dan gurih yg maksimal gunakan minyak samin, ini merupakan salah satu khas dari rasa nasi ini menjadi sangat gurih dan harum, tapi jika tidak punya, bisa pakai mentega dengan kualitas yg bagus. **jika menggunakan basmati,brown rice,red rice,wild rice atau jenis beras pera lainnya rendam dulu 1.jam, jika pakai beras lokal yg mudah lembek cukup rendam 15 menit saja.
2
Rempah utuh yg harus ada di nasi Qabuli Oman ini
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 2
3
Dan ini untuk rempah bubuknya atau Qabuli bizar/Qabuli masala/Pilau masala, untuk resep silahkan klik lampiran berikut 👉
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 3
4
Siapkan panci, masukkan minyak samin, biarkan agak panas, masukkan bawang merah yg dipotong tebal tumis hingga layu, masukkan bumbu halus tumis lagi hingga harum.
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 4
5
Masukkan rempah utuhnya, tumis lagi hingga aroma rempah keluar, disini aromanya jadi sangat harum semerbak satu rumah😅
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 5
6
Masukkan potongan ayam, aduk aduk, masak hingga ayam berubah warna, lalu masukkan Qabuli bizar atau Qabuli masala, aduk beberapa detik, kemudian tutup pancinya,pakai api kecil aja biarkan beberapa saat agar ayam mengeluarkan air kaldu dengan sendirinya.
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 6
7
Setelah itu masukkan potongan kentang aduk rata, lalu masukkan air, garam dan penyedap, masak biarkan hingga mendidih, setelah mendidih tutup pancinya dan biarkan masak hingga kentang jadi SETENGAH EMPUK saja, bukan over empuk loh ya, karena nanti masih kita masak dgn nasi,biar tekstur kentang pas tidak lembek saat matang.
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 7
8
Setelah kentang setengah empuk, cek rasa kuahnya, pastikan sudah pas asin dan gurihnya, sekarang masukkan beras yg sudah direndam tadi, disini setelah saya masukkan beras ternyata kuah yg untuk merebus ayam dan kentang tadi kurang, jadi saya tambahkan air lagi.
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 8
9
Saya tambahkan air lagi, sampai takaran pas, untuk nasi saya takaran air 2.cm dari permukaan beras, jadi sebaiknya kenali beras yg dipakai masing masing ya. Lanjut biarkan masak terus dengan api besar, hingga mendidih dan semua kuah surut terserap kedalam beras
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 9
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 9
10
Jika kuah sudah terserap kedalam beras, tutup rapat pancinya, sekarang kecilkan apinya yg paling kecil, juga beri penyangga atau perantaraan dibawah panci, agar tidak cepet gosong, biarkan masak dgn api terkecil hingga nasi tanak, sekitar 30 menit. _____NOTE: Jika tidak terbiasa menanak nasi dgn cara seperti ini, setelah semua kuah terserap kedalam nasi, matikan kompor, lalu pindah nasi kedalam kukusan dan lanjutkan seperti mengukus nasi pada umumnya.
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 10
11
Setelah 30 menit, ready deh, disini cara penyajian jika waktu bareng-bareng kumpulan keluarga, setelah nasi matang, langsung dari panci dibalikkan diatas nampan aluminium besar atau Sania, dimakannya bareng bareng, jadi hemat tenaga gak banyak cucian piring😅
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 11
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 11
12
Sensasi khas dari nasi Qabuli Oman ini adalah dari rempah utuhnya, saat dimakan jintan, adas manis dan mericanya ikut kekunyah jadi bikin makin wow dimulut, (asal bukan ngunyah kayumanis sama cengkehya lho ya 😅)
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 12
13
Pelengkap pefrect nya dengan Katchumbari alias salad bawang merah dan juga acar jeruk nipis pedas.😋 Untuk resep Katchumbari silahkan klik lampiran berikut 👉
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 13
14
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🌹
Omani Qabuli / Omani Pilau (versi ayam) - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Meskipun idul adha sudah lewat gapapa kan yaaa tetep masak makanan yang berbau daging, hehe. Kemaren habis makan di solaria terus ngerasain saos teriyakinya enak beud gituuu, jadi nyoba cari di yutup cara buat saosnyaaa terus di combine deh sama beef yg ada di frezeer. Masyaallah, enak ternyataaaa😍 #BelanjaIdeDipasarCookpad #SutilCookpad #PejuangGoldenApron3 #Week11

Bistik Daging Sapi Presto #bikinnagih

Bistik Daging Sapi Presto #bikinnagih

Idul Adha kemarin aku terdampar ke rumah kakak karena disana banyak banget daging, yah itung-itung buat memperbaiki gizi juga 🤣 maklum anak kos. Saking banyaknya sampai bingung mau dimasak apa 🙄. Terus iseng-iseng masak pakai bumbu seadanya dan hasilnya wow luarbiasa enak nya, sampai dikoret-koret pancinya abisnya cuma itungan jam #JadiPejuangGA3Lagi #resepdeninahome

5 porsi
60 menit
Beef Burger Home Made

Beef Burger Home Made

Daging di kulkas masih banyak sisa qurban kemaren. Kalo cuman di semur, rendang, atau soto kok kayaknya bosen ya... Jadilah akhirnya dibikin beef burger biar ada sensasi menyenangkan dan nggak bosen makan daging sapi.

4 porsi
1 jam
Tongseng daging (tanpa kol)

Tongseng daging (tanpa kol)

Bismillah. Kali ini aku buat Tongseng sederhana dari sisahan sate yg ga habis pada saat hari raya idul adha 😂 tau resep ini juga dari mamah. Pertama nanya², ini sate ada sisahan buat apa yaa, dijadiin apa yaa. Trs kata mamah di bkin tongseng ajaa, yauda terinspirasi dari mamah akhirnya ku buat tongseng ala² sederhana 😁 aku buat untuk suami saat sepulang dr kerjaan. Saat sedang hamil muda gini cobaan banget buat masak sbnernya nya. Tapi aku ambil suasana yg pas, saat aku sedang enak² saja badan nya hehe.

2 orang
45menit
22. Singkong Keju ala Abang-abang

22. Singkong Keju ala Abang-abang

Assalamualaikum teman-teman Cookpad! Sekali-kali boleh lah ya makan singkong goreng. Biar ga makan daging terus karena masih bau-bau daging qurban. Hehehe. Waktu itu aku lihat abang-abang jualan singkong keju, dan penasaran lah aku kok bisa ya singkongnya itu mekar merekah kaya bunga mawar gitu. Kriuk di luar tapi tetap empuk di dalam. Dilihat sedap, dimakan nikmat. Yuk coba buat sendiri. Mudah kok. #JadiPejuangGA3Lagi

Soto betawi tanpa santan

Soto betawi tanpa santan

Dapet daging kurban alhamdulillah lumayan.. jd bingung mw d bkin apa yg g bosenin.. kepikiran soto betawi, karna ada sisa susu evaporasi.. ini first bikin, tp rasanya paaaassss bgtttt.. suami juga doyaan.. hihii.. ini resep dr Xander's tapi modifikasi juga dr feeling sendiri.. hehe

4 orang
1 jam
Beef Mentai Bread

Beef Mentai Bread

Mumpung masih suasana masak2 daging kurban,, daripada bosen diolah santan, sate, sop, coba bikin roti dengan isian beef dan saus mentai. Saus mentai yg saya buat versi ekonomis ini, semua bahannya bisa dicari di minimarket,, Biasanya saya buat roti2an pake fiber creme. Berhubung bahannya lagi susah dicari jadi saya pake UHT, dan takaran air hangat untuk buat biang dikurangi. Yuk bisa dicoba 😄 #CookpadCommunity_Depok

Nasi Mandhi Daging Kambing, Simple

Nasi Mandhi Daging Kambing, Simple

Menu Idul Adha kemaren.... Ada daging qurban tapi gak banyak. Ini salah satu request suami pengen dimasakkin nasi mandhi. Akhirnya nyari-nyari resep kiranya ada yang cara simple buat ini karena menurut saya pasti ribet masaknya klo masakan arab. Dipilihlah resep dari bunda Jiehanbys yang simple banget dan enak 👍👍👍 thanks resepnya praktis dan menginspirasi saya untuk bisa mencobanya.... #PejuangGoldenApron3 #BanggaKirimRecook #nasimandhisimple #mingguke12

Semur Daging Sapi Kentang

Semur Daging Sapi Kentang

Sisa daging kurban! HAHAHA. #PejuangGoldenApron3

Nasi Mandhi Rice Cooker

Nasi Mandhi Rice Cooker

Suasana idul kurban, jadi pengen cobain hidangan timur tengah. Pertama adalah nasi mandhi ini yaaa. Aku bikin yg simpel dulu. Next mau cobain nasi kebuli dengan bahan yg ga instan hehe.

2-3 orang
30-40 menit
Baso Sapi

Baso Sapi

Pernah bikin baso sapi tapi ga karuan jadi patah hati wkkkk. Tapi akhirnya idul adha kemaren cobalah bikin lagi baso sapi dannnn senangnyaaa alhamdulillah berhasill 😁 next bisa bikin lagi jadi resep ditulis disini biar ga bingung Cari resep klo mau bikin #cookingwithlove

Tongseng Kambing

Tongseng Kambing

Ceritanya masih ada sisa daging kurban, jadinya nyoba dibuat tongseng. #BelanjaIdeDiPasarCookpad

Ala Spaggetti

Ala Spaggetti

Menyemarakan Kuliner Idul Qurban

5 porsi
20 menit
[30] Rendang Daging + Baby Potatoes

[30] Rendang Daging + Baby Potatoes

#PejuangGoldenApron3 bawa pulang stock 3 Kg daging Qurban punya temen, yg rencananya mau djadiin menu makan siang bareng anak” kantor. Alhamdulillah dapet bahan buat content cookpad ^^ dikarenakan masih musim cvd19 & keterbatasan gerak buat belanja bahan ke pasar alias gamau ribet, ini sy bkin menu pke bumbu instant aja merk RESTU MANDE. ga diendorse ini, cmn pngen sharing aja krn enak harga Rp24.500,- utk bikin 500gr-1kg max daging. trs, utk kapasitas 1 bungkus bumbu ini pke santan 500ml, ternyata dari 3kg daging tadi ehh, isinya lemak putih +- 1 kg sendiri 🤦‍♀️ buat gantiin lemak, pke baby potatoes 500gram aja yg alhamdulillah nya pada suka. sayur lalapan juga jgn lupa, metik Daun Pepaya Jepang di depan rumah & potongan Timun Acar. satu lagi, walaupun bumbu rendang ini udah berasa pedas, naluri lidah indonesia tetep rasanya kurang klo ga pke sambal. Jadi jgn lupa tambahin Sambal Ijo juga biar makin nafsu makan. ^^

+-40 potong
6 jam
Kambing bombay lada kecap nanas pedassss

Kambing bombay lada kecap nanas pedassss

Edisi pengen yang pedas pedas, btw kok masih ada daging kambing sih? Idl adha sudah lama lewat Iya, karna kambingnya dah dibagi bagi per bungkus kecil hehe, masaknya sekuprit kuprit biar gag mabok...hoho

Steak Daging Sapi

Steak Daging Sapi

Masih punya daging qurban? Bingung mau buat apa? Daripada Ke Restoran Mahal mending coba buat sendiri yuk, lebih berasa nikmatnya.. #PejuangGoldenApron3

4 Porsi
1 Jam 30 Menit
Babat Goreng Sambal Korek

Babat Goreng Sambal Korek

Jadi waktu pembagian daging qurban kemarin didalamnya ada jeroan juga termasuk si babat ini Hemm kayaknya boleh ni dicoba buat Sego babat 🤭 akhirnya kemarin aku simpan, tapi simpannya uda melalui proses perebusan dan dibersihkan ya jadi waktu masak tinggal rebus sebentar terus di ukep dech Cuma karena gak ada kelapa jadi gak lengkap dech Sego babatnya 😔 gpp dech yang penting suami suka 😉

Beef Steak / Steak Daging Homemade

Beef Steak / Steak Daging Homemade

Bismillah.. Alhamdulillah masih bisa menikmatin steak dirumah. Steak homemade. Dapat daging qurban. Dan memilih bikin steak. Karena enneg makan santan"an. Heheh yuk yang mau cobain. #BelanjaIdeDiPasarCookpad #SarungTanganCookpad #beefsteakhomemade #steakdaging #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_makassar

Beef crispy teriyaki sauce

Beef crispy teriyaki sauce

Sisa daging kurban

2 orang
1 jam
Beef Teriyaki Rumahan

Beef Teriyaki Rumahan

ngolah timbunan daging qurban lagi setelah bosen makan dagingnya hilang 😌

4 orang
5 jam