Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur ayam sisa nasi semalam yang Bikin Ngiler

Dipos pada December 31, 2018

Bubur ayam sisa nasi semalam

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur ayam sisa nasi semalam yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur ayam sisa nasi semalam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur ayam sisa nasi semalam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur ayam sisa nasi semalam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur ayam sisa nasi semalam biasanya untuk 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ayam sisa nasi semalam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ayam sisa nasi semalam memakai 25 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Recook muthi afifah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ayam sisa nasi semalam:

  1. Bahan bubur :
  2. 1 piring nasi sisa semalam
  3. 500 ml air
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1/4 sdt merica bubuk
  6. 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  7. Bahan isian :
  8. Ayam goreng (saya pakai sisa semalam)
  9. Kerupuk
  10. Bawang merah goreng
  11. Daun seledri
  12. Cakue(saya beli jadi), telur rebus,kacang goreng (optional)
  13. Bahan kuah kuning :
  14. 1 siung bawang putih
  15. 2 siung bawang merah
  16. 1/2 buah kemiri
  17. 1/4 sdt kunyit bubuk
  18. 1/4 sdt ketumbar bubuk
  19. 1 lembar daun salam
  20. 1 lembar daun jeruk
  21. 1 cm jahe digeprek
  22. 1 cm lengkuas digeprek
  23. Secukupnya garam dan gula
  24. 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  25. (Resep asli menggunakan kaldu ayam yang direbus)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ayam sisa nasi semalam

1
Membuat bubur. Siapkan nasi sisa kemarin. Lalu rebus air sampai mendidih. Jika sudah, masukkan nasi lalu aduk-aduk sampai mengental. Lalu masukkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk-aduk lagi sampai air menyusut. Kelembekan bubur sesuai selera masing-masing. Jika sudah, matikan kompor.
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 1
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 1
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 1
2
Membuat kuah kuning. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan ketumbar. Jika sudah tumis sampai matang. Setelah itu tambahkan lengkuas, jahe, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan air. Beri garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Koreksi rasa. Masak sampai rasanya pas dan kuah agak berminyak. (Jika ayam masih mentah, bisa dimasak bersama kuah kuning. Supaya kuah lebih gurih. Baru kemudian ayam digoreng)
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 2
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 2
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 2
3
Sajikan bubur dengan ayam goreng yang telah disuwir, daun seledri dan kerupuk. Beri cakue, kacang tanah goreng, dan telur rebus (jika ada). Guyur dengan kuah kuning, sambal, kecap asin, atau kecap manis (sesuai selera). Semoga bermanfaat :)
Bubur ayam sisa nasi semalam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur MPASI 6+ ayam kampung

Bubur MPASI 6+ ayam kampung

Ini hari pertama anak ku mulai makan. Dan aku pakai menu 4 bintang ya mom. Semoga bisa menginspirasi 🤗

3 porsi
20 mwmit
Bubur Maizena Pisang

Bubur Maizena Pisang

Punya stok pisang uli, tadinya pengen dibikin kolak, eh hasil akhirnya kental banget. Karena menggunakan tepung maizena. Disini tepung sagu atau tapioka jarang banget di jual eceran di warung. Harus ke pasar dan kiloan jualnya. Jadi kadang suka mikir, sayang kalo beli kiloan tapi hanya sesekali dipake. Heheheh... Rasanya manis banget, untuk takaran gula pasirnya bisa dikurangi kok. Dan saya ga pakai santan untuk toppingnya. #GoldenApronSeason2 #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity_bekasi

4-5 porsi
Bubur ayam

Bubur ayam

Kangen bubur ayam yang satu ini .Dulu sering beli waktu di bogor .#PejuangGoldenApron3

8 porsi
BUBUR AYAM ENAK dan SEDERHANA

BUBUR AYAM ENAK dan SEDERHANA

Untuk bumbu tumisnya biar ga ribet boleh beli yang udah jadi dipasar, aku biasanya kalo males bikin bumbu paling beli aja dgn harga 3000 udah cukup untuk 2-3 porsi.

2-3 porsi
Bubur Susu

Bubur Susu

Tanpa Tepung Beras • Mpasi 5+ • #MpasiArjuna #Mpasi5+ #Mpasipuree #MpasiBuburSusu #MpasiPagi #MpasiSore

Bubur ayam tanpa ayam

Bubur ayam tanpa ayam

Pas lagi pingin banget bubur ayam, tapi cuma punya bahan seadanya di kulkas. Alias ga punya ayam.

Bubur (manado) nasi sisa seadanya

Bubur (manado) nasi sisa seadanya

Kegabutan di kala WFH, jadi lebih sering experimen di dapur, sebelum eksekusi ini, sudah beberapa kali lihat postingan di ig olahan dr nasi sisa, salah satu nya di bikin bubur. Alhamdulillah beberapa kali bikin selalu habis.

2 orang
10 menit
Bubur MPASI 6+| potato meat with cheese

Bubur MPASI 6+| potato meat with cheese

MasyaAllah TabarakAllah... anakku makannya lahap. Lgsg habis. Semoga menginspirasi ya bunda 💕

Bubur Ayam Oatmeal

Bubur Ayam Oatmeal

Bubur ayam dari beras itu mah biasa, tapi bubur ayam dari oatmeal itu baru luar biasa 😀 kaya akan serat dan ga kalah enak dgn bubur nasi. Banyak kreasi bubur bisa kita buat dgn nya, salah satunya yg saya buat ini. Cocok lho utk menu diet #PejuangGoldenApron2

untuk 1 porsi
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Alhamdulilah nih enak bgt gurih kentel bikin'a juga gak pake ribet gak pake lama sekejap mata 😂😋 ya gimana gak bikin jam 16:30 sore eh jam 17:00 udah mulai mau makan yaiyalah gimana ga cepet cakwe'a beli jadi sepotong paha ayam beli di abang2 pecel lele .. Source : Nana Hanif #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

2 porsi
Menu MPASI (Bubur Ayam Wortel)

Menu MPASI (Bubur Ayam Wortel)

Beberapa hari si bocil lagi males makan nasi karena sedikit flu, dan coba bikin buryam barangkali lagi pingin turun tekstur. Alhamdulillah si bocil doyan dan lahap

Bubur nasi mpasi

Bubur nasi mpasi

MPASI 10 bulan

1 porsi
20 menit
Bubur ayam magicom

Bubur ayam magicom

Edisi #dirumahaja pengen makan bubur ayam buat sarapan tapi takut keluar rumah, alhasil coba bikin sendiri pake magic com karna males ngaduk2 kalo bikin di panci. Alhamdulillah jadi sama kaya di kang bubur ayam depan komplek ga kalah enaknya 😋

3-4 porsi
Bubur Sagu Pandan

Bubur Sagu Pandan

Minggu ke-12 (23 Agustus 2020) Resep ke-53 Di dalam lemari masih punya stok sagu mutiara 1 bungkus utuh. Pengen dibuat yg seger2, wangi dan manis gt. Kebetulan punya endapan pandan+suji homemade. Source: Ika Sulistianingsih #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bandung #cocomba #authorsbandunghebring #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_id #cookpad_id #BandungArisanRecook4_IkaSulistianingsih #BanggaKirimRecook

Bubur kacang ijo gula kelapa

Bubur kacang ijo gula kelapa

dari kecil saya suka dengan bubur kacang ijo murah meriah tpi bergizi biasanya klo bikin bubur saya suka yg agak encer kuahnya #kapsulajaib

Bubur Tinutuan MANJA (Manado Jawa)

Bubur Tinutuan MANJA (Manado Jawa)

Gimana ceritanya bubur kok Manja? Ini nih...Bubur Manado kekinian...buatan orang yang lahir dan besar di daerah Jawa Tengah namun mempunyai banyak sahabat orang Manado sehingga kalau masak bubur, jadinya Bubur Manado khas Jawa 😊. Di daerah Jawa Tengah kalau masak bubur pakai daun Salam...pasti deh wangi sekali buburnya. Sementara kalau di Manado, wanginya si bubur adalah karena sereh. Bubur Manado juga menggunakan labu parang sehingga warnanya agak oranye-oranye begitu. Jadilah karena yang sering minta dimasakin bubur adalah suamiku yang sukanya pakai daun salam plus pakai kaldu ayam kampung...jadinya bubur Manado resep andalan keluarga kami ya pakai daun salam, kaldu ayam, dan sereh! Mantul banget deh pokoknya apalagi kalau dimakan bersama sambal ikan Roa. Oya, kalau masak bubur, aku biasanya pakai rice cooker biar buburnya lembut dan tidak perlu ditungguin. Cocok untuk semua anggota keluarga, dari yang balita sampai yang tua. Dan keuntungan makan bubur gaya ini adalah ada sayurnya jadi lebih sehat kan. Selamat mencoba ya teman-teman.

5 porsi
Mpasi 6m+ Bubur Ikan Tongkol

Mpasi 6m+ Bubur Ikan Tongkol

Saranku, jika bayi bunda memiliki riwayat alergi, sebaiknya berikan diusia 7-8 bulan ya bunda. Karena ikan ikanan dan telur berpotensi menyebabkan alergi.

6 porsi
42. MPASI 6 bulan - bubur ayam bayam

42. MPASI 6 bulan - bubur ayam bayam

Resep mpasi mudah untuk anak 6bulan menggunakan resep keluarga

2x makan @120ml