Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur suro yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 29, 2018

Bubur suro

Bagaimana membuat Bubur suro yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur suro yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur suro, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur suro ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bubur suro sekitar 15 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur suro sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur suro memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kata ibu, org dlu2 suka bikin bubur beras yg ditaburi ebi goreng trus dibagiin ke tetangga2 kalo pas bulan suro atau bulan muharam. Ntah filosofinya gmn, itu udah jd tradisi keluargaku sbg org jawa. Buat bunda, mbak2, n om2 klo pgn nyoba nggih monggo.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur suro:

  1. 500 gr beras
  2. 200 gr beras ketan
  3. 1/2 butir kelapa tua untuk santan
  4. 1/4 butir kelapa muda iris tipis2 bentuk kotak(bukan degan lho ya)
  5. secukupnya garam
  6. 3 lembar daun pandan
  7. secukupnya air
  8. 150 gr kacang tanah goreng
  9. segenggam ebi goreng
  10. 4 buah cabe merah potong serong goreng
  11. secukupnya bawang goreng
  12. 3 butir telur dadar tipis,gulung dan potong2

Langkah-langkah untuk membuat Bubur suro

1
Cuci bersih beras+beras ketan kemudian rendam 1jam. Tanpa direndam jg gpp.
2
Masak beras dg pandan hingga jadi bubur. Masukkan potongan kelapa muda,aduk rata. Baru masukkan santan aduk2. Beri garam, aduk hingga meletup-letup. Tes rasa, sbelum diangkat.
3
Siapkan untuk taburan. Goreng kacang dulu. Kemudian bwg yg tlah diiris tipis dan goreng. Lalu ebi ambil segenggam atau lebih,masukkan ke dlm minyak panas,lalu langsung angkat.goreng cabe merah yg udah dipotong serong,masak hingga agak layu.
4
Kocok telur dg sedikit garam. Buat dadar tipis. Matang langsung gulung dan diiris.
5
Setelah semua selesai, tata di atas piring. Bubur beras ditaburi ebi goreng, kcang goreng, bwg goreng, cabe goreng dan diberi irisan telur. Siap dihidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Hijau Susu (metode 5.30.7)

Bubur Kacang Hijau Susu (metode 5.30.7)

Selalu suka dengan metode 5.30.7 #cookpadcommunity_depok #kreasidepok_dikacangin #pekanposbar

3 orang lebih
45 menit
Bubur ayam

Bubur ayam

Ngidam sarapan buryam. Tapi ga ada yg jual. Buka cookpad, bikin sendiri aja Sc : Murni Bunda Pure's Dengan beberapa penyesuaian #GA_thenextlevel #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_gresik

3 porsi
Bubur kacang hijau jahe

Bubur kacang hijau jahe

Dapet oleh oleh yang mudik ada kacang hijau dan jahe. Asli ni dari kebun si mbah buyut jahe dab cang ijonya. Eksekusi bikin burjo.

10 mangkuk
1 jam
Bubur kacang hijau ala abang abang

Bubur kacang hijau ala abang abang

Udah lama nih pengen masak bubur kacang hijau yang kayak bubur yang dijual abang abang keliling pakai gerobak, pas mbk sella posting jadi langsung cooksnap. Dengan cara masak metode 5:30:7, jadi hemat gas, waktu dan hasilnya bener empuk, rasa juga mirip dengan yang aslinya, enak, lebih bersih, dan bergizi karena buatan sendiri. Alasan lain sih lebih hemat, xixixi, yuk dicoba. Sumber : @pre_sella #TiketGoldenBatikApron #GoDa_Sukamin3 #GoDa_Paders #GoDaPaders_2022 #Cookpad_Paders #KomunitasPaders #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Bubur Kacang Ijo khas Madura

Bubur Kacang Ijo khas Madura

Sarapan hari ini.. MaasyaAllah.. ❀ Recook: mbak Puri pawon dengan penyesuaian selera dirumah πŸ₯£

Bubur Ayam sederhana

Bubur Ayam sederhana

Buat yg baru nikah dan buat belajar masak. Yuk belajar sama-sama

.πŸ˜‚πŸ˜‚
Bubur Salmon Labu Siam MPASI

Bubur Salmon Labu Siam MPASI

Anakku suka sekali salmon.. Lahap sekali kalo menunya sama salmon tuh 😍

1 porsi
30 menit
Bubur Nasi + sawi+ kacang merah

Bubur Nasi + sawi+ kacang merah

2 porsi pagi dan sore
Bubur ceker ayam ala anak kosan

Bubur ceker ayam ala anak kosan

Habis berasπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ beras terakhir

Wedang Kacang / Bubur Kacang Tanah

Wedang Kacang / Bubur Kacang Tanah

Kesukaan suami. Yammmmieeee to the max!

3porsi
porridge with peas and corn

porridge with peas and corn

bubur ini tampak sederhana , tapi rasa dan aromanya lezat untuk disantap sebagai menu sarapan dipagi hari,. awali harimu dengan mengkomsumsi makanan yang sehay dan bergizi .

5 porsi
45 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Ini bubur persi keluargaku ya..santannya agak kental dan sudah pasti enakπŸ˜ŠπŸ˜‰ #cabeku #bamasakjosantan #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Bubur Tepung Pisang Kacang Hijau (MPASI 6 bulan)

Bubur Tepung Pisang Kacang Hijau (MPASI 6 bulan)

Kehabisan bahan baku segar dan belum sempet belanja lagi. Tapi masih ada stok tepung-tepungan dari Lingkar Organik. Kreasi seadanya tapi anakku mangap-mangap aja πŸ˜‚ Rasanya agak pahit sedikit, makanya ditambah gula sedikiiit aja.

5-6 cube
1 jam
Bubur Duren

Bubur Duren

:)berhubung misua kemaren sore beli duren..jadi kepikiran deh buat bubur duren,kebetulan ada sisa stok kacang hijau cuuuus lgsg kta eksekusi:D #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Bubur kacang hijau bubur ketan hitam

Bubur kacang hijau bubur ketan hitam

How you like your burcang? Bubur kacang ijo aja atau campur bubur ketan hitam? Tambah santan ga? Served hot or cold? πŸ™‚ Resep ini sudah di acc ma anak" dan suami, cocok sama selera mereka.. Selamat mencoba.. πŸ˜‰

6-7 porsi
Bubur Ayam (Dari Sisa Nasi)

Bubur Ayam (Dari Sisa Nasi)

Memanfaatkan sisa nasi kemarin.Saya kalo buat bubur jarang dari beras, karena lama matengnya. Saya buatnya dari nasi aja. Seringnya nasi sisa kemarin. Atau kemarin sengaja masak agak banyakan, sisanya di buat bubur besoknya. Saya dan suami suka sekali bubur ayam. Tiap pulang olahraga seringnya makan bubur ayam. Sekali2 bikin di rumah, apalagi kalo musim hujan males keluar rumah. Tulang sisa membuat kaldunya jangan di buang. Bisa di buat seblak tulang😁. Resep Seblak Tulangnya udah di uploadπŸ˜‰

3-4 porsi