Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Ayam Rumahan yang Anti Gagal

Dipos pada January 16, 2019

Bubur Ayam Rumahan

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Ayam Rumahan yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Ayam Rumahan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Ayam Rumahan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Ayam Rumahan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Ayam Rumahan sekitar 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Rumahan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Rumahan memakai 15 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tanpa santen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Rumahan:

  1. 1/2 liter beras
  2. 1/4 kg ayam sayur
  3. 4 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 ruas kunyit
  6. 6 lembar daun salam
  7. Garam dan gula
  8. secukupnya Minyak goreng
  9. Bahan pelengkap
  10. Bawang goreng
  11. Kerupuk udang
  12. Kacang goreng
  13. Seledri, cincang halus
  14. Kecap
  15. Cabe rebus, haluskan untuk sambal

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Rumahan

1
Rebus ayam yang sudah dibaluri garam. Setelah matang, tiriskan ayam.
2
Gunakan sebagian air rebusan ayam untuk menanak nasi (kira-kira 1½ liter). Tambahkan 4 lembar daun salam, aduk hingga teksturnya menjadi bubur.
3
Gunakan sisa air rebusan ayam untuk membuat kuah bubur. Tambahkan 2 potong ayam yang banyak tulangnya, kunyit yang sudah dihaluskan dan 2 lembar daun salam.
4
Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis ke dalam kuah bubur (untuk menambah rasa gurih, masukkan 2 sendok minyak goreng sisa menumis). Lalu Tambahkan garam dan gula secukupnya.
5
Tunggu sampai kuah mendidih dan berwarna kuning kecoklatan.
6
Goreng ayam hingga berwarna kecoklatan, suwir tipis-tipis.
7
Racik bubur ayam sebagai berikut: tuang bubur ke dalam mangkuk, letakan ayam suwir di atasnya, siram dengan kuah, masukkan semua pelengkap.
8
Bubur Ayam siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

Awalnya maunya buat bubur kacang ijo yg ala abang madura itu tapi apa daya sama ibu direndam jadi 1 antara ketan & kacang ijonya yaudah jadilah masak bubur kacang ijo ketan hitam😂 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Solo

15 porsi
1jam
Bubur ayam oriental

Bubur ayam oriental

Jahe jangan di skip ya..

Tumis Tahu untuk Toping Bubur

Tumis Tahu untuk Toping Bubur

masih dalam rangka bebersih kulkas, ada tahu kuning dan sedikit sayuran. karena besok jadwal restock kulkas jadi hari ini kita kuras habis dulu bahan² masakannya. sarapan pagi ini pasukan request bubur. oke kita bikin aja yg praktis. nasi semalam masih banyak di rice cooker, tinggal tambah air yg banyak, kasih daun salam dan sedikit garam kita masak lagi di rice cooker sampai jadi bubur. nah untuk topingnya gak usah bikin yg ribet². tinggal biikin tumisan tahu ini, pasukan di rumah udah rebutan deh makan buburnya. 😘😍 kalo lagi komplit sih bisa ditambah daging ayam suir dan ati ampela goreng. 😉 kalo kurang asin tinggal tambah kecap asin. nah untuk sambelnya tinggal kasih togarashi aja, resepnya sudah saya bagikan ☺ #berburucelemekemas #resolusi2019

Bubur Kuah Soto slowcooker (Mpasi 7mo)

Bubur Kuah Soto slowcooker (Mpasi 7mo)

Bikin variasi aja sih biar si adek kenal aneka rasa / aroma bumbu masakan. Sayurannya pake stok yang ada di kulkas bisa diganti sesukanya. Aromanya sedep banget. Tentunya masih tanpa gula garam yaa..

Bubur ayam brokoli MPASI 9 bulan

Bubur ayam brokoli MPASI 9 bulan

Anakku masih suka makanan lunak. Efek si gigi mau muncul lagi. Jadi kita buat bubur ayam lagi deh, kali ini pakai sayur brokoli & ayam cincang nya ditabur saat mau makan. Jangan lupa sama lemak tambahannya ya karena kita masih program boost BB.. hehee

3-4 porsi
Mpasi 4**** baby febrian : nasi bubur ati yampung & daging sapi

Mpasi 4**** baby febrian : nasi bubur ati yampung & daging sapi

Pertama kali baby febrian makan daging sapi giling. Reaksinya tnyt doyan n lahap juga

Tinutuan a.k.a bubur manado

Tinutuan a.k.a bubur manado

Makanan sehat, bergizi karena banyak sayurannya

Mpasi 6bulan bubur bayam+wortel+telur puyuh+tempe

Mpasi 6bulan bubur bayam+wortel+telur puyuh+tempe

Pertama kalinya coba masukin bayam. Semoga anak suka😍

Pake slow cooker 2jam
Bubur Manado

Bubur Manado

#PejuangGoldenApron3

5 porsi
Bubur putih/sumsum

Bubur putih/sumsum

Masak praktis

Bubur Ayam Praktis

Bubur Ayam Praktis

Ada nasi sisa semalam dan masih bagus, saya olah jadi bubur ayam seperti ini ya bun. Kadang kalo dijadikan nasi goreng terus, anak-anak bosan🤭. Buburnya dimakan pakai abon saja juga sudah mantap loo☺️

4-5 porsi
Bubur Ayam Tauge (MPASI 4 Bintang 6 Month+)

Bubur Ayam Tauge (MPASI 4 Bintang 6 Month+)

MPASI Khadijah 15 Oktober 2019 😇 Menu makan : pagi dan sore

Bubur kentang ayam keju - Mpasi 8 mo+

Bubur kentang ayam keju - Mpasi 8 mo+

Mencoba masak dengan panci di kompor hasilnya sama dengan di slow cooker atau tidak

2 porsi
Bubur Nasi Daging Sapi 🥩#MPASI6+

Bubur Nasi Daging Sapi 🥩#MPASI6+

22/11/2019 Baby saya usia 6 bulan 12 hari. Alhamdulillah setelah lolos tes protein hewani ayam, skr masuk ke periode tes alergi protein hewani daging sapi. Selama 4 hari kedepan. Ini menu ke-4 masih dengan menu tunggal. Sempet dapet masukan, kl orang tua ga ada riwayat alergi, biasanya anak pun ga akan alergi. Tapi ga ada salahnya mencoba kannn 😉 Alhamdulillah si baby makannya lahap. Enak buburnya gurih krn kaldu daging sapi 😍 #MPASI #BuburNasiDagingSapi #CookpadCommunityPontianak

2 porsi
Bubur Oat Kuah Soto

Bubur Oat Kuah Soto

Praktis.. karena tinggal siram kuah ke oatnya.. dan kuahnya itu ayamnya tdk usah disuwir.. #SiapRamadan #SayangAnak #cookpadcommunity_Jayapura

4 porsi
Bubur Jali Jagung Manis

Bubur Jali Jagung Manis

Sebenarnya aku kurang menyukai jali jali.. tapi setelah mendapatkan resep dr cookpad Misele Angie, so aku mencoba membuatnya tapi aku modif dengan tambahan penggunaan gula kundur dan mengurangi susu kental manis.. setelah matang dan dingin, ternyata rasanya cocok sekali dgn seleraku.. ga terlalu manis tapi dapat gurihnya and lumayan mengenyangkan juga..

Pure bubur beras + asip

Pure bubur beras + asip

Mpasi tunggal ( pagi )

untuk 1 porsi
Bubur Cangjo Nangka Kolangkaling

Bubur Cangjo Nangka Kolangkaling

Masih punya kolang kaling dan nangka. Campur aja ... #MomenManis #cookpadcommunity_Jayapura

Bubur pati dg pengganti santan

Bubur pati dg pengganti santan

Kangen bubur ini... Dl yg sring bkinin mendiang 💖mamiquhh💖... Pake nya santan biasa. Klo aku pake pengganti santan... (jd kangen...😭)

6 porsi
Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

Kebetulan ini menu kesukaan si sulung aku,semenjak pandemi udah jarang beli buryam diluar jadi bikin sendiri.bikin buburnya recook resepnya smart mama vlog asli menghemat waktu banget.oya masak kuahnya gak pakai bawang merah ya jadi pengganti bawang merah dikasih taburan bawang goreng aja

4 orang