Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Briyani Ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 10, 2021

Nasi Briyani Ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Nasi Briyani Ayam yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Nasi Briyani Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Nasi Briyani Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Nasi Briyani Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Briyani Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Briyani Ayam memakai 30 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pada dasarnya suami dan anak2 suka sekali nasi briyani. Kebetulan di rmh lagi punya stok bawang bombay banyak, di tengah2 harga bombay yg fantastik, sy dpt harga miring, karenanya beli banyak. Jadilah cari2 resep nasi briyani yg pakai bombay merah yang disesuaikan lagi dengan selera kami.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Briyani Ayam:

  1. 1 ekor ayam (saya gunakan 1/2 ekor yg besar)
  2. 1 kg beras basmati
  3. 11 siung bawang putih
  4. 1/2 bawang bombay merah
  5. 2 batang sereh
  6. 2 batang kayu manis
  7. 3 cm kunyit
  8. 4 cm jahe
  9. 1 sdt merica
  10. 1/2 sdt jintan
  11. 1 sdm ketumbar
  12. 2 cm lengkoas
  13. 7 butir kapulaga
  14. 1/4 biji pala
  15. 1 buah bunga lawang
  16. 5 butir cengkeh
  17. 4 butir kurma
  18. 3 buah cabe hijau
  19. 3 sdm minyak samin utk menumis
  20. 1 sdt saffron
  21. 1 jeruk lemon
  22. Secukupnya garam dan gula
  23. Secukupnya air
  24. Bahan untuk acar
  25. 1/2 bawang bombay merah
  26. 1 buah timun
  27. 1 buah tomat
  28. 1 sdm gula
  29. 1 sdt garam
  30. 1 jeruk lemon

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Briyani Ayam

1
Siapkan bahan bahan yang diperlukan. Sementara lumuri ayam dengan garam dan jeruk lemon. Disini sy siapkan wortel tdnya utk acar, tp akhirnya tdk jadi sy pakai.
Nasi Briyani Ayam - Step 1
2
Cuci dan rendam beras basmati selama setengah jam, lalu tiriskan. Sementara itu cincang bawang bombay merah, sisakan setengahnya utk ditumis. Haluskan setengah bawang bombay td bersama bawang putih, kunyit, jahe, lengkoas, dan biji pala.
3
Tumis Bawang bombay sisanya, masukkan bumbu halus, merica, jinten dan ketumbar. Masukkan air, tambahkan sereh, kapulaga, bunga lawang dan kayu manis. Setelah mendidih, masukkan ayam.
Nasi Briyani Ayam - Step 3
4
Tambahkan sisa air, masukkan potongan cabe hijau dan tomat. Karena sy menumisnya di wajan, setelah sy beri air sy pindahkan ke panci yang bisa ditutup rapat agar memudahkan saat memasak nasinya nanti. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
Nasi Briyani Ayam - Step 4
5
Sementara menunggu ayam matang, iris bawang bombay merah, tomat dan timun yang dibuang tengahnya. Tambahkan gula, garam dan perasan lemon atau cuka. Diamkan dan simpan di kulkas.
Nasi Briyani Ayam - Step 5
6
Setelah matang, angkat ayam dan saring kuahnya. Kalo sy, cabe hijau dan tomatnya sy gunakan lg utk penataan nanti. Masukkan beras basmati yg sudah direndam dan ditiriskan tadi. Tutup rapat panci, masak dengan menggunakan api kecil.
Nasi Briyani Ayam - Step 6
7
Setelah panci mulai berasap, buka tutup panci, pastikan air sudah menyusut. Jika belum, tutup kembali panci tunggu beberapa saat. Matikan api, ambil bagian tengah nasi, buat sedikit lubang, masukkan saffron dan kurma yg dipotong2 tutup kembali lubangnya dan ratakan. Tutup panci, masak kembali dan tunggu beberapa saat. Setelah benar2 matang, matikan api, ambil dan pisahkan bagian tengah nasi yg berwarna kemerahan krn saffron td.
Nasi Briyani Ayam - Step 7
8
Pindahkan nasi briyani yg sudah matang tadi ke dalam wadah, taburkan dengan nasi yg kemerahan td di bebrapan tempat, campur dan ratakan atasnya saja. Untuk ayamnya, olesi dengan madu yg dicampur saos tomat, kemudian panggang sebentar. Nasi briyani ayam, siap dihidangkan.
Nasi Briyani Ayam - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jojongkong Simple

Jojongkong Simple

100 gr tepung beras
Mpasi snack oat mix fruit

Mpasi snack oat mix fruit

Yeayy.. baby oat ny sdh sampai ni mom.. waktu experimen..ini rasanya seger ya krn pake strawberry jadi agak asem gitu.. kl koms mau agak manis bisa pakai kurma y.. yu dcek resepnya

11 porsi
Mommy bento ballerina dori oat mayo madu

Mommy bento ballerina dori oat mayo madu

Resep dori oat mayo madu #PejuangGoldenApron2

Muffin 🍌Pisangku

Muffin 🍌Pisangku

Masih dlm rangka memanfaatkan hasil kebun ini,pengin bikin yg manis2 aj...yg gampil buat tmn anak2 bljr ,biar makin semangat ...siap menempuh ujian πŸ’ͺπŸ’ͺ Yuuuk...kita buruan k dapur πŸ˜€πŸ˜€

Vegan Nutella 🌱

Vegan Nutella 🌱

Nutella itu coklat yg enak banget disajikan sama apa aja, tapi karna aku sedang belajar untuk mengurangi dairy product, yg mengandung gluten dan sebagainya, jadi ku buatlah resep nutella vegan ini yg rendah kalori dan rendah gula banget 😍

250 ml
15 menit
Sambal JSR (Jurus Sehat Rosulullah)

Sambal JSR (Jurus Sehat Rosulullah)

Simpel sehat

1 porsi
5 menit
Menu MPASI Day 61

Menu MPASI Day 61

Bismillah, masuk bulan ketiga MPASI. Alhamdulillah bulan kedua mpasi kmrn naik 600gr! Ditambah 7-10 hari terakhir bulan kedua bby VD mulai agak ogah & bosenan kalau makan. Alhasil bbrpa kali makan ga habis. Triknya, karna bby VD suka bgt buah, jd menu mpasi nya dibikin manis.

Menu JSR #7

Menu JSR #7

- 31.01.20 - Sebenarnya ini menu sarapan, cuma infused waternya diminum siang sebelum makan. Wedang kali ini bisa jadi pereda haid juga ya, rasanya manis2 ada asemnya dikit 😁 #PejuangGoldenApron2

1 porsi
Choco Almond Energy Ball 🌱

Choco Almond Energy Ball 🌱

Mau bikin cemilan sehat? Choco almond energy ball ini cocok banget dinikmati sebagai cemilan pas lagi nonton drama Korea atau abis olahraga. Yuk, dicoba!

18 balls
Kolak pisang non 4p (Pengawet Pemanis Pewarna Perasa)

Kolak pisang non 4p (Pengawet Pemanis Pewarna Perasa)

Buat anak penderita kanker tidak harus kehilangan makanan enak di menu sehari hari. Disini dalam tema #KapsulAjaib aku bagikan resep kudapan sehat yang bisa bunda jadikan inspirasi dirumah. Tidak lah sulit buat aku membuat menu untuk penderita kanker karena akupun pernah divonis ada benjolan dan pembesaran rahim dalam hitungan minggu. (Ga perlu aku jelaskan tapi pasti bunda2 tahu yang aku maksud) Pantangan banyak banget yang harus aku taati. Terutama 4P. Alhamdulillah dengan ijin Tuhan aku sembuh. Semangat,tulus,iklas,sabar dan sadar bahwa semua sudah digariskan. Tuhan yang memberi sakit dan Tuhan pula yang akan mengangkat sakitnya. Semangatnya bunda adalah inspirasi buat anak untuk melalui hari hari nya dengan ceria. Ok bunda semangat dan jangan lupakan doaπŸ™ŒπŸ‘πŸ™πŸ™‡

5 -10 menit
Resep Oligospermia

Resep Oligospermia

Manfaat Meningkatkan produksi dan kualitas sperma Video dan resep lainnya ada Di instagram @sulistyowati_05 #PejuangGoldenApron2 #berburucelemekemas

Sarapan sehat, JSR

Sarapan sehat, JSR

Msh mengikuti kajian dr Zaidul Akbar, beliau mengajarkan menu sarapan sehat dgn infuse water ( kali ini dr rimpang) & tempe mentah.

Klappertaart no bake

Klappertaart no bake

#Pekan_Manado #Cookpadcommunity_cirebon #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #pekaninspirasi Post lagi resep challange, awalnya bingung mau bikin apa secara jarang makan makanan manado, tapi keingetan ini terus yaudah eksekusi lah. Aku ga punya oven di kosan, akhirnya cari resep #klappertaart ternyata ada yang versi no bake dan kukus. Siip. Aku pakai resepnya dari by May kitchen tapi ga aku kukus lagi setelah dimasak. Langsung masuk kulkas aja. Enak banget pas dingin-dingin di cuaca nan panaas😁

6 cup (250 ml)
Kue lumpur labu kuning

Kue lumpur labu kuning

Hallo moms.. Masih edisi ngabisin sisa labu setelah kemarin bikin pie nih moms.. Wanginyaa bener2 sampe keluar rumahπŸ˜‚πŸ˜‚ cocok banget nih moms untuk menu takjil buka puasa.. oh iya untuk toppingnya aku kasih kurma yaa moms, bisa diganti sesuai selera yaa, bisa kismis, almond atau keju juga enak.. nah untuk cetakan aku ga punya cetakan khusus kue lumpur, aku pake teflon mini yg biasa buat bikin telor ceplok gitu moms.. bikinnya gampang sekali no oven no mixer ya moms, aku hanya pake blender 🀣🀣 jgn lupa recook dan share ya moms.. Happy cooking πŸ₯°πŸ₯°

Susu Wijen Sehat Halal Organik, Sesame Raw Milk

Susu Wijen Sehat Halal Organik, Sesame Raw Milk

Susu wijen, atau sesame raw milk, apa iya biji wijen bisa dibuat susu? Manfaat wijen yang sangat baik untuk kesehatan tulang, yaitu membentuk jaringan tulang baru dan memperkuat tulang sehingga dapat membantu pencegahan penyakit osteoporosis, susu wijen yang juga baik diminum untuk merawat kecantikan, susu wijen yang juga bisa meningkatkan produksi asi atau air susu ibu dan mengurangi nyeri haid. #PejuangGoldenApron3

Quinoa choco - mpasi 12m

Quinoa choco - mpasi 12m

Pagi moms, kali ini saya akan share snack aka. Salah satu bahan utama yg saya pakai yaitu quinoa. Menurut jurnal yang saya baca Quinoa merupakan salah satu superfood yang lebih bagus dibanding oat loh moms. Oats aja udah super banget, nah ini lebih super lagi,didalamnya terdapat protein , karbo, kalori , lemak yg tinggi, dan limpahan fiber dan mineral yg bagus untuk kesehatan. Jika moms ingin tau detailnya bisa liat di fatsecret ya biasanya saya suka pakai Apps itu untuk menentukan resep harian keluarga apakah sudah memenuhi kalori dan gizi yg dibutuhkan. Kalau moms bingung resepnya, bisa dilihat di pinterest atau youtube ya moms. Nah ini salah satu resep yg saya buat untuk snacknya aka, rasa pahit dari quinoanya sendiri sudah tidak terasa hanya dia punya tekstur yg lebih padat dibanding tepung terigu. Lets cooking moms!

10 cookies
40 menit
Overnight Oat With Mango Yoghurt

Overnight Oat With Mango Yoghurt

Ikut meramaikan Tim DeGendhis FTC yang mengadakan challenge bebikin menu makanan, minuman sehat dengan salah satu / sebagian dari 10 bahan hasil tebak tebakan kata dalam rangka peringatan hari AIDS sedunia. Saya pilih oatmeal dan yoghurt yang dipadukan dengan buah naga,mangga, susu, selasih, kurma dan mint. Saya coba menjelaskan manfaat dari 1.Oatmeal : memberi antioksidan, meningkatkan insulin & mengurangi kadar gula darah, asupan vitamin & mineral, meningkatkan kadar kolesterol baik, melancarkan sistem pencernaan, membantu mengontrol berat badan, mengurangi risiko asma. 2.Yoghurt pun kurang lebih memiliki manfaat yang sama dengan oatmeal yaitu dapat menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan dan dapat memperkuat tulang. 3. Susu : menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, hari kamis lalu kita dapat sharing ilmu di wag ftc soal nilai gizi oleh mbak Tri Puji Lestari. Saya akan mencoba untuk belajar menghitung nilai gizi makro dari segelas overnight di resep saya yaitu dari oatmeal, yoghurt, susu uht, buah naga dan buah mangga. Total Energi : 584, 33 kkal Protein : 17, 6 g Lemak : 19,1 g Karbohidrat : 90,05 g Saya makan ini kisaran pukul 11 siang dan sampe pukul 4 sore perut masih terasa kenyang dan urusan ke belakang di esok paginya lancarrr 🀭 Source resep dari : Nur Azizah Prantoro #foodtographyclub_hariaids #PosbarMenuSehatHariAids #foodtographyclub #tim_DeGendhis #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3 minggu ke 27 resep ke 3

Peach gum dessert

Peach gum dessert

Sebenernya judulnya snowbird nest dessert. Cuma karena ga punya snowbird nest, judulnya disesuaikan πŸ˜†. Makan dessert ini bikin adem ya karena isinya juga banyak manfaatnya. Ada yang bilang peach gum bagus karena banyak mengandung collagen. Bahan-bahan lain selalu dipakai mama tapi biasanya dimakan terpisah. Seperti biji teratai direndam dengan gula batu untuk wanita bagus sekali untuk menghilangkan keputihan. Sehari cukup dimakan 2-3biji. Kalau kici atau goji berry bagus sekali untuk mata Source : lina gui #berburucelemekemas #resolusi2019 #onerecipeonetree #saturesepsatupohon #semuatentangibu #penyegartenggorokanibu