Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sambel Pecel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 28, 2019

Sambel Pecel

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Sambel Pecel yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Sambel Pecel yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sambel Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sambel Pecel bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Sambel Pecel diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Pecel memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini ditulis dalam rangka mengikuti challege #Cabeku biar enak kalau makan pecel #diKACANGinaja dan belajar bikinnya dari resep @mbak Iwik dan sedikit fersi saya, cara masaknya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Pecel:

  1. 250 gram kacang tanah
  2. Bahan bumbu
  3. 4 lombok keriting
  4. 1 bawang merah (skip)
  5. 4 bawang putih
  6. 3 cm kencur
  7. 2 keping gula jawa
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/2 sdt totole
  10. 5 daun jeruk purut, buang tulangnya

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Pecel

1
Siapkan kacang, goreng (yang mau disangrai juga lebih harum nantinya), lalu tumbuk n sisihkan. Yang mau praktis ya diblander juga boleh. (Saya pakai food prosesor).
Sambel Pecel - Step 1
Sambel Pecel - Step 1
2
Saat menyangrai atau memanggang kacang harus sering diaduk, dan pastikan gak gosong tapi juga harus matang sempurna. Karena tingkat kematangan kacang juga berpengaruh pada hasilnya.
Sambel Pecel - Step 2
3
Pisahkan kulit ari dengan kacangnya, buang kulit arinya. Dengan cara diremas. Nanti terpisah sendiri. Kalau saya pakai nyiru.
Sambel Pecel - Step 3
Sambel Pecel - Step 3
4
Siapkan bumbu. Goreng sebentar atau sangrai bawang putih, cabe, daun jeruk n kencur nya. Lalu tumbuk bersama dengan asam Jawa, garam n totole.
Sambel Pecel - Step 4
Sambel Pecel - Step 4
5
Setelah bumbu halus baru masukkan gula Jawa. Tumbuk kembali (sesi ini saya pakai food prosesor biar cepet) sampai tercampur rata. Masukkan gilingan kacang tanah tadi. Giling kembali sampai semua tercampur sempurna. Tes rasa. Jika sudah pas pindahkan kewadah.
Sambel Pecel - Step 5
Sambel Pecel - Step 5
6
Bumbu Pecel siap di pakai. Atau bisa juga disimpan untuk stok.
Sambel Pecel - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu pecel madiun daun jeruk

Bumbu pecel madiun daun jeruk

Lagi seneng bikin bumbu pecel madiun, bumbu terenak buat pendamping sarapan ku yang bikin nagih trus setiap hari. #rofif SQUad #AudisiDutaRecook

4 orang
1 jam
Pecel senggol'mbang turi'

Pecel senggol'mbang turi'

Pecel senggol ini berasal dari sebuah istilah atau julukan yang diberikan orang orang yang sering mengunjungi daerah pasar Beringharjo. Karena tempat nya yang berada diujung jalan pintu masuk pasar Beringharjo yang berada se belah kanan Kiri situasi ini lah yg menyebabkan para pembeli sering bersenggolan dengan orang yang lewat. Jadi dinamakan senggol. Dan yang membedakan dari yang lain yang menjadi khas nya' kembang turi'. Nah... Kebetulan pas ke warung nenek jualan kembang turi. Jadi kangen dengan pecel. Banyak kenangan dengan pecel. Sebagai menu favorite eyang uyut.tradisi lebaran harus ada menu itu. Apalagi gendar bikininan eyang. #JelajahResepNusantara #kulinersolo #kulinerdjogja #ngangenin #cookpadcomunity #JelajahResepKhasNusantara

6 orang
30 menit
Mie Bawang Pecel

Mie Bawang Pecel

Resep mie sederhana rendah lemak

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Source : #cicilia Ternyata bikin bumbu pecel itu tdk terlalu merepotkan dan kalau bikin sendiri bisa disesuaikan dg selera kita dari level pedas nya maupun rasa manis nya. Di resep ini kacang tanah nya tdk saya goreng dg minyak sayur tapi saya sangrai tanpa minyak, supaya lebih sehat dan mengurangi minyak. Boleh di coba lho bun 😊😍 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok #RecookDepok_LaukPaukTumpeng #TemanCode_Cicil

Pecel burung dara sambel kacang

Pecel burung dara sambel kacang

Janji teman yg berbulan-bulan mau bawain akhirnya terlaksanakan😊😊😊minta di bikinin pecel katanya🤭🤭🤭.

Nasi pecel

Nasi pecel

Makanan kampung satu ini d makan pake nasi enak ..d makan sayur sm bumbunya doang jg enak dan yg pasti sehat

Tahu Campur Sambel Pecel

Tahu Campur Sambel Pecel

#tahu #telur #sambalpecel

1 orang
15 menit
Bumbu Kacang Pecel Rumahan

Bumbu Kacang Pecel Rumahan

Karena punya kacang bawang masih banyak jd inisiatif dibuat bumbu pecel ternyata enak juga

4 Orang
1/2 Jam
Bumbu Pecel #homemade🍝

Bumbu Pecel #homemade🍝

Buat stok sahur lebih praktis gais.. Tinggal di kasih sayuran nya ajah..

Pecel Terong

Pecel Terong

Lagi males masak, tapi bosen makanan beli...pecel terong simple bangeeet...

2  orang
1 30 menit
Sambel pecel kacang tanah

Sambel pecel kacang tanah

Hari libur minggu, bikin sambel pecel disiang hari sambil nunggu anak pulang dari les😊

Pecel Goreng

Pecel Goreng

1 porsi
Pecel bumbu kacang

Pecel bumbu kacang

Menu paling praktis dan juga sehat

Pecel Special Supermi

Pecel Special Supermi

Di bulan Ramadhan kali ini mengharuskan kita semua #dirumahaja, membuat ibu harus lebih kreatif dong yaa dlm mengolah makanan utk keluarga tercinta. Jgn khawatir, dgn #supernyaakalramadan kita bisa membuat bahan yg sederhana menjadi hidangan yg istimewa, karna resepnya cepat, gampang dan hemat juga. Resep ini cocok untuk menu berbuka puasa yang udah mulai bosan, itu-ituuu aja. Tentu saja untuk resep saya ini bahannya yg sederhana dan buatnya juga cepat,misalnya pecel Supermi yg sy bikin ini, sayurannya bisa disesuaikan dgn stok dapur buibu semua.. Mau inspirasi olahan Supermi lainnya...? Yuk cek ignya @supermi.id 😍 Selamat berkreasi buibu...dan tetap semangat yaa😘😘😘

Sambel Pecel (kacang tanah)

Sambel Pecel (kacang tanah)

Kemarin bikin ini, untuk stok pas puasa gini biar cepet siapinnya, tinggal direbusin sayur aja, sama goreng tempe tahu. Dijamin segerrr enyakkk..

Sambel pecel

Sambel pecel

Sudah berkali-kali membuatnya, namun baru ini dalam porsi besar, biasanya hanya 1/4 kg kacang 😊, karena ini pesanan seseorang yang tinggal di Jakarta jadi buatnya banyak sekalian di simpan di akun CP ku. Rasa nya uenak, selera keluarga dan takaran bahannya juga pas. Trimakasih untuk @cook_2534108 Source : yNy https://cookpad.com/id/resep/540522-sambel-kacang-ala-ku?invite_token=qcWcTUobST5WvmGCHvKQyPCH&shared_at=1624709435 #CookpadCommunity_Surabaya #OlahanKacangSpesial

Pecel

Pecel

Sederhana aja kok dan gampang banget bikinnya. Tinggal gerus dan rebus sayur dah siap. Lumayan buat yg pingin ga banyak minyak. Lupa mau foto2. Jadi maap ya gaada fotonya.

4 porsi
Ga sampe sejam