Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Chicken Teriyaki yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada August 17, 2021

Chicken Teriyaki

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Chicken Teriyaki yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Chicken Teriyaki yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Chicken Teriyaki, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Chicken Teriyaki ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Chicken Teriyaki sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Chicken Teriyaki memakai 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Super simple, super enak. Newbies di dapur mari merapat :) Kali ini foto step by step nya komplit :D Ini masaknya buat buka puasa dan sahur besoknya juga. Praktis bgt. Source: YouTube channel CR COOK - dengan penyesuaian. Resep aslinya menggunakan daging Sapi yaitu resep Beef Teriyaki yg juga sukses menjadi hidangan spesial dirumah kala mengolah daging qurban tahun lalu. Karena punya fillet Ayam, tinggal diolah dengan bumbu dan metode yg sama. Susah nyari fillet ayam? Di fillet saja sendiri semampunya. Kalau ada sedikit tulang2 ikut, gak masalah ya. Tinggal ditambah lagi waktu memasak dengan kuahnya di step terakhir, agar matang sempurna. Buat newbies di dapur yg mungkin belum mengerti istilah fillet: Definisi sederhana Fillet adalah bagian daging yg sudah dipisahkan dari tulangnya. Yang mungkin masih asing dengan minyak wijen, saya membelinya ditempat biasa membeli aneka bahan dapur di pasar, hanya 11 atau 12rb saja untuk ukuran botol kaca kecil. Di step memasak saya sertakan fotonya. Selamat memasak semuanya :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chicken Teriyaki:

  1. 250 gram Ayam fillet
  2. Bahan Marinasi
  3. 1,5 sendok makan Kecap Asin
  4. 1,5 sendok makan Kecap Manis
  5. 1 sendok makan Saus Teriyaki
  6. 1,5 sendok makan Minyak Wijen
  7. 1 sendok teh Lada bubuk
  8. Garam
  9. Bahan Rajang
  10. 3 buah Bawang Putih ukuran besar - sesuaikan jumlah jika kecil
  11. 3 ruas jari Jahe
  12. Bahan Penutup
  13. 1/2 buah Bawang bombay, Iris cukup tebal

Langkah-langkah untuk membuat Chicken Teriyaki

1
Siapkan fillet Ayam. Saya mengiris dagingnya tipis menyerong.
Chicken Teriyaki - Step 1
2
Bumbu rajang yg digunakan.
Chicken Teriyaki - Step 2
Chicken Teriyaki - Step 2
3
Campur fillet dengan semua bumbu marinasi. Simpan dikulkas selama 1 jam. Saus teriyaki dan minyak wijen yg saya gunakan adalah seperti dibawah ini.
Chicken Teriyaki - Step 3
Chicken Teriyaki - Step 3
4
Setelah satu jam berlalu, tumis bahan rajang yaitu bawang putih dan jahe hingga wangi. Saya menunggu bawang putihnya agak kekuningan.
Chicken Teriyaki - Step 4
5
Masukkan fillet Ayam yg sudah dimarinasi, aduk rata dengan bumbu tumisannya. Di step ini saya kecilkan api kompor.
Chicken Teriyaki - Step 5
Chicken Teriyaki - Step 5
6
Setelah merata, besarkan api kompor dan mulai menumis sampai daging ayam berubah warna.
Chicken Teriyaki - Step 6
7
Tambahkan 1 sendok sayur air untuk membuat bumbu lebih meresap. Tambahkan sedikit lagi air jika filletnya masih agak bercampur dengan sedikit tulang. Kecilkan lagi api kompor.
Chicken Teriyaki - Step 7
8
Setelah kuah menyusut, tambahkan irisan bawang bombay, aduk sebentar lalu matikan kompor. Sebentar disini maksudnya benar2 sebentar ya. Asal sudah diaduk rata langsung matikan kompor. Kenapa? Karena bawang bombay akan kehilangan tekstur dengan cepat saat masuk kedalam tumisan. Sementara penyajian Beef maupu Chicken Teriyaki adalah bawang bombay yg masih fresh, tidak layu dan utuh.
Chicken Teriyaki - Step 8
9
Test rasa, tambahkan garam jika kurang asin. Done! Siap disajikan :)
Chicken Teriyaki - Step 9
Chicken Teriyaki - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Capcay komplit

Capcay komplit

Biasanya kalo sahur kami hanya bikin telur ceplok atau ikan sarden kalengan. Kali ini sengaja siapkan sayur yang sudah dipotong sorenya, dan pagi saat sahur tinggal cemplung. Bumbunya juga cuma bawang putih bawang merah dan cabe rawit. . . #GoDa_Parcel #GoyangDapurRamadan #Parsel_week1 #Parsel_VivinSugiana #komunitaspaders #cookpad_paders

Cumi Asin Lado Mudo, Ala Nonny

Cumi Asin Lado Mudo, Ala Nonny

Menu ini adalah Salah satu andalan untuk makan sahur di Ramadhan kemarin dirumahku,sekarang pas puasa Syawalpun anak2 minta menu ini.Tapi harus bikin sendiri karena yg biasa dijual pake PETE yg tdk disukai anak2ku,tapi yg ini selain sangat disukai juga sangat praktis tinggal di hangatkan dg Microwave beberapa detik, sudah bisa nenghabiskan nasi deh... Menu ini juga di hari2 biasa aku simpan sbg stock lauk, bila tiba2 ada jadwal mendadak full atau macet dijalan,andalan banget ini dirumahku, selain shrimp roll, hekeng & ekado ๐Ÿ˜ #pejuanggoldenapron3 #goldenapron3 #week 52 #CookpadCommunity_Jakarta

Sayur Bening Oyong

Sayur Bening Oyong

Sayur ini masaknya cepet dan seger banget. Cocok buat sahur kalau suka berkuah. #TiketGoldenBatikApron

2 orang
30 menit
Pindang Ikan Patin

Pindang Ikan Patin

habis tarawih pergi ke pasar,lagi pegen makan ikan,iya udh beli ikan patin pdahal Masak buat nanti SAHUR ๐Ÿ˜… Nanti bisa di panaskan lagi klo mau buat sahur,selamat memcoba.๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜‰

[33] Rawon Sapi Kuah Kuning

[33] Rawon Sapi Kuah Kuning

Berhubung #DiRumahAja selama covid-19, dan baru menjadi seorang istri. Jadi, tiap hari belajar untuk masak buat suami, dan berusaha untuk selalu beda-beda menu tiap harinya. Kali ini mau coba recook resep dari Mba #TantiUlanSari untuk menu sahur hari ini, dan alhamdulillah berhasil๐Ÿ˜† Dan, sekalian ikutan challenge community cookpad tangerang๐Ÿ‘Œ #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #SilaturahmiRecook #CocomtangPost #CocomtangPost_WarnaKuning #CookpadCommunity_Tangerang

Sup Merah Ala Rumahan

Sup Merah Ala Rumahan

Assalamu'alaikum.... Variasi menu kuah bening kali ini berbahan dasar tomat, rasanya ringan dan menyegarkan cocok untuk menu sahur...pilihan isian boleh disesuaikan selera ya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ #TiketMasukGoldenApron3

3-4 porsi
30 menit
Kering Tempe

Kering Tempe

Biar pas sahur tinggal makan aja... ๐Ÿ˜… Pokoknya suka yang simpel2 aja... Semoga bermanfaat ๐Ÿฅฐ #PejuangGoldenApron3

sekeluarga
Rujak kangkung instan

Rujak kangkung instan

Rujak kangkung buat sahur...karena bosen dengan tumis2 jd dbkin rujak aja ni Bun...

untuk 2 porsi
Suir tuna kemangi

Suir tuna kemangi

Pagi.. ๐ŸŒน Slmt sahur... #cookpadcommunity_jakarta

Tumis Nugget Sosis Pedas Manis

Tumis Nugget Sosis Pedas Manis

Kemarin kan lagi buat Nugget, emang niat nyetok buat kalo lagi sahur atau buka, tinggal goreng aja. Tapi kok kalo digoreng aja lama-lama bosen ya.. gimana ya biar gak bosen, jadinya kumasak tumis aja hihi..

Pepes Udang Kelapa

Pepes Udang Kelapa

๐ŸŒฟDari kebun : daun rosella, daun jeruk, daun salam๐ŸŒฟ Pas lagi lihat buku resep warisan mama, langsung tertarik dengan resep ini. Beberapa bahan ada yang aku tambahkan biar lebih enak, dan belimbing wuluh aku ganti dengan daun rosella. Jadi kalau gak ada daun rosella bisa pakai belimbing wuluh/tomat ya mak, sbg acidity nya. Seriossss, inih mah bikin kalap makannya, cocok utk berbuka puasa ataupun sahur ๐Ÿ‘Œ๐Ÿคค *Resep ini bikinnya kemaren, jd udah tau rasanya pas nulis resep inih ๐Ÿคญ

Ceker kuah lapindo

Ceker kuah lapindo

Lagi pengen yg pedes" bikin aja ceker kuah lapindo.. pedesnya mantap nampol banget๐Ÿ‘Œ resep sederhana kreasi sendiri dengan bahan seadanya non MSG tentunya.. menu yg cocok banget untuk buka puasa/sahur ya mom๐Ÿฅฐ Silahkan buat yg mau mencoba resepnya ๐Ÿ˜ #Dirumahaja #berkreasididapur

1 porsi
Ikan Cue Kecap Pedas

Ikan Cue Kecap Pedas

Masakan favorite di rumah yang simpel untuk berbuka puasa dan saat sahur bersama keluarga tercinta... โ˜บ๏ธ

Iga saus bolognese

Iga saus bolognese

Santapan sahur

1 porsi
15-20menit
Sayur bening labu siam rebus

Sayur bening labu siam rebus

Masakan tempo dulu, .... selain mudah bikinnya, juga kaya manpaatnya .....ibu suka bilang klo di masak seperti itu di saat sahur pagi harinya, perut terasa nyaman .

Ayam kuah segar

Ayam kuah segar

Bosen kan masak ayam dengan resep yang itu2 aja. Dengan ini masak ayam jadi lebih bervariasi dan di jamin kuahnya segar. cocok untuk menu sahur.

3-4 porsi
30 menit
Ungkepan Ayam

Ungkepan Ayam

Ini menu wajib yang ada di kulkas kalau sewaktu waktu kepengen. Apalagi pas bgt untuk sahur , tinggal goreng simple dan praktis. Pokoe Nikmeh !!!

8 porsi
Bihun Goreng

Bihun Goreng

Bingung mau sahur pakai apa...di dapur ada bihun...kita buat bihun goreng dechhhh...

Sambal Embe Khas Bali

Sambal Embe Khas Bali

Bismillahirrahmanirrahim.... #Rekreasi_Bali Makan emang kurang lengkap kalau ga ada pedas-pedasnya, ini hasil jalan-jalan ke Pulau Dewata saya hari ini, mampir ke dapur ibu #NiKetutSuriasih liat sambel Embenya jadi ngiler deh, cuus ah bikin.... Sambal Embe ini saya tambahkan udang rebon yang di goreng garing, kebetulan ada stok udang rebon, kiriman dari tambak udang kemaren. Jumlah cabenya menyesuaikan ya, kalau warga saya emang suka yang pedas-pedas ๐Ÿคญ sambal embe ini nikmat dimakan dengan nasi panas, sangat cocok buat stok di meja makan buat tambahan lauk atau saat kepepet laper tapi belom sempat masak serta lauk untuk sahur puasa Ramadhan atau puasa sunah.......hhhhmmm yummy ๐Ÿ˜‹ Yuuuk intip resepnya ๐Ÿ’• Cooksnap by @Lenny_141705 Source @jro_candra Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/3186560-sambel-embe-khas-bali?invite_token=Crbekz6a3mRWGsHwgxynZ9Sd&shared_at=1633591420 . . . . . #MasakanBundaPashalenko #Rekreasi_Bali #SambalEmbeKhasBali #MasakItuSaya #PekanPosbar #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Karage saus madu

Karage saus madu

Bosen makan karage polos. Ini dia saatnya tantangan membuat bumbu. Bisa buat menu sahur nih! Praktis bikinnya, dijamin!