Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak Pisang yang Lezat Sekali

Dipos pada March 14, 2021

Kolak Pisang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kolak Pisang yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Kolak Pisang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak Pisang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak Pisang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Kolak Pisang adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Pisang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Pisang memakai 7 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gak lengkap rasanya buka puasa tanpa kolak. Ini kaya menu wajib banget buat nemenin iftar kita selama bulan Ramadhan. Gak ribet ko, cepet banget bikinnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Pisang:

  1. 4 sisir pisang kepok
  2. 1 buah ubi
  3. kolang-kaling
  4. gula merah
  5. santan
  6. pandan
  7. garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Pisang

1
Kupas ubi, cuci lalu potong dadu.
2
Bersihkan kolang-kaling.
3
Peras santan kental, lalu saring sembari masukkan ke dalam panci. (Lebih suka pake santan kelapa asli daripada santan instan).
4
Kemudian tambahkan 4 sisir gula merah (boleh tambahkan sedikit gula pasir). Untuk ukuran manis itu sesuai selera yaa. Lalu tambahkan garam (sedikit saja), dan daun pandan supaya aromanya wangi.
5
Aduk tunggu sampai mendidih, jangan biarkan santan pecah. Gunakan api sedang ya..
6
Setelah mendidih, masukan ubi kemudian kolang-kaling.
7
Tunggu sejenak sampai terlihat empuk. Ingat aduk terus supaya santan tidak pecah.
8
Setelah hampir terlihat empuk. Kemudian kupas pisang, potong serong (sesuai selera) lalu masukkan. Kenapa tidak dikupas pertama kali, ini untuk menghindari warna coklat pada pisang.
9
Jika semua sudah terlihat empuk dan matang kemudian matikan kompor.
10
Jadi dehhh, tuang ke dalam mangkok secukupnya, kolak pisang pun siap untuk teman buka puasa. 😍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

8. Kolak Durian

8. Kolak Durian

Buat kolak durian karena punya durian yang rasanya tidak begitu manis dan kurang cocok kalau dimakan begitu saja. Untuk kuah kolak durian, sengaja dibuat agak manis agar rasa manisnya tetap seimbang ketika kolak dimakan bersama ketan matang.

8-10 orang
1 jam
Kolak Ubi Kolang Kaling

Kolak Ubi Kolang Kaling

Lagi iseng coba olahan kolang kaling

6 porsi
Kolak pisang

Kolak pisang

#FestivalRamadanCookpad #SilaturahmiRecook #KeDapurAja. #MasakItuSaya #CookpadIndonesia Buat menu bukaan yg manis.Ada pisang lalu dibuat kolak pake resep bunda @Fitrisasmaya. Tapi tidak pakai ubi orange karena tidak ketemu di abang2 tukang sayur. Gula merahnya juga sedikit akhirnya ditambah gula pasir.

Kolak

Kolak

Panen pisang berbarengan dengan Ramadan, cocok dibuat kolak😍

5 porsi
30 menit
Simple... Kolak pisang tanduk

Simple... Kolak pisang tanduk

Pas ada stok pisang tanduk matang dirumah, mau yg anget2 tp berkuah trus ada santan dirumah. Pas banget deh pokoknya 😊 Bikinnya mudah bahannya pun sederhana dan hasilnya luar biasa.. Coba2 ikut kontes pisang gaul.. Bismillah #CABEKU #PisangGaul

1 porsi penuh
Kolak pisang santan

Kolak pisang santan

Simple pasti suka Sisa pisang buat oesenan bolen kemarin

5 mangkok
30 menit
Kolak kolang kaling tape

Kolak kolang kaling tape

Membuat kolak yang enak dan praktis untuk berbuka puasa

Kolak ubi kolang kaling

Kolak ubi kolang kaling

Berbukalah dengan yg manis... mariiu bikin kolaknyaaa πŸ˜‚πŸ˜‚

5 lebih
Kolak pisang ijo

Kolak pisang ijo

Ini cuma resep pisang ijonya doang ya. Untuk bubur sumsum dan kuah gulanya bisa lihat di resep sebelumnya. Ini bisa dibikin es pisang ijo. Hanya butuh tambahan es serut dan syrup coco pandan atau SKM putih. Resep ini saya tidak menyertakan foto di langkah-langkahnya karena tidak sempat memegang hape tadi. Jadi semoga penjelasan di bawah ini bisa dimengerti atau kalian bisa tanyakan lagi lewat kolom komentar.

Kolak pisang & ubi jalar "Yummy"

Kolak pisang & ubi jalar "Yummy"

Bisa jadi pilihan utk menu berbuka :)

Kolak Pisang Sederhana

Kolak Pisang Sederhana

Makanan kesukaan Mas Bojo. Kalau dibuatin kolak, bisa dimakan sendiri sepanci. Hahaa Karena diwarung ga ada ubi, jd sendirian aja deh pisangnya. Hhee #FestivalRamadanCookpad

Kolak manis

Kolak manis

Bulan puasa identik dengan kolak. Jom bikin.

10 porsi
Kolak ubi ungu sagu mutiara

Kolak ubi ungu sagu mutiara

Alhamdulillah puasa hari pertama berjalan lancar.untuk takjil hari ini bikin yang gampang2 aja,Kolak ubi ungu sagu mutiara

5 porsi
30 menit
1.4 Kolak (ubi, nangka, kolang kaling, tape)

1.4 Kolak (ubi, nangka, kolang kaling, tape)

Karna ramadhan ga bisa jauh sma yg namanya kolak, jadi udah beberapa kali bikin selama ramadhan ini, sayang kalo ga di bagi buat bunda2 cantik disini

4-5 porsi
20 menit