Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Manado/Tinutuan yang Enak

Dipos pada January 11, 2019

Bubur Manado/Tinutuan

Bagaimana membuat Bubur Manado/Tinutuan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bubur Manado/Tinutuan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Manado/Tinutuan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Manado/Tinutuan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Manado/Tinutuan yaitu 10-12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado/Tinutuan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado/Tinutuan memakai 20 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena #dirumahaja, jadi gak bisa beli makan di luar, akhirnya bikin sendiri. Oh iya, resep ini bisa utk teman2 yg suka menyimpan makanan krna porsinya banyak. Kalau mau makan dan langsung habis, sayurnya bisa langsung direbus bersamaan dgn buburnya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado/Tinutuan:

  1. 2 genggam beras
  2. 2 buah ubi jalar (saya pakai yg ukuran besar dan kecil)
  3. 1/2 buah labu kecil
  4. Rempah-rempah
  5. 1 buah serai
  6. 2 lembar daun kunyit
  7. 2 siung bawang merah
  8. 2 siung bawang putih
  9. Secukupnya kemangi (sesuai selera)
  10. Minyak goreng (secukupnya utk menumis)
  11. secukupnya Garam
  12. Bahan Sayuran
  13. 1 ikat bayam (merah/hijau)
  14. 1 ikat kangkung
  15. 1 ikat gedi (optional)
  16. secukupnya Garam
  17. Bahan Tumis Sayuran
  18. 3 siung bawang putih
  19. 3 siung bawang merah
  20. Minyak goreng (secukupnya)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado/Tinutuan

1
Panaskan panci, kemudian masukkan minyak goreng
2
Setelah itu, masukkan bawang merah & putih dari rempah2
3
Setelah wangi, masukkan bahan rempah
4
Kemudian, masukkan air. Tidak perlu tunggu mendidih, langsung masukkan beras. Tunggu sampai 2-3 menit. Kemudian masukkan labu dan ubi jalar. Tunggu sampai semua bahannya lembut.
5
Apabila sudah lembut, hancurkan labu satu per satu, agar bubur tidak pucat.
6
Setelah itu, tambahkan garam. Koreksi rasa.
7
Panaskan wajan. Kemudian masukkan bahan tumis sayuran.
8
Setelah wangi, masukkan bahan sayuran dan garam. Koreksi rasa.
9
Setelah sayuran matang, masukkan bubur yg sudah jadi ke dalam wajan dan aduk rata. Kemudian tinutuan siap disajikan. Bisa tambahkan lauk tahu dan juga ikan asin. Jangan lupa sambal terasi atau sambal roa.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Legend Khas Sampang Madura (CECEK)

Bubur Legend Khas Sampang Madura (CECEK)

Pelengkap: Lontong Serundeng kelapa halus manis Sambel

The healthiest porridge that you can make "bubur sehat simple"

The healthiest porridge that you can make "bubur sehat simple"

QadarAllah paksu lagi sakit gigi sampe gak bisa makan 🥺Doakan yaa supaya dia kembali normal, akhirnya terciptalah bubur yang ala kadarnya Ini meskipun awalnya paksu gak mau tp setelah dipaksa beberapa kali akhirnya dia menyerah🤭🤭 paksu lahap banget makannya

2 porsi
45 menit
Bubur syurbah/bubur havermut

Bubur syurbah/bubur havermut

dikeluarga saya bubur syurbah adalah menu wajib selama 1bulan untuk alm.ayah saya, setelah bbrp tahun kangen banget makan bubur ini akhirnya buat juga untuk dimakan pada saat buka.

Bubur Ayam Korea, Pakai ketan

Bubur Ayam Korea, Pakai ketan

Semenjak ga bisa sering2 keluar jadi sering banget masak sendiri dirumah. Masih bisa sih kalau mau delivery, tapi bosen karena ga banyak tempat makan yg buka jadi kalau mau delivery ya itu2 aja. Tapi berhubung masak sendiri, biar ga bingung tiap hari makan apa biasanya langsung masak agak banyak terus di simpan per porsi dan masukin freezer jadi kalau makan tinggal diangetin haha. Bubur ini salah satu yg sering aku bikin karena selain gampang, bahannya juga ga repot, terus udah ada sayurannya juga jadi ga usah bingung masak sayur lagi haha. Jadi style bubur disini bukan yg putihan polos gitu, tapi biasanya dimasukin aneka sayuran yg dipotongin kecil2. Sayuran apa aja juga sesuai selera / stock di kulkas. Tapi kalau aku sih biasanya cuma wortel, bombay, zukini, daun bawang. Kalau orang2 sih ada yg dimasukin paprika, brokoli, kentang, dll pokoknya semua masuk haha. Terus untuk dagingnya juga bebas, kali ini aku pakai ayam karena biasa juga selalu pakai ayam. Tapi kalau ga mau bisa diganti dengan daging sapi, tuna kaleng (masukin belakangan), jamur, abalone, atau ga pake juga OK. Karena aku bikin langsung banyak untuk stock aku bikin 3 cup dengan perbandingan beras dan ketan 2:1. Kalau mau pakai nasi jadian bisa sih, tapi aku lebih suka dari beras karena ditumis dulu jadi bisa lebih wangi. Untuk cara simpan biasanya aku taruh di wadah ukuran sekali makan, biarin sampai dingin kalau udh ditutup dan masukin freezer. Itu bisa tahan sampai berbulan2 haha. Selamat mencoba :)

☀️Bubur Mengguh khas Bali☀️

☀️Bubur Mengguh khas Bali☀️

Bubur khas Buleleng ini memang hampir mirip dgn bubur ayam , yg membedakan terletak dari urap kacang panjang dan taburan kacang tanah, serta rasa gurih dari santan sehingga membuat bubur ini terasa sangat gurih lezatos ya moms😋 sangat cocok sekali utk sarapan momies² dan keluarga💝 di Hari Raya Nyepi #TahunBaruSaka1942#SilentDay3D yg mengangkat tema masakan minuman khas Bali sekaligus ikutan #Weekendchallenge#Kelapaseribumanfaat, utk mom@Agung_novianti semoga sejahtera selalu dan @Ayamb22 sukses serta berkembang pesat usahanya ya moms👍💝#GenkGadoGado#DirumahAja#MakanAsyik#CookpadCommunityIndonesia

Bubur Barobbo

Bubur Barobbo

Ada sisa nasi kemarin, bosen nasgor terus jadi di bikin bubur 💜 #KamuInspirasi #IdeSarapan #dirumahaja #masakanbugis

2 porsi
MPASI 4* bubur wortel_ayam fillet_sawi putih_tahu

MPASI 4* bubur wortel_ayam fillet_sawi putih_tahu

Variasi menu mpasi 4* anti GTm tanpa lemak tambahan..

Bubur Ayam Kuah Kuning  Sederhana

Bubur Ayam Kuah Kuning  Sederhana

Lagi pengen makan bubur, tapi karena tinggal dikampung gak ada yg jual kayak dikota, alhasil coba buat sendiri. First time buat hasilnya memuaskan. #PejuangGoldenApron3 #Resep2 #ilikecooking

4 porsi
30 menit
Bubur Manado

Bubur Manado

Tetiba kangen bubur manado. Bikin ajah gampang mumpung lagi ramadhan banyak labu kuning

3 porsi
Bubur Ketan dan Kacang Kijau

Bubur Ketan dan Kacang Kijau

#PejuangGoldenApron2 #minggu24

Bubur kacang ijo ketan hitam

Bubur kacang ijo ketan hitam

Rasanya enak, manisnya pas lembut bgt dimkn ketan nya

Bubur tsarid kaki sapi

Bubur tsarid kaki sapi

Bubur kesukaan baginda nabi rosululloh muhammad saw ala selera nusantara

Biji salak/bubur cendil

Biji salak/bubur cendil

Waktu bulan puasa tuh bru bisa nya buat begini sekali buat bisa jdi ketagihan buatnya doong jadi semangat..

1 orang
Bubur Kacang Ijo Tanpa Ketan

Bubur Kacang Ijo Tanpa Ketan

#dirumahsaja

10-12 porsi
Bubuh Sela (Bubur Ketela)

Bubuh Sela (Bubur Ketela)

Bubuh Sela adalah bubur ketela dalam bahasa Bali. Hidangan ini pasti dikenal dengan banyak versi dan variasi di seluruh Indonesia. Versi di rumah saya, isi bubur ini bisa bermacam-macam tergantung stok bahan-bahan di kulkas. Sementara, kita buat resep Bubuh Sela versi hari ini dulu ya. Selamat mencoba!

8-10 porsi
30 menit
Bubur Nasi (3 langkah aja 😁)

Bubur Nasi (3 langkah aja 😁)

Tahun ini ga bisa pulang kampung lagi..ga bisa makan bubur pinggir jalan kesukaan dan favoritku eheheh.. ga sedih dong walaupun ga mudik kali ini..kebetulan ada nasi sisa semangkok, biar berselera aku bikin bubur ayam aja 😁

4 porsi
20-30 menit
2. Bubur (tanpa) Ayam

2. Bubur (tanpa) Ayam

Manfaatin sisa nasi di magicom, bikin nasgor kurang yaudah bikin bubur buat sarapan biar jd beukah kayanya kenyang 😂tapi engga ada ayam yg ada cm telur, sayur2 ngabisin stok kulkas, dan sosis, yowisss. #CABEKU #Telur3in1

2 porsi