Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Sambal kacang / pecel yang Lezat Sekali

Dipos pada May 24, 2019

Sambal kacang / pecel

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Sambal kacang / pecel yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Sambal kacang / pecel yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal kacang / pecel, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal kacang / pecel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal kacang / pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal kacang / pecel memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal kacang / pecel:

  1. 7 siung bawang putih
  2. 15 cabe rawit / sesuai selera
  3. 250 gram kacang tanah
  4. 1 siung kencur (sedang)
  5. Garam
  6. Daun jeruk
  7. Gula merah / gula Jawa
  8. Penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Sambal kacang / pecel

1
Goreng bawang putih sampai kuning, kemudian diangkat. Lalu masukan cabe rawit, goreng setengah matang jangan sampai kering.
2
Goreng kacang tanah sampai kuning, lalu di angkat.
3
Masukan bawang putih + cabe rawit + garam ke dalam lumpang, tumbuk sampai setengah halus. Lalu, masukan kencur dan daun jeruknya.
4
Jika sudah halus, kemudian masukan kacang tanah yang sudah digoreng. Lalu masukan penyedap rasa.
5
Setelah semua bahan halus baru dimasukan gula merah. Lalu dicampur sampai rata.
6
Sambel kacang siap untuk dinikmati. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel (salad ndeso)

Pecel (salad ndeso)

Pecel ( salad ndeso )

Pecel Madiun (Pecel Sayur)

Pecel Madiun (Pecel Sayur)

Pecel merupakan salah satu makanan favorit keluarga kami. Resep Sambel Pecel yg saya gunakan merupakan resep turunan dari almarhum nenek saya. Rasanya The Best. Resep Sambel Pecel (Sambel Kacang) yg saya gunakan ada di resep saya sebelumnya. Silahkan bisa dilihat disana🙏😊 Untuk Pecel Madiun (Pecel Sayur), Sayurannya bisa menggunakan berbagai macam sayuran kesukaaan masing-masing/selera masing-masing. Kali ini sayuran yg saya pakai yaitu bayam,kangkung,wortel,kentang rebus,kacang panjang dan kecambah. Pecel Sayurnya sangat lezat,segar,dan bergizi tentunya. Sangat bermanfa'at untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Karna ada kacang panjang dan kecambah. Pas dgn memperingati Hari Jantung Sedunia yg jatuh dibulan September ini. Sekalian ikut memeriahkan Kreasi Olahan Kacang-kacangan. #Timlo_EmangEnakDiKacangin #OlahanKacangSpesial #CookpadCommunity_Solo #PecelSayur #PecelMadiun

30 Menit
Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk

Tumis Acar Toge, Pecel Tempe & krupuk

Sy sangat bersemangat untuk #WeekendChallenge kali ini. Walaupun harus mengutak-atik dan bolak-balik merubah perencanaan belanja, supaya bisa menghidangkan masakan yg bisa menggugah selera keluarga, tapi ngga lebih dari RP. 15.000,- ini bikin asyik banget mikirinnya😁 Berikut rincian belanja sy, tanpa maksa atau nawar sadis ke abang sayur, ini harga normal aja buat sekitaran #Cookpadcommunity_Bogor : -Toge (200gr): 2500 -Tempe 1 (300gr): 3000 -Bumbu kacang siap pakai: 4000 -Bawang putih 2 siung: 500 -Cabe merah 2 buah: 500 -Kerupuk renceng: 2000 -Minyak, cuka, garam, kaldu bubuk, dan gula: 2500 (dari stock dapur) Dari sy #PejuangGoldenApron2 Tumis Toge Acar yg segernya kayak tumisan sawi asin, serasi dengan Pecel Tempe yg bumbunya kental. Ditemenin kerupuk beli jadi biar bisa sambil kriuk-kriuk makannya. Ini bisa dihidangkan untuk 3-4 orang, cukup 15 ribu, dengan syarat kompor masih bisa nyala 20 menit😁

3 porsi
20 menit
Bumbu pecel sayur

Bumbu pecel sayur

Suka banget makan pecel sayur. Tapi kalo pake bumbu pecel yang beli diwarung rasanya kurang mantep. Penyedap msg serta pengawet nya terasa banget. Resep bumbu pecel ini mudah prosesnya dan dijamin maknyos. Makan pecel sayur jadi bisa kapan saja.

20 porsi
Sate ayam

Sate ayam

Sate adalah makanan khas Indonesia yang disukai seluruh masyarakat dari berbagai kalangan, kali ini saya bikin sate sederhana tapi rasa bintang lima ( kata anak dan suami saya😊☺) #menulockdown #dirumahaja

Sayur Pecel

Sayur Pecel

Sesimpel ini request suami dan rasanya bikin ketagihan juga

Pecel sayur

Pecel sayur

Salah satu menu yang gampang dibuat dan tentunya sehat nan mengenyangkan bisa jadi menu buka puasa agar tetap sehat.

1 porsi
Lalapan ala kadar bumbu pecel

Lalapan ala kadar bumbu pecel

Mau makan lalapan tapi cuman ada ini dikulkas. Seadanya aja

Sayur Sambal Pecel

Sayur Sambal Pecel

Jadi hari ini membuat 1 wadah sayur rebus dengan sambal pecel untuk mencukupi kebutuhan sayur dalam 1 hari. Bisa juga sayur dipotong ketika mau makan tinggal direbus.

Bakmi Pecel 🤤

Bakmi Pecel 🤤

Favorit banget🤤🤤 ndak pernah bosen plus gorengan wess mantul banget,bikin nya juga ndak ribet ..cukup rebus sayuran (,boleh apa aja jenis sayuran nya ),aku cukup pake sawi ijo aja hehehe ... Kalau mau komplit juga gpp..tergantung stok yang ada didapur..untuk mie nya cukup dibumbui yang ringan ya .. biar rasa nendang dari bumbu pecelnya,jadi jumlah pemakaian bumbu pecel boleh sesuai selera ya... atau pakai bumbu pecel instan yg siap pake, gpp kok gak usah dibikin susah deh😜😜 ..ya wes masak yuk, tetep sehat, tetep semangat cekidot #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_yogyakarta #MasakAsyik #GenkGadoGado #MasakItuMudah #DirumahAja #KeDapurAja

Karedok sayur ampera

Karedok sayur ampera

Seger banget kalau buka puasa sama menu ini bikin nagih

Nasi Pecel

Nasi Pecel

Bikin nasi pecel sendiri, soalnya kalo beli pedesnya kurang. Ini resep mudah dengan bahan seadanya anti ribet ya, buibuu.

Menu sahur ke -7

Menu sahur ke -7

Agak riweuh sebenernya ternyata masak malam ini padahal ya keknya simple ternyata tidak semudah itu esmeraldah 🥳. Alhamdulilah dibantu mas nyetak nasinya jadi mempercepat, mulai makan pukul 04:14am dong wkwkw. Alhamdulilah wareg elus elus perut bahkan sempet makan roti + nutella abis saur tadi bikinan mas juga 💕

Pecel madiun alaku simple

Pecel madiun alaku simple

Bismillah,, pingin pecel madiun eeh alhamdulillah d pasar ad yg jual sambel nya..gk usah jauh2 ke madiun🤭 #cookpad_semarang#cookpadindonesia

Sambal pecel

Sambal pecel

Saya suka bgt pecel,makanya saya usaha pecel lontong di rumah,asal bumbu nya enak pecel jg endes,Alhamdulillah pelanggan pada suka.

Sate ayam

Sate ayam

Bikin yang praktis buat buka puasa. sayang bumbunya udah habis di gado suami #bikinramadanberkesan

Sate Jamur Bumbu pecel (pakai happycall)

Sate Jamur Bumbu pecel (pakai happycall)

cocok buat yang lagi diet tanpa nasi, langsing itu bonus, sehat paling utama

1 porsi
10 menit