Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Pecel Lele Jawa Timur yang Lezat

Dipos pada June 28, 2019

Pecel Lele Jawa Timur

Bagaimana membuat Pecel Lele Jawa Timur yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Pecel Lele Jawa Timur yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Pecel Lele Jawa Timur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pecel Lele Jawa Timur di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Pecel Lele Jawa Timur biasanya untuk 4-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Lele Jawa Timur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Lele Jawa Timur memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Lele Jawa Timur:

  1. 1 kg Ikan Lele Segar
  2. Bumbu ikan :
  3. 4 Siung Bawang Putih
  4. 1 sdt Ketumbar
  5. 2 cm Kunyit
  6. 1 sdm Garam
  7. 50 ml Air putih
  8. 1 iris Jeruk Nipis
  9. Bahan Sambal :
  10. 10 Cabe Rawit (opsional)
  11. 3 Cabe Keriting
  12. 2 Tomat
  13. 5 Bawang Merah
  14. 2 Bawang Putih
  15. 1 Sachet Terasi
  16. 1 sdm Gula Pasir
  17. 1 sdt Garam

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Lele Jawa Timur

1
Cuci ikan lele sampai bersih lendir nya. Biasanya aku kasih garam buat lendir nya ilang semua.
2
Siapkan bumbu untuk ikan nya. Ulek semua bahan kemudian beri 50ml air dan masukkan kedalam wadah. Campur kan dengan ikan. Diamkan beberapa saat agar bumbu nya meresap. Sambil menunggu bs buat sambal.
3
Cuci bersih semua bahan sambal, kemudian goreng hingga matang jangan sampai gosong. Lalu taruh di cobek dan bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Ulek sampai halus.
4
Goreng ikan dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan.
5
Sajikan dengan lalapan dan lauk tambahan seperti tempe, tahu dll. Ini saya pake tahu crispy. Selamat mencoba❤
Pecel Lele Jawa Timur - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel lele ala kaki lima

Pecel lele ala kaki lima

Happy weekend 😊 mangut lele udah, sekarang giliran pecel lele, baru kali ini saya bisa bikin sambal pecel lele kya di kaki lima gitu,, rasanya enak kata keluarga saya itu juga hehhe..langsung aja ya resepnya

30 menit
Sambel Pecel Lele Lamongan

Sambel Pecel Lele Lamongan

Akhirnya nemu resep sambel pecel lele yg cocok di lidah 😁 Rasanya sama kaya sambel pecel lele langganan 🤤 Pake resep Sambel Terasi-nya mba Intan Erika, tp dimodif menyesuaikan bahan yg ada 👌 #dirumahaja #kedapuraja

Pecel Lele

Pecel Lele

Buat yang ingin masak pecel lele rumahan ala 🍳RatnaKitchen yuks di intip resepnya 👇😊

8 porsi
1 jam
Pecel lele alaala

Pecel lele alaala

4porsi
20menit
Nasi Pecel Ayam

Nasi Pecel Ayam

Minggu ke 51 Golden Apron The Next Level (resep 4 >>> 20 Mei 2021) Menu hemat buat keluarga dibanding jajan diluar sekalian ngabisin sisa-sisa bumbu lebaran yang masih ada. Kebetulan masih ada sisa 8 potong ayam TG plus bumbu-bumbu dan cabe (saya cuma pake 6 potong), akhirnya bikin nasi pecel ayam aja yang memang jadi menu favorit klo jajan diluar. Aslinya sih habis uang belanja hari ini cuma 20rb'an karena yang lain nguras isi kulkas 😁 Perhitungan jajan diluar untuk 6 paket nasi pecel ayam + tahu tempe sekitar @20.000 (20.000 x 6 = 120.000) Kalo bikin sendiri, habisnya kurang lebih 60.000, lumayan kan bisa separonya plus nasi bisa nambah sepuasnya : 6 potong ayam TG (750gr) = 33.750 Tahu tempe = 6.000 Lalapan = 5.000 Sambal = 10.000 Fyi : untuk harga tahu diBandung masih 500 persatuannya (tahu cibuntu) dan 1 papan kecil tempe 2000 (pas banget untuk 6 potong 😁). Ayam TG @45.000/kg . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #PekanPosbar #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #nasipecelayam #pecelayam #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

6 porsi
Sambel terasi ala pecel lele

Sambel terasi ala pecel lele

Buat nambah nafsu makan banget ini ah.. Cara buat pun so simple

03.Lele terbang bersama nasi pecel (ngawi)

03.Lele terbang bersama nasi pecel (ngawi)

Sahur puasa. X ini bener keder.kaerna gk siapkan menu saur secara kusus.ya..karena saur sendiri.Paksu lg di kaltim.anak " pd kerja luar wilayah,antara malas dan semangat saur..tapi cuma punya waktu sedikit,yo wis niat Bismilah,. Buka kulkas hanya ada lele berbumbu. Da byam.toge.timun. sama sambel pecel siap pakai.krupuk hombre mateng sdh ada.Maka... Jadilah menu sederhana ini. Semangat..sahurlah

1 porsi
+/_ 30 mnt
Pecel lele

Pecel lele

Masak yang simple aja.

Pecel lele

Pecel lele

Mudah dan gak ribet ,,, menu kesukaan suami tersayang

3 porsi
Sambal pecel lele lamongan

Sambal pecel lele lamongan

Source : home kitchen Sukanya beli ayam, ikan, iga dipinggir jalan nah sambalnya tuh rata-rata hampir semuanya nendang aka enaaak.. nyari resepnya. Dapet dong. Haduuh mantepp pisan.. sook eksesusi.

Pecel Sayuran

Pecel Sayuran

Bagi Anda pecinta kuliner bersayur, maka tentulah tak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Pecel. Sepintas, penampakan pecel mirip dengan gado2, hanya saja isi dan penyajian pecel sedikit berbeda, yakni dengan menyiramkan kuah kacangnya sebagai topping.

4 porsi
Pecel lele nguprek-nguprek🤣

Pecel lele nguprek-nguprek🤣

pagi pagi so ide bgt pengen makan pecel lele🤣 yaudah deh al hasil begini, buat bekel suamikuuu ter❤️🤗 lele nya kicil-kicil✌🏻😁

1 porsi
Sambal pecel lele

Sambal pecel lele

Sudah lama ga makan sambel, cabe pun agak mahal, yg lumayan murah cabe ijo. Sambal ini hampir mirip sambal yg dipecel lele menurut akoh loh. Dan juga aku setiao buat sambel, cabenya dikukus dulu biar makan sbanyak apapun gmtidak sakit perut.

Sambal Pecel Lele

Sambal Pecel Lele

Nguleknya jangan terlalu halus yaa. Sambal ini enaknya rada kasar meskipun punya saya masih kasar 😅😅

Pecel lele

Pecel lele

Pengen makan pecel lele v males sama amisnya kl beli, masak sendiri lebih enak ..

Pecel Lele

Pecel Lele

Kalau lagi males, masak sayuran,hemmm...enaknya bikin pecel Lele..sambelnya yg pedes, nasinya anget....