Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sambal pecel Kediri yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 16, 2019

Sambal pecel Kediri

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Sambal pecel Kediri yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Sambal pecel Kediri yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sambal pecel Kediri, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal pecel Kediri ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sambal pecel Kediri adalah 3porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Sambal pecel Kediri diperkirakan sekitar 5menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal pecel Kediri sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal pecel Kediri memakai 10 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambal pecel kediri rasanya tidak terlalu manis,aroma rempahnya menonjol:seperti kencur+daun jeruk+bawang putih+rasanya agak asam dan tidak terlalu manis,cocok sekali dimakan sama sayur+krupuk maupun aneka gorengan dll,dimakan dengan nasi maupun tidak pakai nasi rasanya tetap enak dan murah meriah,saya disini membuat 100gr kacang tanah(di Sidoarjo kacang tanah 1kg harganya antara 21rb-22rb, saya belinya hanya 1/4kg harganya 5500,dan saya masak 100gr sekitar 2200+bumbu lainnya+minyak goreng+elpiji+listrik(karena saya blender,kalau dihaluskan pakai cobek lbh hemat listrik tapi makan waktu lbh lama sekitar 5menit dibandingkan dgn pakai blender)total harga untuk 3porsi(1mangkuk)=5rb,,kalau untuk jualan sambal tsb bisa dijual sekitar 8rb-10rb,dengan cara diuleg pakai cobek/ditumbuk/diblender pakai blender yang kecil khusus bumbu,selamat mencoba. #JemputRejeki

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal pecel Kediri:

  1. 100 gr kacang tanah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1,5 cm kencur
  4. 3 lbr daun jeruk buang tulangnya
  5. 10 bh cabe rawit(pedas sedang)
  6. 1 sdm gula merah disisir
  7. 1/2 sdm gula pasir
  8. 1/2 sdm asam jawa
  9. 1/2 sdm garam halus
  10. 200 ml air hangat/air minum

Langkah-langkah untuk membuat Sambal pecel Kediri

1
Panaskan minyak,goreng kacang dg api sedang sambil diaduk sekitar 1menit(matang),tiriskan kacang kalu goreng bawang putih+kencur+daun jeruk+cabe rawit,kemudian ambil 200ml air hangat/air minum u/memblender,blender semua bumbu dengan 50ml air,setelah bumbu halus masukkan kacang dan air 100ml kemudian blender sampai halus(sesuai selera),lalu tuang sambal kedlm mangkuk, bersihkan sisa sambal diblender dgn sisa air tadi,lalu campurkan kedlm mangkuk dan aduk sampai rata,sambal pecel siap dinikmati.
Sambal pecel Kediri - Step 1

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel sayur bumbu kacang

Pecel sayur bumbu kacang

Sekali2 makan vegetarian 😄

Sambal kacang bumbu pecel

Sambal kacang bumbu pecel

Paling suka sma yg namanya olahan dr kacang tanah , ,

Pecel Sayur

Pecel Sayur

Semalem gak tidur (lagi), alhasil tadi pagi mikirin masakan yg simple. Kepikiran deh bikin iniii tinggal rebus rebus goreng, bobo 😂

1 porsi
20 menit
Ayam Bumbu Pecel

Ayam Bumbu Pecel

Ini adalah masakan andalan almarhum ibuku.. ini aku dedikasikan untuk beliau.. Love u moms 😘😢😘

7 porsi
30 menit
Bumbu pecel almond

Bumbu pecel almond

Minggu siang, ayah evan lagi dirumah, mecel sama ayam goreng enak kekny, terus si bayik makan apa? Masa iya cuma sayur rebus doang?? Jadilah buat bumbu pecel ga pake gula garam buat evan, dan dia doyan banget! Emaknya juga doyan, karena ini sama sekali ga plain, enaaaak..

2 porsi
10 menit
Pecel sayur

Pecel sayur

Karena lebaran idul adha tak selalu masak daging & santan... Slmt makan siang mamah2 cantikk

Nasi pecel

Nasi pecel

Sayuran menu wajib setiap hari.

4 porsi
Nasi pecel surabaya

Nasi pecel surabaya

Orang surabaya sarapan nya kebanyakan pecel.nasi pecel sby itu harus lengkap yg pasti sayur ,bumbu pecel, pelengkapnya sayur lodeh, mie,oseng tempe, tahu /telor/ayam bumbu bali, dan rempeyek..seru banget...pokoknya.

Sambal pecel

Sambal pecel

Mengobati kangen akan pecel khas blitar yg legendaris maka mamakti mencoba membuat sambal pecel ini. Ini kali pertama bikin sambal pecel, penambahan bumbu nya sampai 2 kali untuk menemukan cita rasa yg pas. Sambal pecel ini cenderung berasa pedas manis dengan aroma kencur yg kuat. Semoga bisa mengobati rindu akan kampung halaman.

500 gr
Tempe Goreng Sambal Pecel

Tempe Goreng Sambal Pecel

Dikala lapar melanda dan dikulkas hanya ada setengah tempe, sedikit bumbu pecel dan bawang merah goreng akhirnya eksekusi juga dan langsung abis di santap dengan nasi hangat #berburucelemekemas #resolusi2019 #tempegorengsambalpecel #cookpad_id #cookpadindonesia #cookpadcommunity_solo #dapurryuna Source Ifa Rafa

Salad Indonesia (Pecel)

Salad Indonesia (Pecel)

Ide dadakan terkait perut yg minta diisi makanan waktu pagi 😆

Pecel Madiun 21-08

Pecel Madiun 21-08

Baru dpt kiriman kacang dari kampung sama mertua , banyak banget sayang2 kalau dibiarin aja .. kepikiran coba2 dibikin pecel , walaupun baru pertama tapi rasanya tetep worth it kok 🤗 🤗

3 - 4 porsi
30 menit
Bumbu Pecel Istimewa

Bumbu Pecel Istimewa

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019