Cara Gampang Menyiapkan Siomay yang Menggugah Selera

Dipos pada November 30, 2017

Siomay

Bagaimana membuat Siomay yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Siomay yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Siomay, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Siomay di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Siomay sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Siomay memakai 27 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Lagi pengen Siomay tapi takut jajan di luar, ada Corona πŸ˜… Akhirnya bikin sendiri, karena nggak suka pare, maka Siomay nya nggak pakai pare, bagi yang suka pare bisa ditambahkan pare. 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay:

  1. Bahan Siomay :
  2. 150 gram tepung tapioka
  3. 150 gram terigu
  4. 1 bungkus mie instant
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 150 ml air mendidih
  8. Bahan Saos Kacang :
  9. 1 buah cabe merah
  10. 5 buah cabe rawit
  11. 1 sdt garam
  12. 3 siung bawang merah
  13. 2 siung bawang putih
  14. 1 sdt kaldu bubuk
  15. 100 gram kacang tanah goreng
  16. 150 gram gula merah
  17. 1 sdm tepung maizena
  18. 1/2 gelas air putih
  19. 3 sdm minyak goreng
  20. 2 butir jeruk limau
  21. 500 ml air
  22. Bahan pelengkap :
  23. Secukupnya kol
  24. 3 buah kentang
  25. 4 buah tahu goreng
  26. 2 buah tahu putih
  27. 2 butir telur rebus

Langkah-langkah untuk membuat Siomay

1
Pertama siapkan bahan untuk membuat Siomay.
Siomay - Step 1
2
Campur tepung terigu, tepung tapioka, kaldu bubuk, dan garam. (kalau ada tambahkan daun bawang yg dirajang halus). Lalu tuangkan air panas, sambil langsung diaduk rata, dan diuleni dengan tangan sampai kalis.
Siomay - Step 2
Siomay - Step 2
3
Tambahkan mie instant yg sebelumnya sudah direbus 3 menit dan ditiriskan. (Kalau ada mie basah, bisa langsung pakai mie basah, ini karena nggak ada mie basah jadi menggunakan mie instant). Aduk dan uleni mie dan adonan tepung hingga kalis.
Siomay - Step 3
Siomay - Step 3
Siomay - Step 3
4
Selanjutnya bentuk kotak-kotak lonjong seperti tahu, lalu rebus dengan air mendidih, sebelum mengapung angkat dan lumuri minyak agar tidak lengket.
Siomay - Step 4
Siomay - Step 4
Siomay - Step 4
5
Selanjutnya tata di kukusan, beserta tahu putih yg dipotong jadi 4 bagian, kemudian tahu goreng yg diberi isi adonan Siomay mentah, kentang yg sudah dikupas dan dibelah 2, juga kol yg sudah disiram air panas dan digulung. Jika suka pare bisa ditambah pare yg dipotong dan isi tengahnya dengan adonan Siomay mentah. Kukus selama 20-30 menit, cek dengan garpu, jika kentang sudah empuk berarti semua sudah matang.
Siomay - Step 5
Siomay - Step 5
6
Selanjutnya siapkan bahan untuk saos kacang.
Siomay - Step 6
7
Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kaldu bubuk, dan garam diuleg sampai halus.(yang suka pedas bisa ditambah cabe rawitnya). Tambahkan kacang goreng sedikit demi sedikit, uleg lagi, tambahkan sedikit air, sambil terus diuleg sampai halus. (berhubung cobeknya ini kecil jadi sulit menguleg semua bahan sampai halus, karena kebanyakan yg diuleg, takut tumpah πŸ˜…).
Siomay - Step 7
Siomay - Step 7
Siomay - Step 7
8
Selanjutnya panaskan 3 sdm minyak, lalu tumis bumbu hingga wangi. Kemudian tambahkan 250 ml air, lalu gula merah yang sudah dirajang. Tambah lagi air 250 ml, aduk sampai mendidih.
Siomay - Step 8
Siomay - Step 8
9
Setelah mendidih tambahkan 1 sdm tepung maizena yg dilarutkan dengan 1/2 gelas air, aduk sampai tingkat kekentalan yg diinginkan. Setelah itu matikan api dan tambahkan perasan air jeruk limau.
Siomay - Step 9
Siomay - Step 9
Siomay - Step 9
10
Selanjutnya potong-potong Siomay, Tahu, Kentang, Kol, Telur Rebus, dan ditata diatas piring, lalu tuangkan saos kacang diatasnya. Siomay pun siap dinikmati. Selamat mencoba.
Siomay - Step 10
Siomay - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie tek tek dadakan

Mie tek tek dadakan

Udah malem,pengen yg seger2 tapi males kluar. Langsung eksekusi yg ada di kulkas

113. Bakso Komplit Solo ala Anak Kos

113. Bakso Komplit Solo ala Anak Kos

Salah satu kuliner paling cocok dimakan rame-rame #KalauLagiNgumpul adalah menu bakso. Kenikmatan ngebakso bareng temen sesama #AnakRantau memang tak terbantahkan. Sampe sekarangpun aku biasa bikin dengan resep legendaris kota asalku yaitu bakso Solo tapi yang versi anti ribet. Ga pake ngulek bumbu, semua serba cemplang cemplung. Klo ga ada kompor juga bisa dimasak pake rice cooker. Rasanya mantap, gak kalah sama bakso asli kota Solo. Resep ini bisa untuk 10 mangkok lho, puas nambahnya. Ngebakso jadi tambah asyik karena ada sensasi makan daging yang nempel di tulang. Cobain yuk.. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

10 mangkok
1 jam
Mie goreng nyemek

Mie goreng nyemek

Paling suka makan mie goreng yang nyemek2 gimana gitu πŸ˜‚terΓ‘sa lebih nikmat

Mie Celor (Khas Palembang)

Mie Celor (Khas Palembang)

Ini salah satu makanan yg wajib banget dimakan kalo ke Palembang. Makanan ini menurutku sangat spesial hihihihi. Karena... banyak cerita di dalamnya. Di kota tempat aku tinggal gak ada yg jual makanan satu ini, mau gak mau bikin sendiri dan alhamdulillah rasanya enak bgt, bahkan lebih enak dari yg dijual di 26 ilir. Karena bisa dibanyakin udangnya. My family appoved! Maaf resepnya gak ada foto step by stepnya, karena masaknya buru-buru πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

4 porsi
40 menit
Seblak

Seblak

Sejak kuliah di jogja dan sebagai orang yg punya lidah sunda, belum nemu seblak yg rasanya sunda banget hahaha, makanya ini saya dan temen-temen saya yg orang sunda berusaha bikin seblak sendiri dibanding beli dari luar. Biar sekalian jadi ajang kumpul-kumpul juga πŸ˜‚

2-3 porsi
15 menit
Pizza Mie Dengan Saus Asam Manis

Pizza Mie Dengan Saus Asam Manis

Karena covid dan lock down kita diharuskan untuk mengolah bahan seadanya yang ada di rumah.. karena banyak pasar pasar yang tutup dan tukang sayur pun banyak yang ga jualan.. jadi yuk kita berkreasi dengan vahan seadanya.. yang penting semangat dan masak dengan cinta untuk membahagiakan keluarga kecil kita... #Paporitnyasipapa #CookpadCommunity_Bandung #CABEKU #Telur3in1

Mie Omelette

Mie Omelette

Menu ini menu yang sudah saya masak sejak saya SD loh. Percaya enggak? Hahaha Benerannn saya bahkan dulu lomba masak pakai menu ini. Saya ganti mie nya pakai mie bayam dan kelas saya menang. Hahaha 😁 Cocok buat makan pagi karena cukup mengenyangkan, ada mie nya. Untuk snack juga oke. Jangan skip keju dan margarinnya, itu yang bikin hasilnya gurih. Kalau untuk variasi isian sih terserah, seadanya saja. Saya suka ada jamur kuping hitam nya, menambahkan tekstur kres kres renyah gitu. Salam β€œAnyone can cook”

Tahu Rambutan

Tahu Rambutan

#BikinRamadanBerkesan day4.Agak sedikit ribet tp hasilnya enak.source mb Puput Firs

Ttoek bokki / toppoki KW

Ttoek bokki / toppoki KW

Penasaran sama resep viral di YouTube channel ci @yackikuka. Kebetulan libur kemaren mudik ke rumah mertua ngajakin ade ipar bikin. Yg simple aja. Pas Ada sodara maen akhirnya yg bikin kebagian dikit. Malemnya ditambahin mie instant pedes. πŸ”₯πŸ”₯πŸ˜‹πŸ˜‹. Buat bocah cm minta d bikinin kuah pake royco + Garam + kecap.

Seblak bumbu spaghetti ala-ala

Seblak bumbu spaghetti ala-ala

Karena aku kepikiran kepengen banget seblak, tapi disisi lain juga kepengen banget spaghetti. Ya udah aku pikir-pikir kenapa nggak coba disatu padukan ya?πŸ˜‚ Dannn.. Tarraaa jadilah Seblak bumbu spaghetti ala-ala buatanku sendiriπŸ˜†

Mie Instan Cemek

Mie Instan Cemek

Disuguhin ini waktu main ke rumah temen. Simple tapi rasanya nagih 😍😍

1 porsi
10 menit
Mie Goreng Tempe

Mie Goreng Tempe

Waktu berkunjung ke rumah budhe, sy dihidangkan menu ini untuk sarapan, sekali coba, langsung jatuh cinta, alhasil, sampai sekarang sy masih sering membuatnya karena ternyata anak-anak & suami sy pun menyukainya. Semoga anda pun menyukainya juga, selamat mencoba...

kurleb 10 mnt
Mie Goreng

Mie Goreng

Musim hujan enaknya makan yg hangat2

2 porsi
*martabak mie krispy*

*martabak mie krispy*

Selasa 01-09-2020...Punya mie telur yg tinggal 1/4 keping dari pada nganggur ya udah akhirnya ditambah dengan mie instan yg belum tersentuh daan jadilah martabak mie krispy, ini bisa dijadikan cemilan lho, itu kalo udah gak punya cemilan apa-apa lagi dengan dicocol saus sambal πŸ€— dan enak juga buat lauk nasi πŸ˜‹, kalo kepepet πŸ˜…. #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Depok #Week_14

Indomie Goreng (yang direbus πŸ˜„)

Indomie Goreng (yang direbus πŸ˜„)

Ini dia cara lain nikmatin indomie goreng dengan sensasi berbeda. saran saya tetap pakai indomie goreng, karena rasanya yg netral, selain itu kalau pakai yg kuah dimacem2in kan sudah biasa. tp kalau pakai yg goreng, nanti rasanya unik, karena kuahnya ada manis2nya. untuk yg makan 1 mie suka kurang, nah kayaknya menu ini cocok banget deh, kenyang pake banget. 1 porsi ini bisa dimakan berdua. pakai sayur & telur aja udh enak, apalagi di kasih smoke beef, sosis, atau bakso, makin mewah.

Mie becek tanpa bumbu indomie

Mie becek tanpa bumbu indomie

Ini bisa buat anak-anak

Cute Bento Mie

Cute Bento Mie

Bikin bento itu ribet tapi bikin penasaran hihihi. This is it, Cute Bento Mie for School from Home this Day. Karbonya dari Β½ centong nasi dan Β½ porsi root beet mie. Lauk pauknya triple karena anakΒ² masih dalam masaa pertumbuhan, ada sosis, steak tempe dan ayam goreng mentega. Ini porsinya kecilΒ² ya sesuai porsi makan anak saya. Sayurnya daun selada, biasanya dimakannya bareng mie nya. Resep ayam goreng mentega dan steak tempe ada di postingan Bento Box for Daddy #IniBentoku #WongSoloMasak #CookpadCommunituSolo #PejuangGoldenApron3

1 porsi
30 menit