Cara Gampang Menyiapkan Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 yang Sempurna

Dipos pada August 4, 2017

Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 adalah 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 diperkirakan sekitar 25 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 memakai 10 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari jaman si mama dirumah masih ngocok telur pake kocokan spiral & manggang di baking pan, saya taunya bolu pandan ya yg dipanggang doank. Salah satu bolu favorit di rumah selain bolu pisang & bolu karamel. *jadul semua yah πŸ˜… Pengen rasanya makan bolu pandan tapi versi kukus. Penasaran dgn resep Bolu Pandan Kukus Polos nya teh Indry Hapsari. Udah di recook dari 2 bulan lalu, mau di share ulang udah di draft dari abis nge-recook tapi baru ini kelar nulisnya. Maklum, saya emak2 yg jiwa nulisnya masih labil.. πŸ˜‘ Sekali rajin ya rajin, pas males ya cuma celingukan ngeliatin resep para Cookpaders. πŸ˜† Wokeh, abaikan emak2 labil ini. πŸ˜₯ Pokoknya bolu pandan versi kukus yg satu ini sangat layak dicoba. Gak kalah enak dgn yg versi panggang. Malahan si mama yg selama ini manggang bolu pandan lebih doyan versi kukusnya, lebih lembuuuttt... πŸ˜— *saya bikin separuh resep pake loyang tulban ukuran kecil 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊:

  1. 2 btr telur
  2. 80 gr gula pasir
  3. 80 gr terigu protein rendah *Saya pake Kunci Biru
  4. 1 sdm munjung susu bubuk
  5. 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 30 ml santan kental *Saya pake 1/2 sachet Kara segitiga 65 ml
  7. 20 ml susu kental manis putih *Saya pake 1/2 sachet SKM Bendera Full Cream
  8. 1/2 sdt pasta pandan
  9. 50 gr margarin/mentega, lelehkan dgn api kecil, jgn sampe mendidih
  10. 25 ml minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊

1
Siapkan panci kukusan, lapisi tutupnya dgn kain bersih. Panaskan kukusan hingga mendidih. Olesi loyang dgn margarin.
2
Ayak terigu, susu bubuk & vanili bubuk dalam satu mangkuk. Sisihkan. Di mangkuk yg lain, campur jadi satu santan, SKM & pasta pandan. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. Didalam cangkir, campur jadi satu margarin leleh & minyak goreng. Sisihkan.
3
Kocok dgn speed tinggi telur & gula pasir hingga mengembang, kental berjejak (+/- 5-8 menit). πŸ”΄Tahap ini PENTING, karena cake ini gak pake pengembang & pelembut yah. Usahain pake telur yg segar, biar cepat & bagus tekstur kocokannya. 😊 Turunkan mixer ke speed terendah.
4
Masukkan secara bertahap campuran tepung sambil dikocok sebentar, asal rata aja. Matikan mixer.
5
Masukkan campuran santan, SKM & pasta pandan. Aduk balik hingga rata. Tuangkan campuran margarin leleh & minyak goreng. Aduk balik perlahan hingga tercampur rata. πŸ”΄JANGAN overmix/mengaduk berlebihan yah. Kalo udah tercampur rata adonannya, stop ngaduknya.
6
Tuang kedalam loyang. *Saya pake loyang tulban ukuran kecil.
Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 - Step 6
7
Kukus cake dgn api kecil-sedang selama +/- 20-25 menit. πŸ”΄Tutup kukusan jgn dibuka-buka dulu yah. 😊 Tes tusuk, angkat.
Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 - Step 7
8
Cakenya menulll. Lembuttt & gak seret. Alhamdulillah permukaan cakenya rata tanpa gelombang, berpori dikit aja. πŸ˜…
Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 - Step 8
9
Rasanya mild & gak bikin eneg. Wangi pandan, tekstur khas cake kukus yg moist.. Lebih bersahabat buat krucil di rumah, karena tanpa BP/BS/emulsifier. Kunyah terusss... πŸ˜—
Bolu Pandan Kukus ~ Simpel, MurMer, Enaaakkk... 😊 - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung 3 SDM isian keju

Bolu gulung 3 SDM isian keju

Caritanya ini mau bikin bolu gulung yg bermotif batik... Jadi sih motifnya tp wktu ku gulung motifnya hilng lengket di kertasπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… tp gpp g da isian motifnya ini sudah enk bgt ekonomis lagi..

Bolu Klasik

Bolu Klasik

Resep pakai punya Ibu Malka. Aslinya sih Marble Cake Klasik. Cuman karena coklat bubuk nggak ada ya syudah kuganti nama jadi bolu klasik aja dan kumodif dikit :D Dan kebetulan ada sisa sukade seuprit aku manfaatin deh. Alhasil sukadenya gak kliatan wkwk. Untuk rasa cake ini enak, lembut dan berminyak persis bolu-bolu klasik gitu. Ini kalau nggak salah masih tipe butter cake karena teknik yang digunakan persis, margarin/butter dan gula dikocok terlebih dulu baru bahan lain nyusul (sotoy dikit gpp yaa :D). Oya, cake ini bahannya simpel dan ekonomis pula. Cuss resepnya

Bolu coklat pisang

Bolu coklat pisang

Busuri punya pisang byk dari pada keburu busuk ya udh aku bikin aja bolu pisang lagian dah lama jg gak bikin cemilan 🀭 sekaligus buat setor pr ke 3c olahan coklat jdi aku kash bubuk coklat bengbeng 🀣 dan cuma 2telur doang 🀫 versi low budget bgt gak sihπŸ™„ Source by @wedha_p1 Kalau di resep aslinya itu pakenya baking soda tapi Krn di rumh adanya bpda ya udh aku pake bpda #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya #CookingCommunityClass_ChocoInYourHeart #BancakanCeria3C #SalamKompakSelalu

Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut

Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut

Source : Fb Suka ama tekstur na yang kenyal dan rasa na yang beda dari bolu biasa na. Tinggal cemplang cemplung, ekonomis dan no mixer. Jadi g ribet tapi hasil sesuai keinginanπŸ˜‰

30 menit
Bolu Nangka Ekonomis 😊

Bolu Nangka Ekonomis 😊

Selama masa PSBB aku fokus kerja dirumah. Dan pas lagi dirumah dikirim sodara buah nangka setengah potong yang kira-kira kalau di timbang bisa 5kg πŸ˜‚. Sementara dirumah hanya berempat. Selain di bagi-bagi ke tetangga, jadi iseng berkreasi hihihi. Selamat mencoba πŸ˜‰ #PejuangGoldenApron3

4 orang
60 menit
Red Velvet rollcake

Red Velvet rollcake

Ini request dari adik sebelum saya berkunjung ke rumahnya.. Minta dibuatkan red velvet rollcake dengan isi cheese butter cream.. Ini resep untuk 2 kue yaaa.. Biar lebih ekonomis.. Berikut resepnya..😊

24 porsi
45 menit
Bolu Air Rainbow

Bolu Air Rainbow

Bolu panggang ekonomis cukup pakai 1 telur saja pemirsah..bolu air rainbow..seneng deh jadi warna-warni gini kue ku..alhamdulillah keluarga pada suka smua..

Bolu gulung kukus ekonomis

Bolu gulung kukus ekonomis

Ini jualan ku lumayan banyak yang pesan alhamdulillah 1 gulung sy jual 20rb

Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Bismillah menuju week 42 #PejuangGoldenApron2 Request anak bujang untuk snack time belajar daring hari ini. Aji mumpung jadwal emaknya wfh jd request suka2 dia πŸ™ˆ Ya sudah eksekusi aja sekalian ikutan Cocomtang Post2Get untuk tema minggu ini #CocomtangPost_SiLuGu. Masih setia dgn resep teh Ricke Indriyani. 1 resep bisa untuk loyang 30 x 30. Tp krn oven sy kecil sy buat 2 loyang ukuran 24 x 24. #CookpadCommunity_Tangerang #Komunitaspaders #PejuangGoldenApron2 #CocomtangPost_SiLuGu

2 loyang
1 jam
Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Source : bunda ricke

Bolu Tape

Bolu Tape

Sebelumnya saya sudah pernah upload resep untuk Bolu Tape, namun jumlah telur yang digunakan cukup banyak, meskipun hasilnya lembuuttttt banget. Sekarang saya mencoba utk membuat Bolu Tape dengan versi telur lebih ekonomis dari mba Dian Nurindah dan ternyata enak bolunya lembuuuuuuuutttttt jg... Saya buat 1/2 resep menggunakan loyang 10x20, dan tdk pakai baking powder. Kalau mau pakai loyang ukuran 20 atau loyang tulban ukuran 22 juga boleh, tinggal dikali 2 aja yaa resep di bawah ini, dan waktu pemanggangan akan lebih lama menjadi sekitar 45 menit.

BUTTER CAKE 2 Telur (Cake Potong)

BUTTER CAKE 2 Telur (Cake Potong)

Mau bawa kue buat acara syukuran kakak ku masuk rumah baru. Tapi lagi bokek, jd pengen nya bawa kue yg murmer tapi jadi banyak. Alhasil ketemulah ide bikin butter cake 2 telur (cake potong ini). Jadi banyak dan cantik setelah dihias. Menggoda siapapun yg melihatnyaπŸ˜€... Walaupun cuma pakai 2 butir telur, kuenya tetap. enak dan lembut, ditaruh kulkas pun masih oke Aku pakai loyang kotak ukuran 22x22x6 cm (jadi tipis) dan loyang 20x20x6 cm (jadi tebal) dan masing2 1 loyang jadi 16 potong cake butter. Resep aku dapat dari mba can Ricke Indriani, dan Re bake by @dapoer_vanayya Dengan uang 50rb bisa jadi banyak kuenya hehhee...daripada beli yuk bikin sendiri gaess..

45 menit
Bolu gulung keju gondrong simple dan ekonomis

Bolu gulung keju gondrong simple dan ekonomis

Resep ini dari berbagai sumber dan pertama kali nyoba resep ini tahun lalu. Masih ingat pak suami pulang kerja buka tudung saji lihat bolu gulung ini dan bilang "ini beli apa bikin bun?"πŸ˜‡ Dan spontan saya bilang "memang mirip dengan yang dijual yah? Bukannya jawab, saya malah balik nanya🀣🀣🀣.

Bolu Kukus Ekonomis

Bolu Kukus Ekonomis

Bolu kukus ini dijamin mekar dan menul2. Cocok banget untuk jualan karena ekonomis banget.

30 - 35 bolu kukus
30 menit
Cake Coklat Kukus Minimalis, hasil Maksimalis 😍 (bolu 1 telur)

Cake Coklat Kukus Minimalis, hasil Maksimalis 😍 (bolu 1 telur)

Saya suka banget bikin cake pakai resep ini. Cara bikin mudah, murah, meriah tapi hasinya ciamik banget. Tekstur cakenya spongy banget..kempus..

Bolu Agar Agar Swallow

Bolu Agar Agar Swallow

Masih Ada Sisa Agar Agar Swallow , Tapi Lagi Ngk Pingin Nyemil Yang Dingin Karena Cuaca Lagi Gerimis Dari Sore , Okay Dhe Buat Bolu Yang Lembab Dan Ngk Bikin Seret Yang Super Simple dan Murah Meriah .....

1 Loyang
30 Menit
Bolu kukus pisang Murmer

Bolu kukus pisang Murmer

Udah seminggu pengen bolu pisang, tapi udah berusaha cari selalu ga dapet. Alhasil inisiatif buat sendiri

4 porsi
50 menit
Bolu brownis kukus chocodrink ekonomis (tanpa telur dan mixer)

Bolu brownis kukus chocodrink ekonomis (tanpa telur dan mixer)

Pengen makan bolu yg smooth tapi pake bahan seadanya. Browsing sana sini, lalu mencoba uprek di dapur dg resep 1 porsi biar ga kecewa kalo gagal. Alhamdulillah rejeki banget, ternyata sukses dipercobaan pertama πŸ˜‚ wasyukurillah.. setor deh buat #PejuangGoldenApron3 biar ga lupa, besok buat lagi kalo lg pengen

1 porsi (8 pc)
1 jam
Bolu Kukus Nutrijel Ekonomis

Bolu Kukus Nutrijel Ekonomis

Ada nutrijel jambu yang kelamaan nganggur di kulkas, jadi dibuat campuran bolu aja biar si kecil punya cemilan.

2-3 orang
30 menit
Resep Kue Bolu Panggang Mudah, Murah dan Enak

Resep Kue Bolu Panggang Mudah, Murah dan Enak

Liburan tahun baru rasanya tidak enak bila hanya bengong saja di rumah. Mau jalan-jalan tapi takut malah capek di jalan karena macet. Akhirnya libura ini diisi dengan membuat kue bolu saja, kue kesukaan seluruh keluarga saya.